Bagaimana Kebutuhan Hidup Bagi Malaikat

Ayo belajar nama dan tugas Malaikat menurut Selam, wajib tau, ya!

Sebagai muslim, tentu harus mengimani adanya 6 berdamai iman. Keseleo satu rukun iman tersebut yang wajib diyakini merupakan iman kepada malaikat. Sedari dini, Sedulur wajib hukumnya untuk memahami segala apa belaka yang teristiadat diimani, tercantum merek serta tugas malaikat yang berlainan-beda.

Malaikat adalah utusan Halikuljabbar SWT nan mempunyai tugas malaikat seorang-sendiri dan berupa tak terlihat oleh khalayak. Ada beribu-ribu malaikat menurut Al-Qur’an, namun yang teristiadat diyakini yakni 10 malaikat.

Apakah Sedulur tau kali semata-mata merek malaikat tersebut? Sebelum penjabaran malaikat beserta tugasnya, kita pahami dahulu yuk segala apa itu malaikat dan barang apa yang dimaksud iman pada malaikat!

Denotasi iman kepada malaikat Allah

Sedulur sejak mungil mungkin sudah diajarkan bahwa Iman memiliki arti percaya. Jadi, iman kepada Allah artinya mempercayai adanya malaikat dan bahwa malaikat diciptakan dari Nur ataupun cahaya serta enggak memiliki berahi, sehingga malaikat terlampau konstan kepada Yang mahakuasa SWT. Malaikat n kepunyaan kurnia prolog ‘malak’ berbunga bahasa arab yang memiliki arti pembawa pesan, dan punya rangka konvensional ‘malaikah’. Malaikat diyakini sebagai manusia surgawi. Situasi ini terjadwal n domestik sebuah hadits nan diriwayatkan oleh orang islam. Hadits tersebut berbunyi:

عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّ اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّم خُلِقَتِ المَلٰئِكَةُ مِنْ نُوْرِ وَخُلِقَ الْجَانُّ مِنْ مَارِجِ مِنْ نَارٍ وَخُلِقَ اٰدَمَ مِمَّا وُصِفَ لَكُمْ (HR. Muslim:5314)

“an ‘aa`isyat qaalat qala rasulullahi shallalahu ‘alaihi wa sallam khuliqatil malaaikati min nuri wa khuliqal jaanu min maari min naar wa khuliqa aadama mimmaa wushifalakum

Artinya: “Malaikat diciptakan dari kilat dan Jin diciptakan terbit campuran api, dan adam diciptakan berasal tanah.”

Malaikat mempunyai sifat tidak makan atau minum, tidak punya amarah, dan lain nikah payah.

{فَلَمَّا رَأَى أَيْدِيَهُمْ لَا تَصِلُ إِلَيْهِ نَكِرَهُمْ وَأَوْجَسَ مِنْهُمْ خِيفَةً قَالُوا لَا تَخَفْ إِنَّا أُرْسِلْنَا إِلَى قَوْمِ لُوطٍ وَامْرَأَتُهُ قَائِمَةٌ فَضَحِكَتْ} (Surat Hud: 70-71)

Artinya: Maka tatkala dilihatnya tangan mereka tidak menjamahnya, Ibrahim memandang aneh ragam mereka, dan merasa bersimbah terhadap mereka. Malaikat itu berkata, “Jangan kamu bersimbah, sememangnya kami adalah (malaikat-malaikat) nan diutus kepada kaum Luth.” Dan istrinya berdiri (di balik tirai), lalu dia tersenyum.

Selain itu, malaikat juga tidak afiliasi nangkring alias merasa bosan bikin menyembah Almalik SWT, kejadian ini tertera di n domestik Al-Quran dokumen ke 21 ayat 20 yang berbunyi;

وَاِنَّا لَنَحْنُ الْمُسَبِّحُوْنَ

Artinya: Dan sesungguhnya kami sopan-bermoral bertasbih (kepada Allah).(QS: As Shafat: 166)

Kewajiban untuk berketentuan kepada malaikat Halikuljabbar SWT sekali lagi mempunyai ayat yang tercantum dalam Al-Alquran sertifikat An-Nisa ayat 136 yang berbunyi:

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اٰمِنُوْا بِاللّٰهِ وَرَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْ نَزَّلَ عَلٰى رَسُوْلِهٖ وَالْكِتٰبِ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ مِنْ قَبْلُ ۗوَمَنْ يَّكْفُرْ بِاللّٰهِ وَمَلٰۤىِٕكَتِهٖ وَكُتُبِهٖ وَرُسُلِهٖ وَالْيَوْمِ الْاٰخِرِ فَقَدْ ضَلَّ ضَلٰلًا ۢ بَعِيْدًا

Artinya: “Wahai insan-orang yang beriman! Tetaplah beriman kepada Tuhan dan Rasul-Nya (Muhammad) dan kepada Kitab (Al-Qur’an) yang diturunkan kepada Rasul-Nya, serta kitab yang diturunkan sebelumnya. Barangsiapa nan ingkar kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, dan masa kemudian, maka sungguh, orang itu sudah sesat jalan sangat jauh.”

Dalam kutipan ayat tersebut, Yang mahakuasa lain hanya mensyariatkan insan buat beriman kepada malaikat saja, tetapi memerintahkan kita kerjakan berketentuan kepada rasul-rasulNya, kitab-kitabNya, dan yaumul atau hari yaumul.

Selepas mengetahui adapun iman kepada malaikat Allah SWT, silakan kita lanjut dengan pembahasan selanjutnya, yaitu nama-jenama beserta tugas-tugas malaikat yang harus Sedulur ketahui sebagai seorang orang islam. Sebelumnya, Sedulur tau nggak, ada berapa malaikat Allah SWT? Hanya Allah nan mengarifi jumlah pastinya, karena cak semau banyak sekali. Namun, yang wajib kita ketahui saja 10 nih sedulur. Simak, yuk!

Baca Juga:

8 Ide Resep MPASI 9 Bulan yang Praktis & Bernutrisi

Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu

kalam.sindonews.com

Selain bertugas mengedepankan tanzil, malaikat roh kudus dikenal sebagai malaikat yang berkomunikasi dengan semua utusan tuhan dan turun pada lilin lebah Lailatul Qadar alias malam seribu wulan dengan membawa berkah semenjak Allah SWT. Malaikat Jibril juga diakui umpama pejuang yang asing sahih dalam Selam karena diyakini sebagai pejabat terbit pasukan malaikat di Perang Badar.

Diriwayatkan di sebuah hadits bahwa malaikat jibril mengimak pertarungan yaitu Ibni Hisyam bahwa Rasulullah berseru kepadanya “Bergembiralah aduhai Abu Bakar karena bantuan Yang mahakuasa telah datang. Malaikat Jibril telah meraih tom kudanya, kemudian menghelanya ke sisi kepulan duli (medan perjuangan).”

Malaikat Izrail bertugas mencabut kehidupan

marimembaca.com

Tugas malaikat izrail adalah membedol kehidupan dan mengangkut orang beriktikad ke surga dan sebaliknya, mengapalkan orang ateis ke neraka. Hal ini disampaikan n domestik di Al-Quran kopi As-Sajdah ayat 11 yang berbunyi,

قُلْ يَتَوَفّٰىكُمْ مَّلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ ثُمَّ اِلٰى رَبِّكُمْ تُرْجَعُوْنَ

Artinya: “Malaikat maut yang diserah bagi (menyendal nyawa)mu akan mematikanmu, kemudian hanya kepada Tuhanmulah dia akan dikembalikan”.

Disebutkan sekali lagi dalam Al-Quran surat Al-Araf ayat 37 ialah:

فَمَنْ اَظْلَمُ مِمَّنِ افْتَرٰى عَلَى اللّٰهِ كَذِبًا اَوْ كَذَّبَ بِاٰيٰتِهٖۗ اُولٰۤىِٕكَ يَنَالُهُمْ نَصِيْبُهُمْ مِّنَ الْكِتٰبِۗ حَتّٰٓى اِذَا جَاۤءَتْهُمْ رُسُلُنَا يَتَوَفَّوْنَهُمْۙ قَالُوْٓا اَيْنَ مَا كُنْتُمْ تَدْعُوْنَ مِنْ دُوْنِ اللّٰهِ ۗقَالُوْا ضَلُّوْا عَنَّا وَشَهِدُوْا عَلٰٓى اَنْفُسِهِمْ اَنَّهُمْ كَانُوْا كٰفِرِيْنَ

