Apa Yang Terjadi Jika Gendang Telinga Pecah

2. Barotrauma

Barotrauma ialah tekanan plong gendang telinga Anda saat tekanan dalam telinga bagian tengah Anda dan impitan di lingkungan sekeliling tidak setara. Apabila impitan plus elusif, redap kuping Anda dapat tersobek. Barotrauma umumnya terjadi akibat transisi tekanan udara saat penerbangan.

Keadaan bukan yang dapat menyebabkan perubahan impitan secara mendadak—dan bisa jadi perforasi membran timpani—termasuk scuba diving dan serangan simultan ke kerumahtanggaan kuping, sebagai halnya tumbukan berpunca kantung mega mobil.

3. Suara miring persisten ataupun ledakan (trauma akustik)

Terperanjat saat mendengar suara petir, letupan, atau tembakan senapan yang dahulu keras juga dapat mewujudkan gendang telinga pecah. Seperti itu pula bagi Dia yang tak teradat menonton konser dengan suara


speaker


yang keras, maka sebaiknya hati-hati dengan risiko perforasi membran timpani.

4. Benda luar dalam telinga

Elemen asing yang ikut terlalu dalam ke telinga dapat meningkatkan risiko perforasi membran timpani. Ini tertera juga bikin Beliau nan sering menyucikan telinga pakai


cotton bud


ataupun logam pembersih telinga, benda-benda tersebut dapat memusnahi telinga lebih dalam, memurukkan tinja telinga ke dalam, dan memicu infeksi.

Anak asuh-momongan memiliki faktor risiko gendang telinga dari yang minimum tinggi. Kadang kala, anak-anak asuh dapat memetik gendang telinga mereka dengan memasukkan benda sama dengan stik atau mainan kecil ke dalam telinga.

5. Cedera berat plong superior

Cedera musykil di babak kepala, misalnya fraktur tulang kranium, karena kecelakaan atau pukulan dapat menyebabkan kerusakan lega struktur telinga bagian paruh dan telinga putaran n domestik. Ini artinya, gendang telinga Anda turut berisiko mengalami kerusakan sehingga pada risikonya dapat menyebabkan hilang pendengaran.

Apakah kompang telinga pecah boleh sembuh sendiri?

telinga sakit saat flu

Kabar baiknya, gendang kuping pecah bisa sembuh sendiri minus terapi segala lagi, lho. Rata-rata kasus perforasi membran timpani namun berwatak tentatif karena gorong-gorong pada gendang telinga punya kemampuan bikin menutup dengan sendirinya. Alhasil, fungsi pendengaran Sira dapat berangsur-angsur biasa dan membentuk Anda dapat lagi mendengar dengan jelas.

Biasanya, redap alat pendengar pecah bisa sembuh koteng dalam beberapa pekan sampai tiga wulan ke depan. Namun, hal ini tersidai mulai sejak penyebab perforasi membran timpani nan Anda alami.

Jika disebabkan oleh infeksi telinga, gendang telinga Beliau biasanya akan segera membaik sesudah infeksi tersebut diobati. Dokter akan meresepkan antibiotik, baik pelamar mereguk atau obat tetes alat pendengar, kerjakan menyembuhkan infeksi telinga Anda. Semakin cepat infeksi kuping diatasi, maka semakin cepat pula keistimewaan gendang telinga Engkau lagi normal seperti tadinya.

Segala semata-mata pilihan pengobatan untuk menyembuhkan gendang pendengaran berpangkal?

telinga terasa tersumbat

Kalau Anda masih saja mengalami batu pendengaran yang cukup mengganggu, maka sebaiknya taajul konsultasikan ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan:

Source: https://hellosehat.com/tht/telinga/gendang-telinga-pecah/