Bahasa Arab Makan Dan Minum

Cucu adam[1]

Periode

0,35–0

PreЄ

Є

Ozon

S

D

C

P

N

J

K

Pg

N

Pleistosen Tengah – Kini

Homo sapiens

Edit the value on Wikidata

Akha cropped hires.JPG

Lelaki (kidal) dan pemudi (kanan) mulai sejak suku Akha, lor Thailand

Data
Cara mengalir bipedalisme

Edit the value on Wikidata
Tahun kehamilan 280 perian

Edit the value on Wikidata
Mata air dari Air payudara ibu, Kulit manusia dan Rambut penasihat

Edit the value on Wikidata
Status pelestarian
Status iucn3.1 LC.svg
Risiko rendah
IUCN 136584

Edit the value on Wikidata
Taksonomi
Imperium Animalia
Filum Chordata
Inferior Mammalia
Ordo Primates
Famili Hominidae
Genus Homo
Keberagaman Homo sapiens

Edit the value on Wikidata



Linnaeus, 1758
Penyelenggaraan nama
Muradif takson

Sinonim spesies
[1]

  • aethiopicus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • americanus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • arabicus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • aurignacensis

    Klaatsch & Hauser, 1910
  • australasicus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • cafer

    Bory de St. Vincent, 1825
  • capensis

    Broom, 1917
  • columbicus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • cro-magnonensis

    Gregory, 1921
  • drennani

    Kleinschmidt, 1931
  • eurafricanus

    (Sergi, 1911)
  • grimaldiensis

    Gregory, 1921
  • grimaldii

    Lapouge, 1906
  • hottentotus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • hyperboreus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • indicus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • japeticus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • melaninus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • monstrosus

    Linnaeus, 1758
  • neptunianus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • palestinus

    McCown & Keith, 1932
  • patagonus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • priscus

    Lapouge, 1899
  • proto-aethiopicus

    Giuffrida-Ruggeri, 1915
  • scythicus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • sinicus

    Bory de St. Vincent, 1825
  • spelaeus

    Lapouge, 1899
  • troglodytes

    Linnaeus, 1758
  • wadjakensis

    Dubois, 1921
Subspesies





  • Homo sapiens idaltu
    White
    dll., 2003
  • Homo sapiens sapiens
    (khalayak modern)
Distribusi

World human population density map.png

Atlas persebaran populasi
Homo sapiens

Cucu adam
(Homo sapiens) adalah spesies primata yang berasal dan tinggal di bumi dengan populasi terbesar, peredaran nan paling luas, dan dicirikan dengan kemampuannya kerjakan berjalan di atas dua suku, serta pentolan yang kompleks nan berharta membentuk peralatan, budaya, dan bahasa yang berat. Rata-rata insan roh dalam struktur sosial nan terdiri atas kerumunan-kelompok tertentu nan sreg gilirannya dapat bersaing atau kondusif satu proporsional lain mulai mulai sejak kerumunan anak bini kecil dengan hubungan kekerabatan sebatas kerumunan politik yang raksasa atau negara. Interaksi sosial antarmanusia takhlik keberagaman nilai, norma, dan formalitas di intern masyarakat insan. Keinginan manusia kerjakan tahu dan memengaruhi lingkungan sekitarnya memunculkan perkembangan dalam filsafat, ilmu informasi, mitologi, dan agama.

Penggolongan lainnya merupakan berlandaskan usia, mulai berusul bakal manusia, kanak-kanak anyir, balita, anak-anak, taruna, mulai dewasa, pemuda/i, dewasa, dan orang jompo.

Selain itu masih banyak penggolongan-penggolongan yang lainnya, berdasarkan ciri-ciri awak (corak kulit, surai, netra; tulang beragangan hidung; tinggi badan; jenis kelamin), afiliasi sosio-politik-agama (penganut agama/ajun XYZ, penghuni negara XYZ, anggota partai XYZ), hubungan komunitas (tanggungan: keluarga dekat, batih jauh, keluarga tiri, keluarga angkat, keluarga asuh; dagi; musuh), dan tak sebagainya.

Pelopor
yakni istilah bagi orang yang tenar dan berpengaruh misalnya ‘tokoh ketatanegaraan’, ‘tokoh yang tampil kerumahtanggaan film’, ‘tokoh yang menyepakati penghargaan’, dan tak-enggak.

Biologi

[sunting
|
sunting sumber]

Ciri-ciri fisik

[sunting
|
sunting sendang]

N domestik biologi, manusia lazimnya dipelajari misal salah suatu dari beraneka ragam spesies di muka Bumi. Pembelajaran biologi orang kadang pula diperluas ke aspek serebral serta ragawinya, tetapi kebanyakan tidak ke kerohanian atau keagamaan. Secara biologi, individu diartikan perumpamaan hominid dari jenis
Homo sapiens. Satu-satunya subspesies yang tersisa bersumber Homo Sapiens ini ialah
Homo sapiens sapiens. Mereka galibnya dianggap sebagai satu-satunya spesies yang dapat bertahan kehidupan intern genus
Homo. Manusia menunggangi trik penggerak bipedalnya (dua suku) yang ideal. Dengan adanya kedua tungkai untuk menggerakkan badan, kedua tungkai depan dapat digunakan bakal menyihir bulan-bulanan menggunakan jemari biang tangan (ibu jari).

Rata-rata tinggi bodi dayang dewasa Amerika adalah 162 cm (64 inci) dan galibnya berat 62 kg (137 pound). Pria umumnya lebih lautan: 175 cm (69 inci) dan 78 kilogram (172 pound). Pasti hanya angka tersebut sahaja rata rata, rencana fisik orang sangat bervariasi, tergantung pada faktor medan, dan sejarah. Meskipun ukuran tubuh kebanyakan dipengaruhi faktor keturunan, faktor mileu dan kebudayaan juga bisa memengaruhinya, seperti nutrisi nafkah.

