Cara Membuat Tangga Setengah Lingkaran

Mau mendesain dan membangun tangga tapi space kolom anda tidak cukup..??

Gambar

Tangga keong terlampau berguna jika space ruangan rumah anda suntuk minim dan kurang anda bisa memanfaatkan tangga keong ataupun nama lainnya tingkatan putar.pusing donk, hhee. Sharing knowledge kali ini akan menyerahkan tutorial mengenai cara membuat tangga keong 3 dimensi di autocad.

Penasaran bagaimana membuatnya..?? mari ikuti langkah-anju berikut :

1. buka file autocad
2. Buatlah objek circle (lingkaran) disini saya menggunakan diameter 200.
3. Buatlah bulan-bulanan line setengah lingkaran dan objek circle penampang 20 di center point lingkaran raksasa. (tatap gambar dibawah ini)

Gambar

Gambar

4. lakukan perintah polar array tetapi pada mangsa line saja dengan cara pilih menu tab modify terlampau pilih menu array sehingga muncul kotak dialog begitu juga di bawah ini lalu memilah-milah polar array. (klik gambar cak bagi memperbesar)

Gambar

5. klik select objek lampau pilih bahan line (enter 1x),

6. klik center point (lingkung hijau lega gambar diatas), dahulu anda tentukan titik center lingkaran.

7. Total number of items (lingkar ahmar plong rajah diatas), tinggal isikan dengan angka 10 kerjakan meduplikasikan sasaran line menjadi 10.

8. kerjakan ruangan angle to fill biarkan saja 3600

9. klik preview jika sudah klik ok.

Gambar

10. Copy dahulu menjadi 2 mangsa nan telah di array (seperti buram diatas), kemudian bikin perintah trim. trim adalah mencelah satu alias lebih objek rencana dengan tenggat objek tulangtulangan yang bukan. Kaidah berbuat trim : klik tool trim atau shortcut tr (spasi 2x) lalu pilih garis maupun objek yang kepingin dipotong (gambar di dasar ini adalah objek nan mutakadim di trim).

Gambar

Gambar

11. Gunakan objek yang sudah di trim (panah pink pada bentuk). kemudian memilah-milah semua incaran khusus bikin yang didalam kilat pink saja lalu pilih menu draw kemudian pilih region bikin menggabungkan menjadi 1 kesatuan. (lihat rang di atas menu draw dan lingkar pink ialah tool region untuk menggabungkan objek yang terpisah sehingga menjadi 1 kesatuan sasaran )

12. Setelah korban pijakan tangga telah jadi 1 kesatuan, kamu tinggal memberi ketebalan objek tersebut dengan cara klik objek sandar panjang lalu extrude (shorcut ext) berilah ketebalan 5 (ubah ke tampilan conceptual optis style) untuk meluluk 3D-nya (S.E isometric)

13.Setelah diberi ketebalan dahulu langkah lebih jauh adalah copy bahan tersebut tepat diatasnya (lihat susuk di pangkal ini)

Gambar

sandar yang berwarna biram adalah hasil dari copy_paste pijakan yang berwarna putih.

14. Ubah apalagi dahulu ke tapilan 2D wireframe, kemudian pindahkan alamat pijakan yang merah seperti tulang beragangan di sumber akar ini dan perhatikan pematang.(Perhatikan Tesmak)

Gambar

15. anju selanjutnya putar target pijakan warna merah menggunakan 3Drotate dengan cara sebagai berikut:

  • klik objek sandar corak sirah
  • kemudian klik tool 3drotate (shortcut 2drotate), tempatkan di sudut kurung biru seperti gambar pada perintah no.14 atau gambar di bawah ini no.1

Gambar

  • Lalu klik garis rotate corak biru (no.2 pada gambar diatas). lalu anda diminta untuk menentukan garis intiha dengan cara klik sudut birit kiri pijakan seperti gambar dibawah ini (endpoint)

Gambar

  •  silam anda diminta buat ki perspektif akhir rotate , lalu anda pilih tesmak kanan tumpu seperti buram di radiks ini. (endpoint)

Gambar

  •  Finish dan jadilah sebagai halnya rajah di pangkal ini. apabila dia ingin membuat pijakan lagi di atas pijakan corak merah anda tinggal ikuti langkah start dari perintah no.13 sampe sekiranya tinggi pijakan cukup

Gambar

  •  Hasil pengunci sama dengan lembaga di bawah ini yang sudah di beri jalan hidup dan tiang tengahnya. untuk tiang perdua dia bisa menggunakan landasan diameter 20 yang tadi kita bakal sebelumnya suntuk di extrude saja, dan bikin pegangannya anda bisa menggunakan tool spiline.

Gambar

Demikian sharing knowledge kali ini, semoga bermanfaat…, apabila terserah pertanyaan silahkan berkomentar di peti komentar .

Source: https://mohrizqonw.wordpress.com/2013/03/20/membuat-tangga-memutar-di-autocad/