Dalam Konsep Negara Kepulauan Laut Berperan Sebagai

Konsep Negara Kepulauan, Warisan Nusantara

Oleh: Hening Daini

Indonesia menyambut bulan Juni dengan berita duka. Prof. Mochtar Kusumaatmadja, tokoh hukum terkemuka biang keladi konsep negara gugusan pulau, tutup usia pada 6 Juni adv amat. Prof. Mochtar pernah memegang seumpama nayaka di era tadbir Presiden Soeharto yakni Menteri Kehakiman lega musim 1974-1978. Terlampau, menjadi Menteri Luar Negeri di waktu 1978-1988. Definisi hukum menurut anda cak acap kita temukan detik mengampu mata kuliah Pengantar Aji-aji Syariat, menurutnya hukum ialah keseluruhan asas-asas dan kaidah-kaidah yang mengatak sukma awam termasuk di dalamnya tulangtulangan dan proses lakukan mewujudkan syariat itu ke intern deklarasi.

Pemikiran kamu semasa kehidupan masa ini menjadi warisan berharga untuk ibu pertiwi. Prof. Mochtar Kusumaatmadja adalah sosok nan pertama kali mengembangkan konsep negara gugusan pulau yang kemudian sreg tahun 1957 dideklarasikan oleh Perdana Menteri Djuanda. Beliau berperan banyak dalam ura-ura sejagat utamanya saat menjadi wakil Indonesia pada sidang PBB mengenai Hukum Laut. Kamu aktif melaksanakan perjuangan border diplomacy dengan meyakinkan kantor cabang negara lain atas konsep negara kepulauan
(archipelagic states).

Situasi ini menjawat peranan penting terhadap penetapan batas laut teritorial, batas darat, serta had paparan benua Indonesia.

Source: https://advokatkonstitusi.com/konsep-negara-kepulauan-warisan-nusantara/