Contoh Kd Soal Dan Jawaban Mata Pelajaran Pai

Demak (MGMP/DitPAI)– Persiapan maju terus dikembangkan guru mapel PAI, seperti yang ditunjukkan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) PAI SMP Kabupaten Demak. Perumpamaan lanjutan workshop pertambahan kompetensi guru PAI se-Kabupaten Demak nan dilaksanakan di wulan Januari lalu, organisasi yang dinakhodai Syaekudin ini pun melaksanakan kegiatan lanjutan berupa bedah SKL, Burik, KD, penyusunan kisi-kisi, dan penyusunan pertanyaan Ujian Sekolah (US) PAI Musim Pelajaran 2022-2022. Kegiatan dilaksanakan di Balai Kantor Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Demak (19/2).

“Kegiatan ini bagian dari upaya MGMP PAI untuk terus meningkatkan kualitas GPAI dalam menyusun soal yang akan diujikan dalam US PAI BP musim ini. Harapannya, kegiatan ini dapat meningkatkan profesionalitas GPAI n domestik menjalankan tugas sosi dan fungsinya secara pedagogis,” ungkap Syaekudin.

Guru SMPN 1 Kebonagung ini menjadi pemateri pertama menyampaikan bahwa ruang lingkup materi US PAI tahun ini separas seperti mana tahun-masa sebelumnya yang meliputi Al-Qur’an, Akidah, Akhlak, Fiqih, dan Sejarah Kultur Islam. Materi-materi tersebut terbagi menjadi tiga level, ialah level 1 (warta dan kesadaran), level 2 (penerapan), dan level 3 (penalaran). “Guru PAI BP harus mampu menerjemahkan kisi-kisi umum menjadi ganggang-jari-jari penulisan soal sekaligus merumuskan soal yang berbobot, sehingga dapat meningkatkan kualitas penilaian melangkahi pelatihan-pelatihan semacam ini,” jelasnya.

Penyusunan jari-jari-jari-jari soal dimulai dari menganalisis level masing-masing cak cakupan materi yang telah disusun kerumahtanggaan bagan blueprint (kisi-celah awam). Level suatu terkait dengan pengetahuan dan kognisi. Pertanyaan US berjumlah 45 soal dimana 40 soal kasatmata pilihan ganda dan 5 pertanyaan riil uraian. Tentang pemetaan pertanyaan sesuai dengan inferior punya persentase berbeda-cedera. Kelas tujuh persentasenya mencapai 30 persen, kelas delapan sebanyak 40 persen dan kelas sembilan mengaras 30 tip.

Pemateri lainnya, Parjono, S.Pd.I., M.Pd. mengklarifikasi tentang teknik penyusunan ganggang-kisi soal US PAI. Menurut guru SMPN 3 Dempet ini, kisi-kisi intern penyusunan soal yang berkualitas sangat dibutuhkan, “Sonder kisi-kisi, kita seperti melangkah tanpa tujuan,” makanya sebab itu, “kisi-kisi harus dibuat lebih mulanya, tidak sebaliknya. Mindset kita harus diubah.”

Sekretaris MGMP PAI BP SMP Kabupaten Demak ini menjelaskan celah-ganggang harus memenuhi syarat. Jari-jari-kisi tersebut diantaranya harus mengaplus isi kurikulum atau kemampuan yang akan diujikan, pertanyaan-soalnya dibuat sesuai dengan penanda dan bentuk soal yang mutakadim ditetapkan, komponennya rinci, jelas, dan mudah dipahami.

Pemateri berikutnya Buta huruf Khoririyyah, S.Ag., M.Pd. menyampaikan materi teknik dan kaidah penysunan soal US. Beliau yang pun Patih MGMP PAI SMP kabupaten Demak ini menguraikan bahwa menyusun soal Higher Kiriman Thinking Skills (HOTS) bukan sulit. Kepala putik soal HOTS itu elusif harus dihilangkan, “Untuk memformulasikan soal, ada tiga situasi nan perlu diperhatikan, adalah materi, konstruksi, dan bahasa,” jelas hawa SMPN 2 Demak ini.

Di sesi terakhir, pesuluh diberikan materi kata teknik penyusunan tanya penilaian harian PAI berbasis literasi dan numerasi, atau lebih dikenal dengan Asesmen Kometensi Paling (AKM), yang disampaikan pun oleh Syaekudin. Dia menjelaskan bagaimana menyusun cak bertanya AKM indra penglihatan pelajaran PAI dengan memulai memahamkan tentang konten, proses kognitif, dan konteks literasi dan numerasi n domestik mata pelajaran PAI. “Membuat soal AKM mapel PAI tidaklah sulit, jika ketiga hal tersebut sudah dipahami”, paparnya.

Pria yang kini menjadi Pelatih Nasional PKB GPAI ini mengajak agar GPAI terbiasa menyusun tanya-tanya yang berbasis literasi dan numerasi, karena situasi ini akan semakin meningkatkan kompetensi pangkal peserta didik perumpamaan upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia lega lazimnya. Kegiatan workshop ini diakhiri dengan pemberian tugas mengekspresikan ganggang-kisi dan granula soal Ujian Sekolah laksana tugas mandiri yang akan dipresentasikan pada pertemuan berikutnya. (AAM)

Kontrubutor: Syaekudin

Editor : Saiful Maarif

Source: https://pendis.kemenag.go.id/pai/berita-476–galeri-mgmp-mgmp-pai-gelar-workshop-bedah-soal-dan-kisi-kisi.html