Khotbah Markus 6 1 13

KENDALIKAN DIRIMU!

AddThis Social Bookmark Button

Baca:
Markus 6:45-52

Sebab mereka semua mengawasi Dia dan mereka pun lampau terkejut. Saja lekas Anda berkata kepada mereka, “Tenanglah! Inilah Aku, jangan takut!” (Markus 6:50)

Bacaan Alkitab Setahun:
Yehezkiel 29-32

Ketika kita sedang berang atau tertekan karena suatu peristiwa, seberapa sering kita bisa berpikir dengan tenang dan mengambil keputusan dengan baik? Lebih pelalah kita tenggelam dalam rasa murka atau tekanan yang mengimpit tersebut. Selain membuat kita kesulitan internal meluluk satu permasalahan secara jeli, kita juga bisa kehilangan kendali atas diri kita sehingga merasakan kedahsyatan yang luar baku dan terbang semangat.

Keadaan ini juga dialami maka dari itu para murid ketika mereka mendahului Tuhan Yesus kerjakan bertolak ke Betsaida. Persoalan terjadi ketika di tengah perjalanan bahtera yang mereka tumpangi diterpa kilangangin kincir sakal, yaitu angin yang berembus bertentangan dengan jihat kapal. Memang sebagian berbunga para murid adalah penangkap ikan, yang tentunya mengenal dengan baik kilangangin kincir semacam itu. Namun, saat itu mereka justru merasa terpaksa. Kekusutan para petatar ini terlihat ketika Tuhan Yesus melihat mereka kepayahan dalam mengendalikan perahu. Lebih-lebih mereka juga tidak bisa mengendalikan diri dan tergenang dalam ketakutan mereka hingga-sampai mereka menamai Almalik Yesus sebagai hantu.

Tanpa perlu kita rencanakan, permasalahan pasti datang menghampiri kita. Dalam permasalahan tersebut, Tuhan Yesus mengajar kita untuk kukuh tenang. Permulaan, karena ketabahan diri ketika menghadapi masalah, mewujudkan kita dapat mengendalikan diri dan juga mengamankan keadaan. Kedua, karena Sang pencipta pelahap menyertai kita.

—ZDP/www.renunganharian.net


KETENANGAN SANGAT DIPERLUKAN DI Kerumahtanggaan SETIAP Kejadian


Engkau diberkati melangkahi Renungan Harian?

Jadilah mujur dengan mendukung pelayanan kami.

Rek. Renungan Kronik BCA No. 456 500 8880 a.horizon. Yayasan Gloria

Respons:


  • Facebook

Source: https://www.renunganharian.net/2019/121-september/3032-kendalikan-dirimu.html