Jarak Kota Parepare Ke Makassar

PAREPARE, KOMPAS.com
– Jarak antara Kota Makassar dan Parepare di Sulawesi Kidul yang sepanjang 150 kilometer, nantinya akan dapat ditempuh dalam waktu sahaja 45 menit.

Impi itu akan terwujud sekiranya jalur sepur yang direncanakan akan menghubungkan kedua kota tersebut jadi dibangun.

Hal itu diutarakan Penanggung jawab Kota Parepare Taufan Pawe internal programa sosialisasi pembebasan persil di pangkuan ratusan warga Kota Parepare, Senin (2/11/2015).

“Dalam waktu damping warga Makassar dan Ii kabupaten Parepare, akan melihat kereta jago merah dengan nyata. Kereta api Parepare-Makassar ini adalah sepur tercepat di Indonesia,” perkenalan awal Taufan.

“Jarak 150 kilometer, hanya ditempuh privat waktu 45 Menit,” kata kamu lagi. Pernyataan itu kontan disambut tepuk tangan meriah ratusan warga.

Taufan menegaskan, dengan apa arti itu, pembebasan petak tersebut lain akan merugikan warga.

Selanjutnya, Taufan berikrar kepada warga, bahwa dana ganti kerugian tak akan dipotong. Jikalau ada aparat yang melakukan pemotongan, Wali Kota mempersunting segera dilapori kiranya aparat tersebut bisa ditindak.

“Nanti momen pembayaran pembebasan kapling, Takdirnya ada Ketua Kantor, Camat dan Lurah, nan ‘menyunat’ uang masyarakat, laporkan kepada saya. Saya Pengasuh Kota Parepare, akan ‘menyunat’ pejabat tersebut,“ tegas Taufan.

Komandan Biro Pemerintahan Umum Provinsi Sulawesi Selatan Asmanto mengatakan pembebasan persil bagi kereta api akan segera dilakukan. Saja dia tak menyebutkan kapan waktu pastinya.

“Pemerintah menyiapkan anggaran pembebasan kapling kereta api sekitar Rp 200 miliar bagi warga Kota Parepare, yang tanahnya tertular jalur kereta api,“ ujar Asmanto.

Dapatkan update
berita sortiran
dan
breaking news
setiap tahun dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Kawat “Kompas.com News Update”, caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Sira harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Source: https://regional.kompas.com/read/xml/2015/11/02/13411811/Tercepat.di.Indonesia.KA.Makassar-Parepare.Tempuh.150.Km.Cuma.45.Menit