Belajar Soal Matematika Dan Jawabannya

Hmm … kembali kegelisahan belajar buat PTS Matematika? Eits, jangan lama-lama bingungnya, ya, Sobat Zenius! Pasalnya, gue ingin berbagi antologi contoh soal PTS Matematika kelas 10 semester 1 kurikulum 2022 dan semester 2 untuk elo pelajari, nih!

Seperti yang kita ketahui, mengerjakan soal Matematika, tuh, harus diimbangi dengan memperbanyak pelajaran-tuntunan soalnya. Semakin banyak elo latihan, semakin samudra peluang untuk boleh menjawab pertanyaan UTS Matematika dengan baik.

Sebelum lanjur ke kamil soal PTS matematika kelas 10, kita lihat dulu deh daftar materi barang apa yang akan elo pelajari di matematika kelas 10 berikut ini.

Matematika Wajib

Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak

Review Kemiripan dan Pertidaksamaan | Taaruf Nilai Mutlak |  Grafik Nilai Mutlak | Sifat-Sifat Angka Mutlak| Persamaan Nilai Mutlak | Pertidaksamaan Mutlak |

Pertidaksamaan Rasional dan Irasional Satu Plastis

Review Pertidaksamaan | Pertidaksamaan Rasional | Pertidaksamaan Irasional |

Sistem Persamaan Linear

Sistem Persamaan Linear Dua Variabel | Sistem Pertepatan Linear Tiga Elastis

Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Plastis

Pengantar Sistem Pertidaksamaan
| Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Plastis

Fungsi

Prolog Khasiat | Macam-Keberagaman Kekuatan | Aljabar Fungsi |

Fungsi Kuadrat

Kemampuan Dasar Fungsi Kuadrat | Pengantar Kepentingan Kuadrat | Tabel Fungsi Kuadrat | Menentukan Fungsi Kuadrat dari Grafik |

Trigonometri

Pengenalan Trigonometri | Identitas Trigonometri dan Relasi Sudut | Aturan Rongga dan Cosinus | Penuntasan Masalah dengan Trigonometri |

Ilmu hitung Peminatan

Eksponen

Fungsi Eksponen | Pertepatan Eksponen | Pertidaksamaan Eksponen |

Logaritma

Kata Logaritma | Sifat-Sifat Logaritma | Persamaan Logaritma | Pertidaksamaan Logaritma |

Vektor

Dasar-Radiks Vektor | Operasi Vektor |

Buat mempertajam kemampuan elo tentang Ilmu hitung, privat artikel ini gue akan berbagi contoh soal UTS Ilmu hitung kelas 10 dan pembahasannya. Dengan mempelajari contoh-contoh tanya ini, harapannya elo sudah lalu punya amunisi yang banyak buat menghadapi Ujian Tengah Semester kemudian hari.

Ideal Soal UTS Matematika Kelas 10 Semester 1 Kurikulum 2022

soal uts matematika kelas 10
Ilustrasi rumus matematika (Halangan. Freepik)

Udah siap, nih, lakukan sparing? Elo dapat nyiapin cemilan dulu, kok, sebelum memahami contoh-contoh soal PTS Ilmu hitung kelas 10 di asal ini. Jikalau udah siap, yuk, kita mulai dari teoretis cak bertanya UTS Matematika kelas 10 semester 1 kurikulum 2022 dan pembahasannya.

Soal 1

Topik: Logaritma

Hasil dari
4
batang kayu 8 +
4
gelondong 32 adalah ….

A. 2

B. 3

C. 4

D. 8

E. 32

Pembahasan:

Bagaimana, ya, mandu tanggulang contoh soal di atas? Mudah, Sobat Zenius! Masih ingat, kan, pelajaran mengenai sifat algoritma? Yap, bintang sartan kalau misalkan
c
gelondong A +
c
gelondong B=
c
gelondong (A.B).

Nah, untuk kasus arketipe cak bertanya UTS Matematika kelas 10 di atas, kita bisa lihat takdirnya kredit basisnya itu selevel, yaitu 4. Makara,
4
log 8 +
4
log 32 =
4
log (8.32) =
4
log 256.

4
log 256 balasannya jadi 4. Yap,
jawaban C
nan bersusila.

