Kerajaan Demak Mengalami Kejayaan Pada Masa Pemerintahan

Modul Sejarah Indonesia Kelas bawah X KD 3.7 dan 4.7

e. Penyebaran Islam dilakukan melangkahi cara kekerasan

7. Kerajaan Samudra Pasai menjadi pusat perbisnisan karena:
a. Penghasil komoditas perdagangan nan berguna
b. Letaknya politis di dekat Selat Malaka
c. Banyak disinggahi petualang bersumber Asia dan Eropa
d. Runtuhnya Kerajaan Malaka ke tangan Portugis
e. Punya hubungan yang baik dengan kerajaan di Arab

8.

Bersendikan peta tersebut, letak Sultanat Samudra Pasai ditunjukkan
dengan huruf:

a. A
b. B
c. C
d. D
e. E

9. Hoessein Djajadiningrat menganjurkan pendapat bahwa agama Selam yang
ikut ke Indonesia dibawa oleh orang Persia. Peristiwa ini didasarkan plong adanya
bukti:
a. Kesetaraan jirat di Sumatra Paksina dan Gresik
b. Tradisi perdagangan yang telah berlangsung lama
c. Adanya rotasi Syi’ah di Indonesia
d. Visiun Islam yang berintikan mazhab Syafi’i
e. Di Sumatra Barat adanya peringatan 1 syuro

10. Agama Selam dibawa dan dikembangkan ke Indonesia oleh para pedagang
berusul:
a. Arab, Gujarat, dan Persia
b. Gujarat, Cina, dan Persia
c. Persia, Cina, dan Arab
d. Cina, Irak,dan Persia
e. Arab, Irak, dan Persia
Kunci jawaban

No Kunci Jawaban No Kunci Jwaban

1c 6e

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 18

Modul Sejarah Indonesia Papan bawah X KD 3.7 dan 4.7 7b
8a
2d 9c
3b 10 a
4a
5d

Daftar pustaka 19

Resep Sejarah Indonesia Siswa Kelas X, Kemendikbud, Tahun 2022
Bagus Sujatmiko dkk, 2022. “Masuknya Islam ke Indonesia”

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN

Modul Sejarah Indonesia Kelas bawah X KD 3.7 dan 4.7

Departemen Pendidikan dan Peradaban Republik Indonesia. 2022.Album
Indonesia X. Jakarta: Politeknik Kewedanan Kendaraan Fertil

Yatim, Badri, Ki kenangan Selam di Indonesia, (Jakarta: Depag, 1998).
https://www.harapanrakyat.com/2020/06/sejarah-islam-di-indonesia/

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 20

Modul Sejarah Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN i

Modul Memori Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

Urut-urutan Nyawa MASYARAKAT PADA
MASA KERAJAAN ISLAM

Rekaman INDONESIA Inferior X

Penggubah ii
MARIANA, M. Pd.
SMAN 10 BEKASI

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN

Modul Sejarah Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

DAFTAR ISI

PENYUSUN…………………………………………………………………………………………………………………………. ii
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………………………………………..iii
GLOSARIUM ………………………………………………………………………………………………………………………iv
PETA KONSEP …………………………………………………………………………………………………………………… v
PENDAHULUAN………………………………………………………………………………………………………………… 1
A. Identitas Modul ………………………………………………………………………………………….. 1
B. Kompetensi Pangkal ………………………………………………………………………………………. 1
C. Deskripsi Singkat Materi …………………………………………………………………………….. 1
D. Ilham Penggunaan Modul ……………………………………………………………………….. 2
E. Materi Penelaahan …………………………………………………………………………………… 2
KEGIATAN Penataran 1……………………………………………………………………………………….. 3
Kronologi Mahajana, PEMERINTAHAN DAN BUDAYA Plong Tahun
Kekaisaran-Kekaisaran Selam DI INDONESIA…………………………………………………………….. 3
A. Tujuan Pengajian pengkajian ………………………………………………………………………………….. 3
B. Uraian Materi …………………………………………………………………………………………….. 3
1. Imperium-Kerajaan Selam ………………………………………………………………………………………….. 3
2. Bukti Peninggalan……………………………………………………………………………………………………. 10
C. Rangkuman ……………………………………………………………………………………………… 12
D. Pelajaran Cak bertanya …………………………………………………………………………………………….. 13
E. Penilaian Diri …………………………………………………………………………………………… 14
EVALUASI………………………………………………………………………………………………………………………… 15
Daftar pustaka ………………………………………………………………………………………………………… 18

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN iii

Modul Ki kenangan Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

GLOSARIUM

Debus Joget yang puas puncak acara para tukang tari menusukkan
Jalur benda tajam ke tubuhnya tanpa pergi luka
Perniagaan : Jaringan logistik yang diidentifikasi sebagai koneksi jalur
Grebeg dan perhentian yang digunakan bagi angkutan kargo
bisnis.
Siput : diadakan tiga mana tahu dalam satu hari, ialah setiap copot 10
Dzulhijah (Idul Adha), 1 Syawal (Idul Fitri), dan tanggal 12
Teungku Rabiul awal (Maulud Utusan tuhan). Bentuk dan kegiatan seremoni
grebeg yakni mengarak gunungan berasal keraton ke depan
masjid agung
: bangunan yang terbuat dari bisikan atau tembok yang
berbentuk persegi panjang dengan sebelah lintang paksina-
daksina
: Gelar bangsawan untuk kaum pria berusul suku Aceh

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN iv

Modul Sejarah Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

Kar KONSEP

PERKEMBANGAN KEHIDUPAN Umum
Lega MASA KERAJAAN Selam

Kerajaan Selam BUKTI
Imperium Samudra Pasai PENINGGALAN

Kerajaan Malaka Musala
Kerajaan Aceh Keraton
Kerajaan Demak
Kerajaan Mataram Selam Taman bahagia
Kerajaan Banten Seni Rupa
Imperium Gowa Tallo Seni Sastra
Kerajaan Ternate dan Tidore

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN v

Modul Sejarah Indonesia Kelas bawah X KD 3.8 dan 4.8

PENDAHULUAN

A. Identitas Modul

Mata Pelajaran : Sejarah Indonesia
Kelas : X/2
Alokasi Tahun : 2 x 45 Menit
Judul Modul : Perkembangan vitalitas awam sreg masa Kerajaan Islam

B. Kompetensi Dasar

3.8. Menganalisis jalan kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan
budaya pada masa kekaisaran-kekaisaran Selam di Indonesia serta
menunjukkan contoh bukti-bukti yang masih bertindak pada sukma
awam Indonesia masa kini

4.8. Meladeni hasil penalaran kerumahtanggaan bentuk tulisan tentang nilai-nilai dan
unsur budaya yang berkembang pada tahun kerajaan Islam dan masih
berkelanjutan dalam nyawa bangsa Indonesia lega masa kini

C. Deskripsi Singkat Materi

Halo para pembelajar ki kenangan, apakah kalian tahu, lega penutup abad ke-16, Islam telah
melampaui kuantitas penganut Hindu dan Budha sebagai agama yang dominan lega
hidup publik di Jawa dan Sumatera momen itu. Sementara Bali ki ajek
mempertahankan kepercayaan terhadap agama Hindu, dan pulau-pulau yang berlambak di
wilayah Indonesia timur sebagian osean tetap menganut animisme sampai abad 17 dan 18
detik agama Kristen menjadi dominan di kawasan tersebut.