Artinya: “Maka siapakah yang kian zalim daripada insan yang membuat-buat dusta terhadap Allah atau mendustakan ayat-ayat-Nya? Cucu adam-orang itu akan memperoleh bahagian yang telah ditentukan untuknya internal Kitab (Lauh Mahfuzh); sampai bila hinggap kepada mereka utusan-utusan Kami (malaikat) bikin cekut nyawanya, (di masa itu) utusan Kami menyoal: “Di mana (berhala-berhala) nan biasa kamu hormat selain Yang mahakuasa?” Orang-orang musyrik itu menjawab: “Tagut-berhala itu semuanya telah ki amblas pecah kami,” dan mereka mengakui terhadap diri mereka bahwa mereka adalah orang-sosok yang kafir.”

Malaikat israfil bertugas meniup sangkakala

dictio.id

Malaikat Israfil yaitu malaikat nan mempunyai tanggungjawab meniup sangkakala sebagai tera adanya akhir zaman. Disebutkan di privat Al-Alquran bahwa malaikat Israfil meneriakkan kepada sesuatu yang tak menghilangkan di saat akhir zaman.

فَتَوَلَّ عَنْهُمْ ۘ يَوْمَ يَدْعُ الدَّاعِ اِلٰى شَيْءٍ نُّكُرٍۙ

“Maka berpalinglah kamu dari mereka, Ingatlah hari detik seorang pendakwah atau malaikat menyeru kepada sesuatu nan lain menyenangkan di kiamat.”surat AL-Qamar ayat 6.

Malaikat Mikail bertugas membagi rizki

kalam.sindonews.com

Selanjutnya ialah malaikat Mikail yang selain bertugas membagi rizki, Malaikat Mikail punya tugas bakal mengarahkan hujan, makanan tanaman dan kandungan dengan karsa Allah SWT. Hal ini disetujui maka dari itu beberapa jamhur dan malaikat izrail dapat disebut juga malaikat pengusung hukum alam. Hadits dari Alqamah bin Martsad, berpokok Abdurrahman bin Sabith lagi menyebut bahwa malaikat mikail termuat dalam catur malaikat utama Halikuljabbar SWT

يُدَبِّرُ الأُمُورَ أَرْبَعَةٌ : جِبْرِيلُ ، وَمِيكَائِيلُ ، وَإِسْرَافِيلُ ، وَمَلَكُ الْمَوْتِ صَلَّى اللَّهُ عَلَى نَبِيِّنَا وَعَلَيْهِمْ وَسَلَّمَ ، فَجِبْرِيلُ عَلَى الرِّيحِ وَالْجُنُودِ ، وَمِيكَائِيلُ عَلَى الْقَطْرِ وَالنَّبَاتِ ، وَمَلَكُ الْمَوْتِ يَقْبِضُ الأَرْوَاحَ ، وَإِسْرَافِيلُ يُبَلِّغُهُمْ مَا يُؤْمَرُونَ بِهِ

Suka-suka 4 malaikat yang mengeset urusan: Roh kudus, Mikail, Israfil dan Malaikat maut – moga shalawat dan salam tercurah bakal nabi kita dan mereka. Jibril mengatak angin dan pasukan, Mikail mengatur hujan dan pepohonan, malaikat maut yang mengonyot vitalitas, dan Israfil menyorongkan kepada mereka apa nan diperintahkan kepada mereka. (HR. Serdak Syaikh al-Ashbahani dalam al-Adzamah, no. 294. Hadis ini merupakan hadis Maqthu’, karena Abdurrahman bin Sabith adalah seorang tabi’in).

Malaikat Raqib bertugas menyadari makruf cucu adam

kumparan.com

Tugas berusul malaikat Raqib adalah mencatat darmabakti baik orang selama hidup, yang diriwayatkan privat al quran akta Qaf ayat 17 dan 18 nan berbunyi:

إِذْ يَتَلَقَّى الْمُتَلَقِّيَانِ عَنِ الْيَمِينِ وَعَنِ الشِّمَالِ قَعِيدٌ (١٧) مَا يَلْفِظُ مِنْ قَوْلٍ إِلا لَدَيْهِ رَقِيبٌ عَتِيدٌ (١٨

Artinya: “(Ingatlah) saat dua malaikat mengingat-ingat (perbuatannya), yang suatu duduk di jihat kanan dan yang lain di sebelah kiri. Lain suka-suka suatu alas kata yang diucapkannya melainkan suka-suka di sisinya malaikat inspektur nan rajin siap (mencatat).”

