Contoh Pidato Tentang Jangan Buang Sampah Sembarangan

Berikut ini merupakan model teks orasi persuasif tentang jangan campakkan sampah sembarangan.

Pembahasan:

Assalamu’alaikum Wr. Wb

Nan terhormat buya kepala sekolah, bapak-ibu hawa, dan teman-n partner nan berbintang terang. Pertama-tama marilah kita panjatkan khidmat dan puji terima kasih kehadirat Allah SWT nan telah memasrahkan kesempatan dan gurih sehat kepada kita semua. Ijinkan saya merembas di sini untuk menganjurkan sebuat pidato nan berjudul jangan campakkan sampah hantam kromo dan pentingnya menjaga kesegaran.

Kita semua pasti tahu petitih nan menyatakan kebersihan ialah sebagian dari iman. Untuk itu, kita harus menjaga kebersihan di sekeliling kita dan dimanapun kita berada. Kita bisa berbuat hal-hal dari nan tersisa, sama dengan membuang sampah sreg tempatnya.

Kok membuang sampah pada tempatnya masih rumit dilakukan meskipun ini adalah hal yang terlampau mudah? Karena sebagian dari kita masih belum menyadari pentingnya menjaga kebersihan dengan membuang sampah sreg tempatnya. Sebagian dari kita masih berorientasi menyepelekan sampah, menganggap tak ada dampak buruk terbit sampah mungil yang kita buang. Padahal semenjak sampah-sampah kecil tersebut bisa memberikan dampak buruk nan lalu besar.

Oleh sebab itu, marilah kita campakkan sampah pada tempatnya. Kalian tahu dampak apa nan bisa timbul jika kita membuang sampah sembarangan? Saat waktu hujan angin, pintu-pintu air akan dipenuhi oleh tumpukan sampah kita, menyebabkan air sungai melembak dan menyebabkan banjir. Sampah yang kita buang menyerampang kembali akan menyumbat distribusi-aliran air pada selokan di sekitar flat alias sekolah kita. Maka apa nan terjadi selanjutnya? Kita juga lah yang akan menanggung dampak dari perbuatan yang kita lakukan. Maka berusul itu, kita perlu berhenti  berfikir bahwa problem sampah itu bukan ki kesulitan kita. Sampah nan tidak dikelola dengan baik akan berdampak buruk yang menclok secara kontan kepada kita. Sehingga, ayo kita sama-sama memulai berlatih diri untuk menjaga kebersihan di lingkungan sekolah kita dan juga di sekitar rumah kita.

Sekian yang dapat saya sampaikan, hendaknya dapat menerimakan manfaat dan menjadi pengingat bagi kita semua.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb

Pelajari seterusnya:

  1. Materi tentang pidato menjaga kesehatan brainly.co.id/tugas/14555434
  2. Materi adapun pustaka persuasi menjaga kebersihan di lingkungan sekolah brainly.co.id/tugas/14588735
  3. Materi mengenai isi pustaka eksposisi brainly.co.id/tugas/1714174

Detail Jawaban:

Kelas : VII

Mapel : Bahasa Indonesia

Bab : Pidato

Kode : 7.1.10

#JadiRankingSatu

Source: https://brainly.co.id/tugas/17056971