Contoh Metode Ilmiah Tentang Hewan

Jawaban:

1. Merumuskan masalah

Masalah ialah barang apa permasalahan nan teristiadat dipecahkan secara pasti dan bermoral. Misalnya saat mengamati kepompong nan berubah menjadi kupu-kupu, kita bisa merumuskan masalah menggunakan berbagai perkenalan awal tanya. Pola menyusun penyakit yakni umpama berikut :

a. Apakah yang menyebabkan kepompong berubah menjadi kupu-kupu ?

b. Bagaimana proses perubahan kepompong menjadi kupu-kupu ?

c. Dimana tempat yang ideal bikin kepompong bikin berubah menjadi kupu-kupu ?

d. Kapan waktu yang tepat bagi pupa buat berubah menjadi kupu-kupu ?

e. Siapa yang interelasi melakukan pengamatan terhadap pupa berubah menjadi kupu-kupu ?

f. Mengapa pupa berubah menjadi kupu-kupu ?

2. Mengekspresikan kerangka nanang

Setelah merumuskan permasalahan yang akan diteliti, awalan seterusnya merupakan menyusun rencana nanang. Dalam kegiatan ini yang dilakukan adalah mengumpulkan keterangan alias data yang berkaitan dengan masalah yang berarti kerjakan menemukan jawaban sementara terhadap kebobrokan tersebut. Data nan dikumpulkan dapat konkret keadaan-hal yang berkaitan dengan penelitian, atau hasil-hasil penelitian terdahulu adapun masalah yang setara.

3. Mengekspresikan asumsi

Dari data-data yang dikumpulkan, dapat disusun suatu hipotesis. Hipotesis ialah jawaban sementara terhadap keburukan dan fakta berdasarkan teori dan fakta yang ada. Intern penelitian, terdapat dua keberagaman hipotesis, yaitu :

a. Premis nol (Ho)

Postulat zero (Ho) adalah dugaan yang mengatakan tidak ada kontrol. Lengkap presumsi nol yakni seperti tipe tumbuhan tidak teruit terhadap warna rama-rama yang dihasilkan.

b. Premis alternatif (Ha)

Dugaan alternatif (Ha) merupakan premis yang mengatakan suka-suka pengaruh. Contoh hipotesis alternatif yakni seperti spesies tumbuhan tempat umur kepompong berpengaruh terhadap corak rama-rama yang dihasilkan.

4. Melakukan eksperimen

Bakal membuktikan kebenaran asumsi yang sudah dibuat, langkah selanjutnya adalah melakukan eksperimen. Eksperimen atau percobaan nan dilakukan akan menghasilkan data yang nantinya bisa diolah dan dianalisis. Dari hasil pengolahan data tersebut, dapat diketahui apakah hipotesis nan dibuat sesuai dengan hasil eksperimen atau tidak.

5. Menghirup kesimpulan

Kesimpulan dibuat bersendikan data-data yang diperoleh dari hasil eksperimen. Terwalak dua prospek hasil eksperimen, yaitu begitu juga :

1. Menerima hipotesis nol

2. Memufakati hipotesis alternatif

6. Eksperimen lanjutan atau eksperimen ulang

Kesimpulan yang diperoleh bersumber hasil eksperimen, biasanya akan menimbulkan cak bertanya baru. Pertanyaan hijau tersebut memerlukan eksperimen lanjutan bakal menjawabnya. Selain itu, basyar lain bisa melakukan eksperimen ulang lakukan membuktikan kebenarannya.

Setelah serangkaian persiapan-langkah metode ilmiah tersebut dilakukan, moga penyelidik melaporkan hasil penelitiannya. Pelaporan hasil penelitian ini berguna bikin memberitakan hasil percobaan dan dapat juga sebagai acuan oleh orang tidak yang cak hendak berbuat percobaan nan sama.

Penjelasan:

Source: https://brainly.co.id/tugas/23707245