Bercocok Tanam Hidroponik Karya Ilmiah


KARYA ILMIAH


HIDROPONIK MENGGUNAKAN Botol AIR MINERAL BEKAS Umpama Wahana Bertanam


Pagi buta PADAMARAN


20150410189

PROGRAM STUDI MANAJEMEN

FAKULTAS EKONOMI

Perhimpunan MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala limpahan Kasih, Inayah, Taufik dan Hinayahnya sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan karya ilmiah yang berjudul “ Hidroponik Menunggangi Jambang Air Mineral Tamatan Umpama Sarana Bertemu dengan Tanam” ini privat bentuk atau isinya yang silam tersisa.


Songsong kasih kepada dosen mata kuliah



Bahasa Indonesia



Ibu Try Maryati S.E., M.M., berbahagia beliau saya boleh mengatasi karya ilmiah ini dengan baik dan tepat waktu, dan terima hidayah kepada n antipoda-teman yang telah membantu pembuatan karya ilmiah ini.


Intensi saya semoga makalah ini dapat signifikan dan menambah pengetahuan lakukan para pembaca. Karya ilmiah ini saya akui masih banyak kekurangan karena pengalaman yang saya miliki dahulu kurang. Oleh kerena itu saya harapkan kepada para pembaca bikin menyerahkan masukan-masukan nan bertabiat membangun bikin kesempurnaan



karya ilmiah



ini.


Yogyakarta, 3 maret 2022


DAFTAR Teks



Kata sambutan
. i


Daftar Isi



1





BAB I PENDAHULUAN
.. 2


    A.Parasan Belakang
. 2


    B.Rumusan Masalah
. 2


    C.Tujuan
. 3


    D.Kebaikan Penulisan
. 3


Gerbang II PEMBAHANSAN
.. 4


    A.Hidroponik
. 4


    B.Varietas-Variasi Hidroponi

4



         1.Wick System
.. 4


         2.Ebb & Flow System
.. 4


         3.NFT (Nutrient Sinema Technique) System
.. 5


         4.Aeroponic System
.. 5


         5.Drip System
.. 5


         6.Water Culture System
.. 5


   C.Manfaat Hidroponik
. 5


   D.Kelebihan Bercocok Tanam Menunggangi Sistem Hidroponik
. 6


   E.Alat dan Bahan yang Diperlukan


Bikin Hidroponik
. 6


   F.Manfaat Jambang Air Mineral Sebagai Sarana Hidroponik
. 6


BAB II Intiha
. 7


   A.Inferensi
. 7


   B.Saran
. 7


BAB I


PENDAHULUAN

 Hidroponik adalah suatu metode bercocok tanam tanpa menggunakan petak sebagai metode pertumbuhan tanaman. Metode ini bukan yaitu hal yunior dalam marcapada perkebunan. Namun, masih banyak publik yang belum memahami dengan jelas bagaimana cara melakukannya dan barang apa keuntungannya. Dengan menggunakan metode hidroponik, petani dapat meningkatkan kualitas dan hasil produksi tanamannya yang dapat dilakukan pada lahan sempit di perkotaan dengan alat angkut flat kaca. Untuk menghasilkan hasil produksi pohon yang baik dan melimpah, para orang tani harus cangap membidas faktor- faktor yang mempengaruhi kualitas dari pokok kayu yang salah satunya adalah tingkat kelembaban sreg kondominium kaca

Pron bila hidroponik sudah lewat berkembang dengan baik. Hidroponik yang dikembangkan saat ini yaitu dengan memanfaatan botol-pot mineral kancah bikin media hidroponik. Kemujaraban yang diperoleh dengan memanfaatkan jambangan air mineral bekas ini adalah boleh menanggulangi sampah plastih berwujud botol mantan. Pada dasarnya limbah plastik diindonesia dulu luber. Untuk mengatasi limbah plasti yang menjamur maka limbah tersbut di manfaatkan untuk media dalam hidroponik. Pendayagunaan limbah pot plastik mineral dapat mungurangi pot plastic yang melimpah. Hidroponik yaitu pendirian bercocok tanam yang sangat efektif karena tidak wajib memerlukan lahan nan sangat luas. Selain itu hidroponik silam sekata di mileu yang sangat minim kapling terutama di daerah perkotaan. Hidroponik menggunakan botol air mineral ialah terobosan terbaru nan sangat ramah lingkungan, sehingga hidroponik dengan menunggangi media botol air mineral boleh dilakukan di tempat yang tidak ada lahan serta dapat mengurangi limbah botol mineral.

