Contoh Peristiwa Pengembunan Dalam Kehidupan Sehari Hari


KOMPAS.com
– Mengembun adalah situasi perubahan wujud zat dari fasa gas ke fasa cair. Peristiwa sehari-hari apa sajakah yang menunjukkan terjadinya hal mengembun? Berikut adalah contoh situasi mengembun dalam kehidupan sehari-hari!

Terbentuknya uap air

Terbentuknya ibun yaitu contoh peristiwa sehari-perian yang menunjukkan terjadinya pengembunan. Gegana manjapada mengandung uap air di dalamnya. Makin banyak kandungan uap airnya, maka makin lempem mega tersebut.

Ketika malam dan pagi perian, suhu cenderung mendingin. Keadaan tersebut membuat uap air yang tertangguh di gegana kemudian mengalami kondensasi atau mengembun, menghasilkan tetes-ampas gula embun.

Baca juga: Pertukaran Wujud Benda

Terbentuknya mega

Dilansir dari
U.S. Geological Survey, awan terbentuk di atmosfer karena udara yang mengandung uap air menaiki dan mendingin. Uap air yang kasatmata asap naik ke bentangan langit akibat evaporasi. Izzah di atmosfer menyababkan tekanan yang bertambah kecil, secara tidak sambil mengedrop suhu udara.

Akibatnya, master udara di babak atas atmosfer makin anyep tinimbang suhu permukaan bumi. Ketika ibun sampai di episode atas amosfer, uap air kemudian mendingin, berubah menjadi jelmaan air, dan membentuk awan.

Jelmaan air pada minuman adem

Minuman adem mempunyai suhu yang lebih rendah daripada hawa ruang. Ketika ditaruh di master ulas, ibun dalam mega di sekitar minuman tawar rasa akan terkondensasi dan mengambun. Uap air nan mengembun berubah wujud menjadi air kerumahtanggaan tulangtulangan cair.

Inilah alasan kok minuman gangsa ataupun minuman dingin dalam kaca, selalu meneteskan air. Bukan karena kelongsong minuman dingintersebut mencirit, melainkan karena uap air di sekitarnya mengembun.

Baca pun: Tingkatan Siklus Hidrologi

Terbentuknya kabut

Kabut yaitu satu pun contoh peristiwa mengembun dalam kehidupan sehari-hari. Kabut terjaga ketika udara mempunyai humiditas yang sangat tinggi (mengandung banyak uap air).

Dilansir dari
National Geographic, uap air akan mengembun dan bergabung untuk menciptakan menjadikan tetesan air cair nan menggantung di gegana. Kumpulan tetesan air di udara tersebut membuat kabut.

Ki perspektif yang berkabut

Pengguna tesmak pasti cangap mengalami kacamata berembun ketika makan makanan dan minuman yang suam. Keadaan tersebut dikarenakan ap air panas dari makanan dan minuman naik ke sisi wajah dan bertumbuk awan yang lebih tawar rasa.

Sehingga, uap air tersebut mengembun, membentuk ampas gula-tengguli kecil uap air. Tetes-melase nyamur tersebut kemudian menempel puas kacamata dan membuatnya berkabut.

Baca juga: Ideal Peristiwa Membeku dalam Kehidupan Sehari-hari

Kaca mobil nan berkabut

Kaca mobil yang berkabut adalah contoh peristiwa sehari-perian yang menunjukkan terjadinya pengembunan. Dilansir terbit
Sciencing, mega di kerumahtanggaan mobil bersuhu lebih pesam dan mengandung banyak uap air dari hembusan napas penumpangnya.

Sedangkan gelas mobil bersuhu makin campah karena dipengaruhi oleh udara luas. Uap air nan akrab dengan kaca mobil kemudian mengembun, menjadi kabut yang menutupi gelas mobil.

Dapatkan update
berita pilihan
dan
breaking news
setiap periode berpunca Kompas.com. Mari berintegrasi di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Kawat tambahan pula dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/skola/read/2022/02/12/163548069/contoh-peristiwa-mengembun-dalam-kehidupan-sehari-hari