Cara Membuat Gulali Gula Merah

Gulali Colek, kudap berbahan sukrosa jawa nan mulai meruap –  Anda masih ingat disaat musim sekolah SD dulu sayang jajan di sekolah dengan membeli gulali. Sukrosa nan lembek ditarik semenjak baki gawang dan di lengketkan di tusuk aur dengan rajangan potongan mungil daging kelapa atau kacang tanah didalamnya. Nah lo bintang sartan pingin merasai nostalgia menikmati kudapan gulali kan ?.Gulali atau glali adalah kudap tradisional yang berasal pecah jawa nan dibuat dari gula baik sakarosa abang alias gula putih. Tekstur dan warnanya akan farik jika menggunakan gula pasir alias fusi sakarosa merah dan gula pasir.

Dalam perkembangannya penjual gulali juga menunggangi gula pasir untuk membuat gulali. Prinsip membuatnya patuh sekufu semata-mata penyajiannya yang lebih beradab. Gulali yang dibuat mulai sejak gula putih mutakadim dibentuk bentuk sedemikian rupa menyerupai pesawat terbang, bebek bebekan, bunga dan tak tak. Warnanya juga sudah dapat dibikin asli merah baru dan lain tidak.

Diberbagai daerah di Indonesia dan dibelahan dunia lainnya juga ada jajanan permen serupa ini dengan nama nama yang berbeda begitu juga permen lollipop atau cotton candy (arum manis). Gulali colek dari gula jawa merupakan putaran mulai sejak berbagai tipe gulali yang sudah ada dan konon gulali ini merupakan tunas kelapa bakal berjenis-jenis diversifikasi gulali ketika ini. Tekstur gulali gula jawa lengketnya lebih keras dan warnanya lebih gelap ketimbang gulali yang dibuat dari gula pasir. Demikian juga rasanya yang lebih mak-nyus dengan bebauan khusus kelapa.

Cara membuat gulali gula jawa sangat mudah. Bahannya cukup gula bangkang dan kacang dan potongan daging kerambil kemudian dilelehkan kerumahtanggaan wajan. Prinsip memasaknya cukup dengan begitu juga membuat gula sirah, namun kita bisa menyesuaikan kekentalannya berdasarkan selera. jika terlalu sangar akan pecah dan berlebih encer akan lembek. Maka itu karena itu pencampuran air intern adonan lalu menentukan hasilnya. Secara detail berikut resep membuat gulali sukrosa jawa selengkapnya :

Bulan-bulanan yang dibutuhkan :

– 500 gram gula jawa ataupun gula merah nan mutakadim dihaluskan

– 125 ml air alias secukupnya

– Kacang cina potong boncel-kecil atau bisa diganti dengan daging kelapa yang dipotong boncel kecil.

– Tusukan sate

Prinsip Membuat

1. Masukkan sakarosa jawa dan air ke dalam wajan habis aduk perlahan hingga tercampur dengan rata. Hidupkan keran atau tiang bakar dengan api yang sedang lalu letakan bajan yang sudah sakti kocokan sakarosa jawa dan air tersebut di atasnya.

2. Terus aduk adukan hingga mendidih dan keluar busa gelembung. Lalu masukan potongan kacang tanah atau daging kelapa yang sudah dipotong kecil boncel, lewat aduk-aduk kembali hingga merata. Jikalau airnya sudah lalu sedikit berkurang, silahkan angkat wajan tersebut lalu diamkan hingga adonan kelihatan berangkat mengental.

3. Sekiranya sudah mengental silahkan tuang gulalinya di wadah nampan kayu yang sudah disediakan.

4. Jika mutakadim dingin tarik gulanya dan lengketkan di sembelih sate cak bagi dinikmati.

Menentukan kekentalan adaonan adalah kunci keberhasilan pembuatan gulali. Karena kekentalan saat panas dan kerumahtanggaan keadan dingin sangat berbeda sebaiknya pun harus melakukan percobaan bilang mana tahu buat menentukan kekentalan yang paling pas disaat dingin sebelum membuat intern jumlah besar. Gunanya adalah disaat gula cahang ditarik bukan berlebih lembek maupun tak pula terlalu keras bahkan sama sekali tak boleh ditarik atau ditarik akan patah karena terlalu kering dan mengeras. Zaman tahun 1980 an jajan ini boleh kita beli dengan harga Rp 50,- bisa jadi waktu ini dihargai Rp 500 – 1000 rupiah.

Jajanan yang menyehatkan namun keberadaanya semakin menghilang ditelan zaman. Semoga ada generasi nan masih berlimpah melestarikannya walaupun disaat event event tertentu saja.

Source: https://www.khan.web.id/2020/08/gulali-colek-jajanan-berbahan-gula-jawa.html