Contoh Soal Pelajaran Pad Printing Dan Jawabannya

Sebelum mikirin liburan dan kehidupan pasca SMA nanti seperti apa, alangkah baiknya elo mempersiapkan diri untuk menghadapi PAT (Penilaian Tutup tahun) yang jemah sejemang lagi. Nih, gue sudah menyiapkan antologi soal PAT Semester 2 Ekonomi papan bawah 12.

Berpelesir ke Swedia

Pulangnya ke Prabu Ampat

Tinimbang mikirin ia

Kian baik siapkan PAT

Hayoo, siapa yang sudah nggak kepala dingin kepingin liburan akhir semester? Mau ke mana, sih? Ke Swedia? Ke Paduka Ampat? Sebelum itu, elo perlu ingat, bahwa sebelum liburan akhir semester, elo harus melintasi yang namanya PAT (Penilaian Akhirusanah).

PAT dilaksanakan setiap akhir tahun tajali, yaitu puas semester genap. Zaman gue sekolah dulu, istilahnya bukan PAT, melainkan UKK (Ujian Eskalasi Kelas bawah). Bintang sartan, testing ini digunakan sebagai syarat kenaikan kelas.

Nah, untuk elo yang kini duduk di balai-balai kelas bawah 12, pada tahap ini, artinya elo juga harus mempersiapkan diri bikin mendaki ke strata selanjutnya, yaitu perkuliahan. Bisa dibilang, PAT bagi kelas 12 ialah US (Ujian Sekolah) yang digunakan sebagai syarat keguguran. Elo kepingin lulus, nggak? Atau masih betah di SMA? Hehe.

Misal sasaran persiapan elo dalam menghadapi PAT, gue punya kumpulan contoh soal PAT Semester 2 Ekonomi Kelas 12, nih. Sudah lalu siap menghadapi berbagai persoalan ekonomi?
Cuss, langsung menjulur ke soal dan pembahasannya di bawah ini!


Topik Soal: Pengantar Ilmu bisnis

Topik ini memang adalah materi kelas 10, tapi pengantar ilmu dagang lagi sayang muncul dalam cak bertanya UTBK, lho. Secara garis ki akbar, topik ini membahas mengenai apa itu ilmu ekonomi.

Jadi, soal-soal yang mungkin muncul mengenai topik ini, kurang kian tentang segala apa belaka yang dipelajari di guna-guna ekonomi, konotasi ekonomi secara bahasa, dan istilah-istilah dalam ekonomi.

Paradigma Soal 1

Secara bahasa, Ekonomi diambil dari kata
oikos
dan
nomos, yang artinya ….

A. rasam rumah tangga

B. anggaran rumah tangga

C. anggaran pemerintah

D. aturan pemerintah

E. aturan pemenuhan kebutuhan

Jawaban:
A. aturan kondominium tingkatan.

Pembahasan:

Puas soal, ditanyakan adapun istilah ekonomi secara bahasa. Ambillah, ekonomi itu berasal dari Bahasa Yunani, yakni
oikos
yang artinya batih atau rumah tangga dan
nomos
nan artinya peraturan atau hukum.

Sehingga, kalau kita satukan pengertian dari kedua prolog tersebut, diperoleh pengertian aturan rumah tangga atau penyelenggaraan flat tangga.

Selain itu, pada pengantar ilmu ekonomi juga dipelajari tentang kurva produksi, alat penyembuh kebutuhan, cara dan motif ekonomi, serta pengantar ekonomi mikro dan makro. Kurang kian, soal nan akan elo temui akan seperti di sumber akar ini.

Contoh Soal 2

Internal konsep ekonomi, ada nan namanya
trade off. Apa yang dimaksud dengan
trade off?

A. Perdagangan yang terjadi antara produsen dan konsumen dengan gawai tukar nan bermain.

B. Proses memintal dan menjatuhkan saringan sreg satu situasi dengan mengorbankan hal lain.

C. Proses tawar menawar lakukan mendapatkan harga termurah dengan kualitas yang terbaik.

D. Proses dagang dengan intensi mendapatkan keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.

E. Proses menentukan prerogatif dan memilih nan minimal murah biayanya cak bagi dijalani.

Jawaban:
B. Proses memilih dan menjatuhkan sortiran lega satu hal dengan mengorbankan hal enggak.

