Jelaskan Proses Komunikasi Data Pada Jaringan Komputer

Proses komunikasi data adalah hijrah data berpokok satu sumber maupun transmiter menuju ke suatu maksud alias receiver nan melangkaui suatu media penghantar dalam susuk bit-bit. Salah suatu contoh proses komunikasi data yakni melakukan video conference melalui komputer. Celaan dan video dalam video conference harus diubah terlebih dahulu menjadi bentuk pusparagam bit-bit sebelum memasuki alat angkut penghantaran untuk dikomunikasikan.

Kerumahtanggaan komunikasi data, peristiwa-peristiwa yang harus diperhatikan yaitu pengirim, media, dan akseptor. Pengirim adalah anak adam yang bertindak perumpamaan sumbernya, media sebagai perantaranya, dan akseptor adalah server atau orang nan menampar data. Proses komunikasi data terbagi menjadi dua kategori, ialah komunikasi data pada jaringan komputer dan komunikasi data sreg jaringan telepon.

Komunikasi data pada jaringan komputer memungkinkan persilihan data nan terjadi antarkomputer. Sementara itu, komunikasi data lega jaringan telepon adalah proses pertukaran data yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi komunikasi jarak jauh melalui sinyal listrik.

Kerjakan melakukan suatu proses komunikasi data dalam jaringan, diperlukan peranti atau peranti nan dapat menunjang pembangunan sebuah prasarana jaringan komunikasi data.

Proses komunikasi data adalah perpindahan kabar yang teriadi pecah suatu sumber memfokus ke suatu tujuan. Proses komunikasi data boleh terjadi pada jaringan komputer ataupun jaringan telepon. 1. Komunikasi Data pada Jaringan Komputer jinjing

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi nan memungkinkan komputer satu boleh saling terhubung dengan komputer tidak dan saling bertukar data. Kiranya dapat saling bertukar data, setiap bagian dari jaringan komputer boleh meminta dan menyerahkan layanan. Pihak nan meminta maupun mengamini layanan tersebut disebut klien, tentatif pihak yang memberikan atau mengapalkan disebut server.

Proses komunikasi data yang terjadi plong jaringan komputer dapat diuraikan bak berikut.

a. server utus sinyal informasi cenderung klien melalui protokol encode.

b. komputer Sinyal elektrik alias sinyal dalam rancangan gelombang elektromagnetik pada suatu jaringan komputer merambat atau memancar dengan mandu kerja

jaringan komputer.

c. Agar suatu organ dalam jaringan bisa silih bertukar data, diperlukan satu organ yang dapat berfungsi bakal mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, atau sebaliknya.

d. Setelah data sampai puas klien, informasi akan di-decode kembali menjadi sinyal digital sebelum timbrung ke receiver.

e. Makrifat yang timbrung ke receiver menggunakan protocol OSI atau TCP/IP.


Kegiatan 3.1

A. Kepala karangan Kegiatan : Menganalisis Proses Komunikasi Data pada Jaringan Komputer

B. Jenis Kegiatan : Diskusi Keramaian

C. Harapan Kegiatan :

1) Peserta didik dapat menjelaskan mandu kerja komunikasi data sreg jaringan komputer jinjing. (KD 3)

2) Peserta jaga dapat mempresentasikan proses komunikasi data lega jaringan komputer dengan

terampil. (KD 4)

D. Awalan Kerja :

1. Buatlah kelompok nan beranggotakan 3-4 orang dan tunjuklah salah seorang bak atasan!

Ketua Keramaian : ………………………………………………………………………….

Anggota 1 : ………………………………………………………………………….

Anggota 2 : ………………………………………………………………………….

Anggota 3 : ………………………………………………………………………….

2. Perhatikan rencana berikut dengan saksama!

3. Berdasarkan gambar di depan, secara berkelompok lakukanlah kajian terhadap proses pengiriman data dari komputer jinjing sender kepada komputer receiver sesuai dengan kognisi kalian! Proses pengiriman data:

………………………………………………………………………….

4. Secara berkelompok, identifikasilah pelecok satu makmal di sekolahmu yang memiliki infrastruktur jaringan komputer! Jelaskanlah proses komunikasi data yang terjadi pada laboratorium tersebut! Topologi jaringan komputer di makmal

………………………………………………………………………….

Proses komunikasi data di laboratorium

 ………………………………………………………………………….

5. Beralaskan hasil analisis dan identifikasi kalian mengenai komunikasi data pada jaringan komputer jinjing, buatlah sebuah penguraian nan menarik. Presentasikan di depan kelas dan mintalah tanggapan dari kelompok lain!


Permasalahan dan Penyelesaian


Permasalahan 3.1:

Proses komunikasi data pada jaringan komputer haruslah melampaui setiap tahapan yang mutakadim diuraikan di mana kabar akan dikirim dari server melangkahi transmiter yakni modem buat melewati proses encode dan decode sebelum karenanya diterima oleh klien. Apabila riuk suatu proses maupun tahapan mengalami alai-belai, akan terjadi pil jaringan yang dapat menyebabkan data enggak akan bisa diteruskan. Kegagalan proses komunikasi data pada jaringan komputer dapat disebabkan oleh bilang hal. Apa doang kejadian-situasi yang dapat menyebabkan kegagalan komunikasi data?


Penyelesaian:

Berikut yakni beberapa situasi yang boleh menyebabkan terjadinya kekosongan komunikasi data pada jaringan komputer.

1. Kondisi kabel jaringan nan berkualitas buruk.

2. Terjadi kesalahan pada server.

3. Terjadi batu puas perangkat keras jaringan seperti hub, switch, bridge, router, dan sebagainya. Kesalahan implementasi dari topologi jaringan. Lega kasus jaringan yang memperalat wireless network, terletak kemungkinan skop dari jaringan wireless yang terhalang objek. Misalnya tembok tangga ataupun lokasi berusul access point nan bersisa jauh sehingga sulit untuk menangkap sinyal dengan baik.

Bagaimana pendapatmu (paling 15 introduksi):

………………………………………………………………………….

Barang apa alasannya (minimal 30 kata):

………………………………………………………………………….

Sebutkan faktor lain yang bisa menyebabkan kemusykilan komunikasi data yang kamu ketahui:

………………………………………………………………………….


Persoalan 3.2:

Jaringan komputer sering diterapkan di berbagai lembaga sama dengan kerangka pendidikan, lembaga pemerintahan, perkantoran, dan sebagainya. Hal ini karena jaringan komputer dapat melincirkan dalam proses transisi data atau komunikasi data. Pada jaringan komputer, terdapat beberapa jenis operasi komunikasi data. Apa sahaja jenis operasi komunikasi data tersebut?


Penyelesaian:

Keberagaman kampanye komunikasi data di antaranya sebagai berikut.

1. Data collection. Data boleh dikumpulkan dari sejumlah tempat (remote station), disimpan privat memori, dan pada musim-waktu tertentu, data tersebut akan diolah.

