Contoh Soal Beserta Jawaban Pembelajaran Fikih Ibadah Dan Muamalah

Berikut ini kami kumpulkan bilang soal jawab fiqih muamalah bersama Ustadz Aris Munandar, Ss., MPi.
hafizhahullah
nan diambil berasal milis fatwa pabrikan muslim.

Soal:

Saya n kepunyaan soal mengenai jual beli euro asing. Seperti yang diprediksikan sejumlah pengamat, 1 euro akan mencapai poin Rp15.000 pada 2022 lusa. Padalah bolehkah sekarang saya membeli dolar dengan tujuan mengambil keuntungan saat mata uang luluh belakang hari? Tentunya transaksi berkarakter kontan, tidak forward, spot, dsb. Syukur. ([email protected] )

Jawab:

Asalkan tunai yaitu semua diserahterimakan sebelum majelis transaksi berakhir hukumnya dapat karena jika tukar menukar uang yang berbeda semisal dollar dengan rupiah semata-mata ada syarat nan wajib dipenuhi yaitu semua telah diserahterimakan sebelum majelis transaksi berakhir.

***

Soal:

jika ada pengurus DKM nan memanjar kue kepada saya cak bagi acara mesjid dulu saya memberikan sejumlah uang ( komisi tersebut diambil pecah harga persatuan saya kurangi Rp 100 mana tahu jumlah kue yang dia pesan ) sebagai resi hadiah apakah diperbolehkan?

Jawab:

Jikalau bakal pemesan, hukumnya tidak boleh karena itu adalah upeti agar sayang pesan kue di palagan tersebut.

***

Pertanyaan:

Bagaimana jika jawatan menggunakan asuransi ABC dimana asuransi ABC bukan memotong gaji personel. Pertanyaannya adalah apakah kita boleh menunggangi asuransi ABC yang disediakan maka dari itu maktab? ([email protected])

Jawab:

Boleh senilai jumlah premi yang dibayarkan jawatan kepada firma asuransi tersebut

***

Soal:

Saya kepingin tanya tentang hukum lego produk MLM tanpa ikut sistem MLM-nya. Artinya kita menjadi member/anggota tapi tetapi untuk menjual produknya ke pemakai tapi tidak timbrung sistem MLM seperti rekrut-merekrut anggota. ([email protected])

Jawab:

Hukumnya diperbolehkan karena yang liar ialah mengikuti sistem MLM-nya.

***

Soal:

Ustadz, bagaimana hukumnya menjual kosmetik untuk kemungelan, tapi kita tidak tahu kehalalan bahan-alamat kosmetik tsb? Kosmetik tersebut utk pemakaian luar (di kulit/cahaya muka). ([email protected])

Jawab:

Jika enggak cak semau indeks nan mencurigakan maka kita kembalikan ke syariat asal yaitu diperbolehkan

***

Pertanyaan:

Barang apa hukum menyepakati sumbangan dari yayasan makhluk kafir bagi keperluan darurat seperti biaya penyembuhan apartemen sakit. Padahal orang tersebut mutakadim berusaha untuk meminjam uang pada orang muslim tidak / belum ada yang memberi pinjaman sementara itu keperluannya adv amat mendesak

Jawab:

Insya Allah
lain cak kenapa sekiranya tidak menyebabkan berhutang khuluk kepada si ateis.

***

Soal:

Cak hendak tanya hukumnya menirukan tender, apa dibolehkan? Karena di salah suatu Hadits Utusan tuhan Saw dari Ibnu Umar ra. terbatas lebihnya dinyatakan bahwa dilarang bikin menawar sesuatu (barang/jasa) yang madya ditawar maka dari itu saudaramu. Mengingat mekanisme tender yaitu mengajukan penawaran, meskipun sudah lalu ada penawaran dari pihak enggak nan bahkan dahulu dimasukkan dan belum diputuskan diterima atau ditolaknya tawaran itu ([email protected])

Jawab:

Kulak lelang dapat kerumahtanggaan Islam asalkan semua peserta lelang berniat untuk menjadi pemenang, lain sekedar basa basi.

Demikian beberapa konsultasi fiqih muamalah bersama Ustadz Aris Munandar, Ss., MPi.
hafizhahullah.
Moga dapat diambil banyak faidah berpangkal beberapa soal jawab tersebut.


Baca Kembali:

  • Dagang dan Syarat-Syaratnya
  • Hukum Asuransi

***

Sumber: Milis PM-Fatwa

🔍 Hadist Mengenai Syukur, Cobaan Linu, Apakah Bekerja Di Bank Itu Haram, Khanzab

Aris Munandar, Ss., Mpi.

Pengajar Ma’tenggat Al Ilmi Yogyakarta, pengajar Pondok Pesantren Hamalatul Qur’an Yogyakarta, S1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, S2 Fiqih dan Ushul Fiqih Universitas Muhammadiyah Surakarta, pengasuh Komunitas Pengusaha Mukmin Indonesia (KPMI)

Source: https://muslim.or.id/20559-tanya-jawab-fiqih-muamalah-bersama-ustadz-aris-munandar.html