Pembahasan:

Transendental
trade off
misalnya gini, elo dikasih seleksian soto, bakso, dan sate. Di antara ketiga rezeki tersebut, elo memintal soto. Artinya, elo nggak makan bakso dan sate. Ambillah, proses memintal soto dan mengorbankan bakso dan sate itu yang disebut dengan
trade off.

Contoh soal dan pembahasan PAT ekonomi kelas 12 tentang istilah ekonomi trade off.
Trade off merupakan memilih riuk satu dan mengorbankan yang enggak. (Arsip Zenius)

Teoretis lainnya ketika elo dihadapkan pada pilihan usia. Misalnya, elo ditawarkan untuk bekerja di bank dengan gaji Rp6 miliun masing-masing bulan. Kemudian, menclok proposal lain yang meminta elo berkreasi di pemerintahan dengan gaji Rp5 miliun sendirisendiri bulan.

Seketika, ketika elo akan memilih di antara kedua pekerjaan tersebut, Zenius merespon tindasan lamaran elo dan meminta elo berkreasi di sana dengan gaji Rp8 juta per bulan. Manusia tua elo juga meminta kendati elo membeberkan
coffee shop
dengan profit Rp3 juta per bulan. Terka-nyana, manakah nan akan elo pilih?

Padalah, ketika elo memilih salah suatu dengan berbagai pertimbangan yang matang, misalnya elo memilih Zenius, artinya elo akan mengorbankan kerja di bank, pemerintah, dan mendirikan bisnis
coffee shop. Iya, centung? Kasus seperti mana itu yang disebut dengan
trade off.

Kalau elo sayup-sayup ingat akan halnya pengantar ekonomi, bisa cek kembali materinya di sini, ya!


Topik Soal: Akuntansi Sebagai Sistem Pemberitaan

Topik selanjutnya hinggap dari materi inferior 12. Topik ini sering unjuk internal cak bertanya PAT semester 2 ekonomi kelas 12. Apa saja, sih, nan dibahas kerumahtanggaan topik ini?

Karuan semata-mata pembahasannya nggak jauh-jauh dari akuntansi, seperti prinsip sumber akar akuntansi, konsep akuntansi, dan onderdil dasar dalam sistem informasi akuntansi. Tanya-cak bertanya yang kali keluar kurang lebih setipe ini, ya.

Contoh Soal 3

Plong akhirusanah ajaran 2022, SMA Tunas Bangsa akan mengadakan pentas seni. Zahra ditunjuk bagaikan komandan penyusun. Setelah beberapa kali berpasangan koordinasi, Zahra mendapatkan bilang informasi sebagai berikut:

  1. Akan ada 10 band sekolah dan 2 bintang tamu utama nan akan tampil.
  2. Tiket yang terjual ke khalayak umum sebanyak 300 tiket.
  3. Telah dibayar penuh honor kerjakan band bintang tamu sebesar Rp35 juta.
  4. Uang jajan kebanyakan panitia pentas seni adalah Rp800 mili tiap-tiap bulan.
  5. Telah dikeluarkan persen sebanyak Rp12 miliun bikin biaya produksi.
  6. Masih harus dibayar biaya sebesar Rp22 miliun cak bagi medan dan dekorasinya.
  7. Harga tiket yang terjual merupakan Rp150 mili per tiket.
  8. Penerimaan pemasukan cukong sebesar Rp6 juta.
  9. Kapasitas lapangan sekolah cak bagi pentas seni sebanyak 400 pirsawan.
  10. Guru dan pembesar sekolah tidak akan hadir dalam acara tersebut.

Berlandaskan informasi akuntansi di atas, keputusan ekonomi yang tepat untuk diambil Zahra adalah….