2. Inquiry and response. Pemakai dapat mengakses refleks ke n domestik file atau programa. Data yang dikirimkan ke sistem komputer bisa langsung diproses dan akibatnya boleh segera diberikan. Bila pemakai melakukan dialog dengan komputer maka sistem seperti ini disebut interaktif, misalnya pembayaran telepon dan transaksi di bank.

3. Storage and retrival. Data nan sebelumnya disimpan dalam komputer dapat diambil sewaktu-waktu oleh pihak yang berkepentingan tanpa dibatasi jarak, misal email dan ATM.

4. Time sharing. Bilang pemakai dapat melakukan programnya secara bersama-setimpal. Setiap pemakai diberikan kesempatan untuk bekerja selama jangka waktu tertentu yang tetap besarnya. Setelah itu, konsumen lain akan diberikan kesempatan untuk menggunakannya. Misalnya adalah petisi jaringan komputer jinjing nan ki berjebah di warnet.

5. Remote job entry. Remote job entry akan mengirimkan program atau data untuk disimpan di server palagan data diproses. Program tersebut dikerjakan secara batch, yakni diolah setelah gilirannya start. Misalnya adalah web application.

6. Sungguhan time data processing and proses control. Hasil proses dikehendaki dalam waktu yang sesuai dengan kemujaraban proses tersebut (real time), misal Google Maps Data Exchange Among Computers, pertukaran data berwujud program, file, dan sebagainya antarsistem komputer jinjing.

Bagaimana pendapatmu (minimal 15 alas kata):

………………………………………………………………………….

Barang apa alasannya (minimal 30 pembukaan):

………………………………………………………………………….

Sebutkan informasi lain adapun komunikasi data plong jaringan komputer :

………………………………………………………………………….


2. Komunikasi Data puas Jaringan Telepon


a. Komunikasi Data pada jaringan Telepon Kabel

Telepon adalah instrumen komunikasi jarak jauh melalui sinyal listrik yang biasanya substansial suara minor. Jaringan telepon di Indonesia dibagi menjadi jaringan telepon teguh dan jaringan telepon bergerak. Jaringan telepon loyal diterapkan pada telepon apartemen atau kantor yang biasanya menggunakan kabel. Jaringan telepon tetap di Indonesia meliputi jaringan telepon lokal, SLI, SLJ, dan terkatup. Sementara itu jaringan telepon bergerak menghampari satelit, telepon seluler, dan radio trunking. Kedua jenis jaringan ini digunakan di seluruh marcapada bikin kontributif proses komunikasi.
Proses komunikasi data nan terjadi lega jaringan telepon benang tembaga bisa diuraikan misal berikut.
1) Suara dari pengirim diterima oleh alat nan disebut microphone.
2) Microphone tersebut selanjutnya mengubah gelombang suara menjadi sinyal listrik yang
kemudian disalurkan makanya peranti telepon.
3) Terbit gerendel telekomunikasi, sinyal tersebut diteruskan kepada pemeroleh.
4) Setelah mencecah akseptor, sinyal tersebut lebih lanjut diubah lagi menjadi gelombang suara
oleh speaker.


Proses Komunikasi sreg Jaringan Telepon

Kemenangan era teknologi secara spontan dan lain serentak memberikan fasilitas kepada orang n domestik melaksanakan aktivitasnya. Keberuntungan teknologi terjadi di berbagai bidang baik satah pendidikan, sosial, informasi, dan bukan lain.

Semakin majunya teknologi dibidang proklamasi membuat orang semakin cepat mengetahui berbagai macam berita bahkan berpunca seluruh manjapada.

Kemajuan teknologi yang sangat terasa waktu ini ini juga terjadi dibidang telekomunikasi. Berbagai teknologi canggih tercipta cak bagi membuat manusia agar lebih mudah berkomunikasi dengan yang lainya bahkan di panggung yang jauh dalam waktu yang singat.

Lambat laun, surat menyurat tergantikan dengan surat elektronik. Teknologi telepon rani membentuk manusia berbicara secara berbarengan dengan yang lain tanpa harus bertemu secara serentak apalagi dengan jarak yang jauh masih bisa dijangkau.


Sejarah Urut-urutan Jaringan Telepon

Dahulu, sebelum teknologi telepon ditemukan, makhluk menggunakan surat dan telegraf.

Karena pengiriman pertinggal membutuhkan waktu yang lebih lama, sebagian besar orang beralih ke telegraf. Hal ini membuat kantor – biro telegraf sibuk sreg pertengahan tahun 1800 – an.

Telegraf adalah perkakas lakukan utus dan mengamini wanti-wanti menggunakan kode morse umpama kode komunikasi.

Penguraian wanti-wanti dengan telegraf akan mengarah lebih cepat dibandung memperalat arsip. Orang semakin berusaha gentur agar menyempunakan teknologi komunikasi ini. Percobaan banyak dilakukan oleh peneliti, termasuk Alexander Graham Bell.

Sreg tahun 1865, Bell memulai penelitiannya dengan mengukur janjang dan rendah suatu nada dan vibrasi bunyi.

Dari penlitian yang sira lakukan, beliau terikut bikin meneliti lebih lanjut tetang bunyi nan bisa dikirim secara elektronik melampaui telegraf. Pada tahun 1875, Bell bersama asistennya yaitu Thomas Watson mengajukan hak paten berusul alat ciptaannya.

Pada tahun 1876, percobaan mula-mula dilakukan serempak mengenalkan telepon pada turunan banya. Uji telepon permulaan kali mampu menjangkau jarak 8 mil.

Percobaan terus dilakukan lakukan menyempurnakan teknologi tersebut. Higga lega musim 1915, purwa kalianya Bell mengamalkan telepon lintas beua berpangkal New York ke San Fransisco.

Sejak ketika itu setakat sekrang, proses komunikasi plong jaringan telepon semakin panjang lidah dan dapat dinikmati oleh semua sosok baik lintas lautan dan kembali benua.

Telepon mobile awalnya digunakan sebagai gawai bantu perang untuk meningkatkan kualitas radar dan mengerjakan bidikan tembakan. Sehabis perang selesai, barulah dipasang ratusan telepon pada tahun 1940.

Teknologi ini semakin dikembangkan oleh firma teknologi AT&T. Bahkan AT&T menjadi laboratorium dengan sistem terbaik didunia. Teknologi jarigan telepon semakin didukung dengan munculnya komputer dan internet dan pengiriman pesan bergeser menjadi pengapalan data.


Prinsip Kerja Jaringan Telepon sebagai Alat Komunikasi

Telepon merupakan salah satu alat komunkasi nan bekerja untuk menyampaikan pesan suara minor melalui arus listrik.

Telepon menunggangi transmisi sinyal elektrik bakal bisa beroperasi sehingga dapat berkomunikasi dengan pemakai telepon enggak.

Pada biasanya, cara kerja jaringan telekomunikasi dengan mengubah kritik menjadi sinyal komunikasi melalui perangkat telekomunkasi.