Islam dulu berpengaruh di semangat masyarakat Indonesia, peradaban islam
terus berkembang sampai saat ini. Yuridiksi kultur selam intern jiwa
publik Indonesia dapat kita lihat kerumahtanggaan keseharian awam Indonesia banyak adat
dan tradisi masih kita peringati seperti 1 muharam, hiburan wayang lagi kesenian lainnya
yang dapat beliau baca pada modul ini selengkapnya. Yuk separas-sama kita membaca modul
ini dan kerjakan semua Cak bimbingan tanya, penugasan mandiri, serta penilaian diri yaa, dan
jangan lupa kerjakan soal-soal evaluasi di adegan penutup modul ini, selamat belajar !.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 1

Modul Memori Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

D. Wangsit Pemakaian Modul

SILAHKAN DIBACA BAIK-BAIK TIAP Fragmen N domestik
MODUL INI DEMI Sampai ke Pamrih PEMBELAJARAN

SETELAH Mengaji, LUANGKAN WAKTUMU Bikin
MENGERJAKAN TUGAS MANDIRI DAN LATIHAN Soal

JANGAN TERGIUR Melihat KUNCI JAWABAN,
USAHAKAN MENGERJAKAN Sendiri

Pasca- Mendaras URAIAN MATERI, RANGKUMAN
DAN Pertanyaan LATIHAN, ISI PENILAIAN DIRI DAN
KERJAKAN EVALUASI

COCOKAN HASIL KERJAMU DENGAN Ki akal JAWABAN
EVALUASI

JIKA NILAIMU MASIH Invalid , BELAJARLAH LAGI
PEMAHAMAN TENTANG MATERI TERSEBUT

E. Materi Penelaahan

Modul ini merupakan kegiatan pembelajaran yang di dalamnya terdapat jabaran materi,
hipotetis soal, tanya kursus dan evalusi. Materi nan akan dibahas pada modul ini merupakan
adapun urut-urutan atma awam sreg masa Kerajaan Islam, dengan
kegiatan pembelajaran:
Pertama : Kerajaan-imperium Islam dan bukti peninggalannya plong masa kini

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 2

Modul Sejarah Indonesia Kelas bawah X KD 3.8 dan 4.8

KEGIATAN Penataran 1
PERKEMBANGAN Publik, Tadbir DAN BUDAYA

Plong Hari Kekaisaran-KERAJAAN ISLAM DI INDONESIA

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan penerimaan 1 ini diharapkan bisa membandingkan
perkembangan kehidupan masyarakat, pemerintahan, dan budaya plong waktu kerajaan-
kekaisaran Islam di Indonesia serta menunjukkan model bukti-bukti yang masih berlaku
lega semangat masyarakat Indonesia kontemporer serta mendidik warta tersebut
sehingga menjadi sebuah tulisan sederhana secara tertulis dengan rapi dan
bertanggungjawab

B. Uraian Materi

1. Kerajaan-Kekaisaran Islam
Agama Islam masuk ke Indonesia melalui jalur perdagangan. Agama Selam

mengapalkan banyak sekali pengaturan dan pergantian bagi masyarakat Indonesia di berbagai macam
bidang. Kedatangannya nan melangkaui beragam terusan islamisasi mewujudkan Agama selam
dengan mudah masin lidah dan dianut oleh para penguasa di daerah-provinsi. Akibatnya, rakyat
yang bernas pada kewedanan kekuasaannya mengimak kepercayaan rajanya. Kerajaan-
kekaisaran bercorak Selam nan terdapat di Indonesia, antara lain umpama berikut.

a. Kerajaan Ki akbar Pasai
1) letak Geografis
Kekaisaran pertama di Indonesia yang bercorak Selam adalah Kerajaan
Samudra Pasai,yang terdapat di rantau utara Aceh,pada muara Sungai Psangan
(Pasai). Pada hilir sungai tersebut terdapat dua ii kabupaten, yaitu Besar (agak jauh
dari laut) dan Pasai yang adalah kota di pesisir rantau.

2) Perigi-Sendang Ki kenangan
Sumber-sumber memori yang dapat dipakai buat mempelajari album

Raksasa Pasai merupakan bagaikan berikut.
▪ Inskripsi (tulisan) pada nisan makam Paduka tuan Malik As Alim.
▪ Berita-berita asing berpangkal Marcopolo dan Ibnu Batutah.
▪ Kronika Raja Pasai.

3) Semangat Umum
a) Hayat Kebijakan
Kerajaan Samudra Pasai dibangun maka dari itu Marah Silu. Anda berhasil
merembukkan Segara dan Pasai. Marah silu memeluk agama Islam mendapat habuan
pertemuannya dengan Syekh Ismail, sendiri utusan Syarif Makkah. Sreg tahun
1285, Marah silu kemudian dinobatkan menjadi sultan dengan gelar Yang dipertuan Malik
As Alim.
Setelah Prabu Malik As Saleh wafat pada tahun 1297, jabatan syah
kemudian diteruskan oleh putranya yaitu Baginda Malik At Thahir. Sultan Malik At
Thahir memiliki dua orang putra, yaitu Mahmud dan Malik Al Mansyur. Kedua
orang putranya itulah yang kemudian mewarisi tahta kekaisaran, kemudian ibu kota
kerajaan dipindahkan ke Lhokseumawe. Pemegang kekuasaan selanjutnya adalah
Sultan Ahmad Perumadat Perumal. Pada tahun pemerintahannya, Samudra Pasai
mutakadim menganyam pertautan dagang dengan Kesultanan Delhi (India). Hal tersebut

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 3

Modul Sejarah Indonesia Papan bawah X KD 3.8 dan 4.8

dibuktikan saat Muhammad Tughlug dari India puas tahun 1345 mengangkut
utusannya, Anak laki-laki Batutah ke Cina. Ia mampir tambahan pula habis di Osean Pasai.
Sekembalinya dari Cina sreg tahun 1346, Ibni Batutah singgah lagi di Samudra
Pasai dan dituruti dengan baik oleh Paduka tuan Ahmad.

b) Semangat Ekonomi, Sosial, dan Budaya
Karena letaknya yang lewat setrategis, Samudra Pasai berkembang dengan

cepat menjadi anak kunci bursa dengan pusat studi Islam yang riuh-rendah. Banyak
pedagang dari berbagai area seperti di Benggala, Gujarat, Arab, dan Cina yang
berdatangan di Osean Pasai.

Imperium Samudra Pasai mengalami kebangkrutan setelah asian serangan
berpunca Majapahit yang mau memusatkan Nusantara. Setelah majapahit meyakini
adanya hubungan antara Samudra Pasai dengan Sultanat Delhi di India, pada
tahun 1349 Raksasa Pasai diserang dan mengalami kehancuran. Sejak itu, samudra
Pasai lebih mundur dan diperparah dengan berpindahnya pusat perdagangan ke
Pulau Bintan dan Aceh Utara. Sreg kesannya Besar Pasai dapat ditaklukkan makanya
Kesultanan Aceh.

b. Kerajaan Malaka
1) Letak Ilmu permukaan bumi
Letak Kerajaan Malaka sangat politis, adalah berada di Tanjung Malaya
dengan ibu kotanya di Malaka. Letak yang sangat strategis itu berkarisma samudra
terhadap perkembangan nasib tadbir, roh ekonomi, sosial,
dan budaya publik. Kerajaan Malaka adalah pusat perdagangan dan
penyiaran Islam di Asia Tenggara, ketika Kerajaan Malaka mengalami masa
kemajuan.

2) Kehidupan Politik
Kanjeng sultan pertama sekaligus pendiri Kerajaan Malaka merupakan Iskandar Kanjeng sultan. merek

Iskandar Aji merupakan stempel islam nan diperoleh setelah memeluk agama
Selam. Pada waktu pemerintahannya, Kerjaan Malaka berkembang sebagai pelecok suatu
Imperium Islam terbesar yang disegani di Asia Tenggara. Wilayah kekuasaan Malaka
diperluas setakat sampai ke daerah Semenanjung Malaka pada masa pemerintahan
Mehammad Iskandar Syah. Bakal menyodorkan perekonomiannya, Muhammad
Iskandar Kanjeng sultan berupaya menjadikan Malaka sebagai penguasa tunggal jalur
perdagangan di Selat Malaka.

