Apa Yang Dimaksud Fleksibilitas Dalam Senam Irama

KOMPAS.com
– Senam irama adalah aktivitas olahraga yang bisa menyehatkan dan membuat fisik menjadi kian bugar. Dalam melakukannya, aktivitas senam musik dapat dilakukan secara unik maupun berkawanan.

Kelentukan, keseimbangan, keluwesan, fleksibilitas, kontinuitas, ketetapan dengan irama yakni episode dari elemen-elemen gimnastik nada.

Menurut Oktariyana dan Oktariyani internalPokok Pendedahan Gerak Senam Berirama Berbasis Multimedia
(2018), gerak senam berirama berujud untuk meningkatkan kebugaran, kesegaran dan kelenturan tubuh.

Berikut adalah penjelasan tentang unsur-unsur privat gimnastik musik:

Kelentukan awak

Kelentukan tubuh berarti dapat memprakarsai tubuh secara leluasa. Hal ini sekali lagi berarti boleh menggerakkan sendi dan otot tanpa merasa gempa bumi.

Hal ini juga signifikan takdirnya awak bisa bergerak secara variabel dan dinamis. Tuntunan kelentukan jasmani membutuhkan keseriusan serta pelalah melatih diri.

Contoh kelentukan tubuh adalah menekuk bagain tubuh tertentu, meliukkan tubuh, membungkuk, merentangkan badan, dan enggak sebagainya.

Baca juga: Macam-Macam Langkah dalam Senam Irama

Kesamarataan raga

Keadilan awak berarti seseorang bisa mengontrol dalam keseimbangan fisik momen sedang melakukan senam irama.

Molekul keseimbangan tubuh intern senam irama dilakukan dengan melatih gerak awalan kaki yang disertai dengan kampanye buai tangan mengimak irama musik.

Keluwesan tubuh

Keluwesan jasad berarti badan enggak berkepribadian kaku saat mengamalkan senam irama atau dengan prolog tak tubuh harus bersifat lentur.

Latihan keluwesan jasmani lagi lain boleh dilakukan secara instan, karena harus menciptakan menjadikan jasad teradat dengan berbagai usaha senam.


Baca juga: Senam Musik: Signifikasi dan Jenis

Fleksibilitas tubuh

Fleksibilitas jasmani berjasa koteng maupun sekelompok pesenam bisa mengalir dengan adil minus tegak beda dan bisa bergerak dengan gesit saat melakukan senam irama.

Selayaknya, kelentukan, keluwesan serta fleksibilitas tubuh dalam senam irama lain terlalu berbeda jauh.Karena plong intinya sama-sama melatih tubuh untuk dapat bergerak makin leluasa, fleksibel serta dinamis.

Kontinuitas

Kelanjutan penting propaganda harus dilakukan secara terus menerus tanpa terputus. Jika satu gerakan sudah selesai, maka harus lekas pindah ke gerakan lainnya.

Tentunya sebelum melakukan senam irama, rangka gerakan harus dibuat dan diputuskan lebih-lebih dahulu dan kemudian dipraktikkan pada detik melakukan senam irama.

Baca juga: Sikap Awal Jasad dalam Aktivitas Gerak Ritmik

Musik

Nada berarti gerakan yang sama. Namun, irama lagi bermakna tempo yang digunakan. Dalam hal ini, senam nada menggunakan musik dengan tempo yang sudah disesuaikan.

Galibnya privat senam musik, menggunakan nada 2/3, 3/4, 4/4, dan lain sebagainya.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari pecah Kompas.com. Yuk menyatu di Grup Benang besi “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://kaki langit.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install tuntutan Kawat bahkan dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2021/01/20/144552469/unsur-unsur-senam-irama?page=all