Pada dasarnya jaringan telepon dibagi menjadi dua adalah jaringan tetap dan jaringan berputar. Jaringan ki ajek biasanya menggunakan kabel sebagai halnya pada telepon flat ataupun telepon jawatan.

Telepon bergerak tidak menunggangi kabel sebagai halnya telepon seluler, radio, dll. Kedua jaringan kondusif cucu adam internal berkomunikasi.


Telepon Kabel

Proses komunkasi telepon kabel memanfaatkan sistem wireline. Wireline seorang merupakan kendaraan transmisi dengan blantik kabel bakal menggerutu antara pengirim dengan akseptor.

Penggunaan wireline rata-rata karena alasan jarak dekat, sekadar bisa sekali lagi jarak jauh seperti tali bicara.

Jaringan dengan kabel terdiri berpangkal LAN (Local Area Network), MAN (Metropolitan Area Network), WAN (Wide Are Network), dan internet.


Berikut adalah cara kerja telepon benang besi:

Suatu instrumen yang disebut microphone akan menerima suara bermula pengirim

Gelombang suara miring yang dituruti microphone diubah menjadi sinyal listrik yang kemudian maka itu perangkat telepon disalurkan

Sinyal disalurkan ke pusat telekomunikasi melalui kabel

Kunci telekomunikasi menyinambungkan sinyal tersebut kepada penerima

Sinyal yang sebatas kepada penerima diubah menjadi gelombang suara maka itu speaker


2. Telepon Nirkabel ataupun Telepon Seluler

Telepon seluler yaitu perabot komunikasi yang kerjanya menyerupai telepon konvensional menggunakan benang kuningan seperti diatas namun dapat dibawa kemana – mana, oleh istilahnya mobile.

Ide tercetusnya telepon kepal mula-mula kali diutarakan oleh Coooper yang meruakan salah satu tim divisi motorolla yang ingin terserah sebuah peranti komunikasi nan mudah dibawa secara laur bikin bepergian. Pertama kalinya telepon genggam dibuat beratnya masih 2 kilogram.

Dan harganya pada tahun 1983 yaitu sekitar 36 miliun rupiah.  Berbagai tantangan dihadapi oleh cooper dan skuat.

Kesediaan telepon seluler maupun ponsel bukan luput dari jasa Amos Joel Jr yang adalah pakar intern permukaan switching. Berkatnya pemanfaatan ponsel menjadi nyaman.

Telepon seluler lain menggunakan sistem wireline, namun menggunakna sistem wireless. Sistem wireless yakni jaringan nirkabel dimana prinsip kerjanya tanpa menggunakna dawai untuk berkomunikasi dengan pemakai yang enggak.

Antara pegirim dan peneria harus tercakup kerumahtanggaan Base Transceiver Station (BTS) nan memfasilitasi antar pemakai telepon seluler secara wireless.


Berikut merupakan cara kerja telepon seluler:

Microphone mengakuri suara dari pengirim

Gelombang suara yang ditangkap microphone diubah menjadi sinyal listrik yang kemudian dipancarkan ke BTS terdamping makanya ponsel.

BTS menerima sinyal tersebut lakukan diteruskan ke kancing telekomunikasi

Pusat telekomunikasi meneruskan sinyal ke BTS terhampir untuk diterukan kepada penerima

Sinyal yang sebatas pada penerima diubah menjadi geombang celaan makanya speaker

Berdasarkan penjelasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa proses komunikasi pada jaringan telepon dengan kabel dan nirkabel n kepunyaan persamaan yaitu bak alat komunikasi dan memiliki ringer serta microphone.

Sedangkan perbedaannya yakni telepon seluler tanpa benang besi atau wireless dan telepon kabel mamakai sistem wireline.

Kalau menunggangi telepon seluler harus memakain simcard sedangkan telepon benang besi tanpa sim card. Jaringan telepon bekerja menunggangi transmisi sinyal listrik sehingga bisa berkomunikasi dengan pengguna lainnya.


Kegiatan 3.2

A. Kop Kegiatan : Menganalisis Proses Komunikasi Data pada Jaringan Telepon Kabel

B. Macam Kegiatan : Diskusi Kerumunan

C. Intensi Kegiatan :

1) Pesuluh didik dapat menjelaskan prinsip kerja komunikasi data plong jaringan telepon kabel. (KD 3)

2) Pesuluh didik bisa mempresentasikan proses komunikasi data pada jaringan telepon kabel dengan terampil. (KD 4)

E. Langkah Kegiatan:

1. Buatlah kelompok nan beranggotakan 3-4 makhluk dan tunjuklah salah seorang sebagai komandan! Atasan Kelompok: ………………………………………………………………………….

Anggota 1 ………………………………………………………………………….

Anggota 2 ………………………………………………………………………….

Anggota 3 ………………………………………………………………………….

2. Perhatikan lembaga berikut dengan saksama!

3. Bersendikan bagan di atas, secara bergerombol lakukanlah amatan terhadap proses pertukaran proklamasi pada jaringan telepon kawat sesuai dengan kognisi kalian! Proses pertukaran makrifat:

 ………………………………………………………………………….

4. Secara pasuk, identifikasilah jaringan telepon nan ada di sekolahmu! Jelaskanlah proses komunikasi data nan terjadi sreg setiap ruangan yang ‘memiliki jaringan telepon! Topologi jaringan telepon sekolah:

Pola proses komunikasi data di riuk satu ruangan:

Ruangan

 ………………………………………………………………………….

Proses komunikasi data:

 ………………………………………………………………………….

5. Bersendikan hasil kajian dan identifikasi kalian mengenai komunikasi data pada jaringan telepon benang tembaga, buatlah sebuah kertas kerja! Makalah nan menarik akan dipilih oleh guru kerjakan dipresentasikan di depan papan bawah!

6. Bersama padanan kelompokmu, presentasikan di depan kelas dan mintalah tanggapan dari kelompok tak!


Permasalahan dan Penyelesaian


Permasalahan 3.3:

Jaringan telepon benang kuningan memiliki proses komunikasi data yang berlainan dengan jaringan komputer jinjing Dalam jaringan telepon, terdapat istilah pensinyalan. Pensinyalan telepon berfungsi untuk memintasi dan menghubungkan seorang pelanggan dengan sentral, dan fasilitas transmisi sehingga suatu kepentingan jaringan va disediakan. Terdapat bilang spesies signaling puas jaringan telepon. Apa saja jenis signaling tersebut !


Penyelesaian:

Berikut ini diversifikasi signaling pada jaringan telepon.

1. Pembangunan atau pengawalan panggilan (call orginating). Fungsinya sebagai berikut.

a) Mendeteksi datangnya panggilan bermula sendiri pelanggan.

b) Menyiapkan penelaahan pulsa membeda-bedakan-pilih.

c) Apabila terdeteksi oleh daya, panggilan yang datang akan diprioritaskan.

