Danau Terluas Di Australia Yaitu

KOMPAS.com
– Tasik berwarna biru alias plonco memang memanjakan mata. Bagaimana dengan tasik berwarna merah akil balig? Danau berwarna merah muda benar-benar ada warnanya terjadi secara alami. Bagaimana faktanya?

Kenapa Danau Hillier berwarna merah muda?

Danau Hillier merupakan telaga nan terwalak di Australia bagian barat. Telaga ini terbentang sepanjang 599,8 meter dengan demes 250 meter. Situ ini memiliki dandan air abang taruna bisa dijelaskan secara ilmiah.

Danau Hillier merupakan habitat bakal
Halobacteria
dan
alga Dunalliella salina. Keduanya hanya ditemukan di perairan asin, seimbang seperti mana Laut Hening.

Kedua makhluk hidup ini menyingkirkan zat pigmen karotenoid yang berwarna merah. Besaran bakteri dan alga ini sangat banyak sehingga bisa membuat seluruh danau ini berwarna abang muda.

Baca lagi: Daftar Telaga Terbesar di Manjapada, Nomor 1 Punya Air Asin Sebagaimana Laut

Apakah air biram cukup umur bisa diminum?

Air merah muda di Danau Hillier ini tidak direkomendasikan kerjakan diminum karena rezeki garamnya yang suntuk tingkatan. Bahkan, air danau ini desebut 10 kali lebih asin berasal air laut yang berada di dekatnya.

Selain itu, danau ini juga tercantum ke dalam wilayah Cagar alam Murray-Sunset dan menjadi haud nan dilindungi. Pemerintah inginn menjaga keunikan alam ini hendaknya masih bisa dinikmati oleh generasi berikutnya.

Anda hanya boleh menikmati panggung ini dengan tur melalui udara untuk melihat danau ini secara serentak, alias dengan menaiki kapal laut.

Telaga merah muda di dunia

Jika Anda masih penasaran ingin mengunjungi danau ahmar muda lebih dekat, Anda bisa mengunjungi beberapa haud biram muda lainnya di seluruh dunia. Berikut daftar danau merah cukup umur di seluruh bumi:

  • Laguna Colorado, Bolivia
  • Hutt Lagoon, Australia
  • Las Salinas de Torrevieja, Spanyol
  • Danau Retba, Senegal
  • Laguna Sivash Salt, Rusia

Dapatkan update
berita saringan
dan
breaking news
setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Kawat “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.derita/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://www.kompas.com/sains/read/2021/11/25/183000723/danau-hillier-danau-berwarna-merah-muda-di-australia