A. meninggi penjualan kartu sebanyak-banyaknya buat memenuhi kebutuhan keuangan pentas seni.

B. memberikan informasi moneter puas guru dan ayah bunda murid agar boleh memberikan sumbangan.

C. memaksimalkan penjualan tiket dan menambah pemasukan sponsorship untuk kontributif kegiatan pentas seni.

D. mengganti tema dekorasi agar lebih tertumbuk pandangan mahal dan glamor.

E. memikirkan untuk meninggi bintang pengunjung nan lebih terkenal agar perantau semakin banyak.

Jawaban:
C. mengoptimalkan penjualan tiket dan membukit pemasukan sponsorship untuk mendukung kegiatan pentas seni.

Pembahasan:

Internal ilmu dagang, tujuan kita ketika membentuk suatu keputusan adalah pemasukan > pengeluaran. Berpokok informasi di atas, yang termasuk pemasukan ialah poin 2, merupakan penjualan sebanyak 300 tiket dan poin 8, yaitu pemasukan promotor sebesar Rp6 juta.

Kita rinci penyetoran tersebut.

Penyerahan = penjualan tiket + patron = 300 (Rp150.000) + Rp6.000.000 = Rp45.000.000 + Rp6.000.000 = Rp51.000.000.

Waktu ini, tentukan poin-poin nan terjadwal pengeluaran. Diperoleh poin 3, yaitu honor bagi band sebesar Rp35 miliun, kredit 5 lakukan keperluan publikasi sebesar Rp12 juta, skor 6 kerjakan panggung dan dekorasi sebesar Rp22 juta.

Kita rinci lagi pengeluaran tersebut.

Pengeluaran = honor band + publikasi + panggung dan dekorasi = Rp35.000.000 + Rp12.000.000 + Rp22.000.000 = Rp69.000.000.

Dari haud kita lihat, bahwa detik ini pengeluaran lebih lautan daripada pemasukan (Rp51.000.000 < Rp69.000.000). Artinya, kita masih minus biaya pemasukan sebesar Rp18.000.000.

Sudahlah, kita bantu Zahra selaku ketua pelaksana buat mendapatkan strategi nan paling kecil tepat dalam memenuhi kekurangan biaya tersebut. Coba tatap pilihan-pilihannya.

A. Garis haluan A kalau dilihat sekilas memang nggak salah, tapi coba, deh, perhatikan sekali lagi. “Menggunung penjualan karcis setinggi-tingginya”, kan di siaran akuntansi diketahui bahwa daya produksi lapangan sekolah hanya ada 400 orang. Kalau dihitung kekurangan karcis yang belum terjual ada 100, berarti 100 x Rp150.000 = Rp15.000.000. Nah, masih minus Rp3 juta lagi bikin menutup pengeluaran yang masih kurang Rp18 juta. Makara, strategi ini nggak bisa, ya.

B. Strategi B pun boleh dibilang oke, tapi kita memiliki wara-wara akuntansi di biji 10, bahwa master dan pengarah sekolah nggak akan hadir dalam acara. Bintang sartan, hawa-guru akan lepas tangan, nih. Seandainya mempersunting sumbangan ke temperatur dan hamba allah berida lagi, belum karuan bisa mendapatkan dana Rp18 juta. Jadi, garis haluan ini kurang tepat, ya.

C. Strategi C seandainya Zahra mengoptimalkan tiketnya mencapai 400 tiket, maksimal menambah pemasukan Rp15 juta. Masih kurang Rp3 juta kembali. Namun, kebijakan C juga menambah pemasukan
sponsorship. Artinya, kekurangannya bisa ditutup bermula masuknya dana patron. Strategi C boleh kita ambil, nih.

D. Strategi D ini justru akan menggunung biaya pengeluaran, karena mengganti tema dekorasi menjadi lebih glamor.

E. Ketatanegaraan E mirip-mirip dengan D, adalah akan semakin menambah pengeluaran, karena harus membukit bintang tamu nan lebih terkenal.

Elo bisa cek materi adapun akuntansi laksana sistem takrif puas video sparing Zenius di sini.


Topik Soal: Paralelisme Dasar Akuntansi

Masih berhubungan dengan topik sebelumnya, ialah tentang akuntansi. Kali ini, elo akan menemukan bineka soal tentang klasifikasi akun, harta nyata dan tidak berwujud, dan bervariasi hal lainnya tentang kemiripan dasar akuntansi.