2. Pembebasan (clear forward). Fungsinya sebagai berikut.

a) Mengirimkan sinyal bagi membedakan peredaran pelanggan di sentral yang melepaskan semua

penyambungan di cross point (kanal bicara).

b) Clear forward pada saluran trunk, melepaskan seluruh penyambungan trunk.

3. Jawaban atas panggilan (call answer). Fungsinya perumpamaan berikut.

a) Memberi adv pernah pemanggil bahwa pelanggan intensi siap untuk wicara.

b) Menjatah luang sentral bahwa rekapitulasi renyut dapat dimulai (handset sudah diangkat maka dari itu intensi).

4. Pengebelan (ringer). Fungsinya laksana berikut.

a) Memberi tahu pelanggan tujuan bahwa ada panggilan yang turut.

b) kepada pemanggil, sentral mengirimkan nada panggil (gelang-gelang back tone).

5. Musik sibuk (busy tone). Fungsinya yaitu untuk memberitahukan bahwa sirkuit pelanggan maupun trunk menengah sibuk maupun pelanggan tujuan medium sibuk.

6. Nada memilah-milah (dialog tone). Fungsinya adalah memberitahukan pemanggil bahwa sentral telah siap menerima serangkaian dial pulse dari pemanggil.

7. Dialing pulse/address signal. Fungsinya misal berikut.

a) Dikirimkan dari buku pemanggil ke sentral tertentu untuk menentukan pelanggan pamrih

b) Sentral akan menunggu setakat selang tahun tertentu untuk andal bahwa pemutaran nomor

oleh pelanggan telah radu.

8. Sinyal/pulsa metering. Fungsinya adalah sinyal yang menggagas meter pulsa saat panggilan berlangsung.

Bagaimana pendapatmu (minimal 15 alas kata):

 ………………………………………………………………………….

Segala alasannya (minimal 30 introduksi):

 ………………………………………………………………………….

Sebutkan informasi bukan mengenai komunikasi data pada jaringan telepon:

 ………………………………………………………………………….


Permasalahan 3.4:

Switching adalah teknik penyiapan bersendikan permohonan dari sebuah pertalian individual sepasang inlet tertentu menuju outlet tertentu dalam sekumpulan inlet dan outlet momen akan diperlukan pertukaran keterangan. Terdapat dua keberagaman switching puas jaringan telepon nan digunakan buat melakukan transfer informasi berlandaskan penyiapan jalurnya. Salah satunya ialah circuit switching. Bagaimana cara kerja circuit switching?


Penuntasan:

Circuit switching merupakan metode penyambungan di mana dua node (inlet dan outlet) yang akan berkomunikasi, menyiapkan sebuah sagur dedicated (aliran) terlebih silam sebelum dilakukan pentransmisian proklamasi. Circuit switching rata-rata diimplementasikan di kempang telepon analog (PSTN). Berikut merupakan tahapan tingkatan circuit switching.

1. Pembentukan sirkuit (link jasad) nan dedicated

2. Transfer sinyal.

3. Pemutusan sirkuit.

Bagaimana pendapatmu (minimal 15 kata):

 ………………………………………………………………………….

Barang apa alasannya (minimal 30 pengenalan):

 ………………………………………………………………………….

Sebutkan informasi lain adapun komunikasi data pada jaringan telepon:

 ………………………………………………………………………….


b. Komunikasi Data puas Jaringan Telepon seluler



Telepon seluler memperalat sistem wireless. Pengirim dan penerima harus tunak tercakup kerumahtanggaan BTS (Base Transceiver Station). BTS adalah peralatan nan memfasilitasi komunikasi secara wireless antara pengguna telepon seluler. Telepon seluler bekeria dengar

inancarkan dari sebuah pengurai dengan frekuensi tertentu. Untuk membagi negeri seyogiannya mendapatkan frekuensi yang merata sreg provinsi tersebut maka sebuah menjadi sebuah irisan berbentuk hexagonal.

Proses komunikasi data yang terjadi pada jaringan telepon seluler bisa diuraikan sebagai berikut.

1) Suara dari pengirim dikabulkan maka itu perangkat yang disebut microphone.

2) Microphone tersebut selanjutnya mengingkari gelombang elektronik celaan menjadi sinyal setrum nan kemudian dipancarkan maka itu ponsel ke BTS terdekat.

3) Sinyal tersebut diterima oleh BTS yang kemudian diteruskan kepada penyambut.

4)  Setelah setakat kepada penyambut, lebih lanjut sinyal tersebut diubah sekali lagi menjadi gelombang suara miring maka dari itu speaker.


Kegiatan 3.3

Judul Kegiatan : Menganalisis Proses Komunikasi Data pada Jaringan Telepon Seluler

Jenis Kegiatan : Urun rembuk Kelompok

Intensi Kegiatan :

1) Peserta ajar dapat menjelaskan kaidah kerja komunikasi data puas jaringan telepon seluler. (KD 3)

2) Siswa bimbing dapat mempresentasikan proses komunikasi data pada jaringan telepon seluler dengan

terampil. (KD 4)

Langkah Kegiatan :

1. Buatlah kerumunan yang beranggotakan 3-4 orang dan tunjuklah keseleo sendiri sebagai bos!

Pemimpin Kerubungan :  ………………………………………………………………………….

Anggota 1  ………………………………………………………………………….

Anggota 2  ………………………………………………………………………….

Anggota 3  ………………………………………………………………………….

2. Perhatikan gambar berikut dengan saksama!

3. Beralaskan gambar di atas, secara pasuk lakukanlah analisis terhadap proses pertukaran siaran pada jaringan telepon seluler sesuai dengan pemahaman kalian! Proses pergantian warta:

………………………………………………………………………….

4. Secara berkelompok, lakukanlah komunikasi dengan menggunakan telepon seluler. Identifikasilah jaringan telepon seluler yang kalian gunakan! Jelaskanlah proses komunikasi data yang terjadi pada jaringan telepon seluler tersebut! Skema (storyboard) komunikasi dengan menggunakan jaringan telepon seluler:

………………………………………………………………………….

5. Berdasarkan hasil analisis dan identifikasi kalian mengenai komunikasi data plong jaringan telepon seluler, buatlah sebuah presentasi yang menarik. Presentasikan di depan kelas dan mintalah tanggapan dari kelompok lain!


Permasalahan dan Penyelesaian


Permasalahan 3.5:

Jaringan telepon seluler menjaga pengetahuan untuk melacak lokasi alat mobile pelanggan mereka. Organ seluler dilengkapi dengan rincian kanal yang sesuai bakal sinyal dari sistem jaringan seluler. Saluran ini dikategorikan menjadi dua meres. Apa saja jenis parit tersebut?


Penyelesaian:

Serokan nan digunakan bagaikan sinyal untuk sistem jaringan seluler dikategorikan sebagai berikut.

1. Strong Dedicated Control Channel. Saluran ini digunakan untuk mengirimkan informasi digital ke telepon seluler berpangkal stasiun bom ataupun BTS, seperti itu kembali sebaliknya.

2. Strong Paging Channel. Saluran ini digunakan cak bagi melacak ponsel oleh MSC saat ada panggilan yang diarahkan ke sana.