1.

Segala apa nan dimaksud dengan hidroponik

2.

Apa manfaat berhidroponik

3.

Bagaimana cara berhidroponik dengan botol air mineral bekas

1.

Lakukan mengetahui segala itu hidroponik

2.

Lakukan mengarifi manfaat semenjak hidroponik

3.

Buat mengetahui penggunaan botol air mineral mantan bakal hidroponik

1.

Dapat mengajarkan awam bertanam dengan mudah tanpa memerlukan lahan yang luas

2.

Dapat mengelola limbah botol air mineral sebagai media bercocok tanam dengan cara hidroponik


                                          Gapura II


                                PEMBAHASAN

Hidroponik merupakan metode penanaman pohon nan menggunakan media air. Konotasi tanaman hidroponik nan lain yaitu menanam tumbuhan minus menggunakan ki alat tanah. Hidroponik merupakan mandu budidaya tanaman menggunakan air yang di perkaya akan perut nutrisi. Dengan begitu, metode ini boleh memepermudah dalam pengdalian hama dan pencahayaan.

Hidroponik merupakan metode penanaman yang ramah lingkungan karena tidak memerlukan pestisisda nan beracun, selain itu tidak memerlukan banyak air seperti bercocok tanam dengan cara formal. Metode ini juga tidak perlu mengerjakan penyiraman seperti berhuma. Hal tersebut juga membuat sayuran yang dihasilkan lebih lega hati serta sehat. Kendati bukan memperalat lahan sebagai media, tentunya metode ini lain hanya memerlukan air, doang perlu adanya unsur lain lakukan kondusif pertumbuhan tanaman.


Biasanya dengan menggunakan cairan mineral bernutrisi alias incaran lainnya yangmengandung atom hara seperti sabut kelapa, pupuk mineral, batu halus, pecahan batubata, duli kayu, dan bukan-enggak sebagai pengubah media tanah


B.



Keberagaman-keberagaman Teknik Hidroponik


1.


Wick System


Wick system

 merupakan teknik yang paling sederhana dan naik daun digunakan maka dari itu para pemula. Sistem ini termasuk pasif dan vitamin berputar ke intern media pertumbuhan dari dalam medan menggunakan sepersaudaraan tunam.Wick sistem hidroponik bekerja dengan baik cak bagi pohon dan pokok kayu mungil. Sistem hidroponik ini bukan bekerja dengan baik untuk pohon yang membutuhkan banyak air.

2.

Ebb & Flow System


Sebuah ki alat tumbuh ditempatkan di dalam sebuah kancah yang kemudian diisi oleh larutan nutrisi. Kemudian nutrisi dikembalikan ke internal penadahan, dan begitu selanjutnya. Sistem ini memerlukan pompa yang dikoneksikan ke timer. Pastikan Beliau menggunakan wadah yang cukup besar dan atur jarak antar pohon agar pertumbuhan tumbuhan tidak saling mengganggu.

3.

NFT (Nutrient Film Technique) System


Sistem ini ialah cara yang paling populer dalam istilah hidroponik. Konsepnya sederhana dengan menempatkan pokok kayu dalam sebuah wadah atau tabung dimana akarnya dibiarkan menggantung dalam larutan nutrisi. Sistem ini dapat terus menerus mengalirkan vitamin yang terlarut dalam air sehingga tidak memerlukan timer untuk pompanya. NFT cocok diterapkan pada jenis pohon berdaun seperti mana selada.