Anak manusia lahir sesudah sembilan bulan dalam masa makanan, dengan berat pada umumnya 3-4 kilogram (6-9 pound) dan 50-60 sentimeter (20-24 dim) tingginya. Tak berdaya saat kelahiran, mereka terus bertumbuh selama beberapa perian, lazimnya mencapai kedewasaan genital lega sekeliling umur 12-15 tahun. Momongan laki-laki masih akan terus bertaruk selama beberapa tahun setelah ini, rata-rata pertumbuhan tersebut akan berhenti lega umur sekitar 18 periode.

Warna jangat manusia beragam dari dekat hitam hingga zakiah kemerahan. Secara masyarakat, sosok dengan kakek moyang yang berasal bermula daerah nan sukar n kepunyaan selerang kian hitam dibandingkan dengan makhluk yang bernenek-moyang berusul area nan hanya mendapat sedikit pendar syamsu. (Belaka, situasi ini tentu belaka lain barometer mutlak, suka-suka sosok yang mempunyai nenek moyang nan berasal dari daerah terik, dan kurang terik; dan orang-orang tersebut dapat n kepunyaan warna selerang berbeda dalam lingkup spektrumnya). Umumnya, wanita punya kulit yang sedikit lebih cuaca daripada pria.

Perkiraan pahit darah manusia lega kelahiran mendatangi 80 perian di negara-negara makmur, kejadian ini bisa terjangkau berkat bantuan mantra proklamasi, dan teknologi. Kuantitas orang yang berusia seratus tahun ke atas di dunia diperkirakan berjumlah [1] Diarsipkan 2006-06-19 di Wayback Machine. sekitar 50,000 sreg periode 2003. Rentang hidup maksimal bani adam diperhitungkan selingkung 120 tahun.

Sementara banyak spesies tak nan punah, Anak adam dapat kukuh eksis, dan berkembang sampai masa ini. Keberhasilan mereka disebabkan oleh buku intelektualnya yang tinggi, sekadar mereka juga n kepunyaan kekurangan fisik. Manusia membidik menderita obesitas makin bersumber primata lainnya. Hal ini sebagian besar disebabkan karena bani adam mampu memproduksi gurih tubuh makin banyak ketimbang tanggungan primata lain. Karena manusia yakni bipedal semata (belaka wajar menggunakan dua kaki bagi melanglang), daerah birit, dan tulang jejak kaki pun mendatangi menjadi rapuh, menyebabkan kesulitan dalam bergerak sreg usia lanjur. Juga, khalayak pemudi menderita kerumitan melahirkan anak asuh yang nisbi (kesakitan karena babaran hingga 24 jam tidaklah masyarakat). Sebelum abad ke-20, melahirkan adalah kesengsaraan berbahaya untuk beberapa wanita, dan masih terjadi di beberapa lokasi terpencil atau area yang tidak berkembang di bumi saat ini.

Ciri-ciri mental

[sunting
|
sunting sumber]

Banyak sosok menganggap dirinya organisme terpintar di antara cucu adam lainnya, meski ada perdebatan apakah cetacea begitu juga lumba-lumba dapat belaka punya intelektual ekuivalen. Tentunya, manusia adalah satu-satunya makhluk yang mujarab berteknologi tingkatan. Manusia memiliki perbandingan massa otak dengan badan terbesar di antara semua orang ki akbar (Siketumba memiliki yang kedua terbesar hiu punya yang terbesar kerjakan ikan dan gurita memiliki yang teratas untuk invertebrata). Meski bukanlah pengukuran mutlak (sebab massa otak minimum penting bikin fungsi “berumah tangga” tertentu), perbandingan agregat otak dengan tubuh memang menyerahkan petunjuk baik mulai sejak intelektual relatif. (Carl Sagan,
The Dragons of Eden, 38)

Kemampuan orang cak bagi mengidentifikasi bayangannya dalam paradigma, yaitu pelecok suatu peristiwa yang terik ditemui di antara makhluk lainnya. Insan adalah suatu dari empat spesies yang lucut tes cermin untuk pengenalan pantulan diri yang lainnya adalah simpanse, hamba allah utan, dan babi duyung. Pengujian membuktikan bahwa sebuah simpanse yang sudah bertumbuh teoretis memiliki kemampuan yang hampir sama dengan sendiri anak manusia berusia catur periode untuk mengenali bayangannya di eksemplar.

Alas kata pola (mengenali koalisi susuk, dan warna serta meneladani sifat) adalah bukti lain bahwa khalayak memiliki mental nan baik.

Kemampuan mental basyar, dan kepandaiannya, membuat mereka, menurut Pascal, bani adam tersedih di antara semua basyar. Kemampuan n kepunyaan perhatian, begitu juga kesedihan atau kepelesiran, mengeluarkan mereka dari organisme lain, biarpun pernyataan ini sukar dibuktikan menunggangi tes. Kehadiran makhluk, menurut sebagian besar ahli filsafat, mewujudkan dirinya sebagai sumber kepelesiran.

Tatap kembali Berpikir, IQ, Ingatan, Penemuan, IPA, Filsafat, Deklarasi, Pendidikan, Kesadaran.

Habitat

[sunting
|
sunting sumber]

Pandangan konvensional berpunca evolusi manusia menyatakan bahwa cucu adam berevolusi di mileu lembang sabana di Afrika. (lihat Evolusi manusia). Teknologi nan disalurkan melalui kebudayaan telah memungkinkan individu untuk mendiami semua benua dan beradaptasi dengan semua iklim. Dalam beberapa dasawarsa buncit, hamba allah sudah dapat mendiami temporer benua Antartika, mendiami kedalaman samudera, dan atmosfer, meskipun pendiaman jangka panjang di mileu tersebut belum tercatat sesuatu yang hemat. Manusia, dengan populasi kurang lebih enam miliar jiwa, adalah salah suatu berasal mamalia terbanyak di dunia.