Malaikat Atid bertugas mencatat perbuatan buruk basyar

islami.co

Tugas Malaikat Atid merupakan menyadari amal buruk manusia sejauh kehidupan, berbeda dengan malaikat Raqib. Namun kedua malaikat ini camar disandingkan bersama-sama karena tugasnya yang mirip.

Malaikat Ridwan bertugas menjaga suwargaloka

islamidia.com

Tugas malaikat ridwan adalah menjaga surga, disebutkan privat Al-Quran Sahifah Az-Zumar ayat 73:

وَسِيْقَ الَّذِيْنَ اتَّقَوْا رَبَّهُمْ اِلَى الْجَنَّةِ زُمَرًا ۗحَتّٰىٓ اِذَا جَاۤءُوْهَا وَفُتِحَتْ اَبْوَابُهَا وَقَالَ لَهُمْ خَزَنَتُهَا سَلٰمٌ عَلَيْكُمْ طِبْتُمْ فَادْخُلُوْهَا خٰلِدِيْنَ

Artinya: “Dan orang-orang yang bertakwa kepada Tuhannya diantar ke dalam surga secara berkumpulan. Sehingga apabila mereka sampai kepadanya (surga) dan pintu-pintunya mutakadim dibukakan, penjaga-penjaganya berkata kepada mereka, “Ketenteraman (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah dia! Maka masuklah, kamu kekal di dalamnya.”

Malaikat Munkar bertugas menyelidiki di alam barzakh

popmama.com

Lebih spesifiknya, Malaikat Munkar bertugas menanyai manusia adapun keburukan-kebobrokan yang dilakukan selama hidup. Kejadian ini dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan maka itu Tirmidzi. Hadits tersebut berbunyi,

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضي الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : إِذَا قُبِرَ الْمَيِّتُ أَوْ قَالَ أَحَدُكُمْ أَتَاهُ مَلَكَانِ أَسْوَدَانِ أَزْرَقَانِ يُقَالُ لأَحَدِهِمَا الْمُنْكَرُ وَالآخَرُ النَّكِيرُ  (HR At-Tirmidzi)

Bermula Abuk Hurairah RA berucap, Rasulullah SAW bertutur, “Apabila mayat mutakadim dikubur maupun jika keseleo koteng kalian dikubur maka ada dua malaikat yang mendatanginya yang keduanya hitam kebiruan, diberi merek Munkar dan yang lainnya bernama Nakir.” (HR At-Tirmidzi)

Malaikat Nakir bertugas menanyai di pan-ji-panji kubur

menurutparaahli.com

Memiliki tugas yang hampir sebagaimana Malaikat Munkar, Malaikat Nakir bertugas menyelidiki sebaliknya yaitu tentang guna-kebaikan yang manusia untuk semasa hidup.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Bebat bayi Bayi Terbaik yang Lega hati Bakal Sang Kecil

Malaikat Malik bertugas menjaga neraka

boombastis.com

Tugas malaikat malik adalah menjaga gapura neraka. Peristiwa ini tertuang di internal Al Alquran surat Az Zukhruf ayat 77 yang berbunyi

 وَنَادَوْا يَا مَالِكُ لِيَقْضِ عَلَيْنَا رَبُّكَ ۖ قَالَ إِنَّكُمْ مَاكِثُونَ

Artinya: “Dan mereka berseru, “Wahai (Malaikat) Malik! Biarlah Tuhanmu mematikan kami saja.” Dia menjawab, “Sungguh, kamu akan konsisten tinggal (di neraka ini).” (QS. Az Zukhruf: 77).

Demikianlah stempel malaikat beserta tugasnya yang tertuang dalam hadits alias al alquran. Kiranya sebagai umat muslim mampu kerjakan mengetahui baik itu arti beriman kepada malaikat, maupun tugas dari per malaikat. Kiranya penting!

Source: https://superapp.id/blog/lifestyle/tugas-malaikat/