Jalan Di Pegunungan Yang Dibuat Berkelok Kelok

Kompas TV

video

sinau





Alasan Kronologi di Pegunungan Dibuat Berkelok-kelok, Salah Satunya demi Keamanan Pengendara



Rabu, 29 September 2022 | 20:52 WIB

Pencatat :

Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Ketika kita intern perjalanan melewati kawasan plato, jika diperhatikan jalanan di n baruh tangga dibuat berelok-kelok. Ki alat nan melewatinya harus ekstra hati-hati, terutama saat menyebelah di kelukan nan terjal.

Memang, musim tempuh dan jarak menjadi semakin lebih, kalau menerobos jalanan yang berelok-liuk. Jadi kelihatan, seolah mudarat, namun nyatanya justru banyak keuntungan yang didapat, sekiranya jalanan di gunung-gunung dibuat meliuk-liuk.

Jalanan nan dibuat berkelok-kelok sreg kolek pegunungan, membuat wahana yang sangat, semakin mudah untuk melewatinya. Alat angkut bermotor, biasanya tidak mampu takdirnya harus melewati tanjakan dalam hari yang lama. Tenaga yang dikeluarkan ki alat juga sama banyaknya, dengan jalan nan dibuat celengkak-celengkok.

Melansir Kompas.com. Pengamat transportasi Universitas Gajah Mada (UGM) Imam Muthohar menjelaskan. Pada perencanaan geometrik suatu urut-urutan, yang dikedepankan adalah isu keselamatan. Jadi jalanan yang dibangun harus subur melindungi penggunanya. Jalanan yang berkelok-kelok menunggangi prinsip kerja bidang miring.

Ketika landasan ataupun parasan yang akan dilewati landai,  maka tenaga yang dibutuhkan, bagi menuju puncaknya menjadi bertambah kerdil, semacam itu pula sebaliknya.

Baca Juga: Bikin Takjub! Pedagang Toko Kelontong Ini Beli Oto Pakai Uang Koin

https://www.kompas.tv/article/216678/bikin-takjub-pedagang-toko-kelontong-ini-beli-mobil-pakai-uang-koin

Grafis: Joshua Victor






Mata air :
diolah bersumber bermacam-macam sendang






BERITA LAINNYA




Source: https://www.kompas.tv/article/216805/alasan-jalan-di-pegunungan-dibuat-berkelok-kelok-salah-satunya-demi-keamanan-pengendara