Sebagian besar manusia (61%) berkediaman di daerah Asia. Mayoritas sisanya gemuk di Amerika (14%), Afrika (13%) dan Eropa (12%), dengan doang 0.3% di Australia.

Gaya hayat ceria anak adam adalah pemburu, dan penadah, yang diadaptasikan ke sabana, adegan yang disarankan kerumahtanggaan evolusi manusia. Gaya hidup manusia lainnya yaitu nomadisme (berpindah panggung; kadang-kadang dihubungkan dengan pusparagam hewan) dan perkampungan menetap nan dimungkinkan oleh perladangan yang baik. Manusia mempunyai ki akal tahan yang baik untuk memindahkan habitat mereka dengan beraneka macam alasan, sama dengan persawahan, tali air, urbanisasi dan pembangunan, serta kegiatan tambahan buat kejadian-hal tersebut, sebagaimana pengangkutan dan produksi barang.

Perkampungan cucu adam menetap bergantung plong kedekatannya dengan mata air air dan, bergantung pada gaya usia, sumur daya alam lainnya sebagai halnya lahan subur kerjakan menanam hasil panen, dan menggembalakan ternak atau, sesuai dengan musim tersedianya mangsa/ki gua garba. Dengan datangnya infrastruktur perdagangan, dan pengangkutan nisbah lautan, kekariban lokasi dengan sumber daya tersebut telah menjadi tak terlalu penting, dan di banyak ajang faktor ini lain pun yaitu ki akal pendorong bertambah atau berkurangnya populasi.

Habitat makhluk dalam sistem ekologi terlayang di lingkungan yang tidak akrab dengannya (Antartika, angkasa luar) sangatlah mahal, dan umumnya mereka tak dapat tinggal lama, dan hanya kerjakan harapan ilmiah, militer, atau ekspedisi industri. Kehidupan di angkasa sangatlah sporadis, dengan maksimal tiga belas manusia di ulas angkasa pada perian tertentu. Ini adalah akibat langsung dari kerentanan manusia terhadap radiasi ionisasi. Sebelum penerbangan angkasa Yuri Gagarin hari 1961, semua bani adam ‘terkurung’ di Bumi. Di antara periode 1969 dan 1974, sudah lalu cak semau dua orang sekaligus yang menghabiskan waktu singkatnya di Wulan. Sampai musim 2004, tak ada benda angkasa lain telah dikunjungi manusia. Sampai tahun 2004, telah ada banyak eksistensi manusia di ruang angkasa berkelanjutan sejak peluncuran kru perdana kerjakan menghuni Stasiun Luar Angkasa Antarbangsa, pada 31 Oktober 2000.

Populasi

[sunting
|
sunting sendang]

Dalam kurun waktu 200 periode dari 1800 sampai 2000, populasi marcapada telah bertambah pesat dari suatu sebatas enam milyar. Diperkirakan mencapai puncaknya kira-kira sepuluh miliar selama abad ke-21. Sebatas 2004, sebuah minoritas yang cukup besar — sekitar 2.5 dari jumlah 6.3 miliar jiwa — tinggal di sekeliling kawasan perkotaan. Urbanisasi diperkirakan akan melonjak tajam selama abad ke-21. Polusi, kriminal dan kemiskinan hanyalah beberapa contoh dari masalah yang dihadapi makanya cucu adam yang dulu di kota dan permukiman pinggiran daerah tingkat.

Sumber akar Mula

[sunting
|
sunting sumber]

Binatang terdekat dengan manusia nan masih bersitegang hidup adalah simpanse; kedua terdekat adalah gorila dan ketiga adalah bani adam utan. Habis utama bagi diingat, namun, bahwa manusia cuma mempunyai paralelisme populasi karuhun dengan hewan ini, dan tidak diturunkan sewaktu bermula mereka. Tukang biologi telah membandingkan serantaian pasangan dasar DNA antara manusia, dan simpanse, dan memperkirakan perbedaan genetik keseluruhan abnormal dari 5% Divergence between samples of chimpanzee and human DNA sequences is 5%, counting indels. Mutakadim diperkirakan bahwa garis silsilah hamba allah bersimpang berpokok simpanse seputar 5 juta tahun lalu, dan dari gorila sekeliling 8 juta tahun suntuk. Belaka, maklumat berita terbaru dari tengkorak hominid berumur kira-kira 7 juta tahun sudah menunjukkan percabangan dari garis alur kera, membuat gagasan abadi adanya percabangan awal silsilah tersebut.

Berikut beberapa gejala utama internal evolusi manusia:

  • perluasan rongga pelopor dan otak itu seorang, yang umumnya selingkung 1,400 cm³ dalam ukuran volumnya, dua kali lipat perpanjangan otak simpanse, dan gorila. Beberapa tukang antropologi, namun, mengatakan bahwa alih-alih perpanjangan otak, penyusunan ulang struktur dalang bertambah berwibawa pada bertambahnya kecendekiaan.
  • pengurangan gigi gading.
  • pencetus bipedal (dua kaki)
  • perbaikan laring/pangkal tenggorokan (yang memungkinkan penghasilan obstulen kompleks atau dikenal sebagai bahasa vokal).

Bagaimana gejala-gejala ini berhubungan, dengan pendirian apa mereka telah menyejajarkan diri, dan apa peran mereka dalam evolusi organisasi sosial, dan kebudayaan kompleks, merupakan hal-hal utama n domestik perdebatan yang berlangsung di antara para ahli antropologi ragawi saat ini.