Kecanggihan sistem ini memungkinkan Kamu memperoleh hasil yang baik dan tercepat dibandingkan sistem hidroponik lainnya. Kejadian ini disebabkan oleh cair nutrisi yang diberikan berbentuk kabut berbarengan masuk ke akar, sehingga tanaman lebih mudah menyerap zat makanan yang banyak mengandung oksigen.

Selainwick system, sistem tetes (drip system) merupakan kaidah yang terkenal yang digunakan dalam berladang hidroponik. Sistem ini menunggangitimer mengontrol pompa, sehingga bilamana pompa dihidupkan, pompa akan mencurahi nutrisi ke tiap-tiap pokok kayu.

6.

Water Culture System


Dalam sistem hidroponik ini, akar susu tanaman yang tersuspensi dalam air nan rani gizi dan udara diberikan langsung ke akar. Pokok kayu dapat ditempatkan di getek dan mengapung di air nutrisi juga. Dengan sistem hidroponik ini, akar tanaman tergenang internal air dan mega diberikan kepada akar susu tanaman melangkahi pompa palung ikan dan diffuser awan. Semakin buih nan lebih baik, tanaman akar akan tumbuh dengan cepat bakal mengambil air nutrisi





Manfaat hidroponik menunggangi kendaraan botol air mineral lepasan sebagai berikut


    Ø

Hasil dan kualitas tanaman bukan kalah dengan hasil tan
aman yang semenjak bercocok tanam

    Ø

Lebih terbebas berasal hama dan kelainan

yang cangap menuduh tanaman pada umumnya

    Ø

Pemanfaatan air dan serabut lebih hemat




    Ø

Dapat untuk mengatasi ki kesulitan petak

yang sempit

    Ø

Dapat bikin mengatasi masalah keterbatasan lahan




    Ø

Dapat dilakukan di daerah yang tidak memilki tanah yang luas

    Ø

Cocok untuk didaerah perkotaan yang terbatas lahan

    Ø

Bisa memanfaatkan barang tempat menjadi media bikin hidroponik

    Ø

Mengurangi limbah botol air mineral


D.



Manfaat berjumpa dengan tanam memperalat sistem hidroponik

             Kemujaraban bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik yakni bagaikan berikut

    Ø

Dapat dilakukan pada ruang / tempat nan terbatas petak


    Ø

Tanaman merecup lebih cepat dan pemanfaatan rabuk dapat lebih hemat


    Ø

Lebih terjamin dan objektif dari insekta dan wereng penyakit


    Ø

Produksi pokok kayu bertambah tinggi dibanding dengan menggunakan media tanam petak normal


    Ø

Teknis konservasi dan peralatan yang digunakan

untuk hidroponik lebih mudah

    Ø

Kualitas pohon yang dihasilkan tidak jauh berbeda dengan hasil cocok tanam.



E.



Perlengkapan, Sasaran



dan Proses




Intern






Ber


hidroponik

Alat-alat nan dipakai untuk pembutan hidroponik menggunakan ki alat botol tempat adalah sebagai berikut

     Ø

Jambangan air mineral arena matra 1500 ml

     Ø

Kejai planel yang sudah di potong panjang 10 cm dan lebar 2 cm

Bahan-bahan nan digunakan dalam pembuatan Hidroponik dari botol air mineral tamatan merupakan laksana berikut

     Ø

Pupuk Hidroponik AB mix

     Ø

Bibit Sayuran dan Buah

Proses pembuatan media untuk berhidroponik menunggangi botol-jambang air mineral panggung yang sudah tidak terpakai yaitu seumpama berikut

a)

siapkan pot medan air mineral 1500 ml kemudian potong pakai pisau atau carter menjadi 2 bagian. Potong kain planel dengan panjang 10 cm dan lebar 2 cm. Hunjam Rokwol atau buih membentuk kubus dengan sisi 2 cm. Setelah semua peralatan dipersiapakan, selanjutnya pada bagian atas pot air mineral yang sudah dipotong menjadi 2 adegan, kemudian di sayat dengan memperalat pisau bakal membentuk lubang yang berniat cak bagi menurunkan kejai planel dan bikin menaruh rokwol atau busa.bagian atas botol mineral yang mutakadim saip kemudian di satukan dengan ujung atas menjempalit dan dipasang hingga membentuk seperti bumbung.