Bagaimana pendapatmu (minimum 15 kata):

………………………………………………………………………….

Apa alasannya (minimal 30 kata):

………………………………………………………………………….

Sebutkan takrif lain mengenai jaringan telepon seluler nan kamu ketahui:

………………………………………………………………………….


Permasalahan 3.6:

Jaringan seluler pada telepon kepal terbagi menjadi dua keberagaman, ialah jaringan GSM dan CDMA. GSM dan CDMA merupakan dua variasi teknologi yang mendukung fungsionalitas dari sebuah telepon genggam, terutama kekuatan telepon dan fungsi sms. GSM ialah teknologi jaringan seluler yang bekerja dengan mengirimkan data beralaskan periode atau timeslot, sementara CDMA adalah teknologi nan menggunakan sistem kode. CDMA menunggangi kode-kode tertentu yang unik bikin mengatur setiap panggilan yang berlangsung. Segala apa saja perbedaan GSM dan CDMA?


Penyelesaian:

Perbedaan GSM dan CDMA adalah sebagai berikut.

1. Luas cakupan BTS yang dimiliki oleh GSM bertambah banyak jika dibandingkan dengan CDMA. Hal ini disahabkan sejumlah wilayah tertentu tidak memiliki banyak pelanggan, sehingga situasi ini mewujudkan pembangunan BTS bikin jaringan CDMA menurun.

2. GSM memiliki kemampuan roaming yang membuatnya dapat digunakan di mana saja di dalam regional yang makmur di distrik Indonesia. Darurat jaringan CDMA tidak selamanya boleh diguna nonblok. CDMA harus didaftarkan sreg fitur layanan combo agar memiliki nomor sama seperti GSM mudahmudahan tidak terjangkit biaya roaming,

3. Keamanan komunikasi jaringan CDMA lebih kerukunan jika dibandingkan dengan GSM.

4. CDMA mempunyai biaya pemodalan yang sedikit sehingga menyebabkan perangkat telepon seluler yang bergerak pada jaringan CDMA memiliki harga nan lebih murah kalau dibandingkan dengan GSM.

Bagaimana pendapatmu (minimal 15 introduksi):

………………………………………………………………………….

Segala alasannya (paling kecil 30 kata):

………………………………………………………………………….

Sebutkan perbedaan tidak GSM dan CDMA nan anda ketahui:

………………………………………………………………………….


B. Mengenal Instrumen Komunikasi Data

Bikin membangun suatu infrastruktur jaringan komunikasi data, pasti diperlukan berbagai macam alat jaringan. Perabot komunikasi data pada jaringan komputer berlainan dengan peranti komunikasi data pada jaringan telepon.


1. Perabot Komunikasi Data pada Jaringan Komputer

Radas komunikasi data nan diperlukan pada jaringan komputer di antaranya adalah misal berikut


A. DCE, DTE, dan DCCU

DCE (Data Communication Equipment) digunakan bikin menyalurkan butir-butir antarlokasi. DCE umumnya dipasang plong perabot yang berkecukupan pada pengguna layanan komunikasi data. DTE (Data Terminal Equipment) digunakan cak bagi mengeset keluar masuknya informasi. DTE diletakkan pada perlengkapan yang berkecukupan lega ISP/provider. Temporer itu, DCCU (Data Communication Control Unit) digunakan bagi mengatur hubungan peralatan,


B. Modem

Modem (Modulator Demodulator) adalah perangkat yang digunakan buat mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital. Modem adalah perlengkapan yang kembali menghubungkan suatu perabot dengan internet.


c. Benang tembaga Jaringan

Kabel Jaringan merupakan instrumen yang digunakan seumpama media penghubung antara komputer dengan komputer atau komputer dengan perangkat jaringan lain.


d. Network Interface Card (NIC)

NIC atau yang kembali dikenal dengan Ethernet Card yakni perangkat nan digunakan bagaikan penghubung antarkomputer dengan sebuah jaringan.


e. Router

Router berfungsi sebagai penghubung antarjaringan. Router mener dilewati paket/data sehingga pak/data bisa sampai ke incaran tujuannya.


f. Switch

Switch digunakan untuk memproses pengumuman pada lapisan data-link (data-link layer). Manifesto yang dicek oleh switch yaitu alamat MAC address dari setiap perlengkapan dan komputer yang terhubung dengannya.


g. Repeater

Repeater digunakan untuk memperkuat sinyal dengan kaidah mengakui sinyal dari suatu segmen jaringan lewat menyiarkan kembali pada segmen benang kuningan yang enggak.


2. Alat Komunikasi Data pada Jaringan Telepon

Perangkat komunikasi data yang diperlukan pada jaringan telepon di antaranya adalah sebagai berikut.


a. Handset

Handset ialah perkakas yang terdiri atas microphone dan speaker. Handset dikenal dengan gagang telepon nan digunakan sebagai organ input dan output pada perangkat telepon.


b. Hook Switch

Hook switch adalah perangkat nan digunakan sebagai arena pemutus sambungan kolek pelanggan ke sendi.


c. Ringer

Ringer yakni kombinasi penghasil sinyal elektromagnetik yang menghubungkan kolek sentral. Ringerjaringan telepon berfungsi cak bagi mengasihkan sinyal umpama pemberitahuan adanya telepon yang turut.


d. Keypad

Keypad adalah perkakas yang berisi beberapa kenop yang menghasilkan musik-irama DTMF.


Kegiatan 3.4

A. Judul Kegiatan : Menganalisis Perangkat Komunikasi Data

B. Jenis Kegiatan : Tugas Mandiri

C. Tujuan Kegiatan :

1) Peserta didik dapat menjelaskan mengenai gawai komunikasi data dengan benar (KD 3)

2) Peserta didik dapat membuat kesimpulan mengenai fungsi perangkat komunikasi data dengan

terampil. (KD 4)

D. Langkah kegiatan :

1. Carilah artikel mengenai organ komunikasi data pada jaringan komputer jinjing dan jaringan telepon!

Anda dapat menunggangi kunci dan internet sebagai sumber kata sandang! Artikel:

………………………………………………………………………….

2. Tulislah situasi-hal utama yang berbuntut ia temukan dalam artikel tersebut! Hal-hal berjasa privat kata sandang:

………………………………………………………………………….

3. Identifikasilah pengertian perangkat komunikasi data menurut pemahamanmu! Signifikasi perangkat komunikasi data:

………………………………………………………………………….

4. Sebut dan jelaskanlah organ-perangkat komunikasi data pada jaringan komputer jinjing! (minimum 10) Perangkat komunikasi data plong jaringan komputer jinjing:

………………………………………………………………………….

5. Sebut dan jelaskanlah peranti-perangkat komunikasi data pada jaringan telepon! (minimal 7) Perangkat komunikasi data pada jaringan telepon:

………………………………………………………………………….

6. Tulislah kesimpulan yang berakibat kamu dapatkan akan halnya perangkat komunikasi data dengan rapi! Penali:

………………………………………………………………………….


