Contoh Soal Hots Pelajaran Kimia

SOAL HOTS KIMIA

Catatan Ilmu pisah – Istilah Higher Bestelan Thinking Skills (HOTS) atau kemampuan berpikir tingkat tataran waktu ini semakin naik daun diperbincangkan di dunia pendidikan Indonesia. Istilah HOTS ini makin terkenal semenjak terjadi kehebohan diruang publik karena cak bertanya UN matematika di tingkat SMP dan SMA dikeluhkan habis runyam.

Segala apa sepantasnya HOTS itu? Kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS yaitu proses berpikir nan mengharuskan pelajar untuk melipat takrif dan ide-ide dalam cara tertentu yang memberi pengertian dan implikasi baru (Gunawan, 2022). Sedangkan menurut Ermawati (2017), HOTS merupakan cara berpikir yang enggak pun hanya menghapal secara verbalistik saja, namun pernalaran yang integralistik dengan amatan, fusi, mengasosiasi hingga mengganjur penali menuju kreasi ide-ide fertil dan ki berjebah. Alice Thomas dan Glenda Thorne (2009) mendefinisikan istilah HOTS andai cara berpikir pada tingkat yang bertambah hierarki daripada menghapal atau membualkan pun sesuatu yang diceritakan orang lain.

Berdasarkan beberapa pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi atau HOTS merupakan kemampuan nanang yang bukan sahaja menghapal, atau membualkan kembali, doang kemampuan berpikir untuk menelaah informasi secara kritis, kreatif, dan mampu menguasai masalah. Kemampuan seperti ini enggak cak bertengger secara mendadak, cuma harus melalui

proses latihan yang panjang.

Soal HOTS di era sirkuit industri 4.0 sudah menjadi permintaan kurikulum dan menjadi soal-soal yang diujikan lega Tentamen Nasional , UTBK SBMPTN, Olimpiade-olimpiade dan testing-testing sejenisnya. Berikut penulis menyedang berbagi file soal-soal HOTS Kimia Papan bawah X, XI dan XII, nan ialah soal HOTS nan katib peroleh terbit order teman sesama master ilmu pisah
(Bapak Wiranda , SMAN 2 Padang Sumatera Barat. Dilengkapi dengan jeruji-kisi penulisan soal, kiat jawaban, pedoman penskoran.  Berikut soalnya :

Source: https://www.nawikimia.com/2019/09/soal-hots-kimia-kelas-xxi-dan-xii-sma.html