Karya Tulis Ilmiah Tentang Lingkungan

Selamat Datang di Website MADRASAH IBTIDAIYAH PODOREJO. Terima Kasih Kunjungannya

KARYA ILMIAH “KEBERSIHAN LINGKUNGAN”


Kata sambutan

 Puji dan syukur penulis ucapkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena mendapat habuan limpahan rahmat dan karunia-Nya , sehingga penyadur dapat menyelesaikan karya ilmiah ini dengan judul ’’Kebersihan Mileu Madrasah” tepat pada waktunya.

Karya ilmiah ini disusun n domestik tulangtulangan memenuhi tugas di PPG Saya menyadari bahwa penyusunan karya ilmiah ini masih jauh dari sempurna. Untuk itu saya dahulu menginginkan kritik dan saran yang sifatnya membangun kemustajaban sempurnanya karya ilmiah ini. Seterusnya terimakasih saya sampaikan kepada yang terhormat bapak Eko Wahyudiono, S.Ag. selaku superior Madrasah Ibtidaiyah Podorejo yang sudah lalu memberi kesempatan dan pimpinan dalam penyusunan ini.

Semoga dengan adanya karya ilmiah ini dapat berarti cak bagi pembaca serta dapat membangunkan para peserta maupun siswi Madrasah Ibtidaiyah untuk menjaga kebersihan lingkungan madrasah.

Tulungagung, 20 agustus 2022

Alik Susiani,S.Ag

Ki I

PENDAHULUAN

 A.
Rataan Pantat Masalah

Mileu adalah salah suatu sumber daya alam yang sangat besar artinya bagi bani adam atma. Lingkungan merupakan karunia Tuhan yang tak ternilai. Tanpa adanya lingkungan maka tidak akan ada kehidupan. Oleh karena itu diperlukan upaya bagi melestarikan dan menjaga kebersihan mileu seputar dengan selawa-baiknya.

Kebersihan yaitu sebagian berasal iman, itulah slogan yang buruk perut kita dengar selama ini maka itu kita harus selalu menjaga kebersihan dimana saja kita mampu. Kebesihan juga terdepan cak bagi kebugaran kita, karena di dalam fisik yang fit terdapat sukma yang kuat.

Kebersihan adalah keadaan bebas dari ampas termasuk diantaranya debu sampah dan bau. Saja kebersihan sering kali dianggap ringan oleh para siswa-siswi, kesadaran yang minim pun menjadi sebab masih adanya residu di mileu madrasah. Sebenarnya kegiatan sparing mengajar kembali dipengaruhi maka dari itu mileu sekitar yang steril pecah kotoran dan konsentrasi tokoh tidak akan mudah terpecah jika lingkungan sekolah asli khususnya di ruang kelas yang sedang ditempati. Banyaknya sampah yang berserakan disetiap ruang inferior menjadi dampak persoalan kebersihan yang paling sering terjadi di lingkungan sekolah. Padahal keindahan dan kenyamanan lingkungan sekolah menjadi titik acu lakukan semangatnya siswa-siswi dalam mencapai prestasi yang baik.

Saat ini seluruh penghuni Madrasah mempunyai peranannya sendirisendiri lakukan menciptakan lingkungan madrasah nan bersih, indah dan nyaman. Sahaja seringkali program madrasah tersebut tidak bepergian dengan baik sehingga programa sekolah tidak sesuai dengan bentuk. Selayaknya setiap upacara hari senin sudah diingatkan kembali maka itu Pembina seremoni mudahmudahan siswa-siswi bisa menjaga kebersihan lingkungan sekolah dan ruang kelas ,selain itu setiap perwakilan kelas bawah sepatutnya ada sudah berkomitmen dalam menjaga kebersihan kelas dan lingkungan madrasah yang disaksikan maka itu Pejabat madrasah, Wakil Pengarah madrasah  seluruh Master dan Petatar-siswi MI Podorejo, akan tetapi komitnen yang dilakukan saban ketua kelas sahaja menggugah sebagian kecil siswa-siswi di Misoa Podorejo.

B. Perumusan Ki aib

Rumusan masalah yang terwalak privat karya ilmiah ini adalah sebagai berikut :

  1. Barang apa konotasi kebersihan?
  2. Apa akibat tak menjaga kebersihan lingkungan madrasah?
  3. Cak kenapa menjaga kebersihan lingkungan madrasah itu sangat penting?
  4. Bagaimana cara meningkatkan kesadaran siswa-siswi Kwetiau Podorejo untuk menjaga kebersihan lingkungan Madrasah?

C. Tujuan Penulisan

Adapun pamrih berpangkal penulisan karya ilmiah ini yaitu :

  1. Bikin menjelaskan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan Madrasah dan akibat yang ditimbulkan jika tidak menjaga kebersihan lingkungan Madrasah.
  2. Untuk menimbulkan dan meningkatkan pemahaman murid-siswi Madrasah Ibtidaiyah agar dapat menjaga kebersihan lingkungan madrasahnya.

D. Manfaat Penulisan

Dengan adanya karya ilmiah ini diharapkan kognisi peserta-siswi Madrasah Ibtidaiyah  meningkat internal hal menjaga kebersihan lingkungan madrasah  hendaknya lingkungan madrsah  lebih bersih, luhur dan membuat siswa-siswi nyaman dalam menjalani proses belajar.

Gerbang II

PEMBAHASAN

A. Signifikansi Kebersihan

Kebersihan lingkungan adalah pelecok suatu peristiwa penting yang harus dijaga oleh petatar – siswi dan masyarakat di mileu madrasah.  Seperti yang kita ketahui bahwa kebersihan yakni suatu kejadian yang adil dari apa ampas, bubuk, penyakit, dan enggak lain, nan dapat mudarat segala aspek yang mencantol setiap kegiatan dan perilaku siswa-siswi di lingkungan tersebut. Kebersihan kembali merupakan peristiwa yang menunjang kegiatan belajar mengajar. Maka dari itu kita sebagai warga madrasah harus menjaga lingkungan madrasah agar tegar murni dan nyaman.

B. Dampak Seandainya Lain Menjaga Kebersihan Mileu Sekolah

Masih banyak pesuluh Madrasah Ibtidaiyah  yang belum peduli terhadap kebersihan lingkungan sekolah. Banyak siswa-siswi yang masih membuang sampah sembarangan walaupun  telah disediakan tong sampah. Biasanya mereka   berfikir, jika membuang sampah sembarangan di sekolah tidak menimbulkan dampak yang sejenis itu besar. Padahal banyak dampak yang boleh ditimbulkan jika suatu lingkungan tidak terjaga kebersihannya. Adapun dampak negatifnya antara enggak :

  • Menimbulkan genangan air. Kejadian ini bisa hanya terjadi di madrasah  kita jika pelajar cinta membuang sampah sembarangan. Sampah yang bertumpuk di selokan dapat menyumbat jalannya air di selokan tersebut sehingga, saat hujan abu menginjak, barangkali saja mengakibatkan paluh air yang dapat mengganggu kenyamanan kita
  • Abuk lantai nan jarang dibersihkan boleh menyebabkan murid batuk sebatas plus nafas. Laci meja yang penuh dengan sampah sekali lagi dapat dijadikan nyamuk misal tempat bersarangnnya. Apalagi sekiranya nyamuk harimau tersebut adalah nyamuk Aedes Aegypty yang dapat menyebabkan seseorang mengidap penyakit demam berdarah
  • Sampah nan bersusun dapat menimbulkan bau nan tidak mak-nyus sehingga mengganggu konsentrasi para murid setakat hawa dalam proses belajar-mengajar.

C. Pentingnya Menjaga Kebersihan Lingkungan Madrasah.

Madrasah  adalah tempat belajar, berlatih, dan memaksudkan ilmu pengetahuan umpama bekal hidup kita di kemudian masa. Kita akan boleh belajar dengan tenang, baik dan bersemangat seandainya keadaan Madrasah  tersebut tertib dan bersih. Untuk menciptakan suasana demikian, lain sepan dikerjakan makanya penjaga sekolah tetapi, tetapi harus dibantu maka dari itu semua pihak yang makmur di mileu itu, termasuk siswa-siswanya. Di kelas biasanya terpampang daftar piket, salah suatu tugas mereka adalah membersihkan kelas, papan tulis serta menyapu halaman. Dengan demikian, para siswa n kepunyaan kewajiban bakal melaksanakan tugas itu dengan baik dan rutin serta penuh tanggung jawab karena pekerjaan itu sebagian bersumber iman dan termasuk ibadah.

D. Cara Meningkatkan Kognisi Peserta-Siswi privat Menjaga Kebersihan Lingkungan Madrasah.

Didalam lingkungan sekolah, temperatur menjadi panutan semua peserta. Jika  guru berbuat baik, maka pesuluh pun akan berbuat baik juga. Cuma takdirnya guru  berbuat   tidak baik/jelek, maka mungkin dapat jadi murid juga dapat berbuat bertambah jelek. Privat upaya menyadarkan siswa akan kebersihan lingkungan   madrasah, para temperatur harus memberikan contoh yang baik, sama dengan dengan membuang sampah pada tempatnya dan memungut sampah yang   tergeletak. Guru juga bisa menegur siswa yang terkejar membuang sampah mengacak. Selain itu, guru bisa membagi denda kepada pegiat sehingga mereka insaf untuk mengulangi perbuatan mereka di kemudian waktu.

Kesadaran murid intern upaya menjaga kebersihan lingkungan madrasah  bersumber dari lever nuraninya masing-masing. Untuk menimbulkan kesadaran itu, dapat ditempuh dengan cara-kaidah berikut:

  • Membiasakan membuang sampah plong tempatnya.
  • Merasa malu sekiranya membuang sampah hantam kromo.
  • Melakukan piket kelas secara teratur.
  • Melaksanakan angkat royong rutin.

Dengan melakukan situasi-keadaan diatas, diharapkan nantinya akan menumbuhkan rasa bangun terhadap para siswa Laksa Podorejo  dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah.

BAB III

Pengunci

A. Kesimpulan

Pecah pembahasan diatas, kesimpulan yang dapat diambil adalah kebersihan lingkungan madrasah  harus dijaga sekaligus kiranya terbentuknya suasana aman dan nyaman internal proses belajar mengajar. Para guru dapat memberikan contoh kepada siswa-siswinya cak bagi menjaga kebersihan lingkungan madrasah  misalnya dengan membuang sampah pada tempatnya dan juga adakalanya membagi taklimat dan sapa pada pelajar yang kelihatan ataupun sering membuang sampah main tubruk.

B. Saran

Seharusnya terciptanya lingkungan madrasah nan bersih dan sehat maka diperlukan kerja separas bermula beraneka macam pihak, contohnya laksana berikut:

  • Menjaga kebersihan madrasah dengan membuang sampah lega tempatnya
  • Selalu bergotong royong
  • Menjalankan piket papan bawah dengan rasa beban jawab
  • Mematuhi pengelolaan tertib Madrasah  Ibtidiyah .

Daftar pustaka

http://faisal-fachrureza.blogspot.com/2014/02/transendental-karya-tulis-ilmiah-tentang-kebersihan-lingkungan-sekolah.html

http://abdulazisansori40.blogspot.com/2012/05/paradigma-karya-ilmiah-tentang-kebersihan.html

http://ilmudanpengetahuangratis.blogspot.com/2014/02/pentingnya-menjaga-kebersihan-di-sekolah.html

Share This Post To :


Kembali ke Atas


Kata sandang Lainnya :

  • Kwetiau Podorejo Sumbergempol ikut Menciptakan menjadikan Masyarakat Yang Sehat Produktif Dengan Vaksinasi
  • Mihun PODOREJO OUT BOND KE KAMPUNG COKLAT DAN Tipar ROJO BLITAR
  • Langkah-persiapan Penangkalan Bullying Laksa Podorejo
  • Menyiapkan Sistem Pembelajaran Di MI Podorejo Di Era New Normal
  • Fungsi IPTEK UNTUK PENDIDIKAN DI ERA Kesejagatan


Silahkan Isi Komentar mulai sejak gubahan artikel diatas :

Komentar :

   Kembali ke Atas

Source: http://mipodorejo.sch.id/index.php?id=artikel&kode=28