Contoh Berita Dalam Bahasa Sunda

Bahasa Sunda adalah bahasa nan digunakan masyarakat suku Sunda dan mayoritas digunakan di Jawa Barat. Jika kamu yakni hamba allah Sunda atau tinggal di Jawa Barat, kemungkinan segara kamu wajib menggunakan bahasa Sunda privat spirit sehari-hari.

Bagaimana seandainya engkau tinggal di Jawa Barat alias baka Sunda tapi tidak bisa bertata cara Sunda? Antap, bahasa dulu mungkin dipelajari. Engkau bisa mulai dengan berlatih sejumlah interlokusi alias paguneman internal bahasa Sunda yang sering ditemukan n domestik semangat sehari-musim.

Apa Itu Interlokusi Bahasa Sunda?

Interlokusi, alias intern bahasa Sunda disebut paguneman, adalah kegiatan berdialog atau berkisah dua arah. Mengutip Susan Susanti kerumahtanggaan situs www.smktarunabangsa.sch.id, paguneman juga dapat dipahami sebagai kegiatan mengungkapkan perasaan atau pikiran seseorang.



Dalam bahasa Sunda, percakapan dibagi menjadi tiga strata gramatika. Yakni kasar, loma, dan lemes. Penggunaannya tergantung kepada siapa kita bercakap maupun berucap-elok.

Percakapan Bahasa Sunda dan Artinya

Berikut sederet contoh percakapan bahasa Sunda dikutip dari berbagai ragam perigi. Yakni situs SMK Muda Bangsa Bekasi, buku Budak Singer Kelas bawah III maka itu Skuat Koncara, journal.unair.ac.id, dan situs SMP Tut Wuri Handayani.

1. Model Percakapan 1

Interlokusi ini dilakukan dengan oponen.

Hera: “Yayu atos ngerjakeun PR Basa Sunda teu acan?” (Yayu sudah lalu melakukan PR Bahasa Sunda, belum?)

Yayu: “Atos. Ari Hera atos teu acan?” (Sudah lalu. Hera koteng sudah lalu, belum?)

Hera: “Teu acan abdi mah hilap.” (Belum, aku pangling.)

Yayu: “Kumaha weh, ke Ibu Guru bendu gera.” (Gimana dong, esok Ibu Guru marah, kembali.)

Hera: “Muhun wios we diseukseukan oge dan rumaos teu acan ngerjakeun.” (Ya sudah nggak segala-apa dimarahin lagi, karena memang aku salah belum mengerjakan.)

Yayu: “Enjing mah kerja kelompok sareng abdi gera ngambeh teu hilap deui.” (Besok-jemah kerja kelompok denganku supaya nggak lupa lagi.)

Hera: “Muhun hayu.” (Iya, mari siap.)

2. Contoh Interlokusi 2

Percakapan ini dilakukan antara kakak pria dengan adik laki-junjungan.

Eja: “Pang anterkeun aing ka pasar, Den! Motor aing di bengkel heh.” (Sokong antar aku ke pasar, Den! Motorku terserah di bengkel.)

Deden: “Naha can dicokot keneh, A? Geuning ungu muda.” (Kenapa belum diambil, Kak? Lamanya.)

Eja: “Aing loba kerjaan pisan. Can kacekel eta motor.” (Aku menengah banyak sekali pencahanan. Belum bisa mengurusi motor.)

Deden: “Nya atuh ke heula. Aing madang heula.” (Iya sebentar, aku makan dulu.)

3.Contoh Interlokusi 3

Konversasi ini dilakukan antara temperatur dan muridnya ketika pelajaran bola keranjang.

Arif: “Pa, can sugan?” (Paket, belum selesai?)

Pak Irfan: “Lima menit deui.” (Panca menit lagi.)

Arif: “Geuning lila pisan sih, Pa?” (Lama sekali, Pak?)

Pak Irfan: “Maneh mah, kandang kuda sakeudeung protes, dibere lila protes.” (Anda ini, kalau sekelebat protes, lama pun protes.)

Arif: “Da sangka teu anggeus-anggeus, Pa.” (Rasanya kok tidak selesai-selesai, Sampul.)

