Doa Sebelum Dan Sesudah Ibadah

Ilustrasi membaca tahlil pengenalan ibadah Serani. Foto: iStock


Dalam ajaran


Masehi

, ada susunan


ibadah


nan memang sudah ditentukan. Berangkat dari


takbir


pembukaan, penghormatan penyembahan, sampai takbir berkat sebagai puji-pujian penutup.


Sesuai dengan namanya, doa pembukaan yaitu wirid yang dibaca di awal sebagai pembuka. Tahlil pengenalan bisa dipanjatkan dalam berbagai macam ibadah di rumah maupun di gereja.


Pelaksanaan doa alas kata ibadah Serani teristiadat diperhatikan dengan seksama. Sebab, wirid perkenalan awal n kepunyaan makna sebagai permintaan penyertaan Tuhan internal ibadah agar boleh membawa jemaat bakir intern hadirat-Nya.


Puji-pujian introduksi juga dipanjatkan cak bagi memastikan bahwa firman Allah dapat tersampaikan secara maksimal serta mendapat berkat dari Yang mahakuasa selama ibadah bepergian.


Doa pembukaan tidaklah sepanjang Wirid Syafaat. Bukan hanya umpama doa untuk para jemaat, doa kata ibadah dipanjatkan untuk mewiridkan pemain musik, pelayan Tuhan lainnya, pengiring buaian, semua petugas ibadah, serta keamanan ibadah, dikutip dari buku


Tritunggal: Tuhan Yang Maha Esa


makanya Frans P. Tamarol (2019).


Contoh Doa Pembukaan Ibadah


Sebelum mengawali ibadah dengan membaca doa pembukaan, ada bilang hal yang mesti diperhatikan atasan doa, di antaranya:


  • Menyadari menengah berada di hadirat Halikuljabbar sejak sebelum berdoa.


  • Menyadari setiap pengenalan yang diucapkan.


  • Memperalat kata-prolog dan kalimat yang moralistis.


  • Menunggangi kata-prolog yang biasa digunakan.


  • Menggunakan intonasi suara hormat.


  • Tidak bertele-tele dalam mencadangkan zikir.

Ilustrasi ibadah Kristen. Foto: iStock


Nah, bakal Kamu yang membutuhkan pustaka doa untuk menyingkapkan ibadah, berikut


contoh


doa pembukaan singkat dan mudah dihafal nan dikutip berpokok berbagai sumber.



  • Tuhan Yesus, kami detik ini berdoa dan memohon kasih karuniaMu untuk hadir di perdua kami. Bilamana kini kami hendak memulai ibadah, seyogiannya Engkau senantiasa menerimakan penyertaan dalam ibadah kami, sehingga hati kami hanya terarah padaMu. Bawa kami mengerti firmanMu, dan biarkan lever kami terbuka mengamini perintahMu. Terima rahmat Tuhan, di intern namaMu kami berdoa, amin.



  • Ya Bapa, saat ini kami anakMu sedang berdoa memohon anugerah serta karuniaMu supaya Engkau hadir disini di perdua-tengah kami. Kami nan akan memulai ibadah pada hari ini, berserah dan berpasrah internal tanganMu, supaya Engkau memberikan pelibatan dan hikmat serta berkatMu melalui ibadah nan kami lakukan pada hari ini. Syukur Bapak, kiranya hanya rahmat setiaMu lah yang senantiasa menyertai kami mulai mulai sejak perian ini sampai hari berikutnya dan sepanjang-lamanya. Amin.



  • Ya Bapa, momen ini kami anakMu berdoa, memohon hidayah dan karuniaMu biar Engkau hadir di tengah kami. Kami yang akan memulai ibadah pada periode ini, berserah intern tanganMu, biar Anda memberikan penyertaan serta hikmat dan berkatMu, melampaui ibadah yang kami lakukan ini. Terima hidayah Bapa, kiranya hanya rahmat setiaMu yang menyertai kami mulai pecah hari ini hingga selama-lamanya, amin.



  • Halikuljabbar Yesus, kami kini berdoa dan memohon akan kasih serta karuniaMu untuk hadir ditengah-tengah kami. Bilamana sekarang kami medium hendak mulai beribadah, kiranya Kamu senantiasa mengasihkan penyertaan dalam ibadah kami ini, sehingga hari kami semata-mata terarah padaMu. Bawalah kami untuk mencerna dan memahami FirmanMu, dan biarkan hati kami terbuka bikin menerima dan menjalankan perintahMu. Terima belas kasih Yang mahakuasa, hanya di dalam namaMu lah kami senantiasa berdoa, Amin.



  • Ya Halikuljabbar, kami jemaatMu berkumpul di sini ketika ini, lakukan memulai ibadah kami pada hari ini. Kami mohon supaya Engkau memberikan pelibatan pada jalannya ibadah, mulai berasal sediakala hingga akhir. Biarlah tetapi namaMu yang dimuliakan di kerumahtanggaan jalannya ibadah kami. Serta biarlah Nasib Kalis yang memimpin kami cak bagi beribadah sesuai dengan kehendakMu. Sambut anugerah Allah cak bagi penyertaanMu sepanjang ibadah kami ini, Haleluya, amin.

Source: https://kumparan.com/berita-hari-ini/contoh-doa-pembukaan-ibadah-kristen-singkat-yang-mudah-dihafal-1wEAgElxvnb