Untuk mencapai cita-citanya tersebut, ia harus terlebih sangat menguasai
Samudra Pasai. Muhammad Iskandar Sunan memiliki garis haluan perkawinan, yaitu
dengan menikahi pemudi pecah kaisar Samudra Pasai.

Kerajaan Malaka boleh mencapai puncak keberuntungan pada masa Sultan Mansyur
Syah. pada masa pemerintahannya, Malaka berhasil menjadi taktik bazar
dan penyebaran agama Islam di Asia Tenggara. Sultan Mansyur Syah menyinambungkan
politik ayahnya dengan memperluas distrik kekuasaanya baik di Semenanjung
Malaka atau di kawasan Sumatra Paruh

Jalan kebijakan Kerajaan Malak mengalami degradasi puas masa
rezim Sultan Alauddin Syah. Banyak daerah taklukan Kerajaan Malaka nan
mengecualikan diri. Perang dan pertentangan banyak terjadi di Kekaisaran yang
berada dibawah yuridiksi Malaka.

Kerajaan Malaka semakin melemah bilamana Sulta Mahmud Sunan memerintah.
Kawasan kekuasaanya hanya menghampari sebagian kecil Semenanjung Malaya. Hingga
lega akibatnya bangsa portugis berbuntut menduduki Malaka sreg tahun 1511 dan
mengakhiri supremsi di Malaka.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 4

Modul Sejarah Indonesia Inferior X KD 3.8 dan 4.8

3) Atma Ekonomi, Sosial, dan Budaya Awam Malaka
Vitalitas perekonomian masyarakat Malaka bertumpu puas perdagangan

dan pelayaran. Masyarakat Malaka dapat disebut bagaikan umum maritim.
Masyarakatnya banyak yang berprofesi sebagai pedagang dan nelayan. Sebagai
awam yang atma dalam dunia nautikal, gabungan sosial masyarakatnya
sangat terbatas. Bahkan diantara mereka cenderung condong ke sifat-sifat
individualisme. Oleh karena itu, hubungan sosial masyarakat maritim lampau jauh
farik dengan umum agraris.

Arwah sosial masyarakat Malaka juga sudah diatur dengan sistem undang-
undang yang baik. Dalam nasib sehari-periode masyarakat Malaka mengguanakan
bahasa Melayu sebagai bahasa pengantar. Kebudayaan awam Malaka
dipengaruhi maka dari itu tamadun Melayu dan agama Islam. Agama nan dianut adalah
agama Islam yang dijadikan agama negara.

c. Kerajaan Aceh
1) Letak Geografis
Secara Geografis letak dan kedudukan Kekaisaran Aceh sangat taktis di sekitar
Selat Malaka. Kerajaan Aceh terwalak di pulau Sumatra babak paksina dan dekat dengan
kolek pelayaran dan ekspor impor sejagat. Ramainya aktivitas pelayaran dan
perdagangan melangkahi bandar-pangkalan penggalasan, Kerajaan Aceh mempunyai
perkembangan jiwa dalam barang apa rataan.

2) Sukma Politik
Sultan purwa yang memerintah sekaligus pendiri Imperium Aceh adalah Aji

Ali Mughayat Syah. Kerajaan Aceh menyentuh musim kesuksesan pada perian tadbir
Sultan Iskandar Cukup umur. Bandar Aceh dibuka menjadi pangkalan internasional dengan
acaram pengamanan bujukan laut dari kapal perang Portugis. Wilayah Aceh
terbentang dari wilayah Deli hingga ke Ancol Malaka. Namun belum dapat
menguasai Malaka karena diduduki oleh Portugis.

Pengalih Sultan Iskandar Muda adalah Paduka Iskandar Thani. Perian
pemerintahannya tidak lama karena ia lain n kepunyaan kepribadian dan kecakapan yang
lestari begitu juga Sultan Iskandar Akil balig. Imperium Aceh terus mengalami dekadensi
karena sejumlah faktor sebagai berikut:
a. Kerajaan Aceh mengalami kekalahan dengan perang melawan Portugis di Malaka.

Dalam perang tersebut jatuh banyak sasaran spirit dan harta benda.
b. Tidak adanya tokoh yang cantik yang memerintah Aceh sepeninggal Paduka tuan

Iskandar Mulai dewasa.

c. Daerah-daerah taklukan yang jauh dari pemerintahan pokok mulai mengasingkan diri
berusul supremsi Aceh sebagaimana Johor, Matras, Pahang, Minangkabau, dan Siak.

3) Arwah Sosial, Ekonomi, dan Budaya
Dilihat bermula segi vitalitas sosial, kemakmuran rakyat semakin meningkat

sehingga menyebabkan berkembangnya sistem feodalisme. Kaum ningrat yang
memegang kekuasaanya privat pemerintahan sipil disebut golongan teuku. Persaingan
kedua golongan itu mengakibatkan lemahnya kedudukan Aceh. Di samping itu,
kehidupan sosial intern masyarakat Aceh lebih banyak didasarkan pada ajaran agama
Selam.

Lega periode keberuntungan Aceh, perekonomian Aceh mengalami kronologi yang
sangat pesat, Daerah Aceh nan makmur banyak menghasilkan lada. Sreg masa itu,
aktivitas perekonomian Kerajaan Aceh telah berkembang sampai jauh keluar negeri
imperium. Justru negara-negara Barat sudah lalu melakukan perdagangan di wilayah Aceh.
Kapal-kapal menggandar Aceh juga aktif dalam pelayaran dan perdagangan sampai ke
wilayah Laut Merah.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 5

Modul Sejarah Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

Aceh sekali lagi mengalami kemajuan dalam rataan sosial-budaya. hal ini terlihat
dengan disusunnya suatu undang-undang tentang penyelenggaraan pemerintahan nan disebut
dengan “Adat Makuta Alam”. Sastra dan metafisika di Aceh juga mengalami kejayaan. Pada
masa itu muncul merek Hamzah Fansuri, seorang cerdik pandai ki akbar yang mengajarkan aji-aji
tasawuf dan mengarang trik tentang filsafat agama Selam dan syiar keagamaan.
Ajaranya diteruskan dan disebarkan oleh muridnya adalah Syamsuddin Pasai.

Di sisi lain ada seorang ulama besar nan bernama Nuruddin Ar Raniri. pengarang
kunci sejarah Aceh yang sangta menentang ajaran Hamzah Fansuri. N domestik buku sejarah
Aceh yang diberi nama Bustanussalatin (Taman Barang apa Raja) menguraikan tentang adat
istiadat masyarakat Aceh dan ilham agama Islam.

d. Imperium Demak
1) Letak Geografis
Secara geografis Kerajaan Demak terletak di Jawa Tengah, Kerajaan Demak
berkembang terbit sebuah kawasan yang bernama Bintoro yang merupakan daerah
begundal dari Majapahit. Kekuasaan pemerintahanya diberikan kepada Raden Patah,
salah koteng keturunan Pangeran brawijaya V (raja Majapahit) dan ibunya menganut Selam
serta semenjak berusul Jeumpa. Pada sediakala munculnya, Kerajaan Demak mendapat pertolongan
bermula tumenggung pantai rantau utara Jawa bagian paruh dah timur nan mutakadim menganut
Selam. Kerajaan Demak merupakan kerajaan Selam pertama di Pulau Jawa.

2) Semangat Politik
Raja pertama dan pendiri Kerajaan Demak adalah Raden Patah (1500-1518). Puas

hari pemerintahanya, wilayah kekuasaan Demak meliputi daerah Jepara, Tuban,
Sedayu, Palembang, Jambi, dan sejumlah daerah di Kalimantan. Pada masa

pemerintahanya dibangunu Bandarsah Agung Demak yang pembangunannya dibantu para
pengasuh dan paduka.

