Jago Bertanam Hidroponik Untuk Pemula

IMPLEMENTASI TEKNOLOGI BUDIDAYA URBAN FARMING DENGAN SISTEM AQUAPONIC Skala RUMAHAN Bagi Peningkatan KUALITAS Mileu PERKOTAAN DAN MENDUKUN KETAHANAN Pangan MASYARAKAT DI MASA Endemi COVID-19

Abstract

Hampir  di  sepanjang  tahun  2020,  pandemi  COVID-19  melanda  di  seluruh  penjuru  marcapada,  termaktub Indonesia, sehingga menjadi kejadian wajar buat masyarakat bikin memiliki kognisi menjaga imunitas tubuh fit dan sehat melalui olah fisik, istirahat yang sepan, serta mengkonsumsi asupan vitamin serta mineral dari ki gua garba yang bervitamin.

Memiliki  kebun  sumber  kesabaran  dan  kemandirian  rimba  di  pelataran  flat,  awalnya  bagi masyarakat perkotaan hanyalah sekedar mimpi. Akan tetapi, dewasa ini sudah ada teknik urban farming, adalah inovasi teknologi pertanian yang dapat di terapkan pada kapling cacat di pekarangan kondominium. Sistem urban farming dapat menghasilkan kuantitas dan kualitas sayuran nan relatif lebih awet dan rasanya lebih enak, disebabkan teknik perawatannya yang sangat minim bahan-bahan kimia. Selain itu, pelataran juga menjadi  kewedanan  hijau  yang  mendukung  lingkungan  lebih  indah  dan  segar,  selain  kembali  menjadi  kegiatan menyejukkan dan penawar stress di masa epidemi COVID-19.

Bilang anggota Karang Muda Kampung Baluwarti di Mania Kastil Surakarta, telah menerapkan teknik urban farming pada pekarangan, sungguhpun dengan konsep hidroponik sederhana. Ditengah pandemi COVID-19 ini, Cak regu Pengabdian Masyarakat dari Institut Amikom Yogyakarta berkolaborasi dengan Karang Taruna Baluwarti memberikan pengetahuan bagi anggota karang akil balig serta mahajana umum, mengenai metode untuk meningkatkan hasil urban farming semoga bisa memberikan hasil yang lebih maksimal dan lebih bervariasi.

Alas kata rahasia: Urban Farming, Aquaponic, Lingkungan, Alas

References

Food and Agriculture Organization (FAO). Urban Agriculture for Sustainable Poverty Alleviation and Food Security. 84p. 2008.

Nugraheni Widyawati. 2022. Urban Farming Gaya Bertani Spesifik Kota. Liliy Publisher (Andi Offset). Yogyakarta.

Ariati, Putu Eka Pasmidi. 2022. “Produksi Beberapa Pokok kayu Sayuran dengan Sistem Vertikultur di Lahan Halaman.” Agrimeta 7 (19): 76-86.

Nurwahyuni, Endah. 2022. “Optimalisasi Pekarangan Melalui Budidaya Tanaan Secara Hidroponik.” Internal Prosiding Seminar Nasional Optimalisasi Pekarangan, Semarang 6 November 2022, 863-68. Semarang: UNDIP Press.

Fadillah, Niraksara. 2022. Pemenang Bertanam Hidroponik Lakukan Pemula. Jakarta: PT Agro Alat angkut Pustaka.

Jimmy-Halim. 2022. Teknik Hidroponik. Jakarta: Penerbit Swadaya.

Source: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semhasabdimas/article/view/2629