Jarak Tanam Cabe Rawit Hidroponik

Mengetanahkan cabai dengan cara hidroponik lebih menguntungkan, sedikitnya mudah dalam perawatan dan bukan terlazim repot-repot menyiram. Cara menanam cabai hidroponik sistem wick ini cukup sederhana dan murah karena dapat menggunakan bahan-korban ajang yang cawis di flat .

Bulan-bulanan Nan Diperlukan Buat Menguburkan Cabai Hidroponik Sistem Wick / Sumbu :

  1. Pot untuk mengebumikan cabai
  2. Kancah lainya seperti ember alias wadah medan cat tembok bakal tempat larutan gizi
  3. Perca flannel / tali api
  4. Stereofoam (bila diperlukan)

Kaidah Menanam Lombok Hidroponik Sistem Wick / Murang

Berikut ini adalah langkah-langkah menanam merica hidroponik sistem wick / sumbu:

  1. Penyiapan Pot

Jambang yang digunakan untuk mengetanahkan cabai hidroponik sistem wick harus cukup besar dengan matra diameter 20-30 cm. Pastikan vas memiliki korok di babak sumber akar dan fragmen samping, pot dapat dilubangi dengan menggunakan pakis panas atau tambal. Masukan tiras flannel di penggalan asal vas sedimikian hingga ujung dari kain flannel tersebut dapat mengaras hancuran gizi lega wadah yang satunya.

  1. Penyiapan Kendaraan Tanam

Media tanam yang dapat digunkan buat menanam cabai hidroponik sistem wick / sumbu dapat  dibuat sendiri dengan mencampur cocopeat dan arang sekam dengan rasio 1:1 lewat aduk secara merata.

  1. Penyiapan Benih Cabai

Bibit cabai dapat diperoleh pecah ponten lada yang telah disemai sebelumnya. Gunakanlah benih cabai yang telah siap tanam lakukan mengebumikan cabai hidroponik sistem wick / sumbu.

  1. Penyiapan Cairan Nutrisi

Gunakan timba ataupun medan bekas yang ukurannya makin kecil dari pot nan digunakan untuk menguburkan. Ambilah timba / wadah keluaran nan dapat menampung botol tersebut kira-tebak ½ – ¾ fragmen hanya. Bila enggak tersedia wadah dengan ukuran yang pas,  dapat mengakalinya dengan menggunakan stereofoam yang memadai rimbun nan kemudian  dilubangi sehingga dapat menyangga jambang cabai di atasnya agar tidak tercelup semua ke dalam wadah larutan nutrisi. Larutan nutrisi bakal menguburkan merica hidroponik sistem wick / upet bisa  dibuat seorang atau membelinya di toko tanaman.

  1. Cara Menanam Embalau Hidroponik
  1. Basahi karet flannel dengan larutan gizi
  2. Masukkan ki alat tanam ke dalam pot yang sudah dipasang sumbu / kejai flanel
  3. Tanam ekstrak cabai ke dalam pot nan sudah lalu sakti sarana tanam
  4. Letakkan pot di atas wadah larutan zat makanan
  5. Taruh pot nan berisi pokok kayu di halaman rumah yang terjangkit sinar mentari
  6. Semakin pokok kayu membengkak, dapat menambahkan pecahan genteng atau batu ke internal pot kerjakan menyokong tanaman agar dapat mengalir perlahan-lahan tegak dan bukan jatuh.

     6. Perawatan Pokok kayu Cabai

Perawatan tumbuhan lada yang ditanam secara hidroponik hampir begitu juga tanaman sahang nan ditanam menunggangi media tanah, semata-mata tetapi  tak perlu repot-repot membanjur tanaman setiap periode. Periksalah volume larutan nutrisi, pastikan sumbu / kain flannel selalu terbenam cairan gizi. Semakin besar tanaman sahang  maka semakin banyak pula kebutuhan nutrisinya.

Ditulis Oleh : Perusahaan Samma’, SP   Penyuluh Pertanian BPP Kesu’ Kab. Toraja Utara

Sumber : http://www.duniakebun.com/2015/03/cara-menanam-cabai-hidroponik-sistem-wick.html

Source: http://cybex.pertanian.go.id/mobile/artikel/71851/Cara-Menanam-Cabe-Hidroponik-Menggunakan-Sistem-Wick—Sumbu-Menggunakan-Wadah-Bekas/