Cara Menasehati Teman Yang Menyontek

Wah, udah mau UAS aja nih guys! Apa terserah toxic yang menggangu sentralisasi kamu? So pasti suka-suka dong ya. Hal yang paling menyebalkan ketika ujian yakni bertemu dengan antiwirawan yang hobi nyontek.  Waduh, ini termasuk toxic banget! Padahal kita udah susah letih belajar semalaman.

Toxic friend begitu juga ini harus banget kita hindari hendaknya dia siuman kalau kebiasaannya ini tinggal mudarat. Selain merugikan kamu yang dicontek, merugikan ia pula lho, kalau ketauan mencontek, dapat saja untai jawaban sang toxic ini simultan diambil master, kan sedih. Coba deh seharusnya suasana ujian tentram, yakinkan dirimu, kalau anda bisa mengerjakan seorang tanpa nyontek menyontek! Lalu mari kita setara-sama basmi toxic friend ini.. Cukuplah agar kamu terhindar dengan toxic ini, yuk simak jurus jitu hadapi teman yang doyan nyontek..

1. Akal-akalan lain dengar

Yups, sang “anda” pasti kesal banget kalau kamu sedemikian itu! Salah satu yang membuat jera si tukang nyontek yaitu dengan fokus mengamalkan ujian dan jangan dengarkan momen dia menegur kamu untuk mempersunting jawaban ujian dari beliau. Kalau dia terus menerus meminta kamu bagi menoleh dan menyerahkan jawabanmu, anda bisa menyorong dan bohongbohongan bukan tangkap suara. “hah berapa? Nggak ke dengeran” kamu bisa naikan sedikit volume suara mu, dan liat reaksi si penyontek. Hal ini juga boleh dijadikan kode sebaiknya suhu pengawas tau kampanye si “dia” ketika ujian. Tentu insaf!

2. Duduk di Arena Bukan

Nyontek dapat jadi adat yang pelik banget dihilangkan, maka itu sebab itu kita harus memencilkan si teman yang suka nyontek. Daripada terus ngedumel karena jodoh tidak bisa berubah, jadi kita bisa menanyakan suhu untuk ki memengaruhi kita ke tempat duduk nan lain, jauh dari si tukang nyontek. Untuk menjaga nama baik, kamu bisa datang sendiri ke ruang guru, lalu memohon buat
rolling
tempat duduk, makara tidak beliau doang yang pindah palagan duduk, teman satu papan bawah juga deh. Tempat duduk baru, pengalaman baru!

3. Minta Dia Buat Menghentikan Kebiasaannya

Keadaan nan paling jitu lakukan menamai teman nan senang nyontek saat eksamen, maupun lakukan tugas adalah kamu harus jujur sama dia takdirnya sira tidak demen kalau dia menyontek dan beliau harus menghentikan adat buruknya itu. Katakan padanya kalau kecurangan yang ia lakukan adalah perbuatan yang tidak baik. Orang nan nyontek sebabat dengan mempermainkan dan merugikan orang lain.

4. Ajak Belajar Bersama

Nah Mandu semoga mencairkan suasana dari teguran point 3, dia boleh mengajak dia untuk belajar bersama. Selain untuk memperbaiki suasana, hal ini bisa menambah keakraban dia sama teman ia lho! Jika n partner anda paham, pasti perlahan-lahan tekor kebiasaan menyonteknya akan hilang. Kamu boleh lakukan
sharing
materi pelajaran, mengasihkan pemerolehan agar beliau belajar lebih baik, membuat
mind maps
bersama, dan mengajak dia melakukan cak bertanya-soal bersama. Kalau damai gini ketel bintang sartan seneng liatnya..

Cukuplah itu kamu 4 prinsip jitu menghadapi antagonis nan hobi nyontek. Yang pasti jangan sampai sapaan kamu itu menciptakan menjadikan dia sakit hati ya.. Ajak sira buat yakin dengan dirinya sendiri jika kamu mampu mengerjakan pertanyaan dengan hasil memuaskan sonder contek menyontek. Yuk say no to Nyontek!

Penulis :
Dewi Shinta N

Penyunting :
Ayu Desra Y

Source: https://ens-stan.com/blog/ampuh-4-jurus-jitu-hadapi-teman-yang-suka-nyontek