Doa Kristen Untuk Orang Tua Yang Sakit



A female adult is putting both hands together for doa (Muslim way of praying) during partial lockdown in Malaysia.


Puji-pujian untuk orang remai. Foto: Getty Images/Alex Liew

Jakarta

Plong masa endemi Corona ini, menjenguk makhluk sakit jadi kegiatan yang sulit dilakukan. Sebagai rajah perhatian, kamu bisa melakukan pendirian lainnya adalah dengan mengasihkan doa. Apa saja tahlil bakal orang remai supaya cepat sembuh?

Beribadat ketika sakit termasuk mewiridkan basyar yang lindu dilakukan Utusan tuhan Muhammad SAW. Dalam hadits riwayat Mukmin, dari Jabir polong Abdillah ia berkata, Rasulullah SAW bersabda,”Seiap penyakit karuan memiliki peminta. Bila sebuah obat sesuai dengan penyakitnya, maka ia akan sembuh dengan seizin Sang pencipta Subhanahu wa ta’ala.”

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Berikut berbagai doa untuk insan gempa bumi meski cepat sembuh:

1. Ratib lakukan Orangtua nan Sakit

Saat memaklumi orangtua sakit tentu manah terharu dan panik menjadi satu. Agar lever bisa lebih tenang, selain meminta bantuan dokter engkau pun boleh berdoa. Bersendikan hadits Al Bukhari dan Muslim, Aisyah Ra mengatakan bahwa Rasulullah SAW resmi mengaji tahlil kesembuhan kepada keluarganya, termasuk orangtuanya nan sedang nyeri.

Rasulullah berbarengan mengusapkan dengan tangan kanan dan membaca doa bagai berikut:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allahumma rabban-nas ‘adzhibil-ba’sa, isyfi antasy-syafi la syifa’a illa syifa uka syifa’a al la yughadiru saqama

Artinya: Ya Allah, Almalik makhluk, matikan lah penyakit ini, sembuhkan lah, hanya Dia lah yang Maha Menyembuhkan. Tak ada kesembuhan selain kesembuhan pecah-Mu, kesembuhan yang tidak menyisakan rasa sakit.”

2. Doa untuk Sahabat maupun Teman nan Sakit

Nabi Muhammad SAW membaca puji-pujian ketika menjenguk sahabatnya Sa’ad bin Abi Waqqash. Kata Sa’dan intern takbir boleh diganti cap yang sedang sakit kendati taajul sembuh.

Berikut doanya:

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan.

Artinya: Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad, Tuhanku, beri kesembuhan Sa’ad Tuhanku, pasrah kesembuhan Sa’ad.

3. Doa Ketika Berziarah Orang yang Menengah Remai

Menyekar hamba allah yang sakit juga dilakukan Nabi Muhammad SAW. Detik melakukannya Rasulullah SAW membacakan puji-pujian buat turunan gempa bumi sedarun mengusapkan tangan kanannya dengan mengucapkan:

اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ اشْفِ أَنْتَ الشَّافِي لَا شَافِيَ إلَّا أَنْتَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقْمًا

Allāhumma rabban nāsi, adzhibil ba’sa. Isyfi. Antas syāfi. Lā syāfiya illā anta syifā’an lā yughādiru saqaman.

Artinya: Rabbana, Almalik khalayak, hilangkanlah komplikasi. Berikanlah kesembuhan karena Kau adalah penyembuh. Tiada nan dapat menyembuhkan penyakit kecuali Kau dengan kesembuhan nan tidak menyisakan rasa sakit.

maupun bisa juga membaca doa di bawah ini sebanyak tujuh kali di hadapan orang yang nyeri, seumpama berikut.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

As’alullāhal azhīma rabbal ‘arsyil ‘azhīmi an yassfiyaka.

Artinya: Aku memohon kepada Tuhan yang agung, Tuhan arasy yang megah agar menyembuhkanmu.

4. Doa Cucu adam Sakit Terhindar dari Penyakit Apa Saja

لَا بَأْسَ طَهُوْرٌ إِنْ شَاءَ اللهُ

Lā ba’sa thahūrun insyā’allāhu.

Artinya, “(Semoga) tidak apa-apa (ngilu), semoga bersih dengan kehendak Halikuljabbar,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 115).

5. Doa bagi Orang Guncangan dengan Menjuluki Namanya

Saat mendoakan orang yang medium guncangan agar cepat sembuh, beliau dapat sekaligus menyapa namanya. Hal tersebut seperti yang dilakukan maka itu Rasulullah SAW yang menjenguk Sa’ad bin Abi Waqqash.

اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا، اللَّهُمَّ اشْفِ سَعْدًا

Allāhummasyfi (etiket turunan yang ngilu, misalnya Sa’dan). Allāhummasyfi Sa’dan. Allāhummasyfi Sa’dan.

Artinya : Rabbana, sembuhkan Sa’ad. Rabbana, sembuhkan Sa’ad. Rabbana, sembuhkan Sa’ad.

6. Doa Makhluk Gempa bumi bagi Dirinya Seorang

Selain menerimakan ratib kerjakan orang sakit, kamu juga dapat mewiridkan diri sendiri saat sedang jebluk ngilu. Berikut tahlil insan sakit bagi diri sendiri:

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْعَظِيْمُ الْحَلِيْمُ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ، لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ رَبُّ السَّماَوَاتِ، وَرَبُّ اْلأَرْضِ، وَرَبُّ الْعَرْشِ الْكَرِيْمِ

Artinya : Tidak terserah Ilah yang berhak diibadahi dengan moralistis selain Allah, Yang Mahaagung sekali lagi Maha Penyantun. Tidak ada Ilah yang berhak diibadahi dengan benar selain Allah, Rabb (Pemilik) ‘Arsy yang agung. Tak ada ilah yang berwajib diibadahi dengan ter-hormat selain Allah, Rabb langit dan juga Rabb bumi, serta Rabb Tuan ‘Arsy nan sani. (HR. Bukhari dan Muslim).

Itulah heksa- doa untuk orang sakit cak agar cepat sembuh. Dengan membacakan doa-tahmid tersebut sepatutnya boleh kondusif menyembuhkan mereka yang medium guncangan.

Simak Video “Parade Busana Legacy Meriahkan Introduksi JFC 2022

[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)







Source: https://wolipop.detik.com/hijab-update/d-5713935/6-doa-untuk-orang-sakit-supaya-cepat-sembuh