Soal nan keluar akan setipe ini.

Contoh Soal 4

Semenjak data transaksi di bawah ini, manakah yang tidak memengaruhi persamaan dasar akuntansi?

A. Penyerahan modal semula ke kerumahtanggaan memikul.

B. Penarikan uang lelah untuk keperluan pribadi.

C. Sida-sida yang dipecat.

D. Peralatan yang dibeli secara kredit.

E. Penyusutan peralatan di akhir perian.

Jawab:
C. Pegawai yang dipecat.

Pembahasan:

Terlazim elo ingat, bahwa hal-hal yang memengaruhi persamaan asal akuntansi adalah peristiwa yang berkaitan dengan perubahan akun-akun Harta, Utang, Modal, dan akun enggak yang memengaruhinya.

Pemecatan pegawai itu nggak berpengaruh pada persamaan dasar akuntansi. Kenapa? Karena, nggak cak semau transaksi keuangan yang berlantas, sehingga nggak akan memengaruhi akun-akun tersebut.

Nih, elo juga bisa pelajari juga tentang kemiripan dasar akuntansi dan kelompok akun pada rang di pangkal ini.

Pembahasan materi persamaan dasar akuntansi dan kelompok akun.
Mengenal persamaan dasar akuntansi beserta kelompok akun riil dan nominal. (Arsip Zenius)

Selain itu, elo juga akan menemukan cak bertanya hitungan, khususnya pada subtopik analisis transaksi. Perhatikan contoh soal dan pembahasannya berikut ini.

Contoh Soal 5

Pada tanggal 10 Agustus 2022, Zahra melakukan pembelian 5 unit komputer yang saban harganya Rp15 juta. Karena satu hal, Zahra mentah boleh melunasinya senilai Rp50 juta. Bagaimana transaksi tersebut memengaruhi kemiripan sumber akar akuntansi?

Jawaban:
Harta berupa peralatan bertambah senilai Rp75 miliun untuk 5 unit. Harta berupa kas menyusut senilai Rp50 juta. Kewajiban bertambah senilai Rp25 juta.

Pembahasan:

Selayaknya, perhitungan berpunca tipe soal di atas nggak banyak, kok, guys. Elo saja teradat merinci dan memasukkannya ke privat kategori tertentu.

Mula-mula, elo rinci dulu informasi yang diketahui lega soal. Barang yang dibeli makanya Zahra adalah komputer, di mana komputer bisa dikategorikan perumpamaan peralatan maktab.

Harga bikin 1 unit komputer jinjing adalah Rp15.000.000. Sedangkan, yang dibeli oleh Zahra sebanyak 5 unit. Kita kalikan, ya. Rp15.000.000 x 5 = Rp75.000.000.

Zahra yunior mengupah sebanyak Rp50.000.000. Artinya, Zahra memiliki utang sebanyak Rp75.000.000 – Rp50.000.000 = Rp25.000.000.

Nah, pengaruh terhadap kemiripan dasar akuntansi, yaitu:

Peralatan bertambah (↑) = Rp75.000.000.

Kas berkurang (↓)           = Rp50.000.000.

Utang kian (↑)       = Rp25.000.000.

Sudah lalu reseptif sampai sini, kan?

Baca Sekali lagi: Radiks-Sumber akar Akuntansi – Materi Ekonomi Kelas 12


Topik Pertanyaan: Akuntansi Perusahaan Jasa

Elo masih ingat materi tentang firma jasa, nggak? Coba, elo ingat-ingat lagi, ada berapa jenis perusahaan menurut akuntansi? Yap, ada 3, yaitu firma jasa, perusahaan dagang, dan firma manufaktur.

Firma jasa adalah yang kegiatan utamanya membuat produk lain berwujud maujud jasa maupun layanan. Contohnya salon dan bengkel. Kemudian, ada perusahaan dagang, yaitu yang kegiatan utamanya membeli produk dari pemasok, kemudian langsung dijual kembali tanpa mengubah bentuk. Contohnya toko sembako dan elektronik.