Baca pula: Logaritma –  Sejarah, Pengertian, Rumus, Contoh Soal dan Pembahasan.

Soal 2

Topik: Paralelisme dan Pertidaksamaan Poin Mutlak

Diketahui f (x) = 3 – x. Nilai mutlak bersumber f (x) adalah ….

A. |3 – x|

B. |3| – |x|

C. (3) – (x)

D. (3 -x)

Pembahasan:

Jawaban berasal contoh cak bertanya UTS Matematika kelas 10 di atas sebenarnya layak gampang. Angka mutlak dari f (x) = 3 -x adalah |3 – x|.

Kaprikornus, jawaban yang tepat adalah
A
.

Baca Juga: Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak – Materi Matematika Kelas 10

Soal 3

Topik: Sistem Paralelisme Linear Dua Elastis

Diberikan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) berikut:

x + 2y = 5

3x + 6y = 15.

Banyak solusi semenjak SPLDV tersebut merupakan ….

A. 1

B. 2

C. 3

D. tidak hingga banyak solusi

E. tidak punya solusi

Pembahasan:

Contoh soal PTS kelas 10 semester 1 yang berkaitan dengan SPLDV memang terlihat agak musykil. Akan tetapi, kita dapat mengerjakannya dengan melakukan
break down
satu tiap-tiap satu:

x + 2y = 5

3x + 6y = 15

Perhatikan kemiripan kedua 3x + 6y = 15. Jika pertepatan tersebut dibagi 3 pada kedua ruas, maka akan diperoleh hasil berikut:

13(3x + 6y) = 13.15

x + 2y = 5 (sama dengan pertepatan yang pertama)

Dikarenakan pada SPLDV tersebut hanya memiliki 1 pertepatan, yaitu x + 2y = 15, maka SPLDV tersebut punya tak hingga banyak solusi.

Jadi,
jawaban D

yang tepat untuk contoh soal di atas.

Baca Pun: Sistem Pertidaksamaan Linear Dua Lentur – Matematika Wajib Inferior 10

Sudah paham, ya, Sobat Zenius? Kalau sudah, lanjut ke model pertanyaan UTS Ilmu hitung kelas 10 berikutnya ya. Kali ini kita masuk ke contoh soal PTS Matematika Peminatan papan bawah 10 Semester 1.

Mutakadim paham, ya, Sobat Zenius? Kalau sudah, lanjut ke transendental soal UTS Matematika kelas bawah 10 berikutnya!

Pertanyaan 4

Topik: Eksponen

Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut.

(1) 53
= 5 x 5 x 5

(2) 36
= 6 x 6 x 6

(3) (12)4
= 12 x 12 x 12 x 12

(4) 25
= 5 x 5

Pernyataan nan benar adalah ….

A. (1) dan (2)

B. (1) dan (3)

C. (2) dan (3)

D. (3) dan (4)

Pembahasan:

Sobat Zenius masih asa bingung mengenai konseptual pertanyaan di atas? Oke, gue akan coba ingatkan kembali mengenai topik eksponen.

Ingatlah bahwa ahorizon
= a x a x a x a … (sebanyak kaki langit boleh jadi). Dengan demikian, maka pernyataan di atas yang benar ialah (1) dan (3) alias
jawaban B.

Seandainya dilihat bersumber pernyataan nan salah, yaitu (2) dan (4), seharusnya semacam ini:

36
 = 3 x 3 x 3 x 3 x 3 x 3

25
= 2 x 2 x 2 x 2 x 2

Baca Juga: Signifikansi Eksponen Beserta Aturan dan Contoh Soal

Soal 5

Topik: Paralelisme Logaritma

Syarat yang harus dipenuhi sreg persamaan logaritma
a
gelondong f (x) =
a
gelondong b, kecuali ….

A. a > 0

B. a = 1

C. b > 0

D. f(x) > 0

Pembahasan:

Kerjakan menyelesaikan abstrak tanya UTS Matematika kelas 10 yang berkaitan dengan persamaan logaritma, disarankan elo lagi terlazim menghafalkan syarat-syarat nan harus dipenuhi puas logaritma
a
log f(x) =
a
log b.

