Aturan Bermain Petak Umpet Kelas 1 Sd


Permainan tradisional ini mengasah ketelitian dan kepekaan anak. Kumpulkan antiwirawan-dagi balita dan ajak bermain delikan.

Persiapan:  3-6 anak, tiang ataupun dinding, petak dengan tempat-tempat persembunyian.

Pendirian bermain:

  1. Gambreng, anak asuh yang kalah menjadi Pencari. Ia memejamkan sambil bersender ke tiang/dinding sebagai “benteng” dan menghitung 1 sampai 10. Anak-anak lain tergopoh-gopoh bersembunyi.
  2. Plong hitungan ke-10, Pelacak membuntang dan mencari n partner-temannya. Setiap menemukan persembunyian sendiri kutub, Pencari meneriakkan nama lawan itu habis lari ke pertahanan untuk menepuk benteng sambil berkata “hong!”
  3. Kalau ada satu anak nan bisa memimpin Pencari bikin menepuk benteng dan berteriak “hong!”, artinya momongan-anak menang dan Pencari kalah. Pencari harus mengerudungi indra penglihatan lagi berbarengan bersender ke tiang/dinding, dan permainan diulang dari mulanya.
  4. Kalau tak anak yang dapat melakukan “hong”, maka Pencari ulung. Anak nan ditemukan pertama mana tahu, gantian menjadi Pencari.

Guna lakukan anak:
belajar menghitung, melatih motorik bernafsu, mengasah ketepatan dan sensitivitas, melatih keluasan pikiran, belajar mengingat nama, belajar mengikuti aturan.

Source: https://www.ayahbunda.co.id/balita-bermain-permainan/bermain-petak-umpet