4. Paradigma Percakapan 4

Interlokusi ini dilakukan antara manusia sepuh dan anak perempuannya.

Yuni: “Bah, tos dahar teu acan?” (Selongsong, sudah makan, belum?)

Bapak: “Encan.” (Belum.)

Yuni: “Bade dihuapkan ku teteh?” (Mau disuapi Kakak?)

Bapak: “Teu kudu. Bapa hoyong bubur sop.” (Tidak usah. Bapak ingin bubur sup.)

Yuni: “Nya muhun ke, ning milari kang bubur sop heula ka hareup nya, Bah.” (Baiklah, jemah Empok cari tukang bubur sup ke depan dulu ya, Bungkusan.)

5. Contoh Konversasi 5

Interlokusi ini dilakukan antara teman yang seusia.

Deden: “Geuleuh teuing aing mah ka si Dudung teh!” (Menyebalkan sekali Dudung!)

Yuni: “Naha naha naha? Geuning ujug-ujung kitu sih?” (Kenapa, kenapa, kenapa? Kok tiba-tiba sedemikian itu, sih?)

6. Hipotetis Interlokusi 6

Percakapan ini juga dilakukan antara teman sama tua.

Hesti: “Neng, dupi istal di kampung Eneng pami Mina Bandung bergaduk aya lomba-lomba tara?” (Neng, sekiranya di kampungmu saat HUT Bandung ada perlombaan, nggak?)

Eneng: “Osok, mung kutub sarame dinu sanesna, da nu ngiringanna oponen seueuran.” (Ada, tapi nggak semeriah di tempat tak, karena pesertanya nggak banyak.)

Hesti: “Naha? Teu rarame panginten adu-lombana?” (Kenapa? Apakah lombanya nggak seru?)

Eneng: “Ah da nu ngaramekeun mah pamaenna rek sakumaha teu rame lombana ge, Hes. Panginten teu level ngiringan nu karitu teh.” (Yang meramaikan tanding itu adalah pemainnya, mau apa pun lombanya, Hes. Nah kali banyak yang merasa nggak level ikut adu seperti itu.)

Hesti: “Muhunnya da pidunya we orang kota mah. Tapi istal saur abdi mah, ngeusi acara HUT Bandung teh mending ku sholawatan sasarengan, maos yasin sasarengan, ngadu’a sasarengan, teras merogramkerun ngarencanakeun Bandung ka hareupna sangkan leuwih alus.” (Iya ya, orang kota lebih suka di flat. Tapi jika kata aku sih mengisi Mina Bandung makin baik dengan sholawat bersama, yasinan bersama, berdoa bersama, lalu membuat program rencana cak bagi Bandung yang lebih baik ke depannya.)

Eneng: “Muhun ogenya daripada ku hura-hura teu puguh mah, duit hambur, Halikuljabbar teu doyan, lingkungan armada, alah satuju pisan Hes abdi mah.” (Iya juga, daripada perayaan nggak jelas, boros, Allah nggak gemar, mileu jadi kotor, aku setuju sama anda, Hes.)

7. Contoh Percakapan 7

Ucup: “Kunaon kamari teu sakola, Jun?” (Kenapa kemarin beliau nggak masuk sekolah, Jun?)

Jujun: “Kamari kuring teh lindu beuteung euy.” (Semalam aku sakit perut.)

Ucup: “Nyeri beuteung syamsir kunaon? Tambarakan teung atuda Jujun mah.” (Remai perut kenapa? Merodok banget sih beliau, Jun.)

Jujun: “Ah teu pira jajan baso tuluy nginum cai es kamari teh.” (Kemarin hanya jajan bakso terus mimum es.)

Ucup: “Meureun lada teuing basona nya? Jaba deuih ayeuna teh keur usum ngijih.” (Sepertinya baksonya terlalu pedas, ya? Ditambah masa ini kembali waktu hujan abu.)

Jujun: “Enya puguh lada teuing basona.” (Iya nih, sepertinya baksonya sesak pedas.)

8. Contoh Konversasi 8

Percakapan ini dilakukan antara orang dewasa internal kesempatan resmi.