Selama tahun 1990an, spesies kerumahtanggaan DNA mitochondria manusia diakui sebagai sumber signifikan bakal membangun ulang alur hamba allah, dan cak bagi melacak hijrah basyar awal. Berdasarkan perhitungan-perhitungan ini, karuhun terakhir yang serupa manusia modern diperkirakan hidup sekitar 150 milenium dulu, dan telah berkembang di luar Africa kurang berpokok 100.000 periode dahulu. Australia dijelajahi relatif sediakala, sekitar 70.000 tahun lalu, Eropa +/- 40.000 tahun habis, dan Amerika pertama didiami secara kasarnya 30.000 tahun terlampau, serta kolonisasi kedua di selama Pasifik +/- 15.000 perian lalu (lihat Perpindahan manusia).

Baru-hijau ini, beberapa penajaman lega periode 2022 dan 2022 dari “Central South University” (CSU; 中南 大学), telah menghidangkan bukti langgeng bakal dasar muasal multiregional khalayak. Bukti genetik menunjukkan bahwa populasi terkait Asia Timur (cucu adam Asia Timur, orang Siberia, orang Asia Tengah, orang Asia Tenggara, individu Polinesia, dan orang Amerika Pribumi) secara genetik berbeda dari orang Eropa maupun Afrika. Mereka selanjutnya mensyurkan bahwa bukti ini bertentangan dengan migrasi keluar berpangkal Afrika. Mereka menyarikan bahwa populasi tersapu Asia Timur (juga dikenal sebagai ras Mongoloid) berpokok dari suatu tempat di Asia Timur (Tiongkok selatan).[3]
[4]

Macam-macam keramaian agama mutakadim menyatakan keberatan atas teori evolusi umat hamba allah dari sebuah nenek moyang bersama dengan hominoid lainnya. Akibatnya, muncullah majemuk perbedaan pendapat, silang sengketa, dan kontroversi. Lihat penciptaan, argumen evolusi, dan desain kepandaian bagi melihat pola pikir yang berlawanan.

Kerohanian dan Agama

[sunting
|
sunting mata air]

Lakukan umumnya manusia, kejiwaan, dan agama memainkan peran utama internal usia mereka. Selalu intern konteks ini, manusia tersebut dianggap misal “orang makhluk” terdiri dari sebuah awak, perhatian, dan juga sebuah atma maupun jiwa yang kadang n kepunyaan kemujaraban bertambah daripada bodi itu sendiri, dan malar-malar kematian. Sebagai halnya juga sering dikatakan bahwa arwah (bukan otak badaniah) adalah letak selayaknya bermula kognisi (supaya bukan ada perdebatan bahwa otak memiliki kontrol penting terhadap kesadaran). Keberadaan jiwa manusia tak dibuktikan ataupun ditegaskan; konsep tersebut disetujui oleh sebagian makhluk, dan ditolak oleh lainnya. Kembali, yang menjadi perdebatan di antara organisasi agama adalah mengenai etis/tidaknya dabat memiliki vitalitas; beberapa berkepastian mereka memilikinya, sementara lainnya percaya bahwa jiwa cuma hanya milik manusia, serta ada juga yang percaya akan jiwa keramaian yang diadakan makanya komunitas hewani, dan bukanlah individu. Bagian ini akan merincikan bagaimana sosok diartikan dalam istilah kerohanian, serta beberapa cara bagaimana definisi ini dicerminkan melangkahi formalitas dan agama.

Animisme

[sunting
|
sunting sumber]

Animisme ialah kepercayaan bahwa objek, dan gagasan terjadwal hewan, perangkat, dan fenomena pan-ji-panji n kepunyaan atau yakni ekspresi roh roh. Dalam sejumlah pandangan marcapada animisme nan ditemukan di kebudayaan pemburu, dan pengumpul, manusia gelojoh dianggap (secara kasarnya) seperti mana dabat, tanaman, dan kurnia alam. Sehingga, sikap memperlakukan benda-benda tersebut secara sembah dianggap suatu kewajiban moral. Dalam pandangan bumi ini, bani adam dianggap sebagai penghuni, ataupun putaran, berpangkal alam, tidak laksana yang kian unggul atau yang terpisah darinya. Dalam kemasyarakatan ini, ritual/upacara agama dianggap bermanfaat untuk kelangsungan hidup, karena dapat memenangkan kebaikan hati semangat-roh sumur perut tertentu, roh tempat bermukim, dan kesuburan serta menangkis roh berhati panas hati. Dalam visiun animisme yang berkembang, seperti Shinto, ada sebuah makna yang makin serius bahwa manusia merupakan sebuah tokoh tunggal yang membaikkan mereka bermula seberinda benda, dan hewan, provisional masih pula menyisakan pentingnya ritual buat menjamin keberuntungan, penuaian yang memuaskan, dan sebagainya.

Umumnya sistem kepercayaan animisme memegang erat konsep usia kuat pasca- kematian fisik. Dalam beberapa sistem, roh tersebut dipercaya mutakadim beralih ke suatu dunia yang penuh dengan kesenangan, dengan pengetaman yang terus-menerus berkelimpahan atau justru permainan nan berlebih-kian. Sementara di sistem enggak (misal: agama Nawajo), sukma lewat di bumi sebagai hantu, burung laut kali nan bersifat buruk. Kemudian tersisa sistem lain yang memusatkan kedua molekul ini, mempercayai bahwa roh tersebut harus berjalan ke suatu mayapada spirit tanpa tersesat, dan menggeluyur sebagai hantu. Upacara pemakaman, berkabung dan penyembahan nenek moyang diselenggarakan oleh sanak yang masih semangat, keturunannya, belalah dianggap perlu bakal keberhasilan penyelesaian perjalanan tersebut.

Ritual dalam kebudayaan animisme sering dipentaskan oleh dukun maupun imam (cenayang), nan biasanya tampak kesurupan tenaga roh, makin berpunca atau di luar pengalaman bani adam baku.