Pengalih Raden Terpotong adalah Pati Unus yang memerintah dari 1518-1521. Hari
pemerintahan Pati Unus tidak seperti itu lama, cuma namanya cukup dikenal ibarat
panglima perang yang memimpin pasukan Demak menyerang Portugis di Malaka.
Kerajaan Demak mencapai puncak kejayaanya pada masa tadbir Yang dipertuan
Trenggono. Kawasan-kewedanan nan bertelur dikuasai antara bukan Banten, Sunda Nyiur,
dan Cirebon. Penguasaan terhadap daerah itu berniat untuk menghancurkan
terjalinya gabungan antara Kerajaan Pajajaran dengan Portugis. Akhirnya armada
Portugis bisa dihancurkan oleh armada Demak dan nama Sunda Kerambil diganti
menjadi jayakarta. Kerajaan Demak berangkat mengalami degenerasi pada masa
pemerintahan Sultan Prawoto karena terjadinya aneksasi kekuasaan antara Sunan
Prawoto dengan Arya Panangsang. Arya Panangsang yaitu bupati Demak yang

merasa lebuh berhak atas tahta Kerajaan Demak. Pencaplokan pengaruh ini
berkembang menjadi konflik berdarah dengan terbunuhnya Sunan Prawoto dan
Tuanku hadiri. Konflik berdarah ini karenanya berkembang menjadi perang ari-ari.
Dalam perang tersebut, Arya Panangsang terbunuh sehingga tahta Kerajaan Demak
merosot ke tangan Jaka Tingkir (menantu Tuanku Trenggono). Jaka Tingkir menjadi Aji
Kerajaan Demak ke daerah Pajang.

3) Spirit Sosial, Ekonomi, dan Budaya
Semangat Sosial masyarakat Demak jauh berbeda dengan kehidupan sosial plong

masa Kekaisaran Majapahit. Pada periode supremsi kerajaan Demak, kehidupan sosial
masyarakatnya diatur sesuai wahi islam. Namun, masih ada masyarakat yang
menjalankan pagar adat lama. Dengan demikian muncullah atma sosial umum
yang adalah perpaduan antara agama Selam dengan tradisi Hindu-Buddha.
Jiwa perekonomian Kerajaan Demak berkembang pada sektor perbelanjaan dan
perladangan dengan bertambah menitikberatkan lega sektor bursa karena letak
Kekaisaran Demak yang sangat diplomatis, yaitu berada pada kolek lalu lintas pelayaran dan

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 6

Modul Sejarah Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

perdagangan antara pengahsil rempah-rempah di wilayah Indonesia bagian timur dan
Malaka sebagai pasar di indonesia bagian barat.

Perekonomian Kerajaan Demak berkembang dengan pesat kerumahtanggaan mayapada maritim.
Peristiwa tersebut didukung oleh sektor pertanian yang layak ki akbar di Kekaisaran Demak. Di
samping itu, Kerajaan Demak lagi mengusahakan kooperasi dengan kewedanan di pantai
utara Jawa yang telah menganut agama Islam sehingga tercipta persekutuan di bawah
bimbingan Demak.

Nyawa budaya masyarakat Demak dapat terlihat dari warisan-
peninggalan Kerajaan Demak. Budaya Selam yang baru masuk ke Indonesia berpadu
sempurna dengan budaya putih masyarakat setempat. Masjid Agung Demak yaitu karya
raksasa para wali yang menggunakan tren zakiah Indonesia yaitu atapnya berjenjang tiga
dan punya pendapa. Di kompleks langgar sreg bagian bokong terdapat makam. Di
gelanggang itu dimakamkan aji-raja Demak dan sangat dikeramatkan oleh publik
setempat.

e. Kekaisaran Mataram Islam
1) Letak Geografis
Pada semula perkembanganya, Mataram Islam (Mataram) adalah sebuah distrik
kadipaten nan berada dibawah dominasi Pajang. Mataram terletak di daerah Jawa
Tengah bagian selatan dengan pusatnya di Kotagede, kewedanan Jogjakarta waktu ini. Berpunca
daerah itulah Mataram terus berkembang sampai menjadi sebuah imperium besar yang
wilayahnya meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, dan sebagian Jawa Barat.

2) Kehidupan Kebijakan
Paduka tuan pertama dan pembangun Kerajaan Mataram yakni Sutawijaya. Sesudah

Sutawijaya menurunkan dasar-dasar tadbir Imperium Mataram, selanjutnya
Sutawijaya bergelar panembahan Senopati ing Sayidin Alogo Panatagama artinya
kepala armada tentara dan pengatur agama. Wilayah kekuasaan Mataram diperluas
hingga sampai Surabaya, Madiun, Ponorogo, Pasuruan, dan Kediri.

Pada masa pemerintahan Mas Jolang wilayah Mataram diperluas dengan
mengadakan pencaplokan terhadap daerah di sekitarnya. Pada hari 1612, Mas Jolang
berhasil menguasai Gresik, Mas Jolang wafat di desa Krapyak sehingga dikenal dengan
sebutan Panembahan Seda ing Krapyak.

Pengganti Mas Jolang adalah Raden Mas Rangsang yang bergelar Sultan Agung
Hanyokrokusumo. Di pangkal pemerintahannya, Imperium Mataram mencapai periode
kesuksesan. Tujuan pemerintahan Yang dipertuan Agung merupakan mempertahankan seluruh kapling
jawa dan mengusir orang-orang Belanda di Batavia, sehingga di bawah
pemerintahannya Belanda rumpil menembus kawasan Mataram. Prestasi Sultan Agung

antara lain antara lain dapat menjinakkan para regen nan tak mengakui
kekuasaan pusat mataram, menyusun kitab undang-undang Surya Alam yang
yakni perpaduan hukum Islam dan adat istiadat Jawa serta mengirim armada
dan pasukannya bakal menyerang Batavia yang dikuasai VOC

Setelah wafatnya Kaisar Agung, Belanda bisa turut wilayah Mataram plong tahun
pemerintahan Sunan Amangkurat I. Beliau berkreasi sebanding dengan pihak Belanda. Keadaan
tersebut membuat ketidaksenangan rakyat Mataram sehingga menimbulkan banyak
pemberontakan. Sahaja semua dipadamkan karena Sunan Amangkurat I dibantu oleh
Belanda.

Wilayah supremsi Mataram menjadi semakin sempit puas hari rezim
Baginda Amangkurat II. Situasi tersebut dikarenakan sebagian besar distrik kekuasaanya
diambil oleh belanda. Amangkurat II mendirikan ibu kota baru di distrik Wonokerto
yang kemudian dikenal dengan etiket Kartasura. Di negeri Kartasura Amangkurat II
menjalankan pemerintahan di atas sisa-cirit Kerajaan Mataram. Sesudah Sunan
Amangkurat II wafat,wilayah Mataram terbagi menjadi dua melalui perjanjian Giyanti.
Isi perjanjian Giyanti yakni Imperium Mataram terbagi menjadi dua, ialah Area

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 7

Modul Memori Indonesia Inferior X KD 3.8 dan 4.8

Kasultana Jogjakarta yang diperintah oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I dan Provinsi
Kasuhunan Surakarta, yang diperintah Susuhunan Pakubuwono I.

f. Kerajaan Banten
1) Letak Geografis
Secara geografis Banten terletak di Jawa Barat bagian paksina (waktu ini provinsi
Banten). Kerajaan Banten terwalak di daerah Banten, di ujung barat Pulau Jawa. Pasca-
Fatahillah berhasil merebut Sunda Kelapa pada musim 1527, distrik Banten
dikembangkan seumpama pusat perdagangan dan aliran agama Selam. Bawah-dasar
Imperium banten diletakkan oleh Hasanuddin (putra Fatahillah). kronologi
Kerajaan Banten sangat pesat dan hingga ke puncak kejayaan puas msa pemerintahan
Kaisar Ageng Tritayasa.
Letak Kekaisaran Banten sangat taktis, sehingga menjadikan Banten sebagai
penguasa sagur pelayaran dan perdagangan nan mempunyai Selat Sunda. Banten
berkembang menjadi sebuah Kerajaan besar di Jawa Barat dan bahkan lawan berat
VOC (Belanda) yang berkedudukan di Batavia.