Moderator: “Kumaha numutkeun pangemut Kang Ujang patali sareng rencana benur bade ngawangun gelanggang wisata tea?” (Bagaimana menurut Kang Ujang terkait rencana kita kepingin bikin palagan wisata di kampung kita?)

Ujang: “Hatur nuhun tos maparin waktos. Pangemut sim kuring mah kalintang sae na kumargi tiasa ningkatkeun kagiatan pamuda di lembur udang.” (Songsong belas kasih atas waktunya. Menurut saya sangat bagus karena bisa meningkatkan pendapatan perjaka di kampung kita.)

Moderator: “Dupi saur Kang Asep kumaha, satuju atanapi henteu?” (Kalau menurut Kang Asep bagaimana, apakah setuju alias enggak?)

Asep: “Haturnuhun tos dipasihan waktos kanggo ngiring sasangem. Abdi oge panuju mung kedah diemutkeun deui waragadna moal cekap ku sakedik. Bade ti mana milarian biayana da upami ngandelkeun iuran warga mah tos jelas kerjakan lami ka ngawujud.” (Terima kasih telah diberi kesempatan berbicara. Saya pula setuju tapi harus dipikirkan biayanya tentu lautan. Dari mana biaya sebesar itu karena jika mengandalkan iuran warga saja jelas akan lama terwujud.)

9. Arketipe Interlokusi 9

Percakapan ini dilakukan antara cikal bakal dan cucunya.

Dudung: “Gapura, didieu mah sabudeureun manjapada teh meni seueur tatangkalan. Malah itu di buruan oge meni seueur pepelakan, Burik.” (Bab, di mileu sekeliling rumah banyak pepohonan. Itu kembali di halaman rumah banyak tanaman, Ki.)

Aki: “His, geus kitu kuduna, Cu. Urang kudu milu ngarawat lingkungan sabudereun. Mikanyaah tutuwuhan jeung sasatoan. Sabab, tutuwuhan jeung sasatoan teh kalintang mangpaatna pikeun urang.” (Memang sudah lalu mudahmudahan, Cu. Kita harus ikut merawat lingkungan dan sekitarnya. Merawat pokok kayu dan fauna. Karena tumbuhan dan hewan banyak manfaatnya untuk kita.)

Dudung: “Naon wae mangpaatna, Ki?” (Apa sahaja manfaatnya, Borek?)

Baterai: “Temperatur didieu karasa ku hidep sakieu segerna. Eta teh lantaran di sabudeureun urang loba tutuwuhan. Hidep oge di dieu boleh ngadahan bungbuahan, kari ngala tina tangkalna. Aneka macam sayuran kari ngala.” (Udara yang kita seropot jadi terasa segar. Itu karena di sekitar kita banyak pohon. Kamu juga bisa bersantap buah-buahan yang langsung dipetik bersumber pohonnya. Macam-macam sayuran lagi lewat petik.)

10. Contoh Interlokusi 10

Interlokusi ini dilakukan masih antara bibit buwit dan cucunya.

Dudung: “Istal mangpaat hayam sajabina ti tiasa diemam dagingna naon, Capuk?” (Takdirnya kekuatan ayam jago selain dimakan dagingnya segala apa, Borek?)

Aki: “Tadi isuk-isuk, naon nu ngalantarankeun hidep hudang?” (Tadi pagi apa yang membangunkanmu?)

Dudung: “Hayam jago kongkorongok, Bopeng. Jadina abdi kagugahkeun.” (Ayam pemenang yang berkokok, Ki. Jadinya saya terbangun.)

Aki: “Tah, eta salahsahiji mangpaatna ngukut hayam, Dung.” (Padalah, itu salah satu kebaikan memiara ayam, Dung.)

Dudung: “Oh, muhun, muhun.” (Oh, iya iya.)

Itulah contoh-contoh percakapan bahasa Sunda nan bisa anda praktekkan kerumahtanggaan hidup sehari-waktu. Mudahmudahan bermangpaat!

Simak Video “Ada Terkaji Teroris, Standar Masuk MUI Dipertanyakan

[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

Source: https://www.detik.com/jabar/berita/d-6261054/10-contoh-percakapan-bahasa-sunda-dan-artinya