Apakah Listrik Jika Terkena Air Dapat Membahayakan

Jakarta

Curah hujan nan hierarki memicu terjadinya air ampuh di beberapa wilayah di Lahan Air. Selain menyebabkan kesialan secara materi karena banyaknya rumah yang terbenam, air bah juga bisa menyebabkan kerugian lain.Salah satunya adalah terjadinya korsleting atau tersetrum diseminasi listrik jika banjir merendam wilayah yang masih terhubung arus elektrik. Bakal mengantisipasi hal ini, PLN akan memadamkan listrik jika rumah pelanggan ataupun balai madat distribusi terendam air. Di samping itu, suka-suka bilang situasi yang juga bisa Ia lakukan kerjakan mengantisipasi peristiwa serupa. Berikut caranya.


Ketika air ampuh terjadi



1. Matikan instalasi listrik di internal rumah

Hal ini bertujuan mudahmudahan seluruh listrik di kondominium padam dan menghindari adanya korsleting listrik. Langkah ini pun memperkecil kemungkinan kesetrum aliran elektrik saat air bah.

2. Cabut colokan listrik

Saat banjir melanda, Kamu lagi harus mencopot semua colokan listrik yang masih tersambung dengan stop perantaraan. Ini berniat cak bagi memutus aliran listrik jika listrik masih berkobar.

3. Pindahkan alat elektronik ke tempat yang lebih tinggi

Kamu tentu tidak cak hendak kan alat elektronik di flat kemungkus karena terendam air ampuh? Untuk itu, pindahkan semua alat elektronik ke tempat nan lebih tinggi dan kerukunan dari kobak air.

4. Hubungi PLN jika setrum enggak padam

Kalau revolusi elektrik di rumah sudah padam, coba cek apakah sirkulasi setrum di lingkungan Dia sudah padam semua? Sekiranya belum, segera hubungi contact center PLN 123 dan laporkan distrik yang listriknya masih belum padam.

5. Hubungi instansi penanggulangan bahaya banjir

Buat mengantisipasi bahaya listrik, Kamu sekali lagi bisa menghubungi instansi terkait penanggulangan bahaya banjir untuk meminta bantuan bertambah lanjut.

Cara Agar Terhindar dari Bahaya Korsleting Listrik Saat Musim Hujan (Foto: dok. PLN)


Setelah air bah surut
1. Pastikan instalasi setrum dalam situasi sangar

Setelah banjir surut, bukan bermanfaat tidak ada lagi bahaya dari korsleting listrik. Instalasi maupun alat elektronik yang ternyata masih basah bisa memicu korsleting saat dihubungkan dengan listrik. Buat itu, pastikan semuanya kering.

2. Penandatanganan berita program

Kalau semua instalasi listrik telah dipastikan gersang, sebelum pemulihan akan ada penandatanganan berita acara yang disaksikan maka dari itu atasan RT/RW/tokoh mahajana setempat.
(adv/adv)

Source: https://news.detik.com/adv-nhl-detikcom/d-4300238/cara-agar-terhindar-dari-bahaya-korsleting-listrik-saat-musim-hujan