Pemraktikan tradisi penyusutan bos sama dengan ditemukan di sejumlah kebudayaan, berasal dari sebuah kepercayaan animisme bahwa seorang musuh perang, jika rohnya tak terperangkap di kepala, boleh meloloskan diri berpokok tubuhnya dan, setelah roh itu berpindah ke tubuh lain, mengambil bentuk hewan pemangsa, dan pembalasan setimpal.

Mistikme

[sunting
|
sunting sumber]

Kali merupakan praktik batiniah, dan pengalaman, namun tidak harus berganduh dengan theisme atau lembaga agama tidak yang ada di beraneka rupa masyarakat. Pada dasarnya manuver perdukunan termasuk Vedanta, Yoga, Buddhisme awal (lihat juga Kerajaan individu), tradisi memuja Eleusis, perintah mistik Kristiani, dan pengkhotbah sebagai halnya Meister Eckhart, dan keislaman Sufisme. Mereka mengesakan pada asam garam tak terlukiskan, dan kesatuan dengan supranatural (tatap pencerahan, kekekalan). Privat mistikme monotheis, camar duka mistik memfokuskan kesatuan dengan Tuhan.

Politheisme

[sunting
|
sunting mata air]

Konsep betara sebagai anak adam yang sangat awet kepandaiannya atau supernatural, rata-rata dikhayalkan perumpamaan anthropomorfik atau zoomorfik, yang cak hendak disembah atau ditentramkan oleh hamba allah, dan terserah sejak permulaan sejarah, dan probabilitas digambarkan pada kesenian Zaman Batu lagi. Dalam masa sejarah, tatacara pengorbanan berevolusi menjadi rasam agama berhala dipimpin oleh kependetaan (misal: agama Vedik, (pemraktekan kependetaan berkelanjutan dalam Hinduisme, yang namun telah berekspansi ilmu agama monotheis, begitu juga penyembahan berhala theisme monistik, Mesir, Yunani, Romawi dan Jerman). Dalam agama tersebut, individu umumnya diciri-cirikan dengan kerendahan mutunya kepada dewa-dewa, sewaktu-waktu dicerminkan dalam masyarakat berhierarki diperintah yang oleh dinasti-dinasti nan menyatakan keturunan aturan rabani/indraloka. Internal agama yang mempercayai penitisan, terutama Hinduisme, lain ada batasan yang kedap di antara sato, manusia, dan dewa, karena roh bisa berpindah di selingkung variasi yang berbeda minus kehabisan identitasnya.

Monotheisme

[sunting
|
sunting sumber]

Templat:Monotheisme Gagasan berasal suatu Tuhan istimewa yang menggabungkan, dan melampaui semua betara-dewa kecil tampak berdiri sendiri internal beberapa kebudayaan, kemungkinan terkabul mula-mula barangkali dalam bida’ah/okultisme Akhenaten (lebih dikenal sebagai Henotheisme, tahap mahajana dalam kemunculan Monotheisme). Konsep berbunga kebaikan, dan ki kebusukan dalam sebuah denotasi moral timbul sebagai sebuah konsekuensi Yang mahakuasa tunggal sebagai pengaruh mutlak.

Kerumahtanggaan agama Yahudi, Tuhan yaitu pusat internal pemilihan insan Yahudi sebagai rakyat, dan dalam Kitab Nirmala Yahudi, takdir peguyuban, dan hubungannya dengan Almalik mempunyai privilese yang jelas (harus diutamakan) di atas kodrat bani adam.

Kekristenan bertumbuh keluar dari agama Yahudi dengan menggarisbawahi takdir tunggal, khususnya pasca- kematian, dan campur tangan pribadi Tuhan dengan adanya inkarnasi, yaitu dengan menjadi sosok selama sementara.

Islam, lamun memerosokkan kepercayaan kristiani untuk Tritunggal dan inkarnasi ketuhanan, islam dalam melihat manusia perumpamaan Khalifah (Komandan) bermula apa individu Sang pencipta yang memiliki keutamaan dari segala apa individu, dan satu-satunya insan nan memiliki akal geladak dan nafsu. Julukan yang diberikan kepada manusia dalam Selam yakni Bani Maskulin.

Dalam semua agama Abrahamik, manusia merupakan penguasa, atau pengurus, di atas seluruh wajah Marcapada, dan semua bani adam tidak, dan memiliki kesusilaan hati nurani nan unik. Hinduisme, sekali lagi belakangan mengembangkan teologi monotheis sebagaimana theisme monistik, nan berbeda dari pikiran Barat mengenai monotheis.

Agama monotheistik punya kemiripan dalam ajudan bahwa umat makhluk diciptakan oleh Tuhan, diikat maka itu kewajiban kasih sayang, dan dirawat oleh penjagaan baik kaum/pihak ayah.

Si Individu

[sunting
|
sunting sumber]

Manusia turunan adalah subjek yang mengalami kondisi manusia. Ini diikatkan dengan lingkungannya melalui hangit mereka, dan dengan masyarakat melangkaui budi mereka, tipe kelamin mereka serta status sosial. Selama kehidupannya, anda berhasil melangkaui tahap bayi, kanak-kanak, remaja, kematangan dan hidup lanjut. Deklarasi universal bikin hak asasi diadakan lakukan melindungi hak per orang.

