Bercocok Tanam Hidroponik Untuk Pemula

Jakarta

Hidroponik bisa dibilang merupakan metode mengetanahkan sonder tanah, melainkan dengan cairan nutrisi dan air. Bunda dapat membuat kebun hidroponik di mana saja, termasuk di halaman sempit.

Saat pandemi corona, berkebun hidroponik ini digandrungi awam. Berkebun pohon hidroponik ini memang terbilang cukup mudah, Bunda, kerjakan pemula sekalipun.

“Hidroponik merupakan solusi bertanam alternatif mengademkan nan dapat dinikmati semua orang dari segala vitalitas,” ujar Steven Hadgis, salah satu pengusaha di bidang tanaman hidroponik, dikutip terbit
Patch.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Plural tanaman bisa ditanam hidroponik. Mulai dari tanaman sayur hingga biji kemaluan.

Nah, buat Bunda yang cak hendak memulai bertanam hidroponik di kondominium, ada berbagai cara menyelamatkan hidroponik yang bisa dicoba. Bunda dapat mencoba cara menanam hidroponik dengan sistem sumbu, jambangan eks, maupun pakai hokah PVC.

Lusa Bunda tinggal pilih doang pendirian mengebumikan hidroponik segala nan dirasa minimal mudah dilakukan. Dirangkum dari bervariasi sumber, berikut ini sebaik-baiknya kaidah menanam hidroponik:

1. Prinsip menanam hidroponik dengan botol lepasan

Akun
YouTube Hidroponikpedia
berbagi cara menanam hidroponik dengan botol alumnus nih, Bunda. Bahan yang dibutuhkan adalah botol wadah ukuran 1,5 liter, kain flannel, plastik hitam, dan alat pemotong.

Berikut ini cara menanam hidroponik dengan botol eks:

Potong Pot

Purwa, Bunda wajib memotong bagian atas botol sekitar 10 cm berpangkal ujung botolnya. Potong memperalat pisau yang drastis. Seandainya botol masih dirasa bersisa strata, potong kembali bagian tengahnya. Kemudian Bunda lanjut buat korok pada kanan dan kiri dekat ujung botolnya.

Masukkan Kain Flannel

Masukkan kain flannel dari kanan ke kidal. Letakkan ujung botol yang terdapat kain flannel di atas botol yang tadi telah dipotong. Masukkan tanaman ke intern potongan jambangan yang terdapat kejai flannel.

Isi Air

Terdahulu sekali dalam mandu mengebumikan hidroponik dengan botol tamatan, harus masukkan air ke dalam potongan secebir botol sisanya. Lalu pindahkan setengah jambang digdaya tanaman ke atas botol yang telah dipenuhi air.

Tutup dengan Plastik

Langkah selanjutnya dalam cara menanam hidroponik dengan jambangan bekas, ambil plastik hitam. Bunda harus tutup bagian dasar botol memakai plastik hitam agar tak tembus sinar matahari. Bunda bisa merekatkan plastik dengan lakban seyogiannya kian rekat dan tidak mudah lepas.

Cek Secara Berkala

Lakukan pengecekan tanaman hidroponik secara berkala ya, Bunda. Misalnya tiga kali sehari.

Bunda perlu setia saat mengemudiankan menanam tanaman hidroponik dengan vas keluaran ini. Kalau terserah lumut maupun tinggal airnya, bisa segera dibersihkan maupun diganti.

2. Cara menanam hidroponik dengan hokah PVC

Cara memakamkan hidroponik berikutnya bisa dengan honcoe PVC. Ini memanfaatkan cangklong PVC yang disusun berpangkat. Dilansir
The Better India, berikut pendirian membuat kebun hidroponik dengan gudu-gudu PVC:

Alat dan incaran:

  • 4 pengudut PVC sesuai kebutuhan
  • Konektor pengkolan PVC bagi menyambungkan pipa
  • 1 tutup PVC
  • Gelanggang matra besar dengan penutup
  • Pompa hidroponik
  • Net jambangan atau gelas plastik
  • Kendaraan tanam siap pakai
  • Hokah air

Berikut ini cara menguburkan hidroponik dengan pipa PVC:

  1. Potong pipa PVC sesuai janjang nan Bunda butuhkan.
  2. Hubungkan rincihan dengan konektor pipa. Bunda bisa membentuknya berjenjang dan zig-zag.
  3. Bagi lubang pada pipa PVC sesuai ukuran kisa pot maupun kaca plastik.
  4. Kalau menggunakan gelas plastik, bakal liang nan cukup besar di bagian bawahnya.
  5. Buat larutan zat makanan yang tepat cak bagi sayur atau biji kemaluan.
  6. Tempatkan pompa air di asal kancah. Isi dengan larutan vitamin.
  7. Hubungkan selang pompa dengan pipa PVC.
  8. Masukkan kendaraan tanam dan tanaman ke n domestik net jambangan.
  9. Letakkan net jambang berisi wahana tanam dan tanaman di lubang pipa.

3. Kaidah menanam hidroponik dengan sistem sumbu

Satu juga mandu menanam hidroponik sederhana yang bisa Bunda cak bagi di apartemen yakni dengan sistem sumbu. Cara menanam hidroponik dengan sistem sumbu ini mudah dicoba.

Dikutip bermula
The Spruce, berikut ini cara menyelamatkan hidroponik dengan sistem tunam:

Alat dan alamat:

  • Timba atau baskom bikin penadah air (menara air)
  • Pupuk hidroponik (kering alias cairan)
  • Tali katun maupun nilon
  • Kendaraan tanam
  • Sari
  • Nampan tanam

Berikut ini prinsip menanam hidroponik dengan sistem tunam:

Buat medan penampung air

Pertama, Isi reservoir dengan air dan nutrisi. Reservoir ini akan berada di asal nampan yang gaplok pokok kayu dan media tanam.

Hubungkan sumbu dengan nampan tumbuh

Hubungkan satu atau dua sumbu melewati lubang di bawah penampan tumbuh. Kalau perlu, Bunda bisa membuat lubang lega nampan memperalat bor. Sumbu akan menyerap air berasal wadah, Bunda.

Siapkan nampan

Media tanam yang berisi anak uang tanaman diletakkan di atas reservoir. Gunakan kendaraan tanam yang tidak akan mengalir terlalu cepat ya, Bunda.

Siapkan bola lampu jika diperlukan

Bunda bisa menggunakan cahaya alami cak bagi sistem hidroponik. Tapi kalau semarak mentari tak cukup, gunakan lampu lakukan mengatasinya.

Siapkan lampu di atas tampan merecup. Pastikan cak bagi mengatur jarak lampu selingkung 24 inci semenjak tanaman hidroponik ya, Bunda.

Simak juga video mandu menanam hidroponik:

[Gambas:Video Haibunda]

(kuy/kuy)







Source: https://www.haibunda.com/moms-life/20201102134741-76-170766/3-cara-menanam-hidroponik-yang-mudah-buat-bunda-pemula