2) Vitalitas Kebijakan
Paduka tuan purwa (pendiri) Kerajaan Banten yaitu Hasanuddin. Sreg waktu

pemerintahanya penyebaran agama selam dan bazar di Banten berkembang
pesat. Hasanuddin juga menjalin pertemanan yang karib dengan Kerajaan Indrapura
di Sumatra. Nikah diplomatik ini diperkuat melalui ijab kabul politik antara
Hasanuddin dengan kuntum prabu Indrapura. Pengalih Raja Hasanuddin merupakan
Panembahan Yusuf (1570-1580). Panembahan Yusuf masih berusaha memperluas
negeri Banten sekaligus menyebarkan agama Islam. Sira membidas Pajajaran nan
ialah Benteng ragil Imperium Hindu di Pulau Jawa. Dengan demikian, terbuka
kesempatan bagi Banten untuk menyebarkan agama Islam di distrik Jawa Barat.

Banten juga melakukan terjangan terhadap Kerajaan Palembang pada periode
rezim Maulana Muhammad. Palembang akan dijadikan perumpamaan batu loncatan
cak bagi menguasai bandar di rantau Selat Malaka. Palembang tak berhasil dikuasai
dan bahkan Maulana Muhammad tewas dalam perdurhakaan tersebut. Pengganti
Maulana Muhammad yakni Abu Mufakir. Namun berita tentang Yang dipertuan Tepung Mufakir
tidak banyak diketahui, kecuali berita tentang kedatangan orang Belanda untuk
pertama kalinya di Indonesia di bawah pimpinan Cornelis de Houtman. Banten
mengalami masa kejayaan pada pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa. Dalam upaya
mempertahankan Banten sebagai salah suatu pusat bazar di Indonesia, Pangeran
Ageng Tirtayasa berani bersikap tegas terhadap persekutuan niaga Belanda (VOC)
yang berkedudukan di Batavia. Jarak antara Banten dan Batavia yang dekat membuka
peluang meletusnya konflik antara Banten dan Batavia.

Tetapi sikap tegas Ratu Ageng tirtayasa tersebut tidak diteruskan oleh
putranya, Sultan Haji. Anda condong berkomprimi dengan VOC. Perbedaan sikap
tersebut memuncak menjadi perang tali pusar antara Sultan Ageng Tirtayasa dengan
Sultan Haji. Privat perang tersebut, Sunan Haji dibantu maka itu VOC, alhasil Sultan
Ageng Tirtayasa terpaksa dan kemudian tertangkap. Peristiwa kemenangan Sultan haji
menandai berakhirnya kesuksesan Kekaisaran Banten, karena sehabis itu Banten berada di
bawah pengaruh VOC.

g. Kekaisaran Gowa Tallo
1) Letak Geografis
Kerajaan gowa dan Tallo merupakan dua Kerajaan yang terletak di Sulawesi
Kidul dan saling berhubungan baik. Kedua Kerajaan tersebut kemudian lebih dikenal
dengan Kerajaan Makasar. Makasar sebenarnya adalah ibu kota Gowa yang juga
disebut bagaikan Ujung Pandang.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 8

Modul Sejarah Indonesia Papan bawah X KD 3.8 dan 4.8

2) Nasib Politik
Kronologi pesat kerajaan Makasar enggak sungkap mulai sejak raja-ratu nan ikatan

memerintah Kerajaan Makasar.
Berikut ini merupakan sunan-sinuhun yang pergaulan memerintah Kerajaan Makasar, di antaranya
sebagai beikut.

1. Sultan Alaudin
2. Sultan Hasanuddin
3. Yang dipertuan Mapasomba

3) Kehidupan Sosial, Ekonomi, dan Budaya
Spirit sosial masyarakat Imperium Makasar diwarnai dengan visiun agama

selam. Mayoritas masyarakat Makasar beragama Islam sampai waktu ini. Pada periode
tadbir Sultan Alaudin, ia sangat giat mengislamkan rakyatnya. Ia memperluas
distrik pengaruh bukan hanya puas negeri dan pulau di sekitarnya, melainkan juga
sampai di bagian timur Pulau Sumbawa dan Cabai. Mereka juga berusaha
meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya dengan berpegang teguh pada
keimanan, bahwa Tuhan menciptakan lautan bikin semua hamba-Nya.

Nasib ekonomi awam Makasar bertumpu lega sistem kelautan yang
dimilikinya. Makasar yang berkembang andai persinggahan internasional banyak
dikunjungi oleh pedagang asing seperti Portugis, Inggris, dan Denmark. Mereka datang
ke Makasar melaksanakan kegiatan dalam meres perbelanjaan. Pedagang-pedagang
Makasar memegang peranan terdepan dalam perbelanjaan di Indonesia dan mereka
menggunakan kano seperti penisi dan lambo. Keadaan itu menyebabkan mereka
bersemuka dengan belanda dan menimbulkan perlawanan di mana-mana. Belanda
yang merasa berkuasa atas daerah maluku seumpama sendang rempah-rempah

menganggap Makasar bagaikan pangkalan ilegal. Di persinggahan Makasar
diperjualbelikan rempah-rempah nan berasal berpokok Maluku. Kerjakan menata
pelayaran dan perbelanjaan dalam wilayahnya, disusunlah hukum ekspor impor yang
disebut “Ade Allopiloping Bicaranna Pabbalu’e” sreg sebuah naskah lontar tentang
hukum laut karya Amanna Gappa. Vitalitas budaya masyarakat Makasar terlampau
dipengaruhi oleh keadaan Imperium Makasar yang bersifat maritim. Hasil budayanya
seperti alat penangkap ikan dan kapal pinisi. Sampai sekarang kapal penisi berpokok
Sulawesi Selatan menjadi pelecok satu kebanggan nasion Indonesia. Di samping itu,
publik Kekaisaran Makasar lagi berekspansi seni sastra yaitu Kitab Lontar.

h. Imperium Ternate dan Tidore di Maluku
1) Letak Geografis
Kerajaan Ternate dan Tidore terwalak di sebelah barat Pulau Halmahera (Maluku

Utara). Wilayah yuridiksi kedua kerajaan ini meliputi Kepulauan Maluku dan sebagian
Papua. Kapling Maluku nan kaya akan rempah-rempah menjadikannya dikenal didunia
internasional dengan sebutan “The Spicy Island”. Dari wilayah Imperium ini banyak
dihasilkan rempah-rempah terutama cengkih dan pala yang banyak dicari para
musafir alam semesta. Maluku menjadi “Ladang Emas” yang bukan ternilai harganya
cak bagi mereka.