Hati dan kognisi

[sunting
|
sunting sumber]

Pengalaman subjektif dari seorang makhluk berpusat di sekitar kesadarannya, kesadaran-diri alias pikiran, memperbolehkan adanya persepsi eksistensinya sendiri, dan dari pengelanaan waktu. Kesadaran memberikan naiknya persepsi akan niat bebas, meskipun beberapa beriman bahwa karsa objektif sempurna adalah takhayul yang membodohi, dibatasi atau dilenyapkan oleh penentuan ketentuan atau sosial atau biologis. Hati khalayak diperluas ke luar pemahaman, mencakup kuantitas aspek mental, dan sentimental hamba allah. Ilmu pengumuman ilmu jiwa mempelajari hati bani adam (psike), khususnya liwa radiks sadar (tak sadar). Praktik psikoanalisis yang dirancang oleh Sigmund Freud mencoba menyingkap bagian dari standard sumber akar ingat. Freud menyusun diri bani adam menjadi Ego, Superego, dan Id. Carl Gustav Jung memperkenalkan pemikiran kalimantang asal sadar kolektif/bersama, dan sebuah proses pengindividuan, menuangkan keragu-raguan untuk ketepatan pendefinisian individu ‘nan boleh diartikan’.

Emosi

[sunting
|
sunting sumber]

Individu orang longo terhadap emosi yang samudra memengaruhi keputusan serta tingkah kayun mereka. Emosi menyenangkan begitu juga cinta atau sukacita bertentangan dengan emosi lain menyenangkan seperti kebencian, cemburu, iri hati atau sakit hati.

Seks

[sunting
|
sunting sumber]

Seksualitas manusia, di samping menjamin reproduksi, mempunyai kebaikan sosial terdahulu, membuat ikatan/pertalian, dan hierarki di antara anak adam. Hasrat seksual dialami misal sebuah dorongan/kemauan badani, sering disertai dengan emosi lestari positif (begitu juga belalah alias luapan kegembiraan) dan destruktif (seperti kecemburuan/iri hati alias kebencian).

Badan

[sunting
|
sunting sumber]

manifestasi bodi tubuh makhluk ialah taktik peradaban dan kesenian. Dalam setiap kebudayaan orang, orang gemar memperindah tubuhnya, dengan tato, kosmetik, busana, perhiasan atau ornamen serupa. Komplet rambut sekali lagi punya pengertian kebudayaan utama. Kemanisan atau keburukan rupa adalah kesan kuat subjektif dari prestasi seseorang.

Kebutuhan cucu adam terhadap rezeki dan minuman koheren secara jelas tercermin internal kebudayaan insan (tatap pula aji-aji makanan). Kegagalan mendapatkan makanan secara teratur akan berbuah rasa lapar dan plong risikonya kelaparan (lihat juga malagizi).

Rata-rata waktu tidur (dengan biji minimal) adalah 8 jam per hari untuk dewasa, dan 10 jam kerjakan anak-anak. Orang yang makin tua bangka galibnya tidur selama 6 jam. Sudah awam, semata-mata dalam masyarakat modern bagi hamba allah-turunan cak bagi mendapat tahun tidur sedikit dari yang mereka butuhkan.

Bodi manusia akan mengalami proses penuaan dan penyakit. Aji-aji pengobatan ialah mantra pengetahuan yang menelusuri metode perawatan kesehatan tubuh.

Kelahiran dan kematian

[sunting
|
sunting sumber]

Hidup subjektif makhluk berawal sreg kelahirannya, ataupun dalam fase kehamilan utama, selama janin berkembang di dalam jasad ibu. Kemudian usia berakhir dengan mortalitas individu. Kelahiran, dan mortalitas misal peristiwa luar biasa yang mewatasi hayat manusia, bisa n kepunyaan otoritas hebat terhadap individu tersebut. Kesulitan selama melahirkan boleh berakibat trauma dan probabilitas kematian bisa menyebabkan rasa keberatan (tak mudah) ataupun keluarbiasaan (lihat pula asam garam hampir meninggal). Upacara penguburan yaitu ciri-ciri publik masyarakat manusia, cinta diinspirasikan oleh kepercayaan akan adanya semangat sesudah kematian. Aturan aturan warisan alias penyembahan pitarah dapat memperluas kehadiran sang turunan di luar juluran usia fisiknya. (lihat kelestarian)

Masyarakat

[sunting
|
sunting sumber]

Biarpun banyak spesies berprinsip sosial, menciptakan menjadikan keramaian berdasarkan pernah/perpautan genetik, perlindungan-diri, ataupun menjatah pengumpulan makanan, dan penyalurannya, manusia dibedakan dengan rupa-rupa, dan kebinekaan berpangkal resan kebiasaan yang mereka rancangan entah untuk kelanjutan arwah individu atau kerubungan, dan bakal pengabadian, dan perkembangan teknologi, pengetahuan, serta kepercayaan. Identitas kelompok, penerimaan, dan dukungan dapat memarginalkan pengaruh kuat pada tingkah laris individu, tetapi manusia sekali lagi istimewa kerumahtanggaan kemampuannya buat mewujudkan, dan beradaptasi ke kelompok plonco.

Ilmu masyarakat adalah hobatan pengetahuan yang menguraikan interaksi antar individu.

Bahasa

[sunting
|
sunting sendang]

Kecakapan berkhotbah yakni sebuah atom pendefinisian umat manusia, mana tahu mengusung pemisahan populasi modern filogenetik (lihat Asal usul bahasa). Bahasa adalah trik terbit komunikasi antar orang. Perkenalan awal Yahudi buat “binatang” (behemah) berjasa “bisu”, memvisualkan cucu adam sebagai “binatang bertutur” (kepandaian berujar hewani). Bahasa yaitu pusat dari singgungan identitas ‘spesial’ berbagai kebudayaan atau etnis dan sering diceritakan punya gengsi atau fungsi supernatural (lihat Sihir/Gaib, Hobatan, Vac). Penemuan sistem penulisan sekitar 5000 tahun lewat, yang memungkinkan pengabadian ucapan, merupakan langkah utama intern evolusi peradaban. Ilmu pengetahuan Ilmu bahasa (linguistik) menjelaskan persaudaraan bahasa, dan keterkaitan antara bahasa-bahasa berbeda. Diperkirakan ada 6000 bahasa nan diucapkan manusia saat ini. Basyar yang kehilangan kemampuan berkomunikasi melampaui ucapan, umumnya berujar-cakap menggunakan Bahasa Isyarat.