Permasalahan dan Penyelesaian


Permasalahan 3.7:

Modem merupakan keseleo satu radas komunikasi data. Modem berfungsi ibarat transmiter dalam proses pengapalan data. Seseorang nan n kepunyaan mobilitas tahapan lebih melembarkan memperalat modem berjenis USB. Dengan ukurannya nan kerdil, modem USB menjadi lebih praktis. Suka-suka banyak hal yang harus diperhatikan sebelum membeli modem USB. Apa saja hal-hal tersebut?


Penyelesaian:

Berikut adalah hal-hal nan harus diperhatikan untuk mengidas modem USB yang tepat.

Menentukan mekanik penyedia jasa internet yang sesuai dengan lokasi. Hal ini berkaitan dengan

1. kualitas sinyal yang dimiliki oleh operator.

2. Memilih modem dengan merek ternama hendaknya lebih aman.

3. Memilih modem USB sesuai dengan jaringan yang diinginkan, GSM atau CDMA.

4. Memilih modem USB nan telah mendukung jaringan dengan sinyal terkuat.

5. Memilih modem USB dengan proses instalasi nan mudah.

6. Menyepadankan modem USB dengan sistem operasi pada laptop alias komputer.

Bagaimana pendapatmu (minimal 15 prolog):

………………………………………………………………………….

Apa alasannya (minimal 30 introduksi):

………………………………………………………………………….

Sebutkan tips enggak melembarkan modem USB yang kamu ketahui:

………………………………………………………………………….


Persoalan 3.8:

BTS adalah perangkat jaringan telekomunikasi yang digunakan sebagai penerima sinyal bagi perangkat jaringan telepon seluler. BTS mengirimkan dan menerima sinyal radio ke radas mobile dan mengonversi sinyal tersebut bakal diubah menjadi sinyal digital, dan lebih jauh dikirim kepada penerima. Setiap BTS pasti menyimpan data-data internal yang terkait satu setinggi tak. Apa semata-mata data-data yang disimpan pada BTS?


Penuntasan:

Data-data nan disimpan puas BTS di antaranya adalah sebagai berikut..

1. Data situs. Data situs adalah sebuah data yang berisi ID situs, jenis kunci situs, etiket penjaga situs, tipe panggar, dan tinggi menara. Data ini belaka sebagai data administrasi yang tak berhasil langsung terhadap beroperasinya sebuah BTS.

2. Data PLN. Data PLN adalah data yang berisi adapun nomor pelanggan PLN, daya dan phase yang digunakan dalam site tersebut, daerah layanan, nomor telepon PLN, dan diversifikasi rectifier. Data ini berfungsi sebagai pertolongan utama apabila ada masalah yang berhubungan dengan sendang tenaga listrik BTS.

3. Data perangkat BTS. Data perlengkapan BTS berisi tentang nama BSC tempat BTS tersebut berada, frekuensi BTS atau BTS Band, diversifikasi BTS, konfigurasi BTS, tipe TRX, jumlah TRX, spesies combiner, dan jumlah combiner. Data tersebut berfungsi dalam proses penyelesaian ki kesulitan yang gandeng dengan perangkat keras BTS.

4. Data gawai transmisi. Data ini berisi tentang tipe perangkat microwave, daya produksi perangkat microwave. dan facing dengan situs BTS lain. Keadaan ini berfungsi bakal kondusif proses penuntasan masalah instrumen persneling itu koteng.

5. Data rute link transmisi. Data rute link transmisi berisi tentang rute perjalanan data gigi antar-BTS sampai ke BSC.

Bagaimana pendapatmu (minimum 15 pengenalan):

………………………………………………………………………….

Apa alasannya (paling 30 alas kata):

………………………………………………………………………….

Sebutkan informasi lain mengenai instrumen komunikasi data yang ia ketahui:

………………………………………………………………………….


HOTS (High Antaran Thinking Skills)


A. Pilihlah suatu jawaban yang paling benar dengan cara memberi tanda cabang (X) pada huruf A, B, C, D, atau E serta tuliskan alasannya!

1. Siswa inferior XI SMK Nusa Dua saat ini sedang berada di laboratorium komputer jinjing sekolahnya. Guru mereka menugaskan buat mempraktikkan proses komunikasi data. Satu kelas bawah terbagi menjadi beberapa kelompok. Salah satu kerumunan memilih mempraktikkan komunikasi data dengan menyambat dua komputer dengan pelecok satu komputer yang terhubung dengan internet. Proses komunikasi data baru akan terjadi

jikalau ….

A. Komputer dua meminta sebuah data nan berlimpah di server internet. Pertama, komputer suatu lamar data dari server internet. Setelah masin lidah, selanjutnya data tersebut dikirimkan kepada komputer dua.

B. Komputer dua mempersunting sebuah data yang berada di server internet. Pertama, komputer dua melakukan akses internet, lebih lanjut server internet mengangkut data tersebut kepada komputer dua. C. Komputer dua mempersunting sebuah data nan berada di server internet. Pertama, komputer jinjing satu mengunduh data dari internet, lebih lanjut server internet menyetujui pengiriman data tersebut dan mengirimkannya.

D. Komputer dua meminta data kepada komputer satu. Komputer satu selanjutnya mengirimkan permintaan data pada server internet.

E. Komputer jinjing dua meminta sebuah data nan congah di peladen internet. Komputer suatu selanjutnya mengirim data tersebut kepada komputer dua.

Alasan :

………………………………………………………………………….

2. Perkembangan teknologi saat ini mengakibatkan semakin mudahnya individu terhubung melangkahi internet. Barangkali kembali dapat mengakses internet kapan pun dan di mana juga. Mengakses internet adalah pelecok suatu contoh komunikasi data. Namun untuk dapat terhubung dengan internet, diperlukan sebuah radas yang disebut modem. Keadaan ini dikarenakan ….

A. seyogiannya perangkat diizinkan untuk melakukan akses plong peladen internet

B. modem digunakan sebagai pengganti biaya pengaksesan internet

C. modem digunakan umpama pengganti ISP

D. mudahmudahan suatu perangkat dalam jaringan boleh saling berpaling data, diperlukan suatu alat nan dapat berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital, maupun sebaliknya

E. agar IP private pada perangkat dapat diubah menjadi IP public

Alasan :

………………………………………………………………………….

3. Proses komunikasi data haruslah memenuhi setiap tinggi-tahapan pengiriman data. Apabila riuk satu strata terdapat gangguan, maka data tidak akan berhasil terkirim. Pada jaringan wireless, gangguan komunikasi data nan comar terjadi disebabkan maka dari itu ….

A. terganggunya akal masuk internet dari pihak ISP

B. rusaknya kabel UTP yang terhubung dengan access point ISP

C. lokasi access point yang terhalang satu objek sehingga sulit cak bagi menangkap sinyal dengan baik

D. terjadi gangguan pada BTS

E kerusakan router yang digunakan sebagai access point

Alasan :

………………………………………………………………………….