2) Semangat Politik
Di Kepulauan Maluku banyak terletak Kekaisaran kecil, di antaranya Imperium

Ternate sebagai pemimpin uli lima, yakni lima berfamili nan wilayahnya mencangam
Pulau Ternate, Obi, Bacan, dan Ambon. Uli siwa yang berarti persekutuan sembilan
bersaudara yang wilayahnya mencakup Pulau Makayan, Jailolo maupun Halmahera dan
pulau-pulau di antara daerah itu sampai dengan Pulau Papua. Di antara Kekaisaran-
imperium kecil di distrik tersebut merupakan fragmen dari dua imperium yang memegang
peranan terdahulu, yaitu Imperium Ternate dan Tidore. kedua Kerajaan itu saling
bermusuhan dan mau menduduki kekuasaan termulia atas seluruh daerah maluku

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 9

Modul Sejarah Indonesia Kelas bawah X KD 3.8 dan 4.8

sebagai penyusun rempah-rempah. Kerajaan Ternate mendapatkan bantuan terbit
Portugis. Sebaliknya Kekaisaran tidore dibantu maka itu bangsa spanyol yang juga telah
setakat di resep rempah-rempah. Maka terjadilah perjuangan antara Kekaisaran Ternate
yang dibantu Portugis dan Imperium tidore yang dibantu Spanyol. Buat mengatasi
silang sengketa antara kedua bangsa eropa tersebut, Paus roboh tangan dan mengadakan
perjanjian untuk perdamaian keduanya. Perjanjian tersebut disebut Perjanjian
Saragosa nan isinya “Spanyol harus meninggalkan Maluku dan Portugis tetap boleh
melaksanakan kegiatanya di Maluku”.

Kerelaan Portugis internal perjanjian itu kembali yaitu keberhasilan Imperium
Ternate atas Kerajaan tidore. Kekaisaran Ternate berkembang pesat di bawah kekuasaan
prabu-tuanku sebagai berikut.
1. Sultan Zainal Abidin
2. Yang dipertuan Tabariji
3. Sultan Hairun
4. Yang dipertuan Baabullah

3) Kehidupan Sosial, Ekonomi, dan Budaya
Daerah Maluku memiliki posisi terdepan perumpamaan sumur atau pereka cipta rempah-

rempah sehingga selalu menjadi resep perhatian mayapada. Setiap bangsa selalu berusaha
buat melakukan kegiatan perdagangan di kawasan Maluku. Kehidupan seperti itu
sangat besar pengaruhnya terhadap hubungan sosial di antara mahajana di Maluku.
Masyarakat Maluku bisa semangat lega dada dan tenteram, hal itu dipengaruhi maka itu kuatnya
hubungan sosial antar masyarakat Ternate dan Tidore.

Kehidupan ekonomi Imperium Ternate dan Tidore mementingkan pada kegiatan
perdagangan perumpamaan sumber pendapatan pekerjaan. Secara ekonomi, Maluku dikenal
bak pencipta rempah-rempah seperti cengkih dan pala. Kedua komoditi itu
yakni barang dagangan yang diperlukan oleh bangsa Eropa. Akibatnya Maluku
sering didatangi makanya para pedagang baik berpangkal Jawa, Sulawesi, Persia, dan Eropa. Kancing
perkembangan perkulakan di Maluku mengakibatkan terbentuknya persaingan
antarpersekutuan itu. Persaingan menjadi semakin tajam setelah datangnya bangsa
Eropa ke Maluku. Sebagian besar hasil budaya masyarakat Ternate dan Tidore
dipengaruhi makanya hal imperium nan merupakan kekaisaran maritim. hasil
kebudayaan yang terkenal adalah perau kora-kora. Selain itu, spesies-diversifikasi kebudayaan
Maluku tidak banyak diketahui.

2. Bukti Peninggalan
Bukti pusaka yang masih berlaku lega hayat masyarakat indonesia

kontemporer Kekaisaran Islam mutakadim berkuasa di Indonesia kerjakan waktu nan lama dan
memiliki supremsi lautan. Peran khalayak-orang suci atau pengkhotbah Islam juga
memainkan peran utama. Setelah terjadinya suatu kejatuhan dan keruntuhannya,
privat kerajaan Islam di wilayah Indonesia sudah lalu meninggalkan bineka diversifikasi
pusaka sejarah. Warisan tersebut tercatat arsitektur, majemuk tulisan dan
seni.

Apa sajakah pusaka dalam sejarah islam ini? N domestik pembahasan modul
ini, akan dijelaskan secara singkat dan jelas mengenai peninggalan islam. baca ulasan
lebih lanjut.

a. Masjid
Masjid nan adalah bekas beribadah atau apartemen palagan bersembayang

orang-orang Islam. Pada galibnya bandarsah-surau pada awal penyebaran Islam di
Indonesia memiliki ciri-ciri distingtif antara bukan atap bersusun dan berbentuk
bujursangkar, ada gedung serambi, di depan maupun disamping terdapat tambak berair,
mempunyai menara, dan lega lazimnya terletak di kota membidik pelan. Salah satu
eksemplar Masjid pusaka masa Islam yakni Masjid Demak di Kadilangu, adalah

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 10

Modul Sejarah Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

surau yang didirikan maka itu Walisanga untuk mengagungkan berdirinya Kerajaan Demak.
Di dalam zawiat itu terdapat keseleo satu tiang utama yang disusun dari sepihan kayu
sehingga disebut Soko Tatal.

b. Keraton
Keraton dibangun perumpamaan lambang pusat supremsi pemerintahan. Pada

umumnya, kastil dibangun menjurus ke lor. Konstruksi keraton galibnya
dikelilingi maka dari itu pagar tembok, parit, ataupun sungai mungil bikinan. Halaman kastil terdiri
atas tiga episode. Bagian paling belakang amat disakralkan dan tidak boleh
sembarangan individu memasukinya. Di depan kastil terletak lapangan luas yang
disebut tanah lapang. Di tengah pelataran itu, lazimnya terdapat tumbuhan beringin seumpama
lambang raja nan mengayomi rakyatnya. Komplet keraton sultanat-kesultanan
Selam, antara enggak Keraton Kasepuhan, dan Keraton Kanoman di Cirebon, Keraton
Surosowan di Banten, Keraton Mangkunegaraan, Keraton Raja Gowa, Kastil Demak,
Puri Yogyakarta, dan Keraton Surakarta.

c. Makam
Taman bahagia merupakan tempat dikebumikannya seseorang setelah meninggal dunia. makan

kuno yang bercorak Islam rata-rata terdiri atas jirat (kijing), jirat, dan cungkup. Batu kubur
atau kijing yaitu bangunan yang terbuat pecah batu atau tembok nan berbentuk
persegi tinggi dengan arah lintang lor-selatan. Nisan adalah tonggak pendek yang
terbuat dari gangguan yang ditanam di atas gundukan kapling sebagai etiket kuburan.
Umumnya, dipasang di ujung utara dan selatan nisan. Cungkup adalah bangunan mirip
apartemen nan berada di atas nisan. Contoh makam bersejarah bercorak Selam, yakni makam
Maulana Malik Ibrahim di Gresik, kuburan Fatimah binti Maimun di Leran Gresik,
taman bahagia Yang dipertuan Malik as-Imani di Pasai Aceh, makam paduka-sultan Mataram di Imogiri,
makam Sunan Ardi di Giri, makam paduka-sultan Gowa dan Tallo di Sulawesi Selatan,
dan kuburan Emir Gunung Masif di Cirebon.

d. Seni Rupa
Bentuk warisan sejarah bercorak Islam yang termasuk dalam seni rupa, yakni

Kaligrafi dan pahatan atau pahatan puas kayu alias batu. Kaligrafi adalah seni menulis
indah dengan merangkaikan huruf-huruf Arab, baik positif ayat-ayat putih Al-Quran
ataupun kata-kata mutiara. Kaligrafi ini hiasan yang normal kita jumpai dalam sebuah
surau dan batu batu kubur. Misalnya, kaligrafi nan terdapat pada nisan Aji Nahrarsiyah
di Aceh, kaligrafi nan terdapat plong jirat Sinuhun Malik as-Alim di Aceh, dan kaligrafi
yang terletak pada dinding Sajadah Kalimayat di Jepara.

e. Seni Sastra
Pelecok satu rang peninggalan album bercorak Selam adalah seni Sastra. Arketipe seni
sastra, yakni:

1) Hikayat
Hikayat adalah karya sastra yang berisi ceritera mengenai nasib manusia. Pada
dasarnya, hikayat mengandung nilai bagi membangkitkan nyawa hayat
bani adam, meskpun ada bilang hikayat nan mengobrolkan tentang kedukaan.
Misal; Hikayat Amir Hamzah, Hikayat Rasul-Utusan tuhan, Hikayat Sultan-Paduka tuan Aceh, serta
Hikayat Penjelasan Kreasi Langit dan Bumi.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 11

Modul Sejarah Indonesia Inferior X KD 3.8 dan 4.8

2) Babad
Babad ialah karya sastra maujud kisahan berlatar belakang sejarah. Karya ini
umumnya positif cerita satu-satunya berbunga plong uraian sejarah yang disertai bukti-bukti
dan fakta. Sempurna Babad Cirebon, Babad Tanah Jawi, dan Babad Giyanti.

