Apakah Anggerek Bisa Ditanam Secara Hidroponik

TABLOIDSINARTANI.COM, Jakarta — Sayuran memang lebih umum untuk ditanam secara hidroponik. Namun ternyata bunga luhur seperti mana anggrek bisa juga ditanam secara hidroponik.

Menanam bunga secara hidroponik juga akan takhlik pohon makin cepat tumbuh ketimbang ditanam secara tradisional. Dilansir dari  Gardening Chores, tanaman bunga seperti anggrek, amarilis, freesia, bunga lili bahkan eceng gondok boleh ditanam secara hidroponik.

Pokok kayu Anggrek bersifat epifit nan berjasa akarnya tumbuh di udara bukan di tanah. Hanya Anggrek juga menyukai tingkat kelembaban nan tinggi, dan sistem akar susu yang menyerap nutrisi serentak dari atmosfer.

Praktisi anggrek hidroponik, Inayat Hanoum menuturkan jenis anggrek yang bisa ditanam secara organik antara lain kerabat Dendrobium dan sebagian boncel Phaleonopsis seperti anggrek bulan.

“Jenis lainnya seperti mana Arachnis, Cymbidium, Vanda maupun anggrek yang absah tumbuh di bebatuan seperti mana Genus Cyptodium dan sebagian Paphiopedilum masih rumit ditanam secara hidroponik. Karena diversifikasi ini secara alami hanya cekut makanan mulai sejak hujan, udara atau soren,” jelasnya.

Inayat mengklarifikasi, dalam membudidayakan anggrek secara hidroponik memiliki banyak keefektifan dibandingkan sistem formal. Pelecok satunya karena pertumbuhannya jauh lebih cepat walaupun hanya menunggangi media rockwool. Anggrek hidroponik ini mampu mencoket makanan berusul air nutrisi hidroponik.

Sistem hidroponik juga mampu menyediakan nutrisi setiap saat sehingga kuantitas dan kualitas anggrek menjadi makin baik. Anggrek dapat ditanam secara vertikultur dengan sistem NFT berlenggek dan diletakkan menempel di tembok. Sehingga produksi pohon saban satuan luas menjadi kian banyak.

Meskipun makin banyak anggrek yang dihasilkan, perawatannya menjadi lebih mudah karena lain perlu menyirami anggrek cak satu demi satu satu. Hidayah air bersama nutrisi dilakukan dengan pompa air nan akan bersirkulasi ke setiap tanaman.

Source: https://tabloidsinartani.com/detail/indeks/horti/19141-Dengan-Hidroponik-Anggrek-Lebih-Sehat