Ciri Ciri Burung Kutilang Jantan

Kalam kutilang adalah salah suatu spesies burung yang populer dikalangan para pecinta pelir. Namun, cara membedakan kutilang bahaduri dan betina memang dapat disebut cukup sulit. Pasalnya, kedua butuh kutilang berjenis kelamin cedera memiliki morfologi nan habis mirip. Pertepatan dapat dilihat sreg corak bulu, resan, sampai ukuran tubuh.

Namun, bila diperhatikan dengan seksama, per varietas kelamin kalam kutilang n kepunyaan bilang penunjuk sebagai pembeda. Kepingin tahu bagaimana cara mengasingkan kutilang jantan dan betina? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Perhatikan Putaran Paruh Kutilang

Kontol kutilang merupakan varietas kontol predator buah-buahan. Oleh sebab itu, burung tipe ini memiliki paruh yang berbentuk jirus layaknya butuh pemakan buah lainnya. Untuk mengidentifikasi jenis kelaminnya, pemilik bisa memperhatikan fragmen paruh burung kutilang.

Jika bagian atas paruh berbentuk mengeruh ke pangkal pada episode ujungnya, maka boleh dipastikan kutilang tersebut berjenis kelamin nekat. Sebaliknya, jika tengah terlihat lebih mendatar, maka kutilang tersebut berjenis kelamin betina.

2. Tatap Bagian Jambul Butuh Kutilang

Selain bersurai, zakar kutilang pula n kepunyaan jambul untuk mempercantik penampilannya. Kerjakan mengenali jenis kelaminnya, lihatlah bagian jambul kontol kutilang dengan teliti. Jambul yang menjulang tinggi menunjukkan varietas kelamin kutilang tersebut adalah jantan. Sebaliknya, burung kutilang betina mempunyai jambul yang tegak dan pendek.

3. Memperhatikan Kepala dan Bagian Fisik

Ketiga, pemilik boleh mengenali jenis kelaminnya dengan mengamati bagian jasmani dan ukuran kepalanya. Kutilang gagah punya kepala yang lebih besar tinimbang kutilang betina. Meskipun tidak bersisa jelas, doang perbedaan ini bisa terbantah jika diperhatikan dengan seksama.

Tak hanya itu, postur tubuh kutilang kosen lagi tertumbuk pandangan lebih memanjang. Padahal, bentuk jasad kutilang lebah ratulebah mengarah lebih bulat. Biar demikian, pendirian ini tidak terlalu efektif lantaran matra kepala dan postur jasad dapat berubah-ubah terampai rezeki, gen, dan berbagai ragam faktor lainnya.

4. Mendengarkan Kicauannya

Burung kutilang banyak dipelihara karena kemudahannya dalam pemeliharaan dan suara kicauannya nan merdu. Bagi para pecinta pelir, mendapat titit kutilang betina sekali-kali membuat seseorang menyesal.

Pasalnya, zakar kutilang berjenis kelamin lebah ratulebah mengeluarkan suara kemarahan yang monoton atau bukan bervariasi. Lain halnya dengan kutilang jantan yang mampu melepaskan kritik kicauan yang merdu dan bervariasi. Tak hanya itu, kritik kemarahan kutilang jantan pun lebih kencang daripada kutilang betina.

5. Berbuat Metode Supit Udang rebon

Seterusnya, empunya dapat menggunakan metode supit urang. Metode ini sudah lalu sangat terkenal dan mujarab ampuh di lingkaran para pecinta burung. Semua varietas burung dapat diketahui jenis kelaminnya dengan menggunakan metode ini.

Diantara bilang cara lainnya, metode ini menjadi nan paling kecil efektif dan akurat. Pasalnya, anatomi fisik burung kutilang itu seorang nan akan menjadi objek identifikasinya. Metode supit urang merupakan langkah yang diambil cak bagi mengerti varietas kelamin burung dengan mengegolkan deriji tangan ke interior tulang pubis. Diketahui, tulang pubis itu seorang terletak di ujung anus.

Bila tulang pubisnya bertambah rapat, keras, dan menonjol, maka bisa dipastikan kontol kutilang tersebut berjenis kelamin dakar. Doang, takdirnya bentuk lemak tulang pubisnya pepat, renggang, dan empuk, maka titit kutilang tersebut yakni betina.

6. Menyerang Perilaku Kutilang

Selain melihat raga atau melakukan metode supit udang, tuan juga dapat mengarifi jenis kelamin berasal perilaku kutilang. Layaknya manusia, kutilang berjenis kelamin jantan kian menggerenyam, agresif, dan pemberani. Sebaliknya, burung kutilang betina lebih lagi lebih kalem dan tenang.

Itulah beberapa prinsip memperlainkan kutilang jantan dan betina yang minimum akurat. Ternyata mengidentifikasi jenis kelamin lega burung kutilang bukan sulit buat dilakukan. Melintasi keenam cara sederhana ini, pemilik dapat langsung mengarifi jenis kelamin penis kutilang peliharaannya.

Source: https://www.jvidusun.co.id/cara-membedakan-kutilang-jantan-dan-betina-yang-paling-akurat/