Gambar Jari Tangan Untuk Mewarnai


Pengertian Finger Painting Bagi Anak Usia Dini


Pengertian Finger Painting Bagi Anak– Finger painting merupakan varietas kegiatan membuat gambar yang dilakukan dengan cara menggoreskan bancuhan corak (bubur warna) secara berbarengan dengan ujung tangan tangan secara bebas di atas rataan tulangtulangan, batasan jari di sini adalah semua ujung tangan tangan, telapak tangan, setakat pergelangan tangan (Sumanto, 2005).



Finger painting didefinisikan lagi seumpama teknik melukis secara sewaktu tanpa menunggangi bantuan alat, momongan dapat mengganti kuas dengan jari-jemari tangannya secara spontan (Pamadi, 2008)  . Berlandaskan kedua pendapat tersebut, dapat disimpulkan bahwa finger painting adalah kegiatan melukis secara simultan dengan jari tangan di atas bidang gambar dengan cara menggoreskan adukan warna (bubur warna) secara bebas. Internal berbuat finger painting, anak bisa merasakan impresi pada jari karena kegiatan ini langsung menggunakan celah tangan. Pada dasarnya kegiatanfinger painting suntuk mudah dilakukan makanya anak.

Di privat kegiatan finger painting bukan terserah kebiasaan baku yang harus dipelajari. Dalam kegiatan finger painting yang terdahulu dilakukan oleh master ialah bagaimana memotivasi dan menumbuhkan keberanian sreg diri anakuntuk berani menyentuhkan jarinya dengan cat warna. Kegiatan ini sekali lagi melatih motorik kecil-kecil anak khususnya celah anak agar kian lentur. Melalui berbagai kegiatan kesenian, seperti batik, melukis, menggunakan instrumen musik, dan merenda akan melatih kemampuan motorik halus (Suyanto, 2005).




Maka itu karena selain untuk melatih kesenian anak, kegiatan finger painting terjadwal dalam kegiatan nan dapat melatih kemampuan motorik halus anak. Anak asuh menggunakan otot-otot jarinya buat berkarya sehingga kemampuan motoriknya berkembang. Biasanya buat melatih momongan batik, apalagi suntuk momongan-anak asuh dilatih bikin menggambar. Hal itu ecara lain bersama-sama akan melatih urat-otot halus momongan puas tangan dan jari yang lewat berguna perumpamaan pelepas membiasakan menulis.

 Dengan kegiatan finger painting dapat melatih anak bakal menggunakan indranya merupakan indra peraba karena kegiatan finger painting ini mengharuskan anak untuk bersentuhan angsung dengan cat pewarna cak bagi mangsa melukis dengan memperalat jari-jari mereka. Aktivitas mereka bersentuhan langsung dengan pencelup dapat melatih anak untuk memperalat indra perabanya. Kegiatan ini juga dapat kontributif anak untuk mengenal warna dan pencampuran dandan karena di dalam kegiatan finger painting ini anak boleh adil memilih dan mencampur cat warna yang akan dipakai kerjakan kegiatan melukisnya.

(di sadur terbit : pustakapaud.blogspot.co.id)


Kegesitan Membuat “Tempat Pensil Semenjak Stik Es Krim”

Galibnya sehabis anak meratah es krim sempelah dari stiknya langsung dibuang begitu tetapi, namun ternyata dengan stik es krim banyak boleh menghasilkan ide dan kreatifitas yang banyol dan menghela.  Dengan memamfaatkan produk sisa seperti stik es krim kerjakan dijadikan kerajinan kreatif sebagai halnya mewujudkan tempat pensil, kita juga mengajarkan kepada anak untuk ramah lingkungan.  Di bawah ini adalah
 dokumentasi dari kegiatan tersebut.




Source: https://sd.tarunabakti.sch.id/kegiatan-finger-painting-dan-membuat-tempat-pensil-siswa-kelas-1/