b)

Pembuatan enceran gizi yakni dengan melelehkan pupuk A dan serabut B yang yang sudah ada kedalam pot air mineral sesuai takaran dan petunjuk pada pupuk. Loyal 5 ml enceran pupuk A dan Pupuk B di campur kedalam 1 liter air dan dicampur.

c)

Prinsip penanaman bibit sayuran maupun buah dengan cara yaitu diambil 1 biji esensi kemudian diletakkan pada rokwol ataupun busa lega media yang telah disiapkan, lebih lanjut isi sarana nan telah dibuat dengan larutan nan telah dibuat lagi. Biarkan setakat beberapa hari kemudian hingga pohon tumbuh dengan baik. Jika sumber nutrisi puas media silam isi kembali dengan menambah air nutrisi atau pupuk AB mix.


F.



Kebaikan botol air mineral andai alat angkut hidroponik

Di Indonesia banyak sekali botol-botol air minral yang bukan berguna. Banyak kita jumpai dikalangan para mahasiswa, pot-botol air mineral yang tidak di manfaatkan. Biasanya jambang- pot mineral yang sudah bukan dipakai hanya menjadi sampah, sehingga tidak memiliki makna dan fungsi. Saat ini botol air mineral gelanggang memilki kegunaan dan ponten ekonomis yang panjang. Kegunaannya sangat bermanfaat untuk semangat sehari hari, sebagaimana dengan dimanfaatkan bak media bakal bersua dengan tanam secara hidroponik.botol air mineral dapat menjadi wahana tanam bakal hidroponik. Manfaat yang diperoleh yaitu simple dan dahulu murah. Selain itu berhidroponik dengan menggunakan media vas air mineral bekas dapat mengurangi pelimpahan limbah plasti. Selain itu dapat mengajarkan masyarakat bertemu dengan tanam dengan mudah tanpa memerlukan lahan yang luas




BAB III


PENYELESAIAN

1.

Hidroponik merupakan sebuah metode berpatut tanam sonder menunggangi petak tapi menggunakan media air.  Hidroponik merupakan riuk satu solusi bikin orang yang ingin borcock tnam doang tidak memiliki lahan yang luas. Hidroponik boleh dilakukan di tempat nan berlahan sempit terutama di kawasan perkotaan yang tak ada tanah persawahan

2.

Banyak sekali manfaat hidroponik yaitu boleh dilakukan di tempat nan pecahan sempit di daerah perkotaan, dapat meningkatkan hasil pertanian, murah dan mudah dilakukan, hemat biaya, menjadi hiasan di halamn kondominium serta dapat menjadi solusi pendayagunaan botol air mieral bekas andai alat angkut berkebun dengan hidroponik.

3.

Banyaknya limbah botol air mineral eks yang bukan memiliki fungsi maka botol tersebut boleh di manfaatkan sebagai media untuk bercock tanam dengan cara hidroponik. Penggunaan pot air mineral tamatan ini diharapkan dapat mengurangi limbah plasti, serta ramah lingkunga karena hidroponik diharapkan menjadi salah satu alternatif untuk bertemu dengan tanam tanpa tanah yang luas.


Hasil persawahan yang berkualitas akan berdampak lewat baik pada penghasilan mereka. Hidroponik merupakan sistem berhuma tanpa sarana tanah nan dapat menghasilkan hasil persawahan dengan kualitas yang baik. Hidroponik menggunakan alat angkut vas air mineral jebolan dapat kondusif mengurangi sampah nan tidak bermanfaat dan dapat dilakukang dengan mudah di tempat-tempat yang minim ahan cak bagi melakukan bertemu dengan tanam. Hidroponik merupakan salah satu solusi bagi insan nan cak hendak bersesuai tanam belaka tidak punya lahan karena hidroponik dapat dilakukan di halam rumah yang tidak luas.
.


Source: https://tugasdankuliah.blogspot.com/2016/03/hidroponik-menggunakan-botol-air.html