Apa Perbedaan Prisma Dan Limas


Contoh Pertanyaan 1

Dalam pengkajian yang dilakukan pada sekelompok individu, dipeoleh data 68 orang sarapan dengan nasi, 50 orang sarapan dengan roti, dan 8 basyar sarapan nasi dan roti, sedangkan 35 hamba allah sarapannya tidak dengan nasi alias roti. Hitung banyaknya hamba allah dalam kelompok tersebut!

Jawab:

Kita gunakan tabel ven buat menjawab pertanyaan tersebut. Jikalau kita gambarkan dengan diagram ven maka gambarnya sebagaimana gambar berikut ini.

Banyak orang yang ada di dalam kelompok tersebut adalah 60 + 8 + 42 + 35 = 145 orang. Jadi, banyaknya orang dalam kelompok tersebut ada 145 individu.


Paradigma Soal 2

Dari beberapa anak cukup umur diketahui 25 orang suka menenggak susu, 20 orang senang minum kopi dan 12 orang suka susu dan kopi. Bermula data di atas jawablah pertanyaan di sumber akar ini.

a. jumlah semua anak asuh remaja

b. kuantitas remaja yang suka susu hanya

c. total akil balig nan suka kopi saja

d. jumlah remaja yang suka kedua-duanya

Jawab:

Untuk menjawab tanya tersebut Anda harus membentuk data tersebut menjadi rajah tabel ven. Jika digambarkan maka bentuk diagram vennya menjadi seperti bagan berikut ini.

Berbunga diagram venn di atas maka.

a. jumlah semua momongan cukup umur = 33 anak adam

b. besaran remaja nan gemar susu saja = 13
orang

c. kuantitas remaja nan doyan akta saja = 8 insan

d. total remaja yang suka kedua-duanya = 12 orang


Hipotetis Soal 3

Hasil survey terhadap 35 orang penghuni di suatu desa, diperoleh hasil sebagai berikut: 18 orang menyukai teh, 17 orang menyukai arsip, 14 anak adam menyukai susu, 8 turunan menyukai menenggak teh dan tindasan, 7 orang menyukai teh dan susu, 5 turunan menyukai kopi dan susu, 3 cucu adam menaksir ketiga-tiganya. Buatlah diagram Venn bersumber keterangan di atas dan tentukan banyaknya warga menyukai teh, menyukai susu, menaksir pertinggal, dan tidak mengesir ketiga-tiganya.

Jawab:

Tabel Venn berpangkal keterangan di atas sebagaimana gambar berikut ini.

Dari tabulasi venn di atas maka banyaknya pemukim yang gemar minum teh saja ada 6 turunan, gemar meneguk tetek saja terserah 5 orang, gemar minum surat saja cak semau 7 orang
dan tidak gemar ketiga-tiganya suka-suka 3 orang.


Contoh Soal 4

Sekiranya diketahui banyaknya majikan keluarga dari warga RT 02 yaitu 75 orang. Di antara superior batih ini yang berlangganan harian ada 50 orang, yang abonemen majalah cak semau 25 orang, yang melanggani majalah dan koran ada 10 manusia. Dengan menggunakan bantuan tabulasi Venn, tentukan banyaknya kepala keluarga berasal penghuni RT 02 yang tidak melanggani keduanya!

Jawab:

Jika digambarkan maka bagan tabel vennya menjadi seperti gambar berikut ini.

Berdasarkan rancangan diagram venn di atas maka banyaknya kepala keluarga bermula penduduk RT 02 yang tidak berlangganan keduanya ada 10 orang.


Arketipe Soal 5

Perhatikan grafik Venn berikut.

Misalkan S = Pusparagam siswa di kelasmu

M= Kumpulan petatar yang menaksir matematika

B = Himpunan petatar yang menyukai bahasa Inggris

K = Himpunan siswa yang menyukai kesenian

Jikalau setiap siswa diwakili maka dari itu sebuah bintik, maka tentukan:

a. berapa cucu adam siswa yang menaksir matematika?

b. berapa orang siswa nan mengesir matematika dan kesenian?

c. berapa orang yang menyukai bahasa Inggris tetapi tidak menyukai kesenian?

d. berapa orang siswa yang menyukai ketiga-tiganya?

e. berapa orang nan hanya menyukai kesenian saja?

f. berapa makhluk yang menaksir ilmu hitung dan bahasa Inggris tetapi tidak menyukai kesenian?

g. berapa orang yang tak menaksir ketiga-tiganya?

h. berapa orang yang hanya menyukai salah suatu dari ketiga pelajaran tersebut?

Jawab:

a. siswa yang menyukai matematika ada 7 orang (wilayah yang diarsir cokelat merupakan daerah yang suka matematika), sama dengan gambar berikut ini.

b. Murid yang menyukai mengesir matematika dan kesenian suka-suka 2 orang (daerah yang diarsir biru merupakan daerah nan doyan matematika dan kesenian) seperti gambar berikut ini.

c. Siswa yang menaksir menyukai bahasa Inggris tetapi tak menyukai kesenian ada 5 orang (daerah yang diarsir kuning merupakan daerah yang suka bahasa Inggris tetapi tidak menyukai kesenian) begitu juga gambar berikut ini.

d. Siswa yang menyukai ketiga-tiganya ada 1 orang (daerah yang diarsir merah merupakan daerah yang demen ketiga-tiganya), seperti gambar berikut ini.

e. Petatar yang menyukai kesenian doang cak semau 2 orang (daerah yang diarsir merah muda merupakan daerah yang suka kesenian saja), seperti gambar berikut ini.

f. Siswa yang menyukai menaksir matematika dan bahasa Inggris semata-mata tidak menyukai kesenian ada 8 orang (daerah nan diarsir hijau ialah daerah yang doyan matematika dan bahasa Inggris sekadar tidak menyukai kesenian) seperti lembaga berikut ini.

g. orang yang tidak mengesir ketiga-tiganya ada 8 hamba allah (yang berada di luar lingkaran merupakan distrik yang lain suka ketiga-tiganya)

h. Besaran orang yang hanya menyukai salah suatu dari ketiga pelajaran tersebut ada 8 orang (daerah nan diarsir merah menyala ialah provinsi nan cuma menaksir salah satu berpangkal ketiga latihan tersebut) seperti gambar berikut ini.


Demikian beberapa contoh cak bertanya dan pembahasannya tentang tabulasi venn. Semoga soal ini mampu meningkatkan pemahaman dia mengenai kaidah membaca tabulasi venn. Jika menemukan introduksi-kata maupun jawaban yang keliru tolong dikomentari. Salam Mafia.

Source: https://mafia.mafiaol.com/2014/01/contoh-soal-dan-pembahasan-diagram-venn.html