1 Korintus 13 4 5

Ilustrasi 1 Korintus 13 Foto: Unsplash


1 Korintus 13 kerumahtanggaan


Alkitab


memaparkan penjelasan Rasul Paulus tentang belas kasih Yang mahakuasa nan begitu kompleks. Pasal yang terdiri dari 13 ayat tersebut juga mengandung sifat-adat kasih agape secara rinci.


Menurut Trisno Kurniadi, dkk. privat buku


Manna Rafflesia Vol. 2, No. 2 (April 2022)

, agape adalah kasih yang tidak mengawasi satah bokong. Kasih ini berwatak suci dan ikhlas layaknya kasih Kristus Yesus dalam usia manusia nan mau berkorban bakal dunia.


Rahmat agape pada dasarnya yakni prinsip terdahulu etika Kristen nan bersumber berpangkal Allah. Kasih agape identik dengan sikap tidak kenal pamrih dan tidak menitikberatkan diri koteng.


Tinggal, bagaimana rencana kasih yang terletak dalam 1 Korintus 13? Untuk mengetahuinya, simak makna 1 Korintus 13 melalui artikel berikut.

Ilustrasi 1 Korintus 13. Foto: Shutter Stock


Bunyi 1 Korintus 13


Sebelum membahas makna 1 Korintus 13, cak semau baiknya Sira menyimak


ayat Alkitab


di bawah ini:



(1) Sekalipun aku bisa berucap-kata dengan semua bahasa hamba allah dan bahasa malaikat, tetapi jika aku tak n kepunyaan hadiah, aku seperti mana kemung nan berkumandang dan canang yang gemerincing.




(2) Sekalipun aku mempunyai hidayah untuk bernubuat dan aku memaklumi segala rahasia dan memiliki seluruh pengetahuan; dan sekalipun aku mempunyai iman yang acuan bagi memindahkan gunung, tetapi jika aku bukan mempunyai kasih, aku sama sekali tidak berfaedah




(3) Dan sekalipun aku membagi-bagikan segala sesuatu yang cak semau padaku, bahkan memberikan tubuhku lakukan dibakar, tetapi jika aku tidak memiliki belas kasih, sedikitpun tidak ada faedahnya bagiku.



(4) Belas kasih itu sabar; anugerah itu murah lever; sira tidak timburu. Engkau tidak menyombongkan diri dan enggak sombong.




(5) Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan enggak mengejar keuntungan diri seorang. Engkau tidak perongos dan tidak menyimpan kesalahan orang tidak.(6)Ia lain bersukacita karena kekejaman, sahaja karena kebenaran.




(7) Anda membentangi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, panjang hati bersedia dan menerima segala sesuatu.



(8) Kasih tak berkesudahan; nubuat akan berakhir; bahasa spirit akan memangkal ; pesiaran akan bablas.




(9) Sebab deklarasi kita lain lengkap dan nubuat kita tidak transendental.




(10)Tetapi jika yang kamil menginjak, maka yang tidak komplet itu akan lenyap.




(11)Ketika aku kanak-kanak, aku berkata-introduksi seperti kanak-kanak, aku merasa begitu juga kanak-kanak, aku berpikir dalam-dalam seperti mana kanak-kanak. Sekarang sesudah aku menjadi dewasa, aku meninggalkan resan kanak-kanak itu.



(12)Karena sekarang kita mematamatai dalam cermin suatu gambaran nan samar-ambigu, tetapi nanti kita akan melihat paras dengan muka. Sekarang aku hanya mengenal dengan bukan sempurna, saja nanti aku akan mengenal dengan sempurna, begitu juga aku sendiri dikenal.




(13) Demikianlah tinggal ketiga hal ini, yaitu iman, pengharapan dan anugerah, dan yang paling kecil besar di antaranya ialah kasih.

Ilustrasi 1 Korintus 13 Foto: Unsplash


Makna 1 Korintus 13 tentang Kasih


Berikut makna 1 Korintus 1 akan halnya hidayah yang dikutip dari buku


Garis Raksasa Lektur-pidato Menurut Tahun Gerejawi


makanya Abraham Yeboah dan buku


Two Become One


karangan Jonathan A. Trisna (2021):


Ayat 1-3 mementingkan rahmat laksana unsur utama dan dasar umur seorang Kristen. Rasul Paulus mengatakan seseorang yang hebat dalam doa dan iman tidak akan berarti takdirnya tidak memiliki kasih.


Ayat ini memaparkan sifat-sifat kasih agape yang ada dalam Kristus. Anugerah agape tidak menyombongkan diri, panjang hati, enggak cemburu, lain angkuh, murah lever, tidak pemarah, tidak mengerjakan hal tak moralistis, tidak menyimpan kesalahan orang lain, tidak bersukacita karena kelaliman, melainkan kebenaran. Kasih inilah yang teradat ditunjukkan oleh umat


Masehi


kerumahtanggaan hayat sehari-musim.


1 Korintus 13 ayat 8-10 menitikberatkan bahwa karunia yang dicari dengan betapa-sungguh, sebagaimana bahasa atma dan bernubuat, sifatnya yakni sementara. Sedangkan kasih yaitu kejadian yang kekal dan sempurna.


Dalam ayat 11-13, Rasul Paulus menjelaskan kasih adalah bukti kedewasaan dan kronologi batiniah seseorang. Pemberian yang dimaksud meliputi hidayah terhadap Tuhan dan sesama.

Source: https://kumparan.com/berita-hari-ini/menilik-makna-1-korintus-13-dalam-alkitab-tentang-kasih-1wlkQ0ae0Cm