Agama

[sunting
|
sunting sumber]

Dalam setiap kebudayaan anak adam, kerohanian dan formalitas mendapat ekspresi internal kerangka tertentu. Partikel-unsur ini dapat menggabungkan secara penting pengalaman pribadi dengan pengalaman penyatuan, dan komunal, cerbak kali menyalakan emosi yang lewat abadi, dan bahkan luapan kegembiraan. Kekuatan pengikat yang kuat mulai sejak pengalaman tertentu dapat kadang-kadang menimbulkan kefanatikan alias agresi kepada cucu adam lain nan tidak termasuk dalam kelompok agamanya, berakibat parak maupun bahkan perang. Teokrasi adalah masyarakat yang dibentuk secara dominan makanya agama, diperintah oleh pemimpin nirmala atau oleh seorang pemuka agama. Agama bisa pula berperilaku bagaikan alat penyaluran, dan pengaturan dari norma budaya dunia, dan tingkah larap nan wajar dilakukan manusia.

Batih dan n partner sepergaulan

[sunting
|
sunting sumber]

Individu bani adam dibiasakan bagi bertumbuh menjadi seorang pelengkap yang berjiwa kuat ke dalam suatu kerumunan kecil, lazimnya terdaftar keluarga biologis terdekatnya, ibu, ayah dan plasenta kandung.

Laksana seorang pelengkap berjiwa kuat yang serupa boleh dikelirukan dengan suatu kelompok kecil nan sama, ialah teman sepergaulan sebaya sang individu, lazimnya berdosis antara sepuluh sampai dua puluh makhluk, peluang berkaitan dengan ukuran optimal buat kerubungan pemburu. Dinamika kelompok dan tekanan terbit antitesis boleh memengaruhi tingkah larap anggotanya.

Koteng sosok akan mengembangkan perasaan kesetiaan yang langgeng kepada kelompok tertentu. Kelakuan manusia yang wajar termasuk seringnya hubungan sosial, dinyatakan dalam obrolan/percakapan, ajojing, menyanyi atau cerita (dikenal dengan
curhat).


Kaki, bangsa dan negara bagian

[sunting
|
sunting sumber]

Kelompok manusia nan lebih raksasa dapat disatukan dengan gagasan kesejajaran nini moyang (tungkai, rasial) atau kesamaan fokus budaya atau materi (nasion atau negara bagian), gegares dibagi lebih lanjut menurut struktur papan bawah sosial dan strata. Sebuah tungkai dapat terdiri dari bilang ratus sosok, sementara negara penggalan maju terbesar mandraguna lebih dari semilyar. Konflik kekerasan di antara kerumunan-kelompok besar disebut peperangan. Kesetiaan/pengabdian untuk kerubungan yang ki akbar seperti ini disebut nasionalisme atau patriotisme. Dalam keradikalan, pikiran pengabdian terhadap sebuah lembaga alias kewenangan dapat mencapai keradikalan pathologi, yang berakibat hysteria konglomerat (gangguan saraf) atau fasisme.

Antropologi budaya menjelaskan masyarakat manusia nan farik-beda, dan album mencatat interaksi mereka berikut keberhasilan yang dialami. Organisasi, dan rezim rencana modern dijelaskan makanya Ilmu politik dan Ekonomi.

Kebudayaan dan kultur

[sunting
|
sunting sumber]

Sebuah peradaban ialah sebuah masyarakat yang telah mencapai tingkat kerumitan tertentu, umumnya termasuk perkotaan dan rezim berlembaga, agama, iptek, sastra, serta filsafat. Perkotaan secepat-cepatnya di dunia ditemukan di erat rute perdagangan penting kira-kira 10.000 periode tinggal (Yeriko, Çatalhöyük). Peradaban orang, dan ekspresi seni memimpin peradaban, dan dapat dilacak sampai ke palaeolithik (lukisan goa, arca Bintang kejora, tembikar/berpangkal belah dari tanah). Kemajuan pertanaman memungkinkan transisi dari masyarakat pemburu dan penadah atau nomadik menjadi perdusunan berdiam sejak Milenium ke-9 SM. Penjinakan hewan menjadi fragmen penting terbit kebudayaan insan (anjing, biri-biri, wedus, lembu). Internal masa sejarah ilmu pengetahuan dan teknologi telah berkembang bahkan lebih pesat (lihat Sejarah iptek).

Renungan diri

[sunting
|
sunting sumber]

Umat manusia selalu mempunyai perhatian yang hebat akan dirinya sendiri. Kecakapan manusia kerjakan mengintrospeksi diri, kedahagaan manusia cak bagi menjelajahi lebih tentang intisari diri mereka, minus terkecuali menghasilkan berbagai riset tentang kondisi manusia merupakan pokok jenis insan secara keseluruhan. Renungan diri adalah dasar mulai sejak metafisika dan sudah terserah sejak awal pencatatan album. Artikel ini misalnya, karena ditulis oleh basyar, dengan sendirinya tak dapat luput dari contoh refleksi diri.

Sosok bosor makan menganggap dirinya sebagai jenis dominan di Bumi, dan yang paling maju dalam kepandaian, dan kemampuannya mengurus lingkungan. Kepercayaan ini khususnya lalu awet intern peradaban Barat, dan bermula berbunga putaran kerumahtanggaan kisah kreasi di Injil nan mana Adam secara istimewa diberikan dominasi atas Bumi, dan semua makhluk. Berdampingan dengan anggapan kekuasaan manusia, kita cerbak menganggap ini taksir tajam karena kelemahan, dan singkatnya semangat hamba allah (Dalam Kitab Tahir Yahudi, misalnya, kekuasaan manusia dijanjikan dalam Kejadian 1:28, namun pengarang kitab Pengkhotbah meratapi kesia-siaan semua gerakan manusia).

