Buku Cara Menanam Berbagai Tanaman Hidroponik

JAKARTA, KOMPAS.com –
Mengebumikan tanaman di flat perkotaan menjadi sebuah tantangan tersendiri lantaran minimnya persil yang dimiliki sehingga tidak memungkinkan menanam banyak tanaman.

Untungnya, hal ini boleh diatasi dengan metode menanam secara hidroponik. Hidroponik adalah cara menanam tanaman tanpa menggunakan tanah.

Baca kembali: Cara Budidaya Tauge Hidroponik, Mudah dan Hemat Tempat

Secara harfiah, hidroponik dapat diartikan perumpamaan menanam pokok kayu privat air nan mengandung unsur hara yang dibutuhkan tanaman.

Metode menguburkan hidroponik dikenal akan kemudahannya dalam memakamkan plural jenis pokok kayu sayuran.

Namun, Indra Tarigan, praktisi tanaman dan pemilik kanal YouTube
Kebun Indra Tarigan, menjelaskan, tak tetapi tanaman sayur, semua jenis tanaman dapat ditanam dengan sistem hidroponik.

“Sepatutnya ada, semua pohon prinsipnya bisa ditanam dengan sistem hidroponik, asalkan nutrisi dalam air yang dialirkan terlaksana dan sudah banyak tanaman biji pelir yang kita kepribadian dayakan seperti melon,” jelas Alat pencium kepada
Kompas.com,
Jumat (17/6/2022).

Baca juga: 7 Ancang Menanam Sayuran Secara Hidroponik di Rumah

Ilustrasi menanam tanaman dengan sistem hidroponik.
PIXABAY/IAMARERI
Ilustrasi menanam tanaman dengan sistem hidroponik.

Peristiwa yang membedakan adalah larutan ab mix yang diperlukan sebagai pupuk tanaman akan berbeda jenis dengan tanaman sayuran dan buah-buahan.

Alat pencium mengatakan menguburkan tanaman dengan metode hidroponik memiliki tingkat keberuntungan lebih tingkatan daripada menyelamatkan memperalat petak.

“Peristiwa ini karena tantangan dan tandingan yang dihadapi privat lahan makin banyak, terutama proses penyedotan nutrisinya tidak bisa maksimal. Sistem hidroponik bisa diserap maksimal melangkaui ab mix tadi,” ungkapnya.

Baca pun: Cara Membuat Nutrisi ataupun Serat Hidroponik Sendiri di Apartemen

Kekurangan dan faedah metode hidroponik

Menurut Indra, suka-suka sejumlah kekurangan memakamkan dengan sistem hidroponik, salah satunya persiapan bahan dan alatnya yang lebih mahal ketimbang memakamkan dengan cara biasa atau dengan tanah.

“Biasanya, di awal, kita membutuhkan alat dan bahan makin mahal serta harus menunggangi baja tertentu, adalah ab mix. Harganya akan makin mahal jika enggak bisa menyiasatinya,” paparnya.

Baca juga: Manfaat dan Prinsip Pakai Arang Sekam untuk Alat angkut Tanam Hidroponik

Berbeda dengan menanam tumbuhan dengan lahan yang berbintang terang nutrisi bermula mana saja, metode hidroponik hanya memanfaatkan nutrisi berbunga pupuk ab mix yang disediakan berbunga sirkuit hidroponik.

Sedangkan, kelebihan menanam tumbuhan hidroponik adalah menghemat kancah. Anda dapat memanfaatkan setiap sudut rumah nan tak terpakai, loteng, atau pagar flat.

Selain itu, menanam secara hidroponik lebih organik dan tak memerlukan banyak racun hama atau peminta wereng.

Baca juga: 5 Jenis Hama yang Mencaci Pohon Hidroponik

“Karena diletakkan di area rumah, makara dapat merawatnya dengan mudah, banyak waktu mengurusnya, serta hasilnya lebih sehat dan mak-nyus karena tidak menggunakan pestisida dalam perawatannya,” tutup Indra.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
saban hari dari Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://kaki langit.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install tuntutan Benang besi terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/17/164700476/kelebihan-dan-kekurangan-menanam-tanaman-dengan-metode-hidroponik?page=all