Cara Membuat Tanaman Hidroponik Dari Botol Bekas

Brilio.net –
Sejak pandemi banyak individu kini mengemari tanaman dan berkebun. Ya, berhuma menjadi pilihan yang asyik kerjakan menghabiskan musim selama di apartemen.


Pelecok satu cara berkebun yang kian populer yakni menanam pohon hidroponik. Sebab diketahui metode ini lain memerlukan tanah dan persil yang luas. Sehingga bisa diterapkan maka itu kelihatannya pun meski doang memiliki pekarangan kecil di kondominium.



Selain itu pengerjaan hidroponik nisbi mudah, bukan memerlukan banyak biaya, tenaga, dan waktu. Terlebih dengan proteksi intensif, tumbuhan bisa merecup lebih cepat dan hasil produksi bisa berkesinambungan.

Bila dibudidayakan secara ramah mileu, produk hidroponik lebih segak dan aman dikonsumsi karena bebas semenjak racun hama berbahaya. Oleh sebab itu tak heran kalau menguburkan tanaman hidroponik bisa menjadi alternatif berkebun yang praktis.



Hidroponik juga bisa dimodifikasi dengan menggunakan jambangan tamatan. Penggunaan pot bekas ini juga dapat menghemat penggunaan plastik dengan mendaur ulangnya menjadi wadah berhuma hidroponik.


Ia pun boleh menanam beragam keberagaman sayuran, begitu juga caisim, selada, kangkung, maupun lada. Hasil penuaian sayuran-sayuran tersebut, nantinya bisa anda konsumsi buat kebutuhan sehari-perian loh.

Ambillah, bakal kamu nan masih pemula dan mau langsung mempraktikkannya di rumah, boleh banget dong!

Berikut prinsip menanam tanaman hidroponik dari botol bekas bagi pemula, seperti dirangkum
brilio.pukat
berbunga berbagai sumber sreg Kamis (28/1).

1. Menyiagakan jambang.

Cara menanam tanaman hidroponik Instagram, freepik © 2022 brilio.net

foto: freepik

Persiapan pertama yang bisa kamu bikin ialah menyiapkan beberapa botol tamatan. Kemudian tusuk menjadi dua bagian. Tempatkan adegan tutup pot ke dalam bagian bawah botol.

Posisi pot bagian atas nantinya akan terbantah terbalik menyerupai corong. Nantinya botol bagian atas akan menjadi tempat kendaraan tanam sedangkan botol di bagian bawah menjadi gelanggang air yang bernutrisi ataupun pintar zat hara.

2. Pasrah gaung di sekitar tutup pot.

Cara menanam tanaman hidroponik Instagram, freepik © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@kebun_nabila





Untuk menghubungkan kedua bagian botol tersebut boleh menggunakan perca flanel/sumbu dapur. Belaka, moga buat lubang malah dahulu sreg area tutup botol bagi dilewati kejai sehingga kain dapat menggelepek ke bagian bawah botol. Kerumahtanggaan metode menanam hidroponik ini, kain berfungsi untuk menghubungkan nutrisi air dengan ki alat tanam.

3. Memasukkan air dan zat hara.

Cara menanam tanaman hidroponik Instagram, freepik © 2022 brilio.net

foto: freepik

Jikalau sudah lalu radu mengebor tutup pot, langkah selanjutnya merupakan tuangkan air bersih berzat unsur hara lega bagian bawah botol. Masukkan air sampai tebak-sangka bukan menyentuh tutup botol menjengkelit atau sekitar 2/3 pot. Setelah itu, masukkan bagian atas botol dalam posisi menjengkelit dan pastikan kain flanel timbrung ke intern air.

4. Menyiagakan wahana tanam dan sari tanaman.

Cara menanam tanaman hidroponik Instagram, freepik © 2022 brilio.net

foto: freepik

Media tanam yang umum digunakan buat menanam hidroponik merupakan air, tapi masih banyak lagi media tanam lainnya yang dapat digunakan bagi menguburkan secara hidroponik. Seperti mana sekam, rockwool, gravel, spons dan pasir.

Siapkan media tanam sreg botol yang terbaik, lalu masukkan sari tanaman atau sayuran dan kubur pun dengan kendaraan tanam. Nggak hanya dengan bibit berupa biji, kamu juga bisa memintal esensi yang telah bertunas. Patut memindahkannya ke jambang tersebut.

5. Mengganti air secara rutin.

Cara menanam tanaman hidroponik Instagram, freepik © 2022 brilio.net

foto: Instagram/@ganeshaflora

Menanam tanaman hidroponik ini memang tidak memerlukan perawatan nan ribet dan mahal. Namun, beliau ki ajek terlazim memperhatikan dan merawat tanamanmu, khususnya lega air.

Sebab pohon membutuhkan air yang banyak, ketika air berzat hara menginjak menyusut perlahan, sebaiknya saling dengan air yang baru. Jangan lupa tempatkan media tanam di lokasi nan mendapatkan pancaran sinar matahari. Pasalnya sebagian tumbuhan memerlukan pas pencahayaan, maupun engkau bisa menyesuaikan dengan jenis pohon tersebut.

(brl/gib)

(brl/gib)

Source: https://www.brilio.net/wow/5-cara-menanam-tanaman-hidroponik-dari-botol-bekas-untuk-pemula-2101285.html