Kerajinan Dari Biji Bijian Yang Mudah Dibuat

Senin, 26 juli 2022

Lega masa ini penulis memberikan pembelajaran membuat kerajinan tangan berbunga bahan alami yaitu membentuk kerajinan mozaik berpokok biji-biji. Kegiatan ini dilakukan secara langsung di lapangan desa kaliasem dan semua pelajar hadir dalam kegiatan ini. Pada musim ini berbeda dengan periode sebelumnya dimana pada hari sebelumnya penulis memberikan materi penataran aktual bahasa inggris dan IPA kepada siswa belaka lega hari ini panitera mengajak siswa lakukan membentuk kerajinan tangan mozaik semenjak target alami. Seni mozaik merupakan karya seni rupa dua dimensi maupun tiga dimensi yang pembuatannya memanfaatkan beraneka ragam macam material biji-bikian. Adapun perangkat dan korban yang diperlukan dalam menciptakan menjadikan kerajinan tangan seni mozaik yaitu

  1. Gunting
  2. Lem
  3. Sosi rangka
  4. Biji jagung, nilai kacang ijo, biji buah pete nan sudah sangar dan poin kacang merah.

Setelah alat dna alamat yang di perlukan tergabung kemudian notulis mengajarkan teknik-teknik pembuatan kerajinan mozaik sebagai berikut:

  1. Memepersiapkan desain motif

Internal mewujudkan desain motif dalam karya mozaik pertama-tama adalah merancang ide nan disesuaikan dengan tema karya lalu dilanjutkan dengan membentuk tulang beragangan pada bidang dasar mozaik sesuai dengan keinginan.

  1. Teknik penempelan

Setelah selesai mewujudkan pola tulang beragangan pada pusat gambar suntuk dilanjutkan dengan teknik penempelan bahan alias biji dengan menggunakan perekat yang sudah lalu disediakan, tempelkan angka secara perlahan dan per babak bahan dioleskan perekat agar perekat tidak meringkai karena terlalu lama. Lem bisa diambil dengan sendok plastic terlampau dioleskan pada motif yang telah dibuat kemudiaan ditekan pelan-pelan agar biji dapat menempel dengan sempurna.

  1. Penyelesaian akhri maupun finishing

Tahap akhir pada pembuatan kerajinan mozaik ini adalah melempengkan karya mozaik apakah masih ada atau tidak motif nan belum tertutup dengan ponten.

Kegiatan ini di pilih notulis bakal meningkatkan kecekatan siswa. Selain itu, kegiatan ini lagi dapat meluaskan daya kreasi anak-anak asuh dan sekali lagi bermakna untuk mereka gunakan dalam arwah sehari-musim. Pamrih dari kegiatan ini yakni lakukan mengajarkan murid di desa kaliasem dalam takhlik keterampilan Mozaik dari biji-bijian. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan, ketangkasan dan kreativitas anak asuh-momongan n domestik membuat kelincahan nan dapat di manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Sasaran yang mau penulis capai dari kegiatan ini yaitu siswa dapat menciptakan menjadikan keterampilan secara mandiri dan bisa di gunakan n domestik kehidupan sehari-waktu

Source: https://kkn.undiksha.ac.id/index.php/blog/pembelajaran-membuat-kerajinan-tangan-mozaik-dari-biji-bijian