Ada sekali lagi, merupakan perusahaan manufaktur yang kegiatan utamanya memungkiri barang mentah menjadi komoditas setengah jadi atau barang jadi bagi dijual ke konsumen. Contohnya pabrik garmen dan pabrik mi instan.

Nah, pada topik ini, elo akan menemukan cak bertanya seputar materi nan barusan gue sampaikan. Selain itu, elo pula akan menemukan soal seputar tagihan biji, siklus akuntansi di perusahaan jasa, pemindahbukuan, jurnal, dan tahap pelaporan.

Hipotetis Tanya 6

Dalam jurnal awam, pembelian perlengkapan secara tunai dicatat dengan cara ….

A. mendebit akun Perlengkapan dan mengkredit akun Kas.

B. mendebit akun Peralatan dan mengkredit akun Kas.

C. mendebit akun Pembelian dan mengkredit akun Kas.

D. mendebit akun Kas dan mengkredit akun Perlengkapan.

E. mendebit akun Perkakas dan mengkredit akun Tunggakan.

Jawab:
A. mendebit akun Perlengkapan dan mengkredit akun Kas.

Pembahasan:

Fungsi buletin umum yakni mengingat-ingat transaksi keuangan yang terjadi di dalam firma secara terperinci dan teoretis, mencatat bukti transaksi keuangan secara berurutan sesuai dengan tanggal terjadinya transaksi, menganalisis transaksi dan menentukan akun mana yang harus didebit maupun yang harus dikredit, dan menyerahkan keterangan sekitar transaksi finansial yang terjadi di dalam perusahaan secara jelas dan apa adanya.

Terbit soal di atas, pembelian perlengkapan secara tunai akan masuk dalam transaksi pembelian Perlengkapan secara tunai, di mana Organ bertambah (D) dan Kas memendek (K).

Komplet Soal 7

Perhatikan buku besar berikut ini.

Buku besar kas dalam contoh soal PAT Semester 2 Ekonomi Kelas 12.
Kamil pokok raksasa kas. (Arsip Zenius)

Pada proses pemindahbukuan, ada kekeliruan dalam menjumlahkan saldo gerendel ki akbar. Plong tanggal berapakah kekeliruan tersebut terjadi?

A. 2.

B. 4.

C. 5.

D. 6.

E. 7.

Jawab:
C. 5.

Pembahasan:

Intensi bersumber tahap pemindahanbukuan (buku segara), yakni bakal mengklasifikasikan masing-masing akun untuk mempermudah mengetahui saldo akhir pecah per akun tersebut.

Kerjakan menghitung saldo akun lega buku raksasa, maka:

  • saldo Piutang dengan Debit (kian).
  • saldo Poin dengan Kredit (bertambah).
  • saldo Tagihan dengan Poin (berkurang).
  • saldo Kredit dengan Debit (menciut).

Bintang sartan, seharusnya pada tanggal 5 Januari, saldo kas berkurang Rp100.000 dan berubah menjadi Rp115.000.

Untuk mengetahui tahap pemindahbukuan, elo bisa nonton video belajarnya di sini.


Topik Soal: Akuntansi Perusahaan Menggalas

Topik ini akan membahas tentang karakteristik dan jenis akun perusahaan niaga, syarat pembayaran, syarat penyerahan barang, persediaan barang memikul secara periodik dan perpetual, pencatatan metode periodik dan perpetual, serta jurnal eksklusif dan masyarakat.

Spesies soalnya kurang lebih seperti ini, guys.

Contoh Soal 8

Zahra memiliki bisnis
dropship
gaun Korea. Bisnis tersebut menerapkan margin keuntungan sebesar 10% berbunga harga pembelian produk. Apabila terdapat penjualan senilai Rp200.000 secara tunai, gimana jurnal nan tepat bakal mencatat transaksi tersebut?

Jawab:
Pembelian (D) 180.000, Kas (D) 200.000, dan Penjualan (K) 200.000.

Pembahasan:

Zahra mendapatkan pesanan senilai Rp200.000. Nah, Zahra mencekit keuntungan sebesar 10% semenjak harga aslinya. Dengan begitu, harga baju yang Zahra beli dari Korea sebesar Rp180.000.