4. Selain pada jaringan komputer, komunikasi data juga bisa dilakukan pada jaringan telepon. Jaringan telepon momen ini banyak digunakan di area perkantoran dan pemerintahan. Cara kerja jaringan telepon adalah menidakkan suara menjadi sinyal listrik. Pada detik mengerjakan panggilan telepon, yang pertama kali terjadi adalah …

A. suara dari pengirim diubah menjadi sinyal setrum dan dikirimkan kepada akseptor

B. celaan dari pengirim diubah menjadi sinyal listrik vang kemudian dikirimkan kepada sendi telekomunikasi

C. gelombang suara diubah menjadi sinyal listrik, selanjutnya sinyal setrum tersebut diubah kembali

menjadi gelombang suara minor

D. suara semenjak pengirim diteruskan menentang ke pusat telekomunikasi sebelum diteruskan sekali lagi kepada

penerima

E. kritik berasal pengirim dipedulikan maka dari itu gawai nan disebut microphone

Alasan :

………………………………………………………………………….

5. Jaringan telepon dibagi menjadi dua, ialah jaringan telepon konstan dan bergerak. Jaringan telepon seluler adalah salah satu contoh jaringan telepon bergerak. Puas dasarnya, jaringan telepon tetap dan jaringan telepon seluler memiliki prinsip kerja nan sama, yang mengasingkan terletak lega pernyataan ….

A. Pada telepon tetap, biaya panggilan diurusi oleh firma telekomunikasi dan dibayarkan setiap

wulan. Temporer pada telepon seluler, biaya panggilan menggunakan vibrasi.

B. Plong telepon tetap, sinyal celaan yang diubah dikirim plong pusat telekomunikasi. Sedangkan pada

telepon seluler, sinyal suara nan diubah dipancarkan puas BTS terdamping.

C. Puas telepon kukuh, gelombang celaan harus diubah lewat menjadi sinyal setrum. Padahal puas

telepon seluler, gelombang suara lain perlu diubah.

D. Pada telepon taat, panggilan dibatasi maka itu jarak. Sedangkan pada telepon seluler, tidak dibatasi

maka dari itu jarak.

E. Perangkat nan digunakan pada telepon tetap dan telepon seluler.

Alasan :

………………………………………………………………………….


B. Jawablah pertanyaan berikut dengan tepat!

1. Jelaskan proses komunikasi data sreg jaringan komputer yang berada di sekitarmu!

Jawaban: ………………………………………………………………………….

2. Jelaskan proses komunikasi data lega jaringan telepon tetap yang mampu di sekitarmu!

Jawaban: ………………………………………………………………………….

3. Pernahkan dia melakukan komunikasi dengan telepon seluler? Jelaskan proses komunikasi data lega telepon seluler tersebut!

Jawaban: ………………………………………………………………………….

4. Jelaskan perabot segala saja yang dibutuhkan jika kamu ingin membangun infrastruktur komunikasi data lega jaringan komputer!

Jawaban: ………………………………………………………………………….

5. Jelaskan perangkat yang harus disiapkan lakukan membangun infrastruktur komunikasi dan telepon tetap!

Jawaban: ………………………………………………………………………….


Studi Kasus

Salah satu komunikasi data bisa dilakukan pada jaringan telepon seluler. Simak jabaran berikut!


Bagaimana Ponsel Bekerja?

Pelanggan seluler di seluruh dunia diperkirakan seputar 7 miliar sreg tahun 2022. Telepon seluler telah menjadi alat universal dan suntuk diperlukan cak bagi usia modern. Dengan ponsel, Anda dapat mengomong dengan siapa sekali lagi dari bintang siarah mana saja. Tapi apakah Anda mendalam luang bagaimana ponsel Anda bekerja?

Kerumahtanggaan bentuk paling dasar, sebuah ponsel pada dasarnya adalah radio dua arah yang terdiri atas pemancar radio dan penerima radio. Saat Anda bercakap-cakap dengan teman Kamu melintasi ponsel, telepon akan memungkiri suara menjadi sinyal setrum yang kemudian ditransmisikan Gom melewati gelombang listrik radio ke panggar sel terdamping. Jaringan panggar sel kemudian membangkitkan gelombang radio ke ponsel antagonis Sira, yang mengubahnya menjadi sinyal listrik dan kemudian kembali terdengar lagi.

Laksana tambahan terhadap manfaat pangkal panggilan suara, kebanyakan ponsel bertamadun hadir dengan maslahat tambahan sebagai halnya surfing web, berfoto, berlaku game, menugasi pesan bacaan, dan bermain musik. Ponsel berisi yang makin canggih dapat berbuat kelebihan serupa dari komputer jinjing.

Cak bagi memperdalam pemahamanmu tentang proses komunikasi data sreg jaringan telepon seluler, berlatihlah melakukan kajian terhadap uraian di atas dengan menunggangi paradigma penelaahan Discovery Learning. Lengkapi tugas berikut sesuai dengan tahapan di bawah ini!

A. Rumusan Masalah

………………………………………………………………………….

B. Analisis Referensi yang Relevan

………………………………………………………………………….

C. Data nan Diperoleh Peserta Didik

………………………………………………………………………….

D. Kajian Data

………………………………………………………………………….

E. Simpulan

………………………………………………………………………….


II. Cermati dan pahamilah uraian berikut!


Mengapa Jaringan Telepon Mengalami fasad?

Fixed line atau telepon (baik di flat atau kantor) ialah sebuah teknologi lama nan masih sangat bermanfaat hingga detik ini bak alat komunikasi. Memang, kehadirannya mulai tergeser dengan adanya ponsel nan jauh lebih praktis digunakan karena dapat digunakan kapan kembali dan di mana pun. Belaka beberapa manusia tetap menganggap fixed line ini utama karena dapat melakukan telepon murah ke sesama fixed line lainnya. Inilah sebabnya saat fixed line mengalami masalah, maka harus buru-buru dicari penyebab kerusakandan taajul memperbaikinya.

Permasalahan puas fixed line galibnya terjadi sreg kerusakan roset, masalah pada kabel indoor, masalah sreg kabel outdoor, kerusakan pada distributor point, dan kerusakan pada pesawat telepon.

Bersendikan uraian di atas, lakukanlah analisis menangani persoalan komunikasi data pada jaringan telepon dengan menggunakan teladan pembelajaran Problem Based Learning dengan melengkapi tugas berikut sesuai dengan tahapan yang telah ditentukan!

A. Rumusan Keburukan/identifikasi Masalah/Pertanyaan Masalah

………………………………………………………………………….

B. Aktivitas/Kegiatan Belajar untuk Mengatasi/Menyelesaikan Kebobrokan

………………………………………………………………………….

C. Amatan Data

………………………………………………………………………….

D. Simpulan Solusi Ki kesulitan secara kelompok

………………………………………………………………………….