3) Suluk
Ilmu batin adalah kitab-kitab yang berisi masalah lucut, ramalan tentang masa baik atau
buruk, dan makna atau tanda baca tertentu nan dihadapi manusia. Suluk-suluk itu
merupakan bagian berpokok ajaran tasawuf. Suluk merupakan karya sastra tertua
peninggalan kesultanan Islam di Indonesia. Contoh Suluk Wijil, Kebatinan Malang
Sumirang, dan Ilmu sufi Sukarsa.

4) Syair
Tembang adalah puisi lama yang setiap baitnya terdiri atas empat baris nan bercerai
dengan bunyi nan sederajat. Contohnya Syair Perahu dan Syair Si Burung Pingkai karya
Hamzah Fansuri.

5) Seni Atraksi
Bentuk peninggalan sejarah bercorak Islam yang tertera intern seni pergelaran,
misalnya; permainan debus di Banten, Minangkabau, dan Aceh, Tari Seudati di Aceh,
rebana, dan Kasidahan.

f. Seremoni dan Tradisi
Di awam waktu ini berkembang juga bentuk peninggalan sejarah bercorak Islam
nan tertulis internal leluri dan upacara. Misal; sedekahan individu meninggal hari ke-1
hingga ke-7, ziarah ke makam, acara grebeg Mulud, sekaten, upacara Isra’ Miraj,
ritual Nifsu Syaban, ritual kelahiran, perkawinan, alias kematian.

C. Rangkuman

1. Islam lalu berwibawa di kehidupan publik Indonesia, kebudayaan islam
terus berkembang sampai saat ini.

2. Pengaruh kebudayaan islam dalam kehidupan mahajana Indonesia dapat kita lihat
intern keseharian masyarakat Indonesia banyak adat dan tradisi masih kita peringati
seperti 1 muharram, perayaan 10 Muharram, dll

3. Masuknya Selam ke nusantara, menciptakan menjadikan lahirnya kerajaan-kerajaan bercorak Islam di
Indonesia, antara lain, Kerajaan Samudera Pasai, Aceh, Malaka, Demak, Mataram Islam,
Banten, Gowa-Tallo, serta Ternate dan Tidore.

4. Kehidupan masyarakat pada waktu kerajaan-kekaisaran Islam di Indonesia banyak
memencilkan berbagai bukti peninggalan, antara enggak Masjid, Istana, Makam,
berbagai karya seni rupa dan seni sastra, serta upacara dan tradisi

5. Riuk satu bukti peninggalan berbentuk seni rupa lega masa Imperium Islam adalah
Kaligrafi, yaitu seni menulis sani dengan merangkaikan leter-huruf Arab, baik
positif ayat-ayat suci Al-Quran ataupun kata-kata Mutiara

6. Bukti peninggalan faktual seni sastra antara bukan berbentuk Hikayat, Babad, Suluk,
Syair, dan berbagai seni pertunjukan.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 12

Modul Sejarah Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

D. Les Soal

Kerjakan cak bertanya Latihan dibawah ini, dengan memintal jawaban yang paling tepat

1. Kerajaan Aceh menjejak puncak kejayaan pada masa tadbir … .
A. Ali Mughayat Yang dipertuan
B. Sultan Iskandar Muda
C. Sultan Iskandar Thani
D. Sultan Safatuddin
E. Sultan Zainal Abidin

2. Kerajaan Demak yang yaitu imperium Selam mula-mula di Jawa didirikan maka itu … .
A. Raden Patah
B. Sultan Trenggana
C. Pati Unus
D. Jaka Tingkir
E. Sutawijaya

3. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1. Menundukkan para tumenggung yang bukan mengakui pengaruh pusat mataram
2. Mengekspresikan kitab undang-undang Surya Bendera yang merupakan perpaduan hukum
Selam dan tradisi Jawa
3. Mengirim tentara dan pasukannya untuk mencamkan Batavia yang dikuasai VOC
4. Memadamkan peperangan yang dipimpin Trunojoyo
5. Meningkatkan produksi beras sehingga menjadi pengekspor beras terbesar

Tindakan-tindakan yang dilakukan Sultan Agung n domestik bidang politik dalam
mengarak kerajaan Mataram ditunjukan oleh nomor … .
A. 1, 2, dan 3
B. 1, 3, dan 5
C. 2, 3, dan 4
D. 2, 3, dan 5
E. 3, 4, dan 5

4. Pembentukan Uli Panca dan Uli Siwa oleh Kerajaan Ternate dan Tidore bertujuan cak bagi:
A. Menyorongkan kegiatan perdagangan di Maluku … .
B. Memperluas kewedanan kekuasaan kekaisaran
C. Memperdekat pertahanan dalam menghadapi musuh
D. Membentuk kongsi memikul di Maluku
E. Memajukan angkatan laut kerajaan

5. Riuk satu indikator bahwa kerajaan Gowa-Tallo menjadi kerajaan besar di belahan
Indonesia bagian tengah/timur yaitu … .
A. ditaklukannya seluruh kerajaan di sulawesi selatan
B. kapal pinisi menjadi kapal tempur yang paling ditakuti
C. seluruh bursa di Indonesia adegan timur dimonopoli maka itu makassar
D. pelaut Belanda tidak berani menuju wilayah makassar
E. Pelabuhan Somba Opu menjadi pelabuhan internasional dan bandar terbesar di
Nusantara penggalan tengah/timur

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 13

Modul Ki kenangan Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

Taktik Jawaban

No Kunci Pembahasan
Jawaban

Prabu Iskandar Muda pun menerapkan kebijakan ketat di sektor
ekonomi dan perdagangan, menaikkan harga picisan hasil bumi,
1 B membangun dermaga menggandar penting di Aceh, serta mempererat

pemeriksaan terhadap pergerakan orang-orang luar.

Raden Putus memiliki kekeluargaan hampir dengan Majapahit, Raden
Kutung disebut-sebut adalah putra tuanku Majapahit ke-11, Brawijaya V

2 A (1468-1478), berasal istri gelap bini gelap, yakni perempuan asal Cina bernama Siu
Lin Ci. Raden Kotong kecewa karena ayahnya takluk kepada

Girindrawardhana yang kemudian berkuasa di Majapahit dengan
gelar Brawijaya VI (1478-1498)

Tindakan Sultan Agung ialah menundukan para Bupati atau
3. A penguasa daerah sepatutnya mengakui kedudukannya umpama Penguasa

Jawa, selain itu Sultan Agung sekali lagi menulis Kitab Syamsu Pataka

uli panca adalah persekutuan lima saudara yang dipimpin makanya ternate

4. C yang membentangi ternate, obi, ambon, bacan, dan seram sedangkan uli
siwa adlah persekutuan 9 saudara nan meliputi jailolo, makyan,

tidore, halmahera, sampai papua.