Silam, dalam usaha
dropship, setiap transaksi penjualan berharga pembelian, maka jurnalnya bisa dicatat bagaikan berikut:

Pembelian (D) 180.000 Kas (K)180.000.

Kas (D) 200.000 dan Penjualan (K) 200.000.

Ataupun, bisa juga ditulis sebagai berikut.

Pembelian (D) 180.000, Kas (D) 200.000, dan Penjualan (K) 200.000. Peristiwa itu karena akun kas ditulis dua kali.

Elo bisa cek materi tentang karakteristik perusahaan dagang pada link video sparing di sini.

Contoh Soal 9

Kalau mengatur persediaan komoditas kulak menggunakan metode periodik, maka ….

A. plong akhir periode nggak wajib melakukan aklimatisasi persediaan dagangan dagang.

B. persediaan barang membahu akan terus-menerus dicatat.

C. harga kunci penjualan akan selalu terpandang di setiap transaksi penjualan barang bisnis.

D. metode berkala hanya boleh memperalat FIFO sebagai cara mengeset persediaannya.

E. harus melakukan
stock opname
bakal memaklumi persediaan akhir komoditas dagang.

Jawab:
E. harus melakukan


stock opname


lakukan mengerti persediaan akhir produk menggandar.

Pembahasan:

Hayoo, masih ingat, nggak, sama materi persediaan barang ajek dan perpetual? Apa sih, perbedaannya? Nih, perbedaannya.

  • Metode periodik adalah persediaan produk dagang nan nggak dicatat secara membenang, sehingga harus dilakukan
    stock opname.
  • Metode perpetual merupakan persediaan komoditas dagang yang dilakukan secara berkelanjutan, sehingga nggak perlu dilakukan
    stock pemotretan.

Elo dapat cek metode ajek pada infografis berikut ini.

Pengertian metode periodik dalam contoh soal PAT semester 2 Ekonomi kelas 12.
Kapan dan bagaimana proses metode ajek berlanjut. (Piagam Zenius)

Untuk mempelajari seterusnya mengenai metode persediaan komoditas periodik, elo bisa cek goresan berikut ini.

Baca Juga: Sistem Persediaan Periodik – Materi Ekonomi Kelas 12

Sempurna Soal 10

Sreg tanggal 28 Juni 2022, toko Berkah Jaya menerima pembayaran piutang atas penjualan pada tanggal 15 Juni 2022 senilai Rp2.000.000 dengan syarat 2/10, falak/30. Transaksi tersebut akan dicatat puas jurnal penelaahan kas puas ruangan ….

Jawaban:
Kas (D) dan piutang (K).

Pembahasan:

Transaksi pembelajaran piutang pada harian penerimaan kas akan memengaruhi akun:

  • Kas bertambah (D).
  • Piutang menyusut (K).

Elo juga bisa cek bagan buku harian solo di asal ini kerjakan mengetahui cakupan-cakupannya.

Bagan cakupan jurnal khusus secara tunai dan kredit.
Bagan koran eksklusif. (Arsip Zenius)

Pasca- membahas beberapa contoh soal dan pembahasannya di atas, elo sudah siap menghadapi PAT semester 2 Ekonomi kelas 12, belum? Kalau masih kurang plong dengan abstrak soal dan pembahasan di atas, elo bisa mendalami materinya dengan nonton video pembahasan PAT Semester 2 Ekonomi Kelas 12 dengan klik
banner
di bawah ini.

CTA banner PAT contoh soal ujian sekolah

*****

Gimana nih, hingga sini sudah kebayang, kan, sekufu pertanyaan-soal yang mungkin keluar di PAT semester 2 Ekonomi Kelas 12? Elo sekali lagi dapat melatih kemampuan dengan level soal nan mirip UTBK beneran di Try Out bareng Zenius.

Baca Juga: 5 Kaidah Mendapatkan Nilai UTBK Pangkat Agar Lolos PTN Impian

Source: https://www.zenius.net/blog/soal-pat-semester-2-ekonomi-kelas-12