  • a > 0
  • b > 0
  • f (x) > 0

Makara, jawaban nan tepat adalah
B
, a = 1 karena nggak termasuk dalam syarat-syarat pada logaritma.

Baca Juga: Prinsip Menggambar Fungsi Logaritma dan Hipotetis Soalnya

Buat elo yang kepingin sparing lewat video pembelajaran berbunga Zenius tentang soal UTS Matematika inferior 10 semester 1 dan trik jawabannya, elo bisa langsung meluncur ke Panduan PTS SMA, ya, Sobat Zenius!

banner PAT/PAS zenius education
Kerjain soal nan lainnya juga!

Contoh Soal PTS Matematika Inferior 10 Semester 2

Soal uts matematika kelas 10
Ilustrasi kursus Matematika (Dok. Freepik)

Soal 1

Topik: Aljabar Kemustajaban

Diketahui fungsi a(x) = x2
– 3x + 6 dan b(x) = 5x – 8. Jika c(x) = a(x) + b(x), maka c(x) = ….

A. x2
+ 2x – 2

B. x2
+ 8x – 14

C. x2
+ 2x – 8

D. x2
+ 5x – 2

Pembahasan:

Semenjak contoh soal UTS Ilmu hitung kelas 10 di atas, diketahui a(x) = x2
– 3x + 6 dan b(x) = 5x – 8.

c(x) = a(x) + b(x)

c(x) = x2
– 3x + 6 +5x – 8

c(x) = x2
+ 2x – 2

Bintang sartan, jawaban yang tepat yakni
A.

Baca Pun: Rumus Pangkat dan Ganjaran Kuadrat

Soal 2

Topik: Kemampuan Pangkal Fungsi Kuadrat

Hasil penjabaran dari x(2x + 11) adalah ….

A. x2
+ 11x

B. 2x2
+ 11

C. 2x2
+ 11x

D. 2x2
+ x

Pembahasan:

Jangan bergopoh-gopoh kerumahtanggaan menjawab contoh tanya UTS Matematika kelas 10 yang berkaitan dengan fungsi kuadrat.

Hal pertama yang perlu diperhatikan yaitu jabarkan x(2x + 11) apalagi suntuk

x(2x +11) = x.2x + x.11

X.2x + x.11= 2x2
+ 11x.

Jadi,
jawaban C
yang benar.

Baca Kembali: Konsep, Grafik dan Rumus Fungsi Kuadrat

Cak bertanya 3

Topik: Trigonometri

Nomor 1

Nilai dari sin 45o, tan 1200, cos 1000, dan sin 100
berjejal-jejal akan bernilai ….

A. nyata, positif, positif, dan positif

B. positif, negatif, konkret, dan positif

C. berupa, negatif, destruktif, dan positif

D. negatif, destruktif, substansial, dan substansial

Pembahasan:

sin 45o
(kuadran 2) bernilai nyata

tan 1200
(kuadran 2) bernilai subversif

cos 1000
(kuadran 2) bernilai subversif

sin 100
(kuadran 1) bernilai nyata

Jawaban yang tepat adalah
C.

Baca Juga: Materi Trigonometri Kelas 10 – Rumus Sin, Cos, Tan

Nomor 2

Topik: Aturan Sinus

Pada segitiga lekukan-siku PQR, diketahui tataran PQ = 83 cm dan QR = 8 cm. Jika ∠QPR = 300, maka besar ∠QRP = ….

A. 30o

B. 45udara murni

C. 60o

D. 90udara murni

E. 120udara murni

Pembahasan:

Keseleo suatu materi yang perlu diperhatikan dalam bab Trigonometri adalah resan sinus dan cosinus. Model soal UTS Matematika kelas 10 di atas mungkin acuan elo kerumahtanggaan mempelajari materi tersebut.

Biar nggak gagap, mari kita untuk langsung. Elo bisa perhatikan penjelasannya di asal ini.

soal uts matematika kelas 10
Ilustrasi contoh pertanyaan (Dok. Zenius)

Jadi, jawaban nan tepat ialah
C
, 60ozon.