III. Cermati dan pahamilah jabaran berikut!


Proses Terjadinya Komunikasi Data

Proses komunikasi data lega jaringan komputer permulaan kali sinyal setrum maupun sinyal kerumahtanggaan bentuk gelombang elektormagnetik pada suatu jaringan komputer jinjing merebak/memancar dengan prinsip kerja jaringan komputer jinjing. Semoga satu jaringan dapat saling bertukar informasi data, diperluka yang disebut modem (modulator demodulator) yang berfungsi cak bagi menyangkal sinyal analog menjadi sinyal digital, ataupun sebaliknya.

Pertama-tama, sender mengirimkan sinyal butir-butir membidik receiver melampaui protokol encode yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog, kemudian sinyal melalui sarana transmisi dan melalui protokol kedua di-decode kembali menjadi sinyal digital sebelum masuk ke receiver. Dalam hal ini, protokol dapat diistilahkan seperti penerjemah informasi data.

Berdasarkan uraian di atas, buatlah projek kerjakan mempresentasikan mengenai proses komunikasi data. Bikin mempermudah dalam pelaksanaannya, gunakan model penerimaan Penyakit Based Learning dengan melengkapi tahapan-tahapan berikut ini!

A. Perencanaan Kegiatan (Projek)

………………………………………………………………………….

B. Jenis Tugas : Kelompok

………………………………………………………………………….

C. Jadwal Pelaksanaan

………………………………………………………………………….

D. Sumber Data

………………………………………………………………………….

E. Kaidah Mengumpulkan Data

………………………………………………………………………….

F. Analisis Data

………………………………………………………………………….

G. Simpulan Hasil Analisis

………………………………………………………………………….


Uji Kompetensi

Pilihlah satu jawaban yang paling kecil benar dengan cara menjatah tanda cagak (X) lega huruf A, B, C, D, atau E serta tuliskan alasannya!

1. Proses pengungsian data bersumber satu sumur maupun transmiter menuju ke suatu pamrih ataupun receiver yang melintasi suatu media penghantar dalam bentuk bit-bit disebut …

A. proses pengiriman data

B. proses permintaan data

C. proses komunikasi data

D. proses embaran data

E. proses penghantaran data

Alasan :

………………………………………………………………………….

2. Sebelum dikirimkan oleh server menuju klien, data malah silam akan masuk ke n domestik proses

A. transmisi

B. receiver

C. BTS

D. decode

E. encode

 Alasan :

………………………………………………………………………….

3. Data boleh dikumpulkan dari sejumlah bekas (remote station), disimpan kerumahtanggaan rekaman, dan pada waktu-perian tertentu, data tersebut akan diolah. Jenis operasi komunikasi data tersebut disebut ….

A. data collection

B. inquiry and response

C. storage and retrival

D. time sharing

E. benaran time data processing

Alasan :

………………………………………………………………………….

4. Perhatikan tinggi-tahapan proses komunikasi data pada jaringan telepon berikut.

(1) Sehabis menyentuh pemeroleh, sinyal tersebut lebih lanjut diubah lagi menjadi gelombang elektronik su

oleh speaker.

(2) Suara dari pengirim diterima maka dari itu alat yang disebut microphone.

(3) Lebih lanjut, gelombang suara diubah menjadi sinyal listrik yang kemudian disalurkan maka dari itu

perangkat telepon.

(4) Terbit kiat telekomunikasi, sinyal tersebut diteruskan kepada penerima Urutan nan tepat bagi tahapan-tahapan proses komunikasi data puas jaring

A. (2)-(3)-(1)-(4)

B. (2)-(4)-(3)-(1)

Ç. (2)-(3)-(4)-(1)

D. (2)-(1)-(3)-(4)

E. (2)-(1)-(4)-(3)

Alasan :

………………………………………………………………………….

5. Fungsi sinyal ringer pada jaringan telepon patuh yaitu ….

A. memberi sempat pemanggil bahwa pelanggan tujuan siap lakukan wicara

B. mengapalkan sinyal cak bagi melepaskan persebaran pelanggan di sentral yang mengecualikan semua pemanjangan di cross point

C. melepaskan seluruh penyambungan trunk

D. memberi tahu pelanggan maksud bahwa cak semau panggilan nan masuk

E. memprioritaskan panggilan yang menclok

Alasan :

………………………………………………………………………….

6. Teknik penyiapan berdasarkan permintaan bermula sebuah afiliasi individual sejodoh inlet tertentu menuju outlet tertentu kerumahtanggaan sekumpulan inlet dan outlet ketika akan diperlukan pertukaran pesiaran adalah ….

A switching

 B. dialing

C. ringing

D. calling

E. decoding

Alasan :

………………………………………………………………………….

7. BTS singkatan mulai sejak….

A. Best Transceiver Station

B. Base Transceiver Station

C. Base Transformation System

D. Base Transmission Station

E. Best Transmission Station

Alasan :

………………………………………………………………………….

8. Berikut ini bukan perkakas nan digunakan untuk infrastruktur jaringan komunikasi data plong jaringan telepon yaitu ….

A. hook switch

B. ringer

C. Network Interface Card

D. handset

E. keypad

Alasan : .

………………………………………………………………………….


Perhatikan petunjuk berikut cak bagi menyelesaikan tanya nomor 9 dan 10!


Petunjuk:

A. Takdirnya pernyataan benar, alasan moralistis, dan keduanya menunjukkan hubungan sebab akibat.

B. Jika pernyataan benar, alasan benar, saja keduanya lain menunjukkan hubungan sebab akibat.

C. Takdirnya pernyataan bermartabat, alasan riuk.

D. Jika pernyataan salah, alasan benar,

E. Sekiranya pernyataan dan alasan salah.

9. Sreg komunikasi jaringan telepon seluler, kritik pengirim yang diubah menjadi sinyal setrum akan

terlebih terlampau dikirimkan kepada PSTN.


Sebab

PSTN adalah perusahaan yang mengalir di bidang standarisasi jaringan telepon seluler.

Jawaban:

………………………………………………………………………….

Alasan : .

………………………………………………………………………….

10. Proses komunikasi data puas jaringan komputer memerlukan perkakas jaringan yang berfungsi

bagaikan transmisi, ialah modem.


Sebab

Agar suatu perangkat privat jaringan dapat saling bertukar data, maka data tersebut harus diubah dari sinyal analog menjadi sinyal digital.

Jawaban:

………………………………………………………………………….

Alasan : .

………………………………………………………………………….


Kewajiban Aktivitas Peserta Didik (Bersandar Permendikbud Nomor 8 Periode 2022)

A. Tugas Mandiri

1. Jelaskan proses komunikasi data pada jaringan komputer!

2. Jelaskan proses komunikasi data pada jaringan telepon!

3. Jelaskan proses komunikasi data lega jaringan telepon seluler!

4. Sebutkan perabot komunikasi data pada jaringan komputer!

5. Sebutkan perangkat komunikasi data pada jaringan telepon!

Source: http://www.simonmurd.com/2020/09/tlj-proses-komunikasi-data-dalam.html