Apa Yang Dimaksud Dengan Reklame Media Visual

Reklame Adalah Salah Satu Media Promosi, Kenali Ciri-Ciri dan Jenisnya


Perbesar

Ilustrasi Reklame. Credit: pexels.com/Sone

Diversifikasi reklame dikategorikan berdasarkan tujuan pengadaan, resan, tempat pemasangan, dan medianya. Berikut rinciannya:

1. Berlandaskan Tujuan Pengadaan

a. Reklame komersial, yakni jenis reklame yang dibuat bakal kepentingan bisnis di mana tujuannya yaitu cak bagi mendapatkan keuntungan lebih besar. Contoh: poster, kain rentang, baliho, dan lain-lain.

b. Reklame nonkomersial, yakni macam reklame nan dibuat untuk kebaikan umum, misalnya imbauan, warta layanan masyarakat, dan lainnya. Contoh: reklame donor talenta, reklame pajak, reklame tertib pulang balik, dan lain-lain.

2. Berdasarkan Sifatnya

a. Reklame peringatan, yaitu jenis reklame bersifat mengingatkan masyarakat bagi berbuat hal tertentu. Contoh: reklame tertib keluar masuk.

b. Reklame penyorotan, yaitu varietas reklame yang bertabiat memberikan mualamat kepada masyarakat umum. Ideal: reklame informasi adapun kesehatan.

c. Reklame ajakan atau tuntutan, adalah macam reklame yang sifatnya mengajak maupun meminta publik untuk mengikuti ajakan/permintaan. Contoh: reklame donor talenta, reklame bantuan bencana alam.

3. Berlandaskan Tempat Pemasangan

a. Reklame indoor, adalah reklame yang dipasang di dalam kolom. Rata-rata reklame indoor berdimensi kecil maupun sedang dengan sasaran kertas. Contoh: etiket, brosur, leaflet.

b. Reklame outdoor, ialah reklame yang dipasang di asing kolom dan terpapar nur matahari. Umumnya reklame outdoor berukuran segara dan dibuat dengan bahan kedap air dan tahan sengatan matahari. Contoh: spanduk, gawang nama, papan iklan.

4. Berlandaskan Medianya

a. Reklame audio, yaitu reklame yang disampaikan melalui suara, baik sekalian atau bukan langsung. Abstrak: iklan di radio.

b. Reklame visual, adalah reklame yang disampaikan dalam bentuk visual atau gambar. Contoh: iklan megatron, poster, poster, spanduk, serakan, leaflet, papan nama, dan lain-lain.

c. Reklame audio visual, yaitu reklame yang disampaikan dalam bentuk gambar dan suara. Contoh: iklan di TV, iklan di YouTube.

Source: https://m.liputan6.com/hot/read/4866316/reklame-adalah-salah-satu-media-promosi-kenali-ciri-ciri-dan-jenisnya?source=amp-related-articles