Cara Pemberian Nutrisi Pada Tanaman Hidroponik

JAKARTA, KOMPAS.com
– Metode mengetanahkan hidroponik tidak menunggangi tanah, doang boleh ditanam dalam wadah apa pun selama suka-suka air.

Tak heran, metode hidroponik disuaki sebagian masyarakat karena kemudahannya, terutama mereka yang silam di lahan sempit dan tidak memiliki halaman bikin berkebun.

Baca juga: Khasiat dan Kekurangan Menanam Tanaman dengan Metode Hidroponik

Bayu Widhi Nugroho, pekerja dan pemilik akun YouTube
HIDROPONIKPEDIA, mengatakan hidroponik hanya mengeluarkan cara menyelamatkan sebuah tanaman.

“Hidroponik kian mengacu pada sistem tanam, bukan sebuah
grade
atau mungkin sesuatu nan boleh takhlik pohon n kepunyaan kualitas berbeda dengan yang ditanam di tanah. Semua pohon bisa pakai hidroponik,” katanyaKompas.com, Kamis (23/6/2022).

Jadi, sama dengan tanaman yang ditan di tanah, tanaman yang ditanam menggunakan metode hidroponik tetap membutuhkan pupuk.

Hanya saja, ada perbedaan dalam bentuk dan pemberian jamur serta proses penyerapan zat makanan dari pupuk yang dilakukan oleh akar tumbuhan.

Baca sekali lagi: 7 Anju Mengebumikan Sayuran Secara Hidroponik di Rumah

Bentuk pupuk bikin tanaman hidroponik

Ilustrasi hidroponik.
FREEPIK/JCOMP
Ilustrasi hidroponik.

Internal metode penanaman tradisional, cendawan nomplok intern plural bentuk begitu juga bulir batu belanda berukuran besar dan boncel, hancuran, kecil-kecil seperti mana tepung atau serdak, hingga tanah endut-endut.

Lantas, bagaimana rajah serat kerjakan tumbuhan hidroponik?

“Serat intern bentuk bubuk. Nanti diencerkan saat ingin menanam hidroponik. Jenis pupuk cairan memang suka-suka yang jual, sahaja jarang. Umumnya dalam bubuk,” jelas Bayu.

Baca sekali lagi: Ancang Mudah Menanam Tanaman dengan Metode Hidroponik

Tipe pupuk yang caruk digunakan internal sistem tanam hidroponik adalah nutrisi ab mix. Umumnya, cendawan ini datang dalam dua susuk nan akan dilarutkan secara bersamaan, yakni duli dan bulir-bulir kerdil.

Pupuk ab mix mengandung elemen makro hara dan unsur mikro hara. Molekul makro hara mengandung nitrogen, fosfor, kalium, dan magnesium. Temporer mikro hara mengandung besi, tembaga, dan khlor.

Baca sekali lagi: Pendirian Budidaya Tauge Hidroponik, Mudah dan Gemi Ajang

Cara memasrahkan pupuk ke tanaman hidroponik

Terkait dengan hadiah pupuk, dilansir dari akun YouTube
HIDROPONIKPEDIA, kamu enggak bisa mencampur kemasan A dan B yang terdapat kerumahtanggaan bungkus zat makanan ab mix secara langsung.

Berikut kaidah meluluhkan nutrisi ab mix sebagai kawul, untuk tanaman hidroponik.

Baca lagi: Ketahui, Jenis Pokok kayu yang Cocok Ditanam Secara Hidroponik

  • Larutkan kemasan A dan B

Ilustrasi kangkung, ilustrasi hidroponik.
SHUTTERSTOCK / Muriha
Ilustrasi kangkung, ilustrasi hidroponik.

Cak bagi nutrisi ab mix berdimensi 0,5 liter, siapkan dua cangkir ukur berukuran 0,5 liter. Masing-masing cangkir digunakan untuk meluluhkan sampul A dan B.

Tuangkan semua isi bungkusan A ke riuk satu cangkir ukur dan tuangkan air ke pelecok suatu cangkir sebanyak 250-300 mililiter, dan aduk sampai merata.

Lazimnya, dalam setiap kemasan A dan B pada zat makanan ab mix akan punya basung lain di dalamnya. Larutkan isi bungkus internal kemasan A ke cangkir, tinggal sduk hingga merata dan pastikan tidak suka-suka sedimen.

Setelah itu, tambahkan air hingga mencapai noktah 500 mililiter, lalu aduk pun, dan masukkan ke jambang nan sudah diberi logo “A”.

Buat hal nan begitu juga kemasan B pada cangkir ukur lain yang telah disiapkan. Namun bagi bungkusan B, langsung tuangkan air sebanyak 500 mililiter dan seluruh isi dalam contong B. Aduk sebatas merata dan masukkan ke botol nan sudah diberi tanda “B”.

Baca juga: Menanam Sayuran Secara Hidroponik, Mana yang Minimum Cepat Panen?

  • Masukkan nutrisi ab mix ke dalam air hidroponik

Ilustrasi menanam sayuran dengan sistem hidroponik.
PIXABAY/41330
Ilustrasi menanam sayuran dengan sistem hidroponik.

Setelah nutrisi ab mix siap digunakan, siapkan air sebanyak dua liter. Adapun jumlah ini dimaksudkan untuk menciptakan air gizi dengan tingkat kekentalan 800 parts per million (ppm).

Tuangkan lima sampai 10 mililiter isi botol A ke privat air. Lakukan hal yang begitu juga isi jambang B. Aduk air kiranya campuran pot A dan B merata.

Untuk memastikan tingkat kekentalan air sudah sesuai, ukur menggunakan peranti khusus. Alat untuk ppm bisa beliau dapatkan di situs membahu daring.

Kalau tingkat kepekatan melebihi mangsa ppm nan telah ditentukan, tambahkan air sreg senyawa tersebut. Jika kurang janjang, tambahkan isi botol A dan B ke dalam air dengan takaran yang proporsional.

Apabila tingkat kepekatan air sudah sesuai dengan target ppm, kamu bisa sekaligus tuangkan air nutrisi ke dalam ajang tanaman hidroponik.

Baca juga: Cara Membuat Vitamin atau Pupuk Hidroponik Koteng di Apartemen

Bagaimana pendirian tanaman hidroponik menyerap vitamin?

Bayu menjelaskan, cak bagi sitem tanam tradisional, kawul akan dituangkan ke dalam tanah. Nantinya, tanah akan mengolah pupuk cak bagi menghasilkan zat-zat nan akan diserap akar tunggang tanaman.

“Kalau dalam hidroponik, kita sudah menyiapkan zat-zat yang mutakadim siap dimakan akar susu. Ibaratnya, kalau tanaman yang ditanam di tanah itu kita kasih beras, tentatif hidroponik dikasih nasi,” ujarnya.

Janhan lupa memlerhatikan kebutuhan sinar mentari bagi tanaman hidroponik. Sebab, tidak semua tanaman hidroponik bsa ketularan gambaran cerah matahari langsung, sama dengan pohon nan ditanam di tanah.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap waktu dari Kompas.com. Ayo bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://falak.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/homey/read/2022/06/23/184600376/ketahui-ini-cara-memberikan-pupuk-pada-tanaman-hidroponik?page=all