Jenis Ayam Yg Bertubuh Kecil

Jakarta
– Keberagaman ayam pedaging nan banyak dikenal yakni ayam jago kampung dan ayam aduan daerah. Ayam ini diternakkan partikular bakal diambil dagingnya. sendirisendiri jenis punya ciri khas berbeda.

Sebagaimana ayam kampung ataupun mandung bukan ras (buras) dikenal dengan jenis ayam kampung gelap dan ayam kampung ternak. Darurat itu, ayam jago distrik (ras) terdiri berpangkal mandung broiler, ayam pejantan, dan ayam jago apkir.

Ayam buras

Ayam buras pun dikenal dengan sebutan ayam kampung. Umumnya mandung buras diberi pakan alami sonder perunding-obatan, sehingga pertumbuhannya lebih lambat dibanding ayam ras. Biaya pemeliharaannya juga lebih murah ketimbang ayam ras.

Meski bertubuh bertambah kecil, ayam buras dijual dengan harga makin mahal ketimbang ayam ras. Pasalnya, kualitas daging dan rasanya lebih unggul. Lambung lemaknya juga tak terlalu banyak dibanding ayam ras.

Ayam buras ini cak semau dua jenis, ayam kampung ilegal (free-range chicken
atau ayam kampung super) dan ayam kampung peliharaan (ayam aduan kampung tahir).

Seperti namanya,
ayam jantan kampung ilegal
tidak dikurung dalam kandang maupun dibiarkan independen berkeliaran dan mengonsumsi pakan alami. Ayam jenis ini biasanya dipanen saat berumur enam bulan dan berukuran 600-700 gram. Lazimnya, ayam kampung liar beraroma mencolok dengan tekstur daging nan agak alot.

Harga ayam kampung ilegal 2-3 bisa jadi lebih mahal ketimbang ayam jantan ras. Pasalnya, preservasi ayam jantan buras memerlukan waktu lama. Risiko ayam aduan nyeri atau nyenyat saat diangkut dari desa ke kota juga janjang.

Tentatif itu,
ayam kampung peliharaan
berpunca dari ekstrak lokal (ayam kampung), saja dipelihara dan diberi pakan seperti ayam broiler.

Mandung kampung piaraan dipotong saat berusia 3-5 wulan dan memiliki berat 700-1000 gram. Mandung kampung peliharaan n kepunyaan wewangian yang lain begitu menusuk belaka dagingnya gurih dan cukup empuk.

Ayam aduan ras

Bibit (day old chick) ayam aduan ras alias ayam negeri diimpor dari Amerika dan Inggris. Mandung ras bisa dipanen kian cepat dan bertubuh bertambah gemuk ketimbang ayam aduan buras. Ayam ras terbagi menjadi ayam jantan broiler, ayam pejantan, dan ayam ras afkir.

Mandung broiler
adalah ayam nan diternakkan khusus bakal dimanfaatkan dagingnya. Karena itulah dada ayam jago broiler lebih besar dibanding bokongnya, berkebalikan dengan ayam petelur. Ayam aduan dengan warna daging putih ini dipelihara sejauh 30-32 hari setakat beratnya mencecah 900-1.000 gram.

Ayam broiler juga dapat dipanen setelah berusia 45 hari dengan berat 1,5-2,5 kg. Tetapi, ayam hunjam atau pedaging ini tak pernah dipelihara lebih pecah 60 hari karena tubuhnya tak efisien sekali lagi membentuk daging. Karena dipanen ketika masih remaja, tekstur daging ayam jantan broiler empuk dan tulangnya mudah lebur.

Ayam pejantan
senyatanya adalah ayam aduan yang semula akan dijadikan ayam jantan petelur. Namun karena berjenis kelamin jantan, ayam jantan ini tak dapat menghasilkan telur.

Karena sayang jika dibuang, ayam jantan pejantan kemudian dipelihara selama 1,5-2 rembulan sampai mencapai berat 1 kg. Karena bentuknya mirip ayam jago kampung, ayam pejantan sering ‘dipalsukan’ sebagai ayam kampung pejantan alias bahkan ayam buras.

Ayam petelur yang enggak kreatif kembali dijual laksana
ayam aduan apkir
cak bagi dimanfaatkan dagingnya. Biasanya ayam diversifikasi ini disembelih setelah berusia delapan minggu dan memiliki berat sekitar 2 kg.

Rang badannya segitiga dengan bagian rahim besar dan mumbung lemak. Dagingnya tak terlalu empuk dibanding ayam pedaging, alat peraba dan kakinya juga berwarna kuning. Karena harganya nisbi kian murah daripada mandung broiler, ayam apkir majuh dipilih pedagang soto ayam, ayam bakar atau ayam goreng.
http://www.publikasionline.com/2012/11/spesies-varietas-ayam-pedaging.html buat info ayam aduan broiler tidak sehat dan suntik hormon

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

(lus/odi)

Source: https://food.detik.com/info-kuliner/d-2597966/ayam-pedaging-khusus-diternak-untuk-kualitas-daging-yang-bagus