Tanya 4

Topik: Vektor

Besar kacamata nan dibentuk oleh vektor:

Kumpulan Contoh Soal PTS Matematika Kelas 10 Semester 1 dan 2 Serta Pembahasan 97

A. 0

B.
Kumpulan Contoh Soal PTS Matematika Kelas 10 Semester 1 dan 2 Serta Pembahasan 98

C.
Kumpulan Contoh Soal PTS Matematika Kelas 10 Semester 1 dan 2 Serta Pembahasan 99

D.
Kumpulan Contoh Soal PTS Matematika Kelas 10 Semester 1 dan 2 Serta Pembahasan 100

E.
Kumpulan Contoh Soal PTS Matematika Kelas 10 Semester 1 dan 2 Serta Pembahasan 101

Oke, kaprikornus kerjakan menjawab pertanyaan ini pertama-tama elo harus nalar terlampau nih… kerjakan mengimajinasikan gambar vektor p dan vektor q dalam sebuah rataan koordinat kartesius. Ki berjebah gini nih:

Kumpulan Contoh Soal PTS Matematika Kelas 10 Semester 1 dan 2 Serta Pembahasan 102

Terus vektor p di soal teko -a, dan garis y adalah tempat b, nah kita bisa gambarkan nih vektor p nya, kayak gini:

Kumpulan Contoh Soal PTS Matematika Kelas 10 Semester 1 dan 2 Serta Pembahasan 103

Vektor p udah ketemu nih, selanjutnya kita buat vektor q, nah vektor q ini kebalikan berpokok vektor p, maka jadinya akan serupa ini:

Kumpulan Contoh Soal PTS Matematika Kelas 10 Semester 1 dan 2 Serta Pembahasan 104

Oke, kita udah tau nih letak vektor p dan q, sekarang kita tatap osean sudut di antara kedua vektor ini:

Kumpulan Contoh Soal PTS Matematika Kelas 10 Semester 1 dan 2 Serta Pembahasan 105

Kalo kita liat, besar sudut nan dibentuk ialah sehelai lingkaran alias 180 derajat, atau bisa dinyatakan dalam rajah:

180 derajat =
Kumpulan Contoh Soal PTS Matematika Kelas 10 Semester 1 dan 2 Serta Pembahasan 101

Bintang sartan jawabannya ialah
E.

Baca Pun: Antologi Rumus Vektor Matematika dan Transendental Soal

Tips Belajar UTS

Sobat Zenius mungkin seringkali abnormal optimal saat belajar UTS. Cermin-contoh pertanyaan UTS Matematika kelas 10 semester 1 kurikulum 2022 dan 2 sudah ada di atas, tetapi elo juga penis tips belajar UTS yang tepat kendati semakin maksimal.

Berikut suka-suka beberapa uang sogok yang dapat elo terapkan.

Kumpulan Contoh Soal PTS Matematika Kelas 10 Semester 1 dan 2 Serta Pembahasan 107

Baca Sekali lagi: Konsep Pertidaksamaan Rasional dan Irasional | Ilmu hitung Kelas 10

Itu dia kumpulan pola tanya PTS Matematika kelas 10 semester 1 kurikulum 2022 dan semester 2 beserta pembahasannya. Elo dapat mempelajari makin detail cak agar bisa mengerjakan soal-pertanyaan UTS dengan mudah, ya.

Jangan lupa kembali bagi ikuti terus update adapun informasi PTS dari Zenius! Elo bisa dapatkan informasi tentang PTS di dari Zenius.

banner PAT/PAS zenius education

Nggak tetapi itu sekadar, elo juga bisa mengikuti Live Class dan Panduan Lengkap yang disediakan berasal Zenius bagaikan penunjang wawasan elo untuk mengerjakan cak bertanya-tanya PTS nanti. Bakal dapetin itu semua elo cukup abonemen buntelan sparing Zenius. Daripada penasaran yuk simak info lengkapnya di bawah ini!

Kumpulan Contoh Soal PTS Matematika Kelas 10 Semester 1 dan 2 Serta Pembahasan 108

Vitalitas belajar, Sobat Zenius. Babat tinggal soal PTS!

Originally published:
December 15, 2022


Updated by:
Maulana Adieb
,

Silvia Dwi, & Sabrina Mulia Ramadhanty

Source: https://www.zenius.net/blog/soal-uts-matematika-kelas-10