Jaringan Kerjasama Perpustakaan Dan Informasi

BANDUNG, lib.itb.ac.id  Misal bagian dari ekspansi sistem perpustakaan, UPT Perpustakaan ITB telah meluncurkan layanan aplikasi mobile versi IOS. Layanan ini telah dirilis bagi dimanfaatkan oleh para dosen, mahasiswa, dan tendik. Layanan petisi mobile merupakan salah satu kegiatan dari programa pengembangan nan merupakan bagian bersumber tulangtulangan strategis UPT Persuratan yang dicanangkan pada tahun 2022.

Hal ini dikatakan oleh Kepala UPT Perpustakaan, Ena Sukmana, S.Sos dalam sambutannya plong prolog kegiatan Perjumpaan Koordinasi ke-6 Pendampingan Perpustakaan di Lingkungan ITB:
Update
Pengembangan Sistem Taman pustaka, nan diselenggarakan sreg hari Jumat, 4 November 2022 martil 09.00 s.d 10.30 wib di Ruang Audio Visual Perpustakaan Gerendel, Lantai 4, dengan menghadirkan pensyarah Moch. Arif Trikanda, S.Si, Kepala Permukaan Teknologi dan Informasi Perpustakaan. Kegiatan dihadiri oleh para pustakawan dan tenaga koordinator perpustakaan di lingkungan ITB.

Selanjutnya Pembesar Perpustakaan menyatakan bahwa pengembangan sistem perpustakaan merupakan bagian dari upaya pemenuhan penunjuk kinerja, sejalan dengan pencanangan ekosistem digital nan dicanangkan oleh Perpustakaan nasional. Pencanangan ekosistem digital berkaitan karib dengan teknologi kenyataan yang diterapkan dalam beraneka macam aspek, baik aspek koleksi maupun aspek layanan. “Secara bertahap Perpustakaan akan bertransformasi semenjak perpustakaan halal ke perpusakaan digital. Proses pengalihan dari sistem cetak ke elektronik disesuaikan dengan mekasnime yang suka-suka”, ujar Majikan UPT Perpustakaan.

Dalam kesempatan ini Ketua Latar Teknologi dan Informasi Perpustakaan, Moch. Arif Trikanda, S.Sang, menyampaikan bilang hal tersapu beragam ekspansi sistem pemberitaan yang telah dilakukan di UPT Taman pustaka. Keadaan nan melatarbelakangi dilakukannya
update
peluasan sistem perpustakaan adalah adanya kebijakan didikan, optimalisasi proses nan disebabkan adanya berbagai hambatan teknis lega sistem, dan adanya ide/gagasan/kondisi yang mengharuskan para pihak melakukan inovasi keistimewaan memberikan solusi lega kondisi yang terjadi.

Ekspansi sistem informasi melalui integrasi sistem meliputi dua (2) aspek, ialah integrasi dengan sistem internal dan eksternal. Integrasi sistem bibliotek dengan sistem internal dilakukan antara sistem webpac dan digilib dengan sistem yang ada di Direktorat Pendidikan (SIX), Direktorat SistemTeknologi dan Pengetahuan (DTI), dan Direktorat Keuangan. Sementara itu, integrasi eksternal dilakukan dengan OneSearch (Perpusnas) bakal semua koleksi nan ada di Perpustakaan dan koneksi dengan RAMA buat koleksi digilib yang terdiri atas tugas penutup, tesis, dan disertasi. OneSearch alias Indonesia OneSearch/IOS adalah sebuah portal pencarian spesial buat semua koleksi publik bermula perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia, sedangkan Rama ialah sebuah repositori/database kebangsaan yang mengumpulkan makrifat hasil penajaman baik berupa skripsi, tugas pengunci, proyek mahasiswa (diploma), tesis (S2), disertasi (S3) ataupun laporan penelitian dosen / peneliti yang bukan adalah pemberitahuan di jurnal, konferensi maupun anak kunci yang diintegrasikan dari repositori perguruan tinggi dan lembaga penelitian di Indonesia.

Dalam paparan lainnya dijelaskan perihal
update
yang dilakukan terhadap sistem perpustakaan yang meliputi input digllib, pencarian koleksi, integrasi sistem moneter, mobile Apps (Android, IOS), Anggota, FRS/Wisuda, pesan pinjam, pinjam online, perluasan mandiri, daya pembelian, dan digilib.  Kemudian terserah juga pembaruan fitur sreg menu Staf dan anggota.

Setelah pemaparan materi, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pertanyaan nan unjuk di antaranya berkaitan dengan akun untuk login ke Mobile Apps (android), pencetakan barcode, login bagi petandang terbit luar ITB, peminjaman satu (1)semester bagi dosen, pemberitaan karya ilmiah di RAMA,
upload
TA di digilib, perpanjangan mandiri, serta fasilitas
upload
yang menghampari daya produksi dan lamanya waktu
upload.

Programa Pertemuan Koordinasi Ke-6 Acara Pendampingan Perpustakaan di Lingkungan ITB diakhiri dengan foto bersama yang diikuti oleh jajaran pimpinan Taman bacaan, pemateri, panitia, dan pesuluh perjumpaan.

Source: https://lib.itb.ac.id/berita-pertemuan-koordinasi-ke-6-program-pendampingan-perpustakaan-di-lingkungan-itb-update-pengembangan-sistem-perpustakaan/