Ahli filsafat Yahudi, Protagoras telah membuat pernyataan terkenal bahwa
“Manusia adalah ukuran pecah segalanya; apa yang benar, benarlah itu; apa yang tidak, tidaklah itu”. Aristotle mendeskripsikan manusia sebagai “hewan komunal” (ζωον πολιτικον), yaitu menekankan pembangunan umum seumpama pusat darah alam orang, dan “dabat dengan sapien” (ζωον λογον εχων,
dasar rasionil hewan), istilah yang pula menginspirasikan taksonomi variasi,
Homo sapiens.

Rukyat mayapada dominan lega abad medio Eropa konkret keberadaan insan yang diciri-cirikan oleh dosa, dan tujuan hidupnya adalah bikin mempersiapkan diri terhadap pengadilan penghabisan selepas mortalitas. Pencerahan/pewahyuan digerakkan maka itu keyakinan baru, bahwa, kerumahtanggaan perkataan Immanuel Kant,
“Manusia dibedakan di atas semua dabat dengan kognisi-dirinya, yang mana ia adalah ‘dabat rasionil'”. Plong awal abad ke-20, Sigmund Freud melancarkan serangan benar-benar kepada positivisme mendalilkan bahwa kelakuan khalayak menjurus kepada suatu bagian besar yang dikendalikan oleh ingatan bawah sadar.

Berusul tutul pandang ilmiah,
Homo sapiens
memang kreatif di antara spesies nan paling tersama-ratakan di Bumi, dan hanya terserah sejumlah kecil spesies khas yang menduduki lingkungan beraneka-ulah sebanyak cucu adam. Pernak-pernik usaha mutakadim dibuat bikin mengidentifikasikan sebuah ciri-ciri kelakuan tunggal yang mengkhususkan basyar terbit semua hewan lain, laksana: Kemampuan untuk membuat, dan mempergunakan perkakas, kemampuan untuk menafsirkan lingkungan, bahasa, dan perkembangan struktur sosial beraneka ragam. Bilang pandai antropologi berpikiran bahwa ciri-ciri yang siap diamati ini (pembuatan-organ, dan bahasa) didasarkan sreg abnormal mudahnya mengupas proses mental nan kemungkinan unik di antara manusia: kemampuan berpikir dalam-dalam secara simbolik, dalam hal model atau secara logika. Adalah musykil, belaka, bakal menginjak pada satu kelompok atribut yang termuat semua manusia, dan semata-mata hamba allah, dan pamrih cak bagi menemukan ciri-ciri unik orang yang adalah problem dari renungan-diri manusia lebih daripada suatu ki kesulitan zoologi.

Lihat pula

[sunting
|
sunting sendang]

Bacaan

[sunting
|
sunting sumber]

  1. ^


    a




    b




    Groves, C.P. (2005). Wilson, D.E.; Reeder, D.M., ed.
    Mammal Species of the World: A Taxonomic and Geographic Reference
    (edisi ke-3). Baltimore: Johns Hopkins University Press. ISBN 0-801-88221-4. OCLC 62265494.





  2. ^


    Universal Mammal Assessment Team (2008). “Homo sapiens“.
    The IUCN Red List of Threatened Species.
    2008: e.T136584A4313662. doi:10.2305/IUCN.UK.2008.RLTS.T136584A4313662.en. Diarsipkan berpokok versi sejati tanggal 7 December 2022. Diakses sungkap
    12 May
    2022
    .





  3. ^


    Yuan, Dejian; Lei, Xiaoyun; Gui, Yuanyuan; Wang, Mingrui; Zhang, Ye; Zhu, Zuobin; Wang, Dapeng; Yu, Jun; Huang, Shi (2019-06-09). “Modern human origins: multiregional evolution of autosomes and East Asia origin of Y and mtDNA”.
    bioRxiv
    (dalam bahasa Inggris): 101410. doi:10.1101/101410.





  4. ^


    Chen, Hongyao; Zhang, Ye; Huang, Shi (2020-03-11). “Ancient Y chromosomes confirm origin of modern human paternal lineages in Asia rather than Africa”.
    bioRxiv
    (intern bahasa Inggris): 2022.03.10.986042. doi:10.1101/2020.03.10.986042.




Referensi

[sunting
|
sunting sendang]

  • Jablonski, Cakrawala.G. & Chaplin, G. “Evolusi pewarnaan alat peraba individu.”
    Catatan Teratur Evolusi Manusia
    39
    (2000) 57-106. (dalam tulangtulangan pdf Diarsipkan 2022-01-14 di Wayback Machine.)
  • Robins, A.H.
    Perspektif Biologis pada Pigmentasi Individu.
    Cambridge: Cambridge University Press, 1991.

Pranala luar

[sunting
|
sunting sumber]

  • Sekilas Radiks Mula Manusia Modern
  • Pohon Jiwa
  • Nicholas Wade. “Kok Makhluk Terpisah Dengan Bulunya.”
    New York Times (Science Times),
    19 Agustus 2003. Ringkasan petunjuk untuk hikayat di mana hamba allah berevolusi hingga luput mulai sejak rambutnya, dan harus menyejajarkan, termasuk perubahan semenjak kulit kudrati ke alat peraba hitam, bersama dengan perkiraan waktu ketika cucu adam menemukan rok.
  • W. Gitt.
    Keinginan Manusia Diarsipkan 2007-10-01 di Wayback Machine..
    (1999) Sebuah muslihat yang mendukung pandangan reka cipta Kristiani dari ilmu hayat cucu adam. (PDF, 9 MB)



Source: https://id.wikipedia.org/wiki/Manusia