Bandar Somba Opu menggambarkan dominasi Gowa-Tallo

terhadap berbagai aktifitas perdagangan yang berlangsung di
Indonesia episode tengah dan timur, nan hinggap ke Pangkalan

5 E Somba Opu, lain sekadar pedagang local, namun juga musafir dari
Arab, Tiongkok, Eropa (Denmark, Inggris, Perancis, dll). Bom

ini yang nantinya akan menjadi sasaran dari VOC untuk dihancurkan
karena dianggap menandingi dan mengganggu monopoli

perdagangan VOC

E. Penilaian Diri

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut dengan jujur dan bertanggungjawab!

NO Tanya Jawaban

Ya Tidak

1 Saya dapat menyebutkan tentang imperium apa cuma
yang masuk dalam kategori imperium Islam di Indonesia

2 Saya dapat menjelaskan bagaimana kondisi kerajaan

tersebut sebelum masuknya Islam?

3 Saya dapat menjelaskan bagaimana kondisi kekaisaran

tersebut setelah masuknya Islam?

4 Saya dapat menceritakan perbedaan dibidang budaya
masyarakatnya sebelum dan sehabis masuknya Selam
pada imperium yang bercorak Islam tersebut?

5 Saya bisa menceritakan bukti-bukti peninggalan Islam
yang ada sampai waktu ini?

Bila cak semau jawaban “Lain”, maka segera cak bagi review pembelajaran, terutama
lega bagian yang masih “Tidak”.
Bila semua jawaban “Ya”, maka Kamu dapat melanjutkan ke pembelajaran
berikutnya.

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 14

Modul Sejarah Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

EVALUASI

Kerjakan Soal-soal di sumber akar ini dengan memilih jawaban yang paling tepat

1. Kerajaan Samudera Pasai didirikan oleh … .
A. Sultan Malik al Saleh
B. Yamtuan Iskandar Muda
C. Sultan Iskandar Thani
D. Sultan Ibrahim
E. Sultan Malik al Zhahir

2. Agama Islam dibawa dan dikembangkan ke Indonesia oleh para pedagang berbunga … .
A. Gujarat, Cina, dan Persia
B. Persia, Cina, dan Arab
C. Cina, Irak,dan Persia
D. Arab, Gujarat, dan Persia
E. Arab, Irak, dan Persia

3. Pamrih pemerintahan Sultan Agung berpokok Kerajaan Mataram adalah … .
A. Kepingin terus menguasai Mataram
B. Ingin menjadi Raja selamanya
C. Cak hendak mempertahankan seluruh tanah jawa dan mengusir orang-orang
Belanda
D. Ingin merenda dan bisa bekerjasama dengan pihak-pihak Belanda
E. Ingin mempertahankan Mataram andai Imperium terbesar di petak Jawa

4. Imperium Mataram Selam merupakan salah satu imperium Islam terbesar di Pulau
Jawa. Puncak kejayaan kekaisaran tersebut terjadi pada perian Emir Agung. Akan
cuma sesudah Tuanku Agung wafat, kekuasaan Mataram semakin lama semakin
surut. Kekuasaan Kekaisaran Mataram semakin surut ketika masa Amangkurat I
karena ……
A. Wilayah Kerajaan Mataram semakin sempit karena adanya perjanjian Giyanti
dan Salatiga
B. Mataram terus diserang oleh Portugis
C. Area perdagangan Mataram di monopoli Portugis
D. Belanda membunuh Amangkurat II
E. Amangkurat I telah dipengaruhi dan bergantung kepada VOC

5. Ciri-ciri masjid pada masa awal keikhlasan Islam di Indonesia sama dengan berikut ini,
kecuali … .
A. Beratap tumpeng
B. Puncaknya bermustaka
C. Atapnya bersusun genap
D. Ada parit di sekeliling masjid
E. Dilengkapi dengan keuntungan alias beduk

6. Karya sastra jawi berbentuk prosa nan mengandung nilai bikin
membangkitkan arwah hidup makhluk dikenal dengan nama … .
A. Epik
B. Ilmu batin
C. Primbon
D. Babad
E. Hikayat

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 15

Modul Sejarah Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

7. Banyaknya peniggalan sejarah islam nan masih memasukkan atom Hindu dan
lokal membuktikan bahwa … .
A. Bukan adanya arsitek Selam yang menonjol
B. Dakwah islam nan dilakukan dengan rukun
C. Kuatnya pengaruh Hindu sehingga pelik dihilangkan
D. Ulama islam doang meniru bangunan yang terserah
E. Masyarakat tidak kepingin mempekerjakan sesuatu yang berbau arab

8. Privat diplomasi dengan berbagai keefektifan besar di dunia, Kerajaan Aceh termasuk
kekaisaran modern yang paling kecil beradab n domestik bertaktik, hal ini dibuktikan dengan
….
A. keinginan Aceh berada di bawah pemeliharaan Perancis
B. usaha Aceh menjalin kerjasama dan diplomasi dengan imperium Turki
Usmani
C. Aceh menjadi muslihat kekuasaan Selam di Nusantara
D. Aceh menjalin kerjasama dengan Amerika Serikat
E. para diplomat Aceh sempat menjadi petandang kehormatan di Istana Presiden AS

9. Selepas Raden Fatah wafat, beliau kemudian digantikan oleh putranya yang
bernama Pati Unus. Beliau memiliki julukan Pangeran Sabrang Lor karena … .
A. melakukan penyerbuan ke membelot besar (Malaka)
B. menyebarkan agama islam di Pulau Jawa
C. mengalahkan Portugis di Sunda Nyiur
D. menguasai tanah kalimantan
E. mendirikan Masjid Agung Demak.

10. Perhatikan data berikut!
1. Merupakan kerajaan yang menjadi penghubung antara kolek ekspor impor India
dan Cina
2. Mengamalkan kerja sekelas kebijakan dengan Cina untuk membendung pengaruh
kerajaan Siam
3. Menjadi sendi penyebaran agama dan kebudayaan Islam ke wilayah Nusantara
4. Menjadi penghubung antara jalur perkulakan Indonesia Barat dan Timur
5. Pada abad ke-16 menjadi perakit beras terbesar di nusantara
Beralaskan data-data di atas yang melukiskan kebesaran kerajaan Demak
merupakan … .
A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 2, 3 dan 4
D. 2, 3 dan 5
E. 3, 4 dan 5

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 16

Modul Rekaman Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

1A Gerendel JAWABAN
2D 6E
3C 7B
4E 8B
5C 9A
10 E

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 17

Modul Sejarah Indonesia Kelas X KD 3.8 dan 4.8

DAFTAR Referensi

Trik Memori Indonesia Siswa Kelas X, Kemendikbud, Hari 2022

Bagus Sujatmiko dkk, 2022. “Masuknya Selam ke Indonesia”
https://id.wikipedia.org/wiki/Wali_Songo

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2022.Sejarah Indonesia
X. Jakarta: Politeknik Negeri Media Kreatif

Tiga seikat, Sejarah Indonesia Kelas X
Yatim, Badri, Sejarah Islam di Indonesia, (Jakarta: Depag, 1998).

https://www.harapanrakyat.com/2020/06/sejarah-islam-di-indonesia/ diakses pada
tanggal 18 September 2022

https://www.createwebquest.com/perkembangan-spirit-masyarakat-
pemerintah-dan-budaya-plong-masa-imperium-kerajaan-islam-di – diakses pada
tanggal 18 September 2022

@2020, Direktorat SMA, Direktorat Jenderal PAUD, DIKDAS dan DIKMEN 18

Source: https://anyflip.com/fnsol/gipm/basic/251-276