Bagaimana Cara Mengerjakan Tadarus Alquran

Tadarus Alquran. Foto: limbung. https://pixabay.com




Tadarus


Al Quran merupakan salah satu amalan yang banyak terjamah oleh umat Islam karena terdapat banyak sekali pahala yang dapat kita peroleh sekiranya kita mau mengamalkannya. Untuk dapat mengamalkannya dengan baik, kita wajib memahami bagaimana adab tadarus Al Quran yang baik dan benar sesuai dengan hukum Selam.


Kepatutan Tadarus Al Quran Bagi Memperoleh Pahala Tadarus


Tadarus yakni amalan yang dilakukan dengan cara membaca


Alquran


secara pasuk. Hal ini seperti mana yang dijelaskan dalam buku berjudul Merebus Anak: Mengaji, Batik dan Memanjakan Al-Quran karya Ahmad Syarifuddin (2004:49) yang mengklarifikasi bahwa tadarus ialah kegiatan mengaji Alquran yang dilakukan sebagian hamba allah atas sebagian yang lain cak bagi menyimak dan membenarkan artikulasi dan hukum bacaannya. Hal ini menyatakan bahwa tadarus Alquran sebagai halnya kita mendaras Al Quran sahaja tadarus dilakukan secara sinkron agar kita mengetahui bagaimana bacaan Al Quran nan bersusila.


Amalan tadarus Al Alquran ini menjadi amalan yang banyak dilakukan maka dari itu umat


Islam

. Sebagai halnya yang sudah dipaparkan sebelumnya, bahwa tadarus yaitu amalan nan berpahala bagi yang mau mengerjakannya, terlebih jika dilakukan secara rutin. Peristiwa tentunya disebutkan kerumahtanggaan sabda Nabi Muhammad SAW yang menyebutkan mengenai pahala lakukan orang yang mau melakukan tadarus Al Quran:

عَنْ عَبْد اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ رضى الله عنه يَقُولُ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- « مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ وَالْحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا لاَ أَقُولُ الم حرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلاَمٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ



Artinya: “Abdullah polong Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Siapa yang mengaji satu huruf berusul Al Quran maka baginya satu keistimewaan dengan bacaan tersebut, satu guna dilipatkan menjadi 10 kekuatan semisalnya dan aku tak mengatakan Alif lam mim satu lambang bunyi akan tetapi Alif suatu fonem, Laam satu fonem dan Miim satu huruf.” (HR. Tirmidzi)


Dalam hadis tersebut disebutkan bahwa pahala bakal yang mau membaca Alquran adalah keliman pahala bagi tiap huruf yang dibacanya. Untuk dapat mendapatkan pahala tadarus Alquran nan maksimal, kita perlu memahami bagaimana adab tadarus Al Quran yang sesuai dengan hukum Islam.


Adab tadarus Al Quran nan wajib kita penuhi ialah dengan memulai mendaras Al Alquran dengan membaca ta’awudz. Perintah kerjakan membaca ta’awudz sebelum mendaras Alquran tersebut disebutkan kerumahtanggaan surat An Nahl berikut ini:

فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْآَنَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ



Artinya: “Apabila dia membaca Al Quran hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah bersumber syaitan yang terkutuk.” (QS. An-Nahl: 98)


Selain mendaras ta’awudz, adab tadarus Al Alquran lainnya yang perlu kita penuhi yakni memastikan panggung yang kita gunakan untuk membaca Al Alquran adalah tempat nan pantas dan bersih, mengutamakan mengaji Al Alquran dengan menumpu kakbah, dan merevisi teks Al Quran dengan memahami bagaimana tata pendirian dan hukum bacaan Al Quran nan baik dan benar.


Pemaparan mengenai kesusilaan tadarus Al Quran tersebut dapat Engkau terapkan ketika melakukan tadarus Al Quran dalam keseharian Anda. Moga berharga. (DA)

Source: https://kumparan.com/berita-update/adab-tadarus-al-quran-yang-wajib-diketahui-umat-islam-1vYGGnDMXAU