Cara Budidaya Mentimun Secara Hidroponik
– Penghijauan dengan cara hidroponik merupakan penanaman yang di lakukan tanpa menggunakan kendaraan tanah. Dengan memperalat media ini akan makin memberikan keuntungan dan kembali kepentingan dalam memiara tanaman salah satunya adalah membudidayakan mentimun.

1

Budidaya mentimun dengan hidroponik akan lebih melajukan lakukan mengerjakan pemeliharaan dan sekali lagi menghemat tempat untuk penanaman mentimun. Selain itu, budidaya dengn prinsip ini produksi tanaman meningkat dan sekali lagi pertumbuhan lalu cepat. Jika ingin menernakkan mentimun perhatikan panduan berikut ini.

Pemilihan Bibit

Seleksi bibit sangat utama sebelum memiara tanaman mentimun. Pemilahan ekstrak maupun mani yang berkualitas akan menentukan hasil yang maksimal. Benih nan di pilih berupa sehat, bebas terbit hama, berasal dari indukan yang banyak menghasilkan biji zakar dan pertumbuhan cepat.

Menggunakan media ini bibit harus di semai malah dahulu. Dengan media persemian sederhana begitu juga biasanya hingga n kepunyaan akar kecil alias berkecambah. Lewat boleh langsung di pindahkan kedalam media hidroponik.

Pengelolahan sarana tanam

Dalam pengelolahan kendaraan tanam secara hidroponik ini terserah beberapa yang harus di ketahui substansial arang sekam, ramal, gambut, gabus ( steropom ) dan lainnya tersampir dengan petambak menggunakan sistem hidroponik yang mana. Tetapi yang makin mudah dan sangat baik di gunakan dengan menggunakan serdak sekam alias arang sekam dengan sarana ini akan menyerahkan kemudahan bakal membuat hidroponik.

Pembuatan media tanam ini memerlukan alat bahan maujud pot plastik kecik, pipa paralon, air ala kadarnya larutan nutrisi, ajir untuk penyumbang , daluang kerjakan menganjal dan gunting maupun pembolong. Berikut prinsip membuat media tanam dengan hidroponik.

  • Pembuatan media vas plastik hidroponik : Ancang permulaan siapkan dahulu jambangan plastik kecil nan di lubangi pucuknya abnormal dengan penampang 1-2 mm, sampai-sampai kian.
  • Kemudian masukan arang sekam kededalam pot plastik katai, dan di ganjalkan kertas yang mudah larut, agar abu sekam tidak tumpa. Sisihkan
  • Pembuatan media air hidroponik : Langkah selanjutya siapkan honcoe paralon panjang 1-2 meter atau tersampir dengan pemilik, kemudian lubangi di setiap bagian dengan jarak 10-15 cm dengan keluhuran lubang sesuai dengan pot plastik kecil.
  • Sehabis itu, lakukan penutupan ujung kanan dan ujung kiri cangklong paralon dan berikan larutan nutrisi yang sudah lalu disiapkan kedalam culim paralon.
  • Kemudian pembuatan ajir dapat di bikin dengan menggunakan ferum, bambu ataupun almunium sama dengan kerangka di atas. Pembuatan ini banyak sekali variasi dan ragam, doang memiliki tujuan yang sama. Buram ajir ini terjemur dengan pemilik baik berbentuk vertikal ataupun mengufuk nan menyokong pokok kayu.
  • Lakukan ini di tempat yang terkena cerah mentari, karena pokok kayu mentimun adv amat memerlukan fotosintesis untuk pertumbuhannya.

Reboisasi tanaman

Reboisasi pohon mentimun dengan hidroponik ini sangat mudah dan sederhana yaitu seagai berikut.

  • Pilihlah konsentrat yang sudah disemaikan tersebut yang berkualitas ataupun yang telah memiliki akar yang sangat banyak.
  • Kemudian bibit atau benih di perolehan kedalam ki alat pot plastik yang sudah di masukan abu sekam dengan kedalaman 1-2 cm.
  • Selepas itu, jambang plastik boncel di letakan kedalam lubang nan sudah lalu disiapkan di pipa paralon.
  • Dalam penempatan lubang sebaiknya ujung vas harus akan halnya air alias larutan yang telah diisi di cangklong paralon.
  • Selanjutnya lakukan perawatan media ini dengan baik.

Pemeliharaan pohon

Pemeliharaan tanaman hidroponik merupakan berupa penyulaman, penyiangan, penyiraman, fertilisasi, pengajiran dan pengendalian wereng dan penyakit.  Penyulaman ini di  untuk ketika tumbuhan sudah di tanam tidak bertunas dan mengantikan pokok kayu yang baru. Penyaingan di lakukan dengan membersihkan gulma atau tanaman lainnya di sekitar pohon. Fertilisasi dengan memasrahkan pupur nan sudah di cairkan kedalam pipa paralon. Penyiraman bisa juga di bagi alias tidak, dengan menggunakan sistem tengguli sreg tanaman. Pengajiran ini di lakukan dengan menggunakan besi, bambu, kayu atau alumunium lainnya dengan tahapan 1-2 meter bahkan lebih. Sedangkan pengendalian hama dan penyakit dapat di lakukan dengan penyemprotan herbisida, fungisida dan insektisida sesuai dengan petunjuk.

Pemanenan tanaman

Pokok kayu mentimun secara hidroponik dapat di penuaian saat berumr 2- 3 bulan tergantung dengan pertumbuhan dan varietesnya. Pemanenan ini di untuk dengan memetik buah secara langsung maupun dengan alat bantuan berupa gunting atau pisau pada tangkai biji pelir. Pemanenan ini moga di untuk pada petang dan pagi musim, bermaksud untuk menjaga kualitas pada tanaman dan buah mentimun.

Baca juga : Pengendalian Hama dan Masalah Tumbuhan Mentimun

Jika Invalid jelas perhatikan ulasan video di bawah ini