Budidaya Tanaman Packcoy Dengan Hidroponik

Dimasa pandemic Covid 19 banyak kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kejenuhan saat bernas dirumah, salah satunya adalah dengan menanam sayuran dengan sistem hidropinik dihalaman kondominium. Sistem hidroponik sendiri yakni cara bertemu dengan tanam sonder menunggangi petak, dimana petak diganti dengan enceran air nan mengandung zat makanan. Selain itu teknik ini juga menunggangi rockwool atau spon andai kendaraan tanamnya dengan menonjolkan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi pada pohon.

Tanaman yang boleh bertaruk dengan menggunakan metode reboisasi hidroponik diantaranya ialah Pakcoy.
Pakcoy
 adalah tanaman jenis sayur-sayuran yang termasuk tanggungan Brassicaceae. Tanaman ini dari dari China dan sudah dibudidayakan selepas abad ke-5 secara luas di China Daksina dan China Buku serta Taiwan. Sebelum timbrung ke teknik cara menanam sayur pokcoy dengan sistem hidroponik, kita harus mempersiapkan sampai-sampai dahulu perlengkapan dan bahannya, yaitu:




a)



Sarana tanam ( bisa menggunakan rockwool alias spon)


b)



Bibit pakcoy (berupa biji)


c)



Radas potong, ( gergaji besi ataupun cutter)


d)



Nutrisi hidroponik (AB Mix)


e)



Netpot


f)



Radas pengukur pH


g)



TDS

Note: Tak sekadar itu, pastikan sudah menyiagakan sistem hidroponik (Sistem rakit apung, NFT ataupun DFT).

            Selanjutnya tahapan menanam pokcoy dengan sistem hidroponik yaitu sebagai berikut:



1.





Tahap Penyemaian Konsentrat Pokcay

Untuk penyemaian bibit pakcoy hidroponik, sobat boleh menunggangi tisu alias perca basah. Caranya dengan mencelupkan bibit pakcoy ke dalam air, angkat lalu basung dengan kain atau tisu basah. N domestik 1-2 perian biji akan terbit, sehingga Sobat dapat gunakan kerjakan menanam pakcoy hidroponik. Begini cara penyemaiannya:


a)



Potong rockwool menjadi dimensi kian terbatas 2×2 cm dan lubangi sedikit tengahnya.


b)



Masukkan suatu biji berkecambah ke dalam satu lubang tanam.


c)



Basahi rockwool dengan air, simpan di tempat tertutup dan teduh.


d)



Lakukan penyiraman dua siapa sehari, tapi jangan sampai media tanam terlalu becek.



2.





Tahap Evakuasi Bibit Pakcoy Hidroponik



Jikalau kecambah sudah muncul, maka pindahkan ke lokasi dengan sinar surya langsung. Detik daun sejati sudah muncul, Sobat bisa melakukan pemindahan tanaman. Sekadar supaya lebih yakin, tunggu hingga ada dua daun sejati dalam satu bibit pakcoy. Jikalau daun sudah muncul (2-4) daun maka ancang berikutnya adalah menularkan rockwool ke internal netpot kerjakan kemudian diletakkan ke dalam sistem hidroponik nan sudah disiapkan.



3.





Mengatur Gizi Pakcoy Hidroponik

Bagi penanaman pakcoy dengan sarana persil, Sobat cuma perlu menerimakan kawul dan air secara berkala. Namun untuk metode hidroponik, Sobat harus rutin memberi nutrisi manual. Salah satu caranya dengan memberi nutrisi hidroponik dari sampah organik. Sobat juga perlu mengeset tingkat pH air, pastikan makmur di nilai 8.5. Kalau angkanya kurang, maka Sobat bisa tambahkan asam nitrat alias asam sulfat ke dalam air hingga pH mencapai angka ideal.



4.





Merawat Pakcoy Hidroponik

Setiap tanaman membutuhkan perawatan mudah-mudahan dapat tumbuh dengan baik. Demikian juga dengan tanaman Pakcoy. Cak semau tiga hal yang perlu Sobat perhatikan detik menanam pakcoy hidroponik, adalah:


a)



Kuantitas air di seumpama


b)



Tingkat kepekatan vitamin pohon


c)



Risiko hama tanaman

Semakin samudra tanaman, akan semakin banyak air yang dia serap buat tumbuh. Tepatnya, jika Sobat mempunyai 50 bibit pakcoy nan hampir panen, agak-terka air nan berkurang bisa menyentuh 10-15 liter setiap harinya. Oleh sebab itu, Sobat perlu mengontrol jumlah air dan kelikatan nutrisi pokok kayu dengan rutin. Gunakan
pupuk hidroponik
 terbaik seyogiannya pertumbuhan tumbuhan semakin stabil. Untuk tanaman hidroponik biasanya memperalat kawul AB MIX. Jamur ini banyak dijual di pasaran sehingga Sobat tidak akan kesulitan untuk mendapatkannya. Jangan lupa, Sobat juga harus menghelat risiko pakcoy tertimpa hama seperti
leaf miner
 dan lawah-lawah.



5.





Hari Pengetaman Pakcoy Hidroponik

Jika lokasinya bagus, pakcoy hidroponik mutakadim boleh dipanen intern masa 4 ahad saja. Sobat pula dapat melakukan pemanenan di pagi atau sore tahun agar kualitasnya lebih baik.

Apabila Sobat menanamnya cak bagi konsumsi pribadi, enggak perlu menuai seluruh pakcoy sekaligus. Sekadar jika telah terlanjur, wadahi pakcoy dalam plastik dan simpan di lemari pengadem seharusnya lebih awet.


Selamat mencoba sobat..!!



(Pustaka / Poto: Kholis Zkawani / Ayu Fitriana)


Source: https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-padang/baca-artikel/14567/Yuuk-Kita-Belajar-Teknik-Menanam-Pokcoy-Dengan-Sistem-Hidroponik.html