Arti Dari Allahumma Sholli Alaih

Sebagai gambar cinta, penghormatan, penghargaan dan pamrih kita pada nabi Muhammad SAW  -sang penutup para nabi, telah sepatutnya kita rutin memanjatkan sholawat untuknya. Riuk satunya dengan membaca allahumma sholli ala sayyidina Muhammad.

Nabi Muhammad SAW sebagai cucu adam paling sempurna semoga menjadi suri tauladan kita dalam bersikap, berkepribadian dan bertindah. Nah, dengan mendaras sholawat, kita pun telah memuji kebaikan utusan tuhan Muhammad SAW.

Sampai-sampai, Allah dzat Yang Maha Sempurna lagi ikut bersholawat pada rasul-Nya. Silam mengapa kita bagaikan umatnya yang dulu mengangankan syafaat semenjak beliau culas bersholawat?

Perintah Bersholawat Kepada Nabi Muhammad SAW

Dalam Al-Qur’an terletak perintah yang menekankan hendaknya umat muslim senantiasa bersholawat plong suami kita nabi Muhammad SAW. Sebagaimana firman Almalik yang tertuang pada surat Al Ahzab ayat 56:

إِنَّ ٱللَّهَ وَمَلَٰٓئِكَتَهُۥ يُصَلُّونَ عَلَى ٱلنَّبِىِّ ۚ يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ صَلُّوا۟ عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا۟ تَسْلِيمًا

Artinya: “Selayaknya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Utusan tuhan. Hai orang-basyar yang beriman, bershalawatlah kamu bagi Nabi dan ucapkanlah salam penghargaan kepadanya.”

Beberapa ulama menafsirkan ayat tersebut sebagai berikut:

Bahwa Allah meluhurkan utusannya, Nabi Muhammad SAW serta melukiskan kedudukan anda. Tuhan dan para malaikat pun memuji dan menyanjungnya.

Dulu, Allah memerintahkan umat manusia cak bagi bersholawat perumpamaan salam penghormatan bagi Nabi Muhammad SAW.

Tulisan Arab dan Arti Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad

Sesungguhnya, terwalak serupa itu banyak sidang pengarang sholawat nabi yang dapat kita baca setiap periode. Hanya saja, kalimat allahumma sholli ala sayyidina Muhammad adalah yang paling mahajana dan mudah.

Arti dari sholawat ini juga serupa itu indah dan sani.


اَللَّهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ

Allahumma sholli ala Sayyidina Muhammad wa ala Ali Sayyidina Muhammad.

Artinya: “Ya Allah semoga rahmat senantiasa tercurah kepada Utusan tuhan Muhammad dan juga kepada Keluarga Nabi Muhammad.”

Anjuran Bersholawat pada Rasul Muhammad SAW

Menurut bilang ulama seperti Syekh Amin polong Abdullah asy-Syaqawi (2013: 16-17) terdapat bilang periode dan tempat yang dianjurkan bakal membaca sholawat lega Rasul Muhammad SAW.

Waktu dan tempat tersebut merupakan:

  1. Selepas tasyahud pengunci bilamana sholat. Sebagian ulama pun menamakan jikalau mengaji sholawat yaitu rukun sholat nan harus dilakukan setelah tasyahud akhir.
  2. Ketika tasyahud mulanya, serta di penghujung wacana qunut witir.
  3. Saat melaksanakan sholat layon, tepatnya setelah takbir kedua.
  4. Saat hendak masuk ataupun keluar dari rumah Allah, masjid.
  5. Membacakan sholawat saat terdapat suatu perkumpulan kaum, dan membacanya kembali sebelum mereka berpisah.

Kutamaan Mendaras Sholawat Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad

Allahumma Sholli Ala Sayyidina Muhammad
drinksfeed.com

Allah lain mungkin mensyariatkan sesutau pada hamba-Nya tanpa memberi royalti baik. Tertulis amalan ini, yang mana fadhilah alias keutamaan bersholawat sangatlah besar.

Berikut ini beberapa keutamaan membaca allahumma sholli ala sayyidina Muhammad.

  1. Mendapat sholawat berpunca Tuhan SWT

Setiap kali kita bersholawat pada nabi Muhammad SWT 1 kali, maka Almalik akan memberi curahan kasih hingga 10 kelihatannya bekuk. Keutamaan ini sesuai dengan hadist Riwayat Mukminat, nan artinya:

“Orang bersholawat kepadaku satu kali, Almalik akan bersholawat kepadanya sepuluh siapa.”

  1. Dihapuskan kesalahan dan dibersihkan dosa

Nabi Muhammad SAW juga bercakap, barang siapa yang bersholawat padanya, maka akan dibersihkan dosa dan dihapuskan kesalahan-kesalahan tahun lalunya.

Kerumahtanggaan hadist riwayat Nasai, bunyi hadist di atas dilanjutkan dengan kalimat:

“ … serta menyetip sepuluh kesalahannya”.

  1. Diangkat derajatnya

Selain rahmat dan magfirah dosa dari Allah SWT, mendaras sholawat nabi secara iklas juga dapat menggotong derajat seseorang. Pasti derajat yang dimaksud bukan sekadar kedudukan di bumi, namun juga di akhirat kelak.

  1. Dikabulkan hajatnya

Setiap orang tentu mempunyai hajat, baik bikin kehidupan dunia maupun akhiratnya. Dengan mendaras allahumma sholli ala sayyidina Muhammad, maka feses Anda akan lebih mudah terpuaskan.

Sholawat sekali lagi tercatat sunnah nabi setiap kali berdoa kepada Allah. Di mana penyelenggaraan cara berdoa yang baik ialah, pertama dengan memuji Allah, kemudian bersholawat dan terakhir mengistilahkan apa yang diinginkan secara lembut dan penuh harap.

  1. Lebih rapat persaudaraan dengan Allah dan Rasul-Nya

Seserang nan camar bersholawat secara iklas pada Nabi Muhammad SAW telah dijanjikan kedekatan dengan Allah dan rasul-Nya.

Hal ini mutakadim disampaikan Tuhan pada nabi Musa sebaiknya membaca sholawat pada nabi Muhammad SAW, sehingga engkau dapat lebih dekat dengan Allah bahkan jauh kian dekat dibanding bisikan intern hatinya.

Baca Juga:
Kaligrafi Yang mahakuasa dan Muhammad

Rasul juga afiliasi bersabda, yang artinya:

“Sememangnya lebih penting bagiku manusia besok pada hari akhir zaman, yaitu mereka yang kian banyak mengaji Shalawat kepadaku.” (HR. Turmudzi dari Ibn’ Mas’ud Ra)

  1. Mendapat Syafaat

Inilah keutamaan membaca sholawat nan banyak diburu oleh umat muslim di seluruh marcapada, yakni syafaat dari Rasul Muhammad SAW di akhirat besok.

Seperti mana yang tertuang kerumahtanggaan hadist berikut:

Sekiranya kalian mendengar adzan, maka ucapkanlah seperti yang diucapkan muadzin, kemudian bershalawatlah kepadaku. Sesungguhnya orang nan bershalawat kepadaku sekali, maka Tuhan akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lampau, mintalah kepada Allah kekeluargaan untukku karena wasilah adalah sebuat gelanggang di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Halikuljabbar. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barangsiapa memohon untukku koneksi, maka beliau akan meraih syafaat.

Moral Bersholawat

Lamun bukan termasuk amalan wajib yang dos ajika ditinggalkan, cuma sebagai bagan penghormatan, sebaiknya kita mengikuti kesopansantunan bersholawat nan baik, begitu juga:

  • Berwudhu, suci bersumber najis
  • Menghadap kiblat lebih diutamakan
  • Mengaji dengan segenap jiwa dan perasaan
  • Berpikir mengenai kemuliaan Nabi Muhammad (tingkah kayun, rasam,bacot dan keistimewaan lainnya)
  • Meresapi makna sholawat nan diucapkan
  • Membaca dengan tartil
  • Lain tergesa-gesa
  • Meyakini bahwa saudara tauladan terbaik adalah Nabi Muhammad SAW.

Dengan wawasan di atas, mari perbanyak mendaras allahumma sholli ala sayyidina Muhammad, dan semoga kitab isa mendapatkan keutamaan yang telah dijanjikan Yang mahakuasa dan rasul-Nya.

Source: https://zadittaqwa.com/allahumma-sholli-ala-sayyidina-muhammad/