Bagaimana Cara Pemberian Nutrisi Pada Tanaman Hidroponik

JAKARTA, KOMPAS.com
– Metode memakamkan hidroponik enggak memperalat lahan, tetapi dapat ditanam dalam wadah apa pun selama ada air.

Lain heran, metode hidroponik disuaki sebagian publik karena kemudahannya, terutama mereka yang dahulu di lahan sempit dan enggak punya halaman kerjakan bersua dengan tanam.

Baca juga: Manfaat dan Kekeringan Menguburkan Tanaman dengan Metode Hidroponik

Bayu Widhi Nugroho, praktisi dan pemilik akun YouTube
HIDROPONIKPEDIA, mengatakan hidroponik hanya membedakan kaidah mengetanahkan sebuah tanaman.

“Hidroponik lebih mengacu pada sistem tanam, bukan sebuah
grade
atau mungkin sesuatu yang bisa membuat tanaman memiliki kualitas berbeda dengan yang ditanam di lahan. Semua tanaman bisa pakai hidroponik,” katanyaKompas.com, Kamis (23/6/2022).

Jadi, seperti tumbuhan yang ditan di tanah, tanaman yang ditanam memperalat metode hidroponik loyal membutuhkan baja.

Hanya saja, ada perbedaan dalam tulang beragangan dan pemberian cendawan serta proses penyerapan nutrisi dari pupuk nan dilakukan oleh akar tanaman.

Baca juga: 7 Langkah Mengetanahkan Sayuran Secara Hidroponik di Rumah

Bentuk rabuk cak bagi tumbuhan hidroponik

Ilustrasi hidroponik.
FREEPIK/JCOMP
Ilustrasi hidroponik.

Dalam metode penanaman tradisional, jamur nomplok dalam berbagai susuk seperti bulir kristal berdosis besar dan kecil, cair, halus seperti mana tepung atau abuk, setakat tanah gembur.

Lantas, bagaimana bentuk pupuk kerjakan tanaman hidroponik?

“Pupuk privat bentuk debu. Nanti diencerkan ketika ingin menanam hidroponik. Varietas serat cairan memang ada yang jual, tetapi rumpil. Lazimnya intern bubuk,” jelas Bayu.

Baca kembali: Langkah Mudah Menanam Tanaman dengan Metode Hidroponik

Jenis pupuk nan sering digunakan dalam sistem tanam hidroponik adalah nutrisi ab mix. Umumnya, pupuk ini datang intern dua bentuk yang akan dilarutkan secara bersamaan, yakni bubuk dan bulir-bulir katai.

Cendawan ab mix mengandung unsur makro hara dan unsur mikro hara. Unsur makro hara mengandung nitrogen, fosfor, kalium, dan magnesium. Sementara mikro hara mengandung besi, tembaga, dan khlor.

Baca pula: Mandu Budidaya Tauge Hidroponik, Mudah dan Gemi Medan

Cara menerimakan pupuk ke pohon hidroponik

Terkait dengan pemberian pupuk, dilansir bersumber akun YouTube
HIDROPONIKPEDIA, kamu tak dapat mencampur kemasan A dan B yang terdapat intern contong nutrisi ab mix secara langsung.

Berikut cara mengencerkan nutrisi ab mix seumpama pupuk, untuk tanaman hidroponik.

Baca sekali lagi: Ketahui, Macam Pohon nan Cocok Ditanam Secara Hidroponik

  • Larutkan bungkusan A dan B

Ilustrasi kangkung, ilustrasi hidroponik.
SHUTTERSTOCK / Muriha
Ilustrasi katak, ilustrasi hidroponik.

Buat nutrisi ab mix berukuran 0,5 liter, siapkan dua cangkir ukur berukuran 0,5 liter. Masing-masing cangkir digunakan kerjakan melarutkan selongsong A dan B.

Tuangkan semua isi kemasan A ke salah satu cangkir ukur dan tuangkan air ke salah satu cangkir sebanyak 250-300 mililiter, dan aduk setakat merata.

Umumnya, dalam setiap paket A dan B pada nutrisi ab mix akan memiliki contong lain di dalamnya. Larutkan isi basung privat kemasan A ke cangkir, sangat sduk sampai merata dan pastikan tak ada endapan.

Setelah itu, tambahkan air hingga mencapai noktah 500 mililiter, lalu aduk kembali, dan masukkan ke botol nan sudah diberi tanda “A”.

Bikin hal yang sekufu dengan kemasan B puas cangkir ukur tak nan telah disiapkan. Namun buat buntelan B, sekalian tuangkan air sebanyak 500 mililiter dan seluruh isi privat bungkus B. Aduk hingga merata dan masukkan ke botol nan sudah lalu diberi tanda “B”.

Baca juga: Mengebumikan Sayuran Secara Hidroponik, Mana yang Paling Cepat Panen?

  • Masukkan vitamin ab mix ke dalam air hidroponik

Ilustrasi menanam sayuran dengan sistem hidroponik.
PIXABAY/41330
Ilustrasi menanam sayuran dengan sistem hidroponik.

Setelah nutrisi ab mix siap digunakan, siapkan air sebanyak dua liter. Akan halnya jumlah ini dimaksudkan buat menciptakan air nutrisi dengan tingkat kepekatan 800 parts saban million (ppm).

Tuangkan lima hingga 10 mililiter isi botol A ke kerumahtanggaan air. Lakukan hal yang seperti isi botol B. Aduk air seharusnya sintesis botol A dan B merata.

Kerjakan memastikan tingkat kepekatan air sudah sesuai, ukur menggunakan perabot khusus. Alat untuk mengukur ppm dapat kamu dapatkan di situs memikul daring.

Seandainya tingkat kelikatan melebihi target ppm nan telah ditentukan, tambahkan air pada fusi tersebut. Jika abnormal jenjang, tambahkan isi botol A dan B ke n domestik air dengan takaran yang sama.

Apabila tingkat kerekatan air sudah sesuai dengan objek ppm, kamu bisa bersama-sama tuangkan air nutrisi ke dalam wadah tanaman hidroponik.

Baca kembali: Pendirian Membuat Nutrisi alias Pupuk Hidroponik Sendiri di Flat

Bagaimana cara tanaman hidroponik menyerap nutrisi?

Bayu menjelaskan, bagi sitem tanam tradisional, pupuk akan dituangkan ke internal tanah. Nantinya, lahan akan ki menggarap pupuk bikin menghasilkan zat-zat nan akan diserap akar pokok kayu.

“Kalau intern hidroponik, kita sudah menyiagakan zat-zat nan sudah siap dimakan akar tunjang. Ibaratnya, kalau tanaman yang ditanam di kapling itu kita kasih beras, sementara hidroponik dikasih nasi,” ujarnya.

Janhan lupa memlerhatikan kebutuhan terang matahari bikin pokok kayu hidroponik. Sebab, bukan semua tumbuhan hidroponik bsa terkena paparan terang surya langsung, setimpal dengan tanaman yang ditanam di petak.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari berbunga Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install permintaan Telegram lebih-lebih dahulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/23/184600376/ketahui-ini-cara-memberikan-pupuk-pada-tanaman-hidroponik?page=all