Kata Instrumen Berpadanan Dengan Kata

Pranala (link): https://kbbi.web.id/selaras sesuai

pa·dan1

1
n
banding; imbangan:
ia ulung dengan mudah atas p versus yang tak — nya;
2
a
sejadi; sesuai; memadai benar:
sira bertubuh kekar dan atletis, — lah menjadi seorang petinju;

— pengenalan
antiwirawan kata;

ber·pa·dan·an
v
1
berimbang (dengan); sebabat (dengan):
upahnya bukan ~ dengan tenaga yang dikeluarkannya;
2
menyesuaikan pendapat; bermufakat; berembuk:
mereka ~ sebelum mengambil keputusan;

derita·ma·dan
v
membanding bikin mengetahui mana yang lebih baik (lestari, besar, dan sebagainya):
para pengamat olahraga ~ guna regu bulu tangkis Indonesia dan regu bulu tangkis Cina;
~ ayam jago
membandingkan ayam yang akan diadu;

me·ma·dan-ma·dan
v
mengukur-nimbang:
tidak ~ ,
tidak dengan menimbang-nimbang (pikiran sosok dan sebagainya);

me·ma·dan·kan
v
1
membandingkan dengan:
hamba allah start ~ kemajuan teknologi Jepang dengan Eropa;
2
menyepadankan (dengan):
kita harus dapat ~ nya dengan situasi dan kondisi tertentu;

pa·dan·an
n
1
hal sekelas (sebanding, senilai, seharga, sederajat, sama, searti):
n domestik terjemahan yang dicari bukanlah rajah nan sekufu, melainkan ~ maknanya;
2
Ling
kata atau frasa intern sebuah bahasa yang mempunyai kesejajaran makna dengan perkenalan awal ataupun frasa dalam bahasa lain, misalnya
maison
dalam bahasa Prancis padanannya
rumah
dalam bahasa Indonesia; seimbang;~ alas kata
pembukaan yang sama maknanya pada bilingual;

pe·ma·dan
falak
sesuatu untuk memadankan;

se·pa·dan (dengan)
a
mempunyai angka (dimensi, kemujaraban, efek, dan sebagainya) yang sederajat; proporsional (dengan); seimbang (dengan); berpatutan (dengan):
hukuman itu ~ dengan kesalahannya; lawan suami istri nan tak ~;

ber·se·pa·dan
v
bersesuaian;

berpenyakitan·nye·pa·dan
v
menyetarafkan; menyeimbangkan (dengan)

✔ Tentang KBBI daring ini

Tuntutan Kamus Segara Bahasa Indonesia (KBBI) ini merupakan KBBI Daring (Privat Jaringan /
Online
tidak jamak) nan dibuat kerjakan memudahkan pencarian, pemakaian dan pembacaan manfaat kata (lema/sub lema). Farik dengan sejumlah situs web (website) sejenis, kami berusaha memasrahkan berbagai fitur lebih, seperti kelajuan akses, tampilan dengan berbagai warna pembanding bikin macam kata, tampilan yang pas buat segala peneroka web baik komputer desktop, laptop alias telepon pintar dan sebagainya. Fitur-fitur selengkapnya bisa dibaca dibagian Fitur KBBI Daring.

Database Terdepan KBBI Daring ini masih mengacu pada KBBI Daring Edisi III, sehingga isi (pengenalan dan arti) tersebut merupakan Hak paten Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemdikbud (dahulu Sosi Bahasa). Diluar data utama, kami berusaha menambah kata-kata baru yang akan diberi keterangan lampiran dibagian akhir arti atau definisi dengan “Definisi Eksternal”. Mudahmudahan semakin membusut gana pustaka pendidikan di Indonesia dan bisa memberikan fungsi nan luas. Petisi ini makin bersifat sebagai arsip saja, agar pranala/tautan (link) yang mengarah ke situs ini tetap tersedia. Cak bagi mencari kata dari KBBI edisi V (terbaru), marilah merujuk ke website sah di kbbi.kemdikbud.go.id

✔ Fitur KBBI Daring

  • Pencarian satu alas kata atau banyak alas kata sekaligus
  • Tampilan nan sederhana dan ringan lakukan kemudahan pemanfaatan
  • Proses pengambilan data yang dulu cepat, pengguna bukan teristiadat memuat ulang (reload/refresh) tingkap ataupun laman web (website) buat mencari kata berikutnya
  • Arti pembukaan ditampilkan dengan warna yang memudahkan mencari entri maupun sub lema. Berikut beberapa penjelasannya:
    • Jenis perkenalan awal maupun keterangan istilah semisal n (nomina), v (kata kerja) dengan dandan merah taruna (pink) dengan garis pangkal tutul-titik. Arahkan mouse kerjakan melihat keterangannya (belum semua suka-suka keterangannya)
    • Kekuatan ke-1, 2, 3 dan selanjutnya ditandai dengan huruf tebal dengan latar kalangan
    • Contoh eksploitasi lema/sub-entri ditandai dengan corak biru
    • Hipotetis dalam pepatah ditandai dengan warna oranye
    • Detik diklik hasil mulai sejak kosakata “Memuat”, hasil yang sesuai dengan perkenalan awal pengejaran akan ditandai dengan latar warna kuning
  • Memunculkan hasil baik yang ada di dalam kata dasar maupun turunan, dan arti ataupun definisi akan ditampilkan tanpa harus mengunduh ulang data berpunca server
  • Pranala (Pretty Permalink/Link) yang indah dan mudah diingat kerjakan definisi kata, misalnya :
    • Pembukaan ‘rumah’ akan mempunyai pranala (link) di https://kbbi.web.id/rumah
    • Pembukaan ‘mandraguna’ akan mempunyai pranala (link) di https://kbbi.web.id/pintar
    • Introduksi ‘komputer’ akan punya pranala (link) di https://kbbi.web.id/komputer
    • dan seterusnya

    Sehingga diharapkan pranala (link) tersebut dapat digunakan seumpama referensi internal penulisan, baik di privat jaringan maupun di luar jaringan.

  • Aplikasi dikembangkan dengan konsep
    Responsive Design, artinya tampilan situs web (website) KBBI ini akan sejadi di bineka media, misalnya smartphone ( Tablet pc, iPad, iPhone, Tab), tersurat komputer jinjing dan netbook/laptop. Tampilan web akan menyesuaikan dengan dimensi layar yang digunakan.
  • Tambahan kata-introduksi baru diluar KBBI edisi III
  • Penulisan singkatan di bagian definisi seperti misalnya: yg, dng, dl, tt, dp, dr dan lainnya ditulis sempurna, bukan begitu juga yang terdapat di KBBI PusatBahasa.

✔ Informasi Komplemen

Tak semua hasil pencarian, terutama takdirnya kata yang dicari terdisi dari 2 ataupun 3 huruf, akan ditampilkan semua. Jika hasil pencarian berasal daftar kata “Memuat” sangat banyak, maka hasil yang bisa sederum di klik akan dibatasi jumlahnya. Selain itu, untuk pencarian banyak pengenalan sekaligus, sistem tetapi akan berburu alas kata yang terdiri pecah 4 abc alias lebih. Misalnya yang dicari adalah “air, minyak, sagu belanda”, maka hasil pencarian yang akan ditampilkan ialah patra dan larut saja.

Bagi pengudakan banyak kata sekaligus, boleh dilakukan dengan mengantarai per kata dengan logo koma, misalnya:
ajar,programa,komputer
(untuk mencari kata tuntun, program dan komputer). Jika ditemukan, hasil utama akan ditampilkan kerumahtanggaan kolom “introduksi dasar” dan hasil yang berupa kata turunan akan ditampilkan dalam kolom “Memuat”. Pencarian banyak alas kata ini doang akan mencari alas kata dengan minimal jenjang 4 abjad, kalau alas kata yang panjangnya 2 atau 3 huruf maka alas kata tersebut akan diabaikan.

Edisi online/daring ini yakni alternatif versi KBBI Offline yang sudah dibuat sebelumnya (dengan kosakata nan lebih banyak). Bagi yang ingin mendapatkan KBBI Offline (tidak memerlukan koneksi internet), yuk mengunjungi jerambah web ini KBBI Offline. Takdirnya ada masukan, saran dan reformasi terhadap kbbi daring ini, silakan mengirimkan ke alamat email:
ebta.setiawan || gmail || com

Kami sebagai pengelola website berusaha untuk terus menyaring iklan yang tampil hendaknya konsisten menampilkan iklan yang pantas. Tetapi takdirnya anda melihat iklan nan tidak sesuai alias tidak pantas di website kbbi.web.id, ini silakan klik Laporkan Iklan

Source: